1. Oleh-Oleh Khas

Deretan 11 Oleh-Oleh Khas Purworejo Paling Dicari

Sama halnya di setiap daerah lain, Purworejo merupakan wilayah yang menyimpan beragam kuliner menarik serta cocok dijadikan buah tangan khas. Kabupaten di Jawa Tengah ini menghadirkan beragam pilihan oleh-oleh khas Purworejo yang lezat dan sayang untuk dilewatkan. Itulah sebabnya ketika kamu bertandang ke Purworejo ada baiknya menyiapkan budget dan membeli deretan oleh-oleh khas dari Purworejo berikut ini.

1. Geblek

geblek
Geblek, Foto Oleh Tokopedia Com

Geblek menjadi salah satu jajanan tradisional khas Purworejo yang sudah menyebar hampir ke seluruh daerah Jawa Tengah. Namun, cita rasanya akan berbeda jika sudah menemukan Geblek di Purworejo. Karena bentuknya bulat dan beberapa masyarakat setempat mengenalnya dengan sebutan gelangan.

Terbuat dari tepung singkong yang dibumbui bawang goreng, tak heran jika rasa yang dihasilkan gurih lezat. Cemilan khas Purworejo ini lebih nikmat disantap selagi hangat. Tetapi jika ingin menjadikannya oleh-oleh, maka kamu juga bisa membelinya mentah dan menggorengnya ketika berada di rumah.

Tempat: Gebleg Kenteng “Bu Parti”
Alamat: Jl. Kenteng, Kledung Kradenan, Banyu Urip, Purworejo
Harga: Sekitar Rp8.000

2. Kue Satu

kue satu
Kue Satu, Foto Oleh Putratravel Net

Nama Kue Satu memang sudah terdengar luas di telinga masyarakat Indonesia, apalagi jika sedang berada di Purworejo. Di daerah asalnya sendiri kue ini populer dan harus ada saat acara besar. Terbuat dari kacang hijau yang dipanggang kemudian ditumbuk halus.

Bukan hanya kacang hijau, bahan pendukung lain pun turut hadir untuk memberi rasa lezat Kue Satu, seperti perisa vanila dan gula. Saking menjadi primadona, kebanyakan wisatawan pun mengenal kue ini dengan sebutan Kue Kroya. Biasanya kamu akan lebih mudah menemukan cemilan ini pada saat hari raya Idul Fitri.

Harga: Mulai Rp13.000

3. Lanting

lanting
Lanting, Foto Oleh Mytrip123 Com

Membawa pulang Lanting menjadi hal yang dinantikan keluarga, karena kebanyakan orang mengenal jajanan ini sebagai makanan legendaris di Purworejo. Cemilan ini bercita rasa gurih dan renyah ketika digigit. Terbuat dari pati singkong yang dikukus, berbentuk bundar dengan lubang di bagian tengahnya.

Karena bentuk uniknya yang seperti angka delapan, tentu semakin menarik perhatian wisatawan untuk memborongnya. Maka dari itu, Lanting bisa dengan mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh khas Purworejo. Tak heran kamu juga bisa menemukan aneka rasa baru, seperti rasa pedas dan manis. Soal harga bukan menjadi masalah, walau Lanting sudah populer dimanapun, hal itu tak memengaruhi harganya yang aman di kantong.

Harga: Mulai Rp13.000

4. Clorot

clorot
Clorot, Foto Oleh Jurnalposmedia Com

Clorot merupakan oleh-oleh khas Purworejo berikutnya yang paling banyak diburu wisatawan setelah Lanting. Berbahan tepung beras dan gula santan yang diolah menjadi adonan, kemudian dibungkus dengan daun kelapa muda atau janur. Janur tersebut dibentuk seperti terompet sehingga terlihat unik. Clorot bercita rasa manis, gurih dan lezat. Kamu bisa dengan mudah menjumpainya di berbagai pasar tradisional Purworejo. Pilihan tepat ketika sudah membawa pulang Clorot untuk keluarga maupun teman.

Tempat: Pasar Grabag
Alamat: Kecamatan Grabag, 30 km dari pusat Kota Purworejo
Harga: Sekitar Rp5.000

5. Jipang

jipang
Jipang, Foto Oleh Niratama01 Blogspot Com

Kalau sudah kenal dengan Clorot, berikutnya buah tangan khas Purworejo tak kalah menarik adalah Jipang. Masyarakat asli Purworejo pasti mengenal dengan baik cemilan ini, bahkan kebanyakan orang bisa membuatnya sendiri. Jipang terbuat dari nira kelapa dan beras ketan yang nantinya diolah dengan proses cukup panjang.

Rasanya manis legit serta bertekstur lengket karena pemakaian berondong jagung atau beras yang dicampur nira. Tak perlu jauh-jauh menjelajahi pasar tradisional, kini kamu bisa dengan mudah menemukan Jipang di toko oleh-oleh khas Purworejo.

Harga: Mulai Rp4.000

6. Jenang Krasikan

jenang krasikan
Jenang Krasikan, Foto Oleh Indonesiakaya Com

Masyarakat Indonesia tentu mengenal hidangan tradisional Jenang Krasikan, khususnya di daerah Purworejo. Jenang Krasikan kerap dijadikan buah tangan wisatawan maupun masyarakat luar daerah. Terbuat dari beras ketan yang dicampur manisnya gula merah dan santan.

Dari segi bahan memang sama dengan jenang biasa, tetapi uniknya Jenang Krasikan bertekstur lebih lunak dan terasa lebih legit. Proses pengolahannya pun unik, yakni dengan cara dipanggang. Tak heran jika rasa Jenang Krasikan berbeda dengan jenang jenis lain. Walau terkenal dengan julukan makanan tradisional melegenda, tetapi malah kebanyakan pemborong jenang ini berasal dari daerah Jawa Barat, Jakarta dan kota-kota besar loh.

Harga: Sekitar Rp14.000

7. Kue Lompong

kue lompong
Kue Lompong, Foto Oleh Laudzasmanli Blogspot Com

Jika sudah mengenal kue satu, mari beranjak mengenal kue basah khas Purworejo, Kue Lompong namanya. Kue ini berwarna hitam pekat dengan rasa legit dan lezat tak tertandingi. Dapat ditebak dari namanya, Kue Lompong berbahan utama batang daun talas atau kerap disebut Lompong. 

Lompong dihancurkan sebelum diolah, lalu dicampur dengan tepung merah, gula dan tepung ketan. Sedangkan isiannya berupa kacang tanah tumbuh yang menghasilkan rasa manis. Dikatakan cocok sebagai oleh-oleh khas Purworejo karena daya tahannya bisa mencapai satu bulan. Tak perlu bingung jika Kue Lompong sudah mengeras, karena kamu bisa mengukusnya kembali kemudian dihidangkan dalam keadaan hangat.

8. Cenil

cenil
Cenil, Foto Oleh Ceroboh Com

Kamu pasti sudah mengenal baik makanan lezat satu ini, yap Cenil. Cenil ialah makanan khas Purworejo yang unik dari segi rupa maupun rasanya. Tak hanya unik, jajanan ini juga semakin menarik perhatian karena memiliki warna beragam. Dalan jenis jajanan, Cenil menjadi makanan yang memiliki kalori sedikit tinggi. Maka dari itu cocok pula sebagai pengganjal lapar ketika berada di perjalanan.

Berbahan tepung singkong yang kemudian diolah hingga menjadi adonan dan dibentuk bulat atau kotak. Sedangkan toppingnya, Cenil biasanya disiram gula jawa cair sebagai saus yang harus ada. Tak perlu bingung mencari dimana keberadaan jajanan ini, karena kamu bisa dengan mudah menemukannya di pasar tradisional Purworejo. Menarik bukan?

9. Rengginang

rengginang
Rengginang, Foto Oleh Mytrip123 Com

Jajanan renyah dan gurih memang selalu menjadi incaran setiap wisatawan, apalagi jika jajanan tersebut adalah Rengginang. Karena kepopuleran Rengginang di Purworejo, maka tak heran jika setiap acara jajanan ini senantiasa hadir menemani. Jajanan ini, terbuat dari nasi yang sudah dibumbui kemudian dikeringkan.

Uniknya, jajanan tradisional khas Purworejo Rengginang mampu bertahan lama tanpa memakai bahan pengawet. Sehingga masyarakat Purworejo memanfaatkan keunikan rengginang dengan memasarkannya lebih luas hingga keluar daerah. Sobat Kuliner Kota pun bisa membelinya dengan yang sudah digoreng maupun masih mentah untuk dibawa pulang dan dimasak di rumah.

Harga: Sekitar Rp10.000

10. Sate Winong

sate winong
Sate Winong, Foto Oleh Lifetyle Okezone Com

Dilihat sekilas, Sate Winong memang sama dengan sate pada umumnya. Perbedaannya terletak pada bumbu yang digunakan, yakni memakai kecap buatan sendiri. Dapat dibayangkan rasa lezatnya hidangan buatan rumahan satu ini. Daging yang dipakai adalah daging kambing muda.

Bumbu satenya terbuat dari gula jawa yang direbus dan dicampur rempah khas, tak lupa tambahan cabai rawit halus, irisan bawang merah serta jeruk nipis untuk menambah selera. Uniknya, jika sate biasa dimakan di tempat atau dibungkus dalam perjalanan dekat, berbeda dengan Sate Winong yang bisa dibawa pulang walau dengan jarak tempuh sekitar sehari.  Jika tertarik, kamu bisa menemukan penjual sate ini di pinggiran jalan Purworejo ataupun rumah makan khas daerahnya.

Tempat: Sate Winong Mustofa
Alamat: Desa Winong, Kecamatan Kemiri, Purworejo
Harga: Sekitar Rp15.000

11. Dawet Ireng

dawet ireng
Dawet Ireng, Foto Oleh Suaramerdekakedu Id

Ketika mengunjungi jalanan Purworejo, kamu akan mendapati banyak pedagang yang menjual Dawet Ireng di pinggiran jalannya. Dawet ini memang kerap disantap sebagai kuliner maupun buah tangan. Karena bukan satu-satunya yang ada di Indonesia, maka Purworejo pun menciptakan Dawet Ireng yang berbeda dari dawet lain. Keunikannya terletak pada penggunaan gula jawa dan santan.

Warna hitam dawet dihasilkan dari pembakaran jerami yang kemudian menghasilkan abu. Lalu abu tersebut diproses sedemikian rupa hingga jadilah pewarna Dawet Ireng. Minuman ini cocok dinikmati sewaktu siang untuk penghilang dahaga. Kamu bisa membawa pulang Dawet Ireng sebagai buah tangan karena dinilai awet dalam waktu sehari. Jadi, tertarik mencoba segarnya Dawet Ireng di Purworejo?

Tempat: Dawet Hitam Asli Pak Wagiman Butuh
Alamat: Jl. Nasional No.3, Krajan, Butuh, Purworejo
Harga: Mulai Rp7.000

Berbagai pilihan oleh-oleh khas Purworejo memang membuatmu bingung harus memilih jajanan mana yang cocok dibawa pulang. Tetapi apapun pilihan oleh-oleh khasnya tentunya semua nikmat dan ramah di kantong. Jadi, ketika bertandang ke Purworejo jangan lupa sempatkan waktu memburu ragam buah tangan di pusat oleh-oleh Purworejo ya sobat Kuliner Kota! Bawa semua momen manis di kota ini bersama buah tangan khasnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Deretan 11 Oleh-Oleh Khas Purworejo Paling Dicari

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]