15 Daftar Lokasi Pusat Oleh-Oleh Banjarmasin Terlengkap

PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN
Tak hanya memiliki banyak pilihan oleh-oleh khas, tentunya beragam pusat oleh-oleh Banjarmasin tepat jadi tujuan wisata belanja!
Daftar isi

Mengunjungi suatu kota akan semakin terasa lengkap jika kamu membawa oleh-oleh khas kota tersebut untuk keluarga dirumah. Momen berburu berbagai oleh-oleh di setiap toko menjadi kegiatan penutup liburan yang menyenangkan. Ketika kamu berada di Kota Banjarmasin, lalu tidak sempat untuk mampir ke beberapa toko oleh-oleh Banjarmasin tidak usah gundah maupun bingung. Pergi saja ke 15 pusat oleh-oleh Banjarmasin rekomendasi Kuliner Kota berikut ini. Tidak hanya bakal memuaskan hasrat berbelanja, pastinya juga bikin waktu kamu lebih efisien. Mau tau apa saja pusat oleh-oleh tersebut? Yuk, cek artikel Kuliner Kota berikut ini!

1. Kampung Sasirangan

Ingin membawa kain Batik khas Banjarmasin sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah? Kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh Banjarmasin ini, Kampung Sasirangan. Merupakan surganya belanja batik khas Banjarmasin dengan berbagai model, warna maupun harga. Kamu akan menemukan deretan pertokoan yang menjual aneka Batik Sasirangan mulai dari masih dalam bentuk kain, pakaian, dompet, sandal, gantungan kunci dan berbagai model lainnya.

Kampung Sasirangan Banjarmasin
Kampung Sasirangan, Foto oleh Banjarmasin Tourism Com

Tidak hanya itu, harganya yang terjangkau juga memudahkan untuk memilih berbagai oleh-oleh sesuai dengan budget dan selera kamu. Selain itu kamu juga bisa melihat proses pembuatan batik sasirangan secara langsung loh! Menarik bukan? Bisa berwisata belanja sekaligus edukasi. Oleh karena itu jika tertarik membawa kain batik khas Banjarmasin dari sini, Kampung Sasirangan berlokasi di Jalan Sebrang masjid, kota Banjarmasin kalimantan Selatan. Kampung Sasirangan juga buka setiap hari dan paling dikunjungi ketika hari libur maupun weekend.

2. Toko Andalas

Ingin membawa pulang berbagai makanan khas Banjarmasin? Kamu bisa datang ke Toko Andalas. Merupakan salah satu pusat oleh-oleh di Banjarmasin, disini kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh mulai dari dodol kandangan, amplang, rabuk ikan haruan sampai souvenir seperti baju sasirangan, kaos khas Banjarmasin, gelang, batu akik dan berbagai macam oleh-oleh lainnya. Pastinya lengkap dan lebih menghemat waktu jika berbelanja buah tangan untuk keluarga dirumah disini.

Toko Andalas Banjarmasin
Toko Andalas, Foto oleh Google Com

Tidak hanya itu Toko Andalas juga buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 22.00, jadi kamu bisa datang ketempat ini kapanpun sesuai dengan keinginan. Jika kamu tertarik berbelanja oleh-oleh di tempat ini, Toko Andalas berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan No.12, RT.22, Ps. Lama, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin.

Artikel Terkait

3. Toko Wadai Banjar

Ingin bawa kudapan khas orang Banjar sebagai buah tangan? Kamu bisa datang ke Toko Wadai Banjar.  Menjadi salah satu pusat oleh-oleh Banjarmasin terlengkap, dimana kamu bisa menemukan berbagai kue basah mulai dari kue bika bermacam rasa seperti padan, labu, dan durian serta berbagai bolu maupun kue yang terbuat dari labu dengan berbagai varian rasa seperti choco chip, keju dan berry juga ada lho! Menarik bukan?

Toko Wandai Banjar Banjarmasin
Toko Wandai Banjar, Foto oleh Google Com

Tapi tenang, tempat ini tidak hanya menyediakan aneka kue saja, ada berbagai oleh-oleh lain seperti dodol kandangan, amplang, iwak karing sapat, abon haruan dan berbagai oleh-oleh lain yang juga bisa jadi pilihan buah tangan untuk keluarga di rumah. Tertarik untuk berwisata belanja disini? Toko oleh-oleh Wadai Banjar berlokasi di Jalan A. Yani KM.2 No 83A Kecamatan Banjarmasin Timur, Sungai Baru, Kec. Banjarmasin Tengah.

4. Toko B-Banjar

Toko B-Banjar Banjarmasin
Toko B-Banjar, Foto oleh Banjarmasin Tribun News Com

Pusat oleh-oleh Banjarmasin selanjutnya yang bisa jadi tujuan berwisata belanja adalah Toko B-Banjar. Berlokasi di  Jalan A. Yani Km 4,5 kota Banjarmasin, disini kamu bisa menemukan berbagai cinderamata khas Banjar yang cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Pusat oleh-oleh Banjarmasin selanjutnya yang bisa jadi tujuan berwisata belanja adalah Toko B-Banjar. Berlokasi di  Jalan A. Yani Km 4,5 kota Banjarmasin, disini kamu bisa menemukan berbagai cinderamata khas Banjar yang cocok sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

5. Toko Galuh Banjar

Ingin membawa pulang berbagai makanan dan souvenir khas Banjar? Kamu bisa datang ke Toko Galuh Banjar. Merupakan salah satu pusat oleh-oleh Banjarmasin terlengkap, dimana kamu bisa menemukan makanan khas Banjarmasin seperti amplang, dodol kandangan dan berbagai makanan khas lainnya dengan cita rasa nikmat dan pastinya bikin nagih. Tidak hanya itu berbagai souvenir sampai kain sasirangan juga bisa  ditemukan disini.

Toko Galih Banjar Banjarmasin
Toko Galuh Banjar, Foto oleh Google Com

Toko Galuh Banjar juga memproduksi sendiri pia galuh banjar dengan berbagai varian cita rasa loh! Menarik bukan? Selain itu ada juga mandai goreng khas kalimantan yang tidak bisa kamu temukan di Jawa. Tertarik untuk membawa berbagai buah tangan dari pusat oleh-oleh Banjarmasin ini? Toko Galuh Banjar berlokasi di  Jalan S Parman No. 5, kec. Banjarmasin Barat, kota Banjarmasin dan buka mulai pukul 08.00 – 20.00.

6. Pusat Oleh-Oleh Pie Susu Cap Bekantan

pie susu cap bekantan
Pie Susu Cap Bekantan, Foto Oleh Banjarmasin Tribunnews Com

Maraknya penjual pie susu di berbagai daerah membuat Banjarmasin tak mau kalah. Pusat Oleh-Oleh Banjarmasin Pie Susu Cap Bekantan berdiri pada bulan Maret 2016 bisa jadi jujugan untuk berbelanja buah tangan khas Banjarmasin. Toko yang berlokasi di Jalan Saka Permai, Banjarmasin, Kalimantan Selatan ini awalnya hanya menjual Pie Susu, kemudian mulai berinovasi menambahkan menu beraneka macam bingka dan klemben.

Di Outlet Pie Susu Cap Bekantan kamu akan disajikan tujuh varian rasa Pie Susu, yaitu coklat, cokelat keju, original, durian, oreo dan nanas.  Tentunya tidak hanya nikmat tapi juga terjangkau. Karena cukup mulai dari Rp25.000 saja kamu bisa mendapatkan sekotak pie susu dari tempat ini.

Baca Juga:  10 Toko Pusat Oleh-Oleh Gresik Termurah yang Bisa Dikunjungi

7. Konter Hy-Munk

Konter Kaos Hy-Munk berada di lantai dasar Duta Mall Banjarmasin. Outlet ini menyediakan berbagai kaos dan aksesoris seperti gantungan kunci, boneka nanang galuh, kain sasirangan, gelang batu, tas manik sampai kuriding (alat musik tradisional). Selain berbagai aksesoris, Konter Hy-Munk juga menawarkan kayu khas Kalimantan Selatan.

konter hy munk
Konter Hy-Munk, Foto Oleh Tribunnews Com

Uniknya lagi, setiap produk kebanyakan adalah rancangan pemiliknya. Kaos merk Hy-Munk terkenal akan keunikan produksinya yang bertuliskan lelucon atau petuah dalam Bahasa Banjar. Untuk harga sendiri, tak perlu khawatir, karena bermacam kaos yang dijual di sini dibanderol mulai sekitar Rp55.000 – Rp120.000.

8. Sarahai

sarahai
Sarahai, Foto Oleh Bp Guide Id

Terdapat banyak toko oleh-oleh Banjarmasin yang menjual buah tangan khas Kalimantan Selatan, salah satunya adalah Sarahai. Toko Sarahai terletak di Jalan Pangeran Samudera No. 65, Banjarmasin. Pusat oleh-oleh Banjarmasin ini menjual beragam masakan dan oleh-oleh khas Banjarmasin seperti kacang garuk, dodol, amplang dan lain sebagainya.

Karena semakin hari makin banyak pengunjung yang datang, maka tak heran Sarahai menjadi toko buah tangan paling dicari di Banjarmasin. Tempatnya yang strategis membuat wisatawan tak perlu bingung lagi mencari keberadaan tempat oleh-oleh Banjarmasin ini. Tentunya juga lengkap dan harga terjangkau. Jadi, jangan lupa sempatkan waktu dan nikmati wisata belanja di tempat oleh-oleh khas Banjarmasin ini.

9. Oleh-Oleh Haji Banjarmasin

oleh-oleh haji banjarmasin
Oleh-Oleh Haji Banjarmasin, Foto Oleh Banjarmasin Tribunnews Com

Selain melalui Arab, jamaah haji yang baru saja pulang dari kegiatan haji juga akan beramai-ramai membeli buah tangan lainnya. Salah satu pusat oleh-oleh Banjarmasin yang terkenal dengan buah tangan khas Arab, yakni Oleh-Oleh Haji Banjarmasin.

Di tempat oleh-oleh khas Banjarmasin ini kamu akan menemukan berbagai jajanan kurma, kacang-kacangan, kismis hingga air zam-zam. Selain kudapannya, beberapa aksesoris seperti tasbih dan lipstik juga bisa kamu temukan disini. Harganya yang terjangkau mulai dari Rp40.000 – Rp400.000 untuk kudapan dan aksesoris Rp50.000 – Rp100.000. Jadi, tentunya ketika memborong buah tangan disini, makin bikin kamu kalap berbelanja dan nggak bikin kantong tipis.

10. Masboy

masboy
Masboy, Foto Oleh Disdag Kalselprov Go Id

Mencari jajanan amplang yang terjamin enaknya? Mampir ke Toko Oleh-Oleh Masboy pilihannya. Amplang Haruan Masboy berbahan dasar ikan haruan atau gabus yang kaya akan albumin. Dijuluki sebagai oleh-oleh terlengkap di Banjarmasin, maka kamu tidak perlu ragu memborong beragam buah tangan khas untuk keluarga di rumah.

Selain itu, pelayanan yang ramah dan cepat, jadi dijamin makin bikin kamu betah berbelanja disini. Masboy, tempat oleh-oleh Banjarmasin ini belokasi di Jalan Bandarmasih Komp DPR, Banjarmasin. Jadi, tertarik untuk mampir dan berburu buah tangan disini?

11. Toko Oleh-Oleh Lima Enam

toko oleh-oleh lima enam
Toko Oleh-Oleh Lima Enam, Foto Oleh Javatravel Net

Setelah puas mengelilingi wisata menarik di Banjarmasin, ada baiknya untuk mampir ke Pusat Oleh-Oleh Banjarmasin Lima Enam sebagai tujuan utama membeli buah tangan. Toko Lima Enam menjual berbagai macam jajanan khas Banjarmasin, lengkap, ramah kantong dan tentunya pelayanan yang baik. Toko unik ini berada di Jalan K. S. Tubun No. 2, Kota Banjarmasin.

Baca Juga:  7 Daftar Pusat Oleh Oleh Jember yang Super Lengkap

12. Pasar Tungging Banjarmasin

pasartungging banjarmasin
Pasar Tungging Banjarmasin, Foto Oleh Banjarmasin Tribunnews Com

Salah satu pasar populer yang banyak dikunjungi pelancong adalah Pasar Tungging Banjarmasin. Seperti pasar pada umumnya, para pedagang di sana akan menjajakan berbagai barang di pinggir jalan. Nama Tungging sendiri diambil lantaran pembeli di pasar ini harus menungging setiap kali hendak membeli kebutuhannya.

Tapi, kamu jangan khawatir dengan hal itu, karena Pasar Tungging sudah dialokasikan sehingga pengunjung tak perlu lagi menerapkan kebiasaan dulu. Walau sudah berpindah tempat, namun nama unik dari tempat oleh-oleh Banjarmasin ini tak bisa lepas. Itulah sebabnya, ketika bertandang ke Banjarmasin belum sah, ketika tidak mampir ke pusat oleh-oleh Banjarmasin yang berlokasi di Jalan Belitung Darat Nomor 43, Kuin Cerucuk, Banjarmasin ini.

13. Arsila Bakery Banjarmasin

arsila bakery banjarmasin
Arsila Bakery Banjarmasin, Foto Oleh Vymaps Com

Untuk kamu yang sedang mencari buah tangan berupa kue basah dan kue kering di Banjarmasin, Arsila Bakery ini menjadi rekomendasi terbaik. Lokasinya berada di Jalan Mayjen S. Parman, Antasan Besar, Banjarmasin. Pusat oleh-oleh Banjarmasin ini memiliki berbagai varian roti, yakni roti gurih dengan taburan keju, daging, sosis atau abon, roti manis dengan isian selai buah, kismis, meses, coklat dan kacang. Aneka bolu, brownies, cake dan masih banyak jenis kue lainnya.

Tak hanya keistimewaan rotinya, toko ini pun menyediakan es krim dengan berbagai pilihan rasa. Harganya yang terjangkau dan tentunya beragam pilihan buah tangan, membuat Arsila Bakery wajib banget kamu kunjungi.

14. Pasar Sudimampir Banjarmasin

pasar sudimampir
Pasar Sudimampir, Foto Oleh Banjarmasin Tribunnews Com

Pasar Sudimampir adalah salah satu pusat grosir dan eceran yang ada di Kota Banjarmasin. Di pasar kamu akan menemukan berbagai keperluan barang dan jasa lengkap juga terjangkau, seperti baju dari ukuran anak-anak hingga dewasa, perlengkapan muslim, keperluan rumah tangga, keperluan muslim dan masih banyak lagi.

Sejak lama Pasar Sudimampir dikenal sebagai tempat para pedagang busana berbelanja. Jadi, tentunya juga terjangkau dan beragam pilihannya. Itulah sebabnya ketika ingin membawa pulang buah tangan dalam jumlah banyak untuk keluarga di rumah, tempat inilah surganya wisata belanja buah tangan.

15. Pasar Terapung Lok Baintan

PASAR TERAPUNG LOK BAINTAN
Pasar Terapung Lok Baintan, Foto Oleh Wisatamedan Net

Tak hanya pasar Tungging, Banjarmasin memiliki pasar yang sedikit berbeda dari pasar lain, yakni Pasar Terapung Lok Baintan. Di pasar kamu akan menemukan sensasi berbelanja yang berbeda, dimana para pedagangnya akan menjual barang di atas kapal kecil panjang dan diisi dengan berbagai macam sayuran sampai buah-buahan. Jika kamu penasaran dengan Pasar Terapung ini, datang saja ke Sungai Martapura dan nikmati sensasi berbelanja buah tangan berbeda disini.

Tentunya, pasar ini juga sudah ada sejak zaman kesultanan Banjar, maka dari itu masyarakat setempat sering menyebutnya sebagai pasar legendaris. Kamu dapat mengunjungi Pasar Terapung saat pukul 06.00 – 08.00 saja. Untuk lokasi tepatnya berada di Jalan Sungai Martapura, Desa Sungai Tandipah, Banjarmasin.

Jadi, sudah siap berbelanja buah tangan khas Banjarmasin di tempat oleh-oleh khas diatas? Jangan lupa siapkan budget khusus dan masukan 15 pusat oleh-oleh khas Banjarmasin di atas sebagai jujugan kamu ketika berbelanja. Tetapi ingat tetap hitung budget dan belilah sesuai kebutuhan agar kamu memiliki tabungan untuk liburan di kota-kota selanjutnya.

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *