1. Kuliner

12 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Enak Puaskan Lidah

Kota Kediri yang merupakan kota terbesar ketiga setelah Surabaya dan Malang dari segi penduduk di Jawa Timur. Terkenal sebagai pusat industri gula dan rokok kretek khas Indonesia (Gudang Garam). Peran serta Kota Kediri dalam perekonomian Indonesia khususnya Jawa Timur menjadikannya sebagai “Most Recommended City for Investment“. Selain terkenal dari segi industrinya, ragam makanan khas Kediri juga siap menyambut Anda saat berkunjung disini.

Anda bisa menemukan ragam cita rasa kuliner Kediri mulai dari manis, gurih dan pastinya bikin ketagihan. Oleh sebab itu, puas berkeliling ke berbagai destinasi wisata di kediri, ada 12 kuliner khas Kediri yang wajib banget kamu coba. Jadi, siapkan budget dan cicipi semua kuliner Kediri yang bikin Anda tertarik untuk datang kedua kalinya.

1. Klepon

Klepon Kediri
Klepon, Foto oleh Unilever Food Solution Co Id

Menginjakkan kaki di Kota Kediri, ada jajanan tradisional khas Kediri yang wajib di coba, Klepon, Cenil dan Lupis. Klepon adalah jajanan berwarna hijau berbahan dasar tepung beras ketan yang berisi gula merah serta dibaluri parutan kelapa pada bagian luarnya.

Sedangkan Cenil merupakan jajanan yang terbuat dari pati ketela pohon, berbentuk lonjong atau bulat dengan beragam pilihan warna yang menarik. Kalau Lupis sendiri adalah lontong berbahan dasar beras ketan yang bungkus daun pisang dan dipotong menggunakan benang. 

Ketiga kuliner Kediri di atas biasa disajikan bersama-sama dengan dibungkus daun pisang serta taburan kelapa dan gula merah cair. Perpaduan cita rasa gurih, kenyal dan manis dari jajanan tradisional ini bakal bikin Anda lupa tidak ingin berhenti mengunyah.

Selain cita rasanya yang nikmat, jajanan ini pastinya juga ramah dikantong lho sobat Kuliner Kota! Jadi, bagi Anda yang tertarik mencicipinya datang saja ke Klepon Miroso yang berlokasi di Jalan Klepon, Wonosari, Pagu, Kota Kediri. 

2. Getuk Pisang

Getuk Pisang
Getuk Pisang, Foto oleh Twitter Com

Kuliner Kediri selanjutnya ini juga tidak kalah nikmat dan wajib dicoba, Getuk Pisang. Tidak seperti getuk pada umumnya yang terbuat dari singkong atau ubi, getuk khas Kediri ini berbahan dasar pisang raja nangka. Memiliki perpaduan cita rasa manis dan sedikit asam serta memiliki aroma yang khas dan tahan lama membuat Getuk Pisang juga cocok dijadikan buah tangan untuk keluarga di rumah. Jika, tertarik mencicipi nikmatnya kuliner khas Kediri Getuk Pisang, Anda bisa membelinya di pusat oleh-oleh kediri yang tersebar di sudut kota. 

3. Pecel Tumpang

Pecel Tumpang
Pecel Tumpang, Foto oleh Idn Times Com

Mencari kuliner Kediri yang cocok dimakan kapanpun? Berarti Anda harus mencoba Pecel Tumpang. Pecel khas Kediri ini sangatlah berbeda dengan pecel pada umumnya lho sobat Kuliner Kota. Jika, umumnya bumbu pecel berbahan dasar kacang tanah, maka Pecel Tumpang ini berbahan dasar tempe yang sudah basi kemudian dicampur dengan air, bawang, cabai dan garam sehingga menghasilkan cita rasa unik sekaligus aroma yang khas. 

Satu porsi Pecel Tumpang terdiri dari aneka sayuran seperti bayam, kangkung, daun singkong, daun pepaya, kacang panjang dan tauge. Tidak lupa lauk pendampingnya mulai dari ayam goreng, sate usus, tempe, tahu goreng, telur dadar, empal daging dan berbagai pilihan lainnya. Uniknya lagi, Pecel Tumpang disajikan dengan daun pisang sehingga menghasilkan aroma khas yang makin menggugah selera. 

Jika, berada di Kediri dan ingin mencoba kelezatan kuliner Kediri, Pecel Tumpang maka Anda bisa mengunjungi salah satu tempat makan di Kediri yaitu, Nasi Pecel Tumpang Bu Eni yang berlokasi di depan jalan masuk Stasiun Kediri.

Tapi, kalau Anda ingin mencoba sarapan pagi dengan Pecel Tumpeng, datang saja ke Pecel Tumpang Bu Beny, kedua tempat tersebut menyediakan Pecel Tumpang yang bakal bikin anda tertarik untuk datang kedua kalinya.

4. Tahu Takwa

Tahu Takwa
Tahu Takwa, Foto oleh Kompasiana Com

Selain Getuk Pisang, wisatawan bisa membeli Tahu Takwa sebagai oleh-oleh khas Kediri untuk dibawa pulang. Tahu padat berwarna kuning ini memiliki tekstur yang lembut dan bercita rasa gurih. Jangan khawatir, warna kuning tersebut berasal dari pewarna makanan alami yaitu kunyit. Makanan khas Kediri ini juga bisa menjadi pelengkap berbagai menu masakan maupun langsung digoreng.

Teksturnya yang lembut serta cita rasa tahu yang berbeda dari yang lain, bakal bikin momen makan Anda makin berselera. Jika tertarik mencoba Tahu Takwa ini saat berada di Kediri, Anda bisa membelinya di berbagai penjual pinggir jalan ataupun memesannya di tempat makan Kediri yang Anda singgahi.

Tapi, ketika sobat Kuliner Kota ingin membawanya sebagai buah tangan maka tempat terbaik untuk membelinya di Tahu dan Takwa Bah Kacung Cakrawijaya yang berlokasi di Jalan Trunojoyo No. 59 Kota Kediri. 

5. Sate Bekicot

Sate Bekicot
Sate Bekicot Foto oleh Menu Ekstrim Blogspot Com

Ingin mencoba makanan khas Kediri yang cukup ekstrim, maka Sate Bekicot bisa jadi pilihannya. Seperti namanya, Sate Bekicot terbuat dari hewan bekicot yang disajikan dengan bumbu kacang. Perpaduan tekstur kenyal dan empuknya daging bekicot, serta aroma yang khas dan pastinya gurihnya bumbu kacang bakal bikin pecah di mulut sejak dari gigitan pertama Anda menyantapnya.

Tidak hanya itu, kuliner Kediri satu ini juga dipercaya bisa menambah stamina ketika sedang lelah atau setelah berpuasa lho sobat Kuliner Kota! Jadi, pastinya nikmat dan menyehatkan. Maka, saat Anda tertarik untuk mencicipinya, datang saja di Dusun Jengkol, Desa Plosokidul, Kecamatan Plosoklaten, Kabupaten Kediri.

Baca Juga : Resep Sate Kambing Empuk, Enak dan Mudah Dibuat

6. Soto Kediri

Soto Kediri khas kediri
Soto Kediri, Foto oleh Wikipedia Org

Selanjutnya makanan khas Kediri yang wajib dicoba adalah Soto Kediri. Sekilas Soto Kediri sama seperti soto ayam pada umumnya, uniknya Soto Kediri memiliki kuah santan dengan rasa gurih, legit yang segar dan khas. Satu porsi soto khas Kediri ini, berisikan irisan ayam kampung, tauge, irisan kentang yang digoreng kering, irisan kol, mie soun dan pastinya kuah soto yang gurih nan lezat. 

Bagi Anda yang tertarik mencicipi hidangan berkuah ini sebagai menu makan siang saat di Kota Kediri, maka Anda bisa datang ke kedai Soto Podjok yang berada di Jalan Dhoho No. 146 Kota Kediri, tepatnya tidak jauh dari Stasiun Kediri. Cita rasa Soto Kediri yang khas bakal bikin Anda ketagihan untuk mencobanya berulang kali.

7. Tahu Pong

Tahu Pong khas kediri
Tahu Pong, Foto oleh Traveling Yuk Com

Hampir sama seperti Tahu Takwa, Tahu Pong juga wajib dibeli oleh wisatawan ketika berjalan-jalan ke Kota Kediri. Uniknya Tahu Pong ketika digoreng nantinya bagian tengahnya akan kosong, tidak seperti Tahu Takwa yang tetap padat dan empuk. Kuliner Kediri dengan cita rasa gurih ini cocok disantap bersama sambal petis dan cabe rawit sebagai cemilan saat nongkrong bersama teman ataupun menemani Anda mengerjakan tugas.

Jika tertarik untuk membeli Tahu Pong sebagai oleh-oleh, maka Anda bisa menemukannya sepanjang jalan Kota Kediri, tapi ada salah satu toko oleh-oleh yang sudah jadi favorit wisatawan untuk membeli Tahu Pong yaitu, Toko Tahu POO yang berlokasi di Jalan Yos Sudarso No. 92 Kota Kediri. Jadi, tertarik untuk makan Tahu Pong secara langsung atau membawanya sebagai buah tangan?

8. Sate Emprit

Sate Emprit khas kediri
Sate Emprit, Foto oleh Omong Coro Com

Tidak hanya sate bekicot saja yang wajib Anda nikmati, masih ada makanan khas Kediri seputar sate-satean yang tidak kalah nikmat, Sate Emprit namanya. Sate Emprit atau Sate Burung Pipit merupakan olahan sate berbahan dasar burung pipit dengan campuran aneka macam bumbu sehingga menghasilkan tekstur daging yang empuk, tidak lengket, beraroma kuat, tidak bau amis, tanpa lemak dan pastinya bercita rasa gurih dan lezat. 

Seperti sate pada umumnya, Sate Emprit ini disantap dengan siraman bumbu kacang di atasnya, perpaduan cita rasa gurih dan tekstur sate yang khas bakal bikin kamu ketagihan untuk mencobanya berulang kali. Selain itu, Sate Emprit juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit lemah jantung dan bisa meningkatkan stamina tubuh lho sobat Kuliner Kota.

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak mencicipi kelezatan makanan khas Kediri ini. Jika ingin berwisata kuliner Sate Emprit, Anda bisa mencoba kuliner khas Kediri yang unik ini di Sate Emprit Mbah Darmo yang berlokasi di Jalan Ahmad Yani, Drangin, Wonorejo, Kota Kediri.

9. Stik Tahu

Stik Tahu khas kediri
Stik Tahu, Foto oleh Jual Stik Tahu Blogspot Com

Makanan khas Kediri memang tidak jauh-jauh dari yang namanya tahu, masih ada lagi olahan tahu lainnya yang tidak boleh terlewatkan Stik Tahu. Menjadi salah satu kuliner Kediri yang cocok dijadikan sebagai teman perjalanan ataupun oleh-oleh untuk dibawa pulang, Stik Tahu berbahan dasar tahu yang diolah dengan aneka macam bumbu rempah sehingga menghasilkan tekstur renyah dan gurih yang bikin siapa saja tertarik mencobanya. Saat Anda ingin mencoba kelezatan kuliner khas Kediri satu ini, datang saja ke berbagai pusat oleh-oleh di sudut Kota Kediri. 

10. Nasi Goreng Arang

Nasi Goreng Arang khas kediri
Nasi Goreng Arang, Foto oleh Pergi Kuliner Com

Makanan khas Kediri lainnya ini, cocok jadi kulineran malam, Nasi Goreng Arang. Seperti nasi goreng pada umumnya, Nasi Goreng Arang terbuat dari nasi yang diolah dengan aneka macam bumbu, bedanya Nasi Goreng Arang dimasak menggunakan tungku tanah liat sebagai pengganti kompor. Sumber api tungku yang berasal dari arang inilah yang membuat Nasi Goreng Arang memiliki aroma khas serta cita rasa yang menggoda. 

Selain itu, Nasi Goreng Arang juga dimasak untuk persatu porsi lho sobat Kuliner Kota, jadi jangan heran jika pesanan Anda akan sedikit lama. Jika tertarik mencoba kelezatan Nasi Goreng Arang saat berada di Kediri, Anda bisa datang ke Warung Nasi & Mie Goreng Mbah Man & Bu Pur yang berlokasi di Jalan Stasiun No. 16, Balowerti, Kota Kediri, tepatnya dekat dengan Stasiun Kediri dan Hotel Grand Surya Kediri.

11. Carang Mas

Carang Mas khas kediri
Caran Mas, Foto oleh Aneka Kripik Trenggalek Bligspot Com

Masih ingin mencicipi kudapan tradisional saat berada di Kediri, Anda bisa mencoba Carang Mas. Makanan khas Kediri ini merupakan, kudapan yang terbuat dari ubi jalar lalu dipotong tipis panjang dan dibentuk menyerupai sarang burung walet. Memiliki cita rasa manis dan gurih yang pas serta bertekstur keras dan renyah, membuat Carang mas cocok dijadikan teman ngopi maupun ngeteh di sore hari.

Tidak hanya itu, kuliner khas Kediri ini juga cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Perpaduan rasa gurih, manis serta mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh di Kediri menjadikan Carang Mas, wajib masuk daftar oleh-oleh wajib sekaligus kuliner yang tidak boleh dilupakan.

12. Krengsengan Bekicot

Krengsengan Bekicot khas kediri
Krengsengan Bekicot, Foto oleh Prespektif Jatim Com

Selain menemukan sate bekicot Anda juga bisa menemukan Kuliner Kediri berbahan dasar bekicot, Krengsengan Bekicot. Seperti namanya, makanan khas Kediri ini berbahan dasar daging bekicot yang diolah dengan aneka macam bumbu sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan tekstur kenyal yang khas.

Selain itu, khasiat bekicot yang bisa menyembuhkan aneka macam penyakit seperti, asma, gatal-gatal sampai penambah stamina membuat olahan bekicot selalu punya tempat dihati para pecinta kuliner satu ini. Jika Sobat Kuliner Kota tertarik untuk mencicipi kuliner khas Kediri yang ekstrim dan menyehatkan ini, datang saja ke Depot Kuliner Mbak Sri yang berlokasi di Jalan Raya Pare – Wates, jalur utama Surabaya – Gunung Kelud atau tepat di depan Kantor Kecamatan Plosoklaten.

Nah, itu dia 12 rekomendasi makanan khas Kediri yang wajib sobat Kuliner Kota coba. Siapkan budget dan rencanakan perjalanan Anda, karena Kediri siap menyambut Anda dengan ragam tujuan wisata maupun kuliner yang bikin ingin datang untuk kedua kalinya. Selamat berwisata dan kelana rasa di berbagai daerah Indonesia. 🙂

Baca Juga : 5 Pusat Oleh-Oleh Khas Kediri yang Terkenal dan Melegenda

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Enak Puaskan Lidah

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]