1. Kuliner

16 Makanan Khas Balikpapan yang Sayang untuk Dilewatkan

Balikpapan merupakan kota maju di provinsi Kalimantan Timur. Kota ini sering menjadi jujugan para wisatawan untuk berlibur. Selain karena wisatanya, makanan khas Balikpapan juga menjadi alasan orang-orang untuk berkunjung ke kota ini.

Kuliner lokalnya pun sangat menarik perhatian para pengunjung. Selain itu, makanan khas Balikpapan menyajikan ragam olahan seafood yang didominasi oleh kepiting. Tak hanya kepiting saja, masih banyak pilihan lain kudapan khas Balikpapan yang nikmat. Penasaran? Cek informasi lengkapnya pada artikel berikut ini.

1. Salome

Salome Balikpapan
SalomeFoto oleh Coretan Yanti WordPress Com

Urutan pertama dalam deretan makanan khas Balikpapan yang mesti dicoba adalah Salome. Beberapa dari kamu mungkin masih asing dengan makanan ini tapi Salome termasuk makanan populer, lho di Balikpapan! Salome adalah pentol bakso khas Balikpapan, terbuat dari tepung kanji, terigu dan daging yang dibentuk bulat-bulat dan disajikan bersama saus kacang, saus tomat dan kecap. Salome ada yang diolah dengan digoreng, ada juga yang direbus. Makanan ini bisa dibilang sebagai makanan favoritnya masyarakat Balikpapan.

Tempat : Salome 99 Balikpapan
Alamat : Jalan Karang Jati, Balikpapan Tengah
Harga : Mulai Rp5.000

2. Mantau

Makanan khas Balikpapan satu ini termasuk makanan tradisional. Mantau atau roti mantau merupakan jenis kuliner lokal yang bentuknya mirip seperti bakpau. Apabila bakpau biasanya diisi banyak varian seperti coklat, kacang, atau stroberi, maka berbeda dengan Mantau. Mantau tidak berisi apa-apa melainkan murni roti yang bertekstur lembut karena dimasak dengan cara digoreng.

Mantau Balikpapan
Mantau, Foto oleh Kaltim Idn Times Com

Mantau sebenarnya adalah makanan khas asal Tionghoa yang kemudian berakulturasi dengan kuliner lokal sehingga menjadi makanan khas Balikpapan. Roti ini umumnya dijadikan santapan saat sarapan, ditemani dengan cocolan saus balado atau saus lada hitam. Menarik, ya!

Tempat : Pondok Mantau
Alamat : Jalan Ahmad Yani Nomor 28, Gunungsari Ilir, Kec. Balikpapan Tengah
Harga : Rp2.000 – Rp3.000/potong

3. Olahan kepiting

Olahan Kepiting Balikpapan
Olahan KepitingFoto oleh Apah Abar Com

Kepiting memang jadi primadona di Balikpapan, apalagi jenis kepiting soka dan kepiting kenari. Kepopuleran seafood satu ini membuatnya punya beragam sajian olahan yang lezat. Banyak restoran menawarkan menu seperti kepiting lada hitam, kepiting saus padang, sampai kepiting saus tiram. Daging kepiting kenari  terkenal manis, itulah yang membuatnya makin istimewa. Beberapa restoran bahkan ada yang menerima pesanan kepiting sebagai oleh-oleh bagi para wisatawan. Untuk membawa pulang kepiting, wisatawan mesti memesan terlebih dulu sehari sebelumnya.

Tempat : Rumah Makan Torani
Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Nomor 73, Gunung Bahagia
Harga : Rp75.000 – Rp200.000

4. Pisang Gapit

Pisang Gapit Balikpapan
Pisang GapitFoto oleh Kitchen Of Indonesia Com

Apabila kamu penggemar camilan berbahan dasar pisang, wajib cicipi Pisang Gapit. Makanan khas Balikpapan satu ini dinamakan Pisang Gapit karena cara memasaknya dengan cara digapit (dijepit). Jenis pisang yang dipilih adalah pisang kepok. Mula-mula pisang dibakar di atas bara api sampai setengah matang. Kemudian dijepit dan dibakar kembali sampai matang. Uniknya, pisang yang sudah matang lantas disiram dengan kuah kecoklatan yang terbuat dari campuran gula merah, santan dan potongan nangka. Terbayang bukan bagaimana kelezatannya?

Tempat : Pisang Gapit Kebun Sayur Nenek Bahari
Alamat : Jalan Margasari, Baru Ilir, Kec. Balikpapan Barat
Harga : Rp12.000/porsi

5. Sate Cumi Bakar

Sate Cumi Bakar Balikpapan
Sate Cumi Bakar, Foto oleh Something Like Death Blogspot Com

Makanan khas Balikpapan selanjutnya yang mesti dicoba adalah Sate Cumi Bakar. Sate Cumi Bakar dibuat dari potongan cumi ditambah sosis atau bakso kemudian dilumuri bumbu berulang kali sambil dibakar di atas bara api. Proses pelumuran bumbu yang berulang kali inilah yang membuat bumbunya meresap dan menghasilkan cita rasa cumi yang enak, lembut, dengan aroma khas bakaran yang menggugah selera.

Tempat : Warung KPK Balikpapan
Alamat : Jalan MT. Haryono, Damai Bahagia

Harga : Rp60.000

6. Mie Hijau

Mie Hijau Balikpapan
Mie HijauFoto oleh Foodnesia Net

Ada satu sajian mie unik khas lokal. Namanya Mie Hijau. Disebut Mie Hijau karena proses pengolahan mienya yaitu direbus dengan sawi sehingga menghasilkan warna hijau. Mie Hijau disajikan bersama kuah kaldu dan berbagai pilihan taburan, ada taburan kepiting dan ayam. Hidangan satu ini cocok dijadikan teman makan di sore hari.

Tempat : Mie Hijau Sepinggan
Alamat : Di sekitaran Jalan Marsma Iswahyudi
Harga : Rp17.000/porsi

7. Onde-Onde Ubi Ungu

Onde-onde Ubi Ungu Balikpapan
Onde-Onde Ubi UnguFoto oleh Doripos Com

Kamu mungkin sudah familiar dengan jajanan tradisional Onde-onde. Umumnya Onde-onde diisi kacang hijau. Namun apa jadinya jika Onde-onde diisi dengan ubi ungu? Yap! Makanan khas Balikpapan ini terbuat dari tepung dengan isian ubi ungu dan taburan wijen. Ubi ungu kaya akan vitamin A yang baik bagi tubuh. Onde-onde Ubi Ungu paling nikmat disantap ketika masih hangat. Namun kalaupun sudah dingin pun, tekstur kulitnya tidak akan alot. Makin tidak sabar, bukan mencicipinya?

Tempat : Rumah Kue Brownies
Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Nomor 9, Balikpapan
Harga : Rp4.000 – Rp5.000/biji

8. Kue lidah sapi

Kue Lidah Sapi Balikpapan
Kue Lidah SapiFoto oleh Kaltim Tribun News Com

Mendengar namanya, jangan dikira makanan ini benar-benar terbuat dari lidah sapi, ya! Kue Lidah Sapi atau disebut juga Kue Ilat Sapi merupakan kuliner khas Balikpapan yang terbuat dari tepung, telur, gula merah, dan bahan-bahan lainnya. Lalu adonan dicetak menyerupai bentuk lidah sapi. Oleh karena itulah dinamakan Kue Lidah Sapi. Rasanya didominasi rasa manis, dengan tekstur renyah dan lembut, cocok sebagai teman ngemil bersama secangkir teh hangat.

Tempat : Kampoeng Timoer
Alamat : Jalan Soekarno Hatta, Gunung Samarinda
Harga : Rp20.000

9. Bingka Kentang Mini

Bingka Kentang Mini Balikpapan
Bingka Ketan MiniFoto oleh Vigin Mojito WordPress Com

Camilan khas Balikpapan berikutnya adalah Bingka Kentang Mini. Berbentuk seperti mahkota bunga, bahan dasar pembuatannya selain terigu adalah kentang. Adonan kemudian dimasak dalam cetakan di atas arang. Aromanya wangi, dengan cita rasa yang didominasi rasa manis. Kuliner satu ini punya banyak varian rasa seperti pandan, keju, coklat dan original.

Tempat : Bingka Stal Kuda Balikpapan
Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Nomor 13, Gunung Bahagia, Kec. Balikpapan Selatan
Harga :  Rp40.000

10. Nasi Bakar Seafood

Nasi Bakar Seafood Balikpapan
Nasi Bakar SeafoodFoto oleh Resep Koki Id

Berkunjung ke Balikpapan, kamu mesti coba sajian nasi spesial satu ini. Nasi Bakar Seafood merupakan olahan nasi bakar berisi aneka seafood seperti ikan, kepiting dan udang. Mula-mula seafood akan dibumbui, kemudian diisikan dalam nasi, lalu dibungkus dengan daun pisang dan dibakar sampai matang. Aroma harumnya sangatlah menggoda selera makan, apalagi jika disantap saat masih panas. Pasti kamu tidak akan berhenti menyuap.

Tempat : Nasi Bakar Bang Toyib
Alamat : Damai, Kec. Balikpapan Selatan
Harga : Rp30.000/porsi

11. Bubur Gunting 

Bubur Gunting Balikpapan
Bubur Gunting, Foto oleh Foodnesia Net

Kuliner khas Balikpapan lainnya yang sayang dilewatkan yaitu Bubur Gunting. Dari namanya mungkin terdengar unik, tapi kata gunting sendiri sebenarnya merujuk pada proses penyajiannya di mana adonan harus digunting-gunting. Bubur Gunting terbuat dari adonan tepung ketan, air kapur sirih, air daun suji dan garam. Adonan tersebut lalu dibentuk serong memanjang, kemudian digunting dan direbus bersama santan, garam dan gula merah. Didominasi cita rasa manis dan gurih, Bubur Gunting cocok disantap ketika masih hangat.

Tempat : Aneka Bubur
Alamat : Jalan Karangrejo, Balikpapan Tengah
Harga : Rp5.000/porsi

12. Amplang Ikan

Amplang Ikan
Amplang Ikan, Foto oleh Borneo24 Com

Kuliner khas Balikpapan selanjutnya yang wajib untuk kamu coba adalah Amplang Ikan. Amplang merupakan makanan berjenis kerupuk yang sangat terkenal di Balikpapan. Meskipun hanya kerupuk, dalam pembuatannya jajanan ini diberi campuran ikan pipih pada adonannya. Kerupuk ini memiliki berbagai varian rasa, mulai dari rasa original, bawang, merica, keju dan rasa lainnya. Teksturnya yang renyah sewaktu digigit menciptakan cita rasa gurih.

Tempat : Toko Amplang Kuku Macan
Alamat : Jalan Jenderal Sudirman Stal Kuda Nomor 415, Damai, Balikpapan Kota
Harga : Rp12.000/pack

13. Keripik Iron

Keripik Iron
Keripik Iron, Foto oleh Silau Surya

Bagi penyuka olahan singkong, di Kota Minyak ini kamu dapat mencoba camilan ringan yang bernama Keripik Iron. Dengan menggunakan singkong sebagai bahan utamanya, membuat kuliner khas Balikpapan ini begitu digemari oleh masyarakat sekitar bahkan wisatawan. Kuliner khas Balikpapan ini memiliki tekstur yang sangat renyah dengan cita rasa gurih.

Tempat : Kampoeng Timoer
Alamat : Jalan Soekarno Hatta, Gunung Samarinda
Harga : Rp10.000/pack

14. Abon Kepiting

Abon Kepitinga
Abon Kepiting, Foto oleh Tribunkaltim Travel Com

Ketika mendengar nama abon pastinya terlintas di pikiran, bahwa makanan ini terbuat dari daging ayam atau sapi yang diolah sedemikan rupa. Namun, berbeda dengan abon khas yang ada di Kota Minyak, terbuat dari bahan utama berupa kepiting.  Membuat abon ini memiliki cita rasa gurih dan nikmat serta mempunyai tekstur yang sedikit halus dengan warna yang kecoklatan. Kuliner khas Balikpapan ini sangat cocok dimakan bersama dengan nasi putih hangat.

Tempat : Rumah Makan Kepiting Kenari
Alamat : Jalan Marsma R.Iswahyudi Nomor 4, Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan
Harga : Rp50.000/50 gram

15. Bakpia

Bakpia Kalimantan
Bakpia Kalimantan, Foto oleh Youtube Com

Mendengar nama Bakpia pastinya langsung identik dengan Kota Yogyakarta. Nyatanya, di Kota Minyak ini juga terdapat makanan khas yang juga bernama Bakpia. Kuliner khas Balikpapan ini memiliki ukuran yang jauh lebih dibandingkan dengan bakpia di kota-kota lainnya. Selain ukurannya yang besar, pada kulit bakpia nya tidak terlalu manis namun rasa manisnya akan muncul sewaktu menggigit bagian dalamnya. Dengan perpaduan yang pas antara bagian kulit dengan isinya menciptakan cita rasa dominan gurih dan sedikit asin.

Tempat : Peyek Kepiting Kampoeng Timur
Alamat : Jalan Soekarno Hatta, Gunung Samarinda, Kec. Balikpapan Utara
Harga : Rp25.000/pack

16. Peyek Kepiting

Peyek Kepiting
Peyek Kepiting, Foto oleh Shopee Com

Kepiting merupakan salah satu hasil laut andalan di Balikpapan. Oleh sebab itu tidak heran apabila banyak makanan khas yang terbuat dari olahan kepiting sebagai salah satu contohnya yaitu Peyek Kepiting. Peyek ini merupakan olahan yang terbuat dari campuran tepung tapioka, tepung beras, daging kepiting cincang, air, santan dan bumbu dasar lainnya. Dengan pencampuran bahan yang digunakan menciptakan cita rasa gurih dan nikmat.

Tempat : Peyek Kepiting Mr. Cadas
Alamat : Jalan Ruhui Rahayu blok 2C Nomor 40
Harga : Rp25.000/pack

Mampir ke Balikpapan kurang lengkap jika belum mencicipi ragam kuliner lokalnya. Kota yang dikenal punya sumber daya laut melimpah ini punya sederet makanan yang amat memanjakan lidah. Berwisata kuliner adalah pilihan yang tepat selepas berkeliling menikmati kota. Kuliner khas Balikpapan jadi salah satu daya tarik selain keindahan objek-objek wisatanya. Jadi, mau makan apa dulu hari ini?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 16 Makanan Khas Balikpapan yang Sayang untuk Dilewatkan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending