1. Tempat oleh-oleh

10 Pusat Oleh-Oleh Purwokerto Recommended Lengkap

Menghadiahkan keluarga seperti oleh-oleh setelah pulang berwisata adalah hal yang mesti dilakukan. Apalagi ketika kamu berkunjung ke Purwokerto, beragam buah tangan lezat dan menarik akan didapatkan dengan mudah. Namun, masih tak banyak orang menemukan pusat oleh-oleh Purwokerto lengkap dan terjamin kualitasnya. Itulah sebabnya jika bertandang ke kota ini, tak perlu ragu ingin membeli oleh-oleh dimana, karena Kuliner Kota punya rekomendasi 10 pusat oleh-oleh di Purwokerto recommended dan terlengkap.

1. Toko Sawangan No 1

toko sawangan no 1
Toko Sawangan No 1, Foto Oleh Jalanjalanenak Com

Ingin menemukan cemilan unik khas Purwokerto seperti mendoan dan jajanan tradisional lain? Kamu mesti coba datang ke Toko Sawangan No 1. Salah satu pusat oleh-oleh Purwokerto ini menawarkan mendoan dengan beragam varian rasa seperti original, isi sosis, kubis dan mendoan mozarella. Selain lezat mendoan hangatnya, outlet ini juga menjual mendoan mentah yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan.

Tentunya, pengunjung tak perlu repot membuat bumbu karena mendoan mentah ini juga sudah ditambah tepung bumbu dan sambal kecap. Oleh-oleh lain seperti keripik tempe dan getuk goreng akan kamu temukan hanya dalam satu toko. Tertarik mengunjungi Toko Sawangan No 1 saat sudah sampai di Purwokerto?

Alamat: Jl. Mayjend Sutoyo No. 23, Purwokerto
Jam Buka: 06.00 – 21.30 WIB
Harga: Mulai Rp4.500 – Rp45.000

2. Toko Eka Sari

toko eka sari
Toko Eka Sari, Foto Oleh Panggon Com

Purwokerto terkenal dengan aneka jajanan serta souvenir khas, dan jika kamu bertemu dengan Toko Eka Sari maka disinilah tempatnya buah tangan terkenal. Outlet satu ini populer dengan jajanan gethuknya yang sudah 20 tahun berproduksi. Sebelum membawa pulang gethuk yang hangat dan harganya terjangkau, disini kamu akan diberikan sampel beberapa jenis gethuk untuk dicicipi agar tahu jenis gethuk mana yang cocok dijadikan buah tangan. 

Bukan hanya menawarkan jajanan gethuk saja, tetapi berbagai cemilan tradisional lain akan siap menjamu wisatawan selagi menikmati gethuk khas Toko Eka Sari. Berikan kebahagiaan di rumah dengan membawakan makanan khas Purwokerto gethuk sebagai buah tangan.

Alamat: Jl. Soepardjo, Rustam 70 Sokaraja, Purwokerto
Jam Buka: 08.00 – 22.00 WIB
Harga: Sekitar Rp15.000

3. Toko Oleh-Oleh Mirasa

toko oleh-oleh mirasa
Toko Oleh-Oleh Mirasa, Foto Oleh Facebook Com

Pusat perbelanjaan buah tangan Purwokerto Mirasa berdiri sejak tahun 1985. Toko Oleh-oleh Purwokerto ini menjadi destinasi belanja buah tangan mulai dari masyarakat lokal sampai pelancong. Beberapa jajanan yang ditawarkan yakni kacang goreng asin, kue manco, kue toso, gethuk goreng, enting-enting dan masih banyak lagi. 

Karena berhasil menjadi pusat oleh-oleh terbaik di Purwokerto, kini outlet Mirasa memiliki cabang seperti Toko Mirasa Asli dan Toko Mirasa Putra. Dengan harga ramah kantong dan mudah dirindukan jajanannya, maka dari itu sebaiknya segera memborong dan bawa pulang semua buah tangan disini untuk keluarga di rumah.

Alamat: Jl. Soepardjo Rustam, Sokaraja Kulon, Purwokerto
Jam Buka: 07.15 – 20.00 WIB
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp24.000

4. Pratista Harsa

prasista harsa
Prasista Harsa, Foto Oleh Radarbanyumas Co Id

Di Pratista Harsa kamu dapat menemukan apapun yang dibutuhkan termasuk kuliner dan buah tangan. Menempati 2 lantai dengan tempat yang cukup luas. Biasanya kuliner yang tersedia disini adalah nasi goreng, bakso, bakmi, bubur kacang hijau, bubur ketan hitam, berbagai varian ayam goreng, aneka jus, gudeg dan masih banyak lagi. 

Beberapa oleh-olehnya berupa mendoan, gethuk, brownies, aneka kue tradisional dan lainnya. Harganya pun tak sampai menguras kantong, apalagi dengan pilihan kuliner dan buah tangan khas Purwokerto yang lezat dijamin tak akan membuatmu kecewa.

Alamat: Jalan Jenderal Soedirman Selatan, Alun-alun Purwokerto
Jam Buka: 08.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai Rp5.000

5. Pusat Batik Mruyung

pusat batik mruyung
Pusat Batik Mruyung, Foto Oleh Aroengbinang Com

Batik Mruyung menjadi salah satu tujuan pecinta batik datang ke Purwokerto, oleh karena itu adanya Pusat Batik Mruyung hingga sekarang masih ramai pengunjung setiap harinya. Dari luar pusat oleh-oleh Purwokerto ini memang tidak terlalu menarik karena hanya bangunan seperti rumah minimalis, namun setelah memasuki outletnya pengunjung akan dibuat terpatung dengan keindahan batik yang terpajang di setiap sudut. 

Batik Mruyung yang dijual memiliki harga terjangkau dan tergantung seperti apa jenisnya. Uniknya lagi, ternyata pusat cinderamata batik khas Purwokerto ini juga menjadi tempatnya pabrik Galundeng. Jadi, ketika puas membeli batiknya kamu bisa menikmati Galundeng hangat yang siap menggoyang lidah.

Alamat: Jalan Mruyung, Sudagaran, Purwokerto
Jam Buka: 09.00 – 17.00 WIB
Harga: Mulai Rp50.000

6. Toko Getuk Goreng Haji Tohirin

Cemilan tradisional Getuk memang sudah merambat hampir ke seluruh pusat oleh-oleh Purwokerto, termasuk Toko Getuk Goreng Haji Tohirin. Outlet ini sudah berdiri sejak tahun 1918, jadi rasa melegenda getuknya memang tak dapat diragukan lagi. Getuk Goreng Sokaraja cocok sebagai teman pendamping kopi saat bersantai.

toko getuk goreng haji tohirin
Toko Getuk Goreng Haji Tohirin, Foto Oleh Azzamudin WordPress Com

Meski produksinya tetap tanpa menggunakan pengawet, jajanan tradisional khas Toko Getuk Goreng Haji Tohirin mampu bertahan selama sepuluh hari dengan dibungkus anyaman bambu (besek). Selain awet, getuk juga memberi kesehatan bagi konsumennya karena memakai bahan alami. Jadi, tertarik membawa pulang getuk khas Toko Haji Tohirin saat berkunjung ke Purwokerto?

Alamat: Jalan Jenderal Soedirman, Sokaraja, Purwokerto
Jam Buka: 24 jam
Harga: Mulai Rp8.000

7. Jenang Jaket Pertama

jenang jaket pertama
Jenang Jaket Pertama, Foto Oleh Mriyahotel Com

Aneka jenang khas Purwokerto terlengkap hanya akan kamu temukan di outlet Jenang Jaket Pertama. Seperti namanya, pusat oleh-oleh Purwokerto ini menjual beragam varian jenang seperti jenang jaket, dodol jenang, getuk goreng dan masih banyak oleh-oleh lain. 

Wisatawan gemar memilih tempat ini sebagai pusatnya jajanan jenang karena memang mereka memproduksi jenang berbeda dengan tekstur lembut, legit  dan rasa yang tak pernah berubah. Bagi pengunjung, cita rasa jenang di Toko Jenang Jaket Pertama dapat membangkitkan memori masa kecil. Jadi tunggu apa lagi? Berlibur di Purwokerto akan menyenangkan bila sudah menemukan toko oleh-oleh jenang untuk dibawa pulang.

Alamat: Jalan PKK No. 600, Purwokerto
Jam Buka: 08.00 – 19.00 WIB
Harga: Mulai Rp12.000

8. Pusat Oleh-Oleh “Tetap Asli Ny. Sutrisno”

tetap asli ny sutrisno
Pusat Oleh-Oleh “Tetap Asli Ny. Sutrisno, Foto Oleh Facebook Com

Mencari toko oleh-oleh yang menjual beragam jajanan tradisional? Pusat Oleh-oleh “Tetap Asli Ny. Sutrisno” merupakan pilihan tepat. Toko ini menawarkan makanan ringan yang awet dibawa pulang seperti klanting, keripik singkong, mino, getuk goreng, bandeng presto, bakpia bahkan kuliner mengenyangkan di antaranya rujak buah, rujak sayur dan gado-gado. 

Walaupun tokonya terlihat kecil, namun pusat oleh-oleh dari Purwokerto ini menyediakan tempat parkir luas. Jadi tidak masalah ketika banyak pelanggan di dalam toko, kamu bisa menunggu sejenak di area parkir. Kesempatan bagi kamu untuk membawakan buah tangan kesukaan keluarga dengan membelinya di pusat oleh-oleh Purwokerto satu ini.

Alamat: Jalan Situmpur No. 85, Karang Bawang, Purwokerto
Jam Buka: 07.00 – 20.30 WIB
Harga: Mulai Rp8.000

9. Cartenz Purwokerto

cartenz purwokerto
Cartenz, Foto Oleh Cartenzstore Com

Sedang mencari perlengkapan daypack di Purwokerto? Coba saja ke Cartenz Purwokerto. Disini adalah tempatnya menjual berbagai produk buatan Cozmeed dari PT. Cartenz Indonesia, di antaranya pakaian, jaket, daypack dan carrier yang nyaman dikenakan sepanjang hari bahkan saat berpetualang. Meski tokonya terbilang tidak luas, tetapi stok barang selalu lengkap dan up date.

Mulai dari adventure pack sampai kebutuhan sekolah tersedia. Pelayanannya pun cukup bersahabat sehingga pengunjung tak ragu untuk datang ke Cartenz kedua kalinya. Sehingga, ketika sedang berada di Purwokerto dan membutuhkan keperluan berpetualang, datang saja ke Cartenz Purwokerto untuk mendapatkan kualitas barang terbaik sebagai buah tangan.

Alamat: Jalan Overste Isdiman, 1, Purwokerto
Jam Buka: 09.00 – 21.00 WIB
Harga: Mulai Rp75.000

10. Toko Kedung Jati Purwokerto

toko kedung jati purwokerto
Toko Kedung Jati, Foto Oleh Google Com

Selain Pusat Oleh-oleh “Tetap Asli Ny. Sutrisno”, Purwokerto juga menyediakan outlet lain yang menyediakan beragam buah tangan terlengkap, Toko Kedung Jati namanya. Berbagai macam jajanan tradisional tersedia dengan harga relatif murah, mulai dari keripik tempe, keripik singkong, getuk goreng, slondok, stik singkong hingga keripik belut.

 Lokasinya pun cukup strategis, sehingga wisatawan bisa dengan mudah menemukan toko ini. Selain itu, pemilik toko pun selalu memberikan pelayanan ramah dengan memberikan potongan harga ketika berbelanja banyak. Sudah siap menghabiskan waktu membeli oleh-oleh di Toko Kedung Jati Purwokerto?

Alamat: Jalan Kongsen No. 41, Karang Bawang, Purwokerto.
Jam Buka: 06.00 – 21.30 WIB
Harga: Mulai Rp10.000

Bagaimana dengan 10 pusat oleh-oleh Purwokerto di atas? Kamu dapat membeli setiap buah tangan dan cinderamata yang diinginkan dengan harga terjangkau. Tentu wisatawan tidak perlu lagi pusing mencari outlet oleh-oleh khas Purwokerto, karena di setiap jalan kawasan Purwokerto pasti terpampang toko oleh-oleh yang diinginkan. Jadi, sudah menentukan ingin berburu oleh-oleh Purwokerto di mana?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Pusat Oleh-Oleh Purwokerto Recommended Lengkap

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending