Ayu Setya Rini culinary enthusiast

22 Makanan Khas Jember Terpopuler dan Wajib Dicoba!

6 min read

Prol Tape

Salah satu daerah penghasil tembakau utama di Indonesia adalah wilayah Jember. Kota yang terkenal dengan Jember fashion carnaval ini juga mempunyai destinasi wisata pantai yang elok dan penuh panorama tak terlupakan. Selain keindahan pantainya, Jember juga menghadirkan kuliner khas penuh selera, seperti pecel gudeg, prol tape, bakso kabut dan masih banyak lagi. Aneka hidangan tersebut masing-masing memiliki keunikan, cita rasa yang mantap dan bikin ketagihan. Untuk itu, jika berkunjung ke Jember, jangan sampai lewatkan 22 makanan khas Jember ini. Dijamin kuliner Jember memang paling recommended untuk memuaskan hasrat kulineran sampai dijadikan buah tangan. Mau tahu apa saja kuliner khas Jember tersebut? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Kuliner Kota berikut ini.

1. Pecel Pincuk Garahan

pecel pincuk garahan
Pecel Pincuk Garahan, Foto Oleh Wisataku Id

Pecinta pecel pasti tak akan melewatkan kuliner lezat satu ini. Pecel Pincuk Garahan merupakan menu makanan yang memiliki keunikan tersendiri, dimana wadah yang dipakai untuk menghidangkan makanan menggunakan daun pisang. Itulah sebabnya perpaduan rasa pedas, asam yang khas karena berasal dari bumbu sambal kacang serta aroma daun pisang bikin makin berselera. Rasanya yang tiada dua dipadukan dengan aroma khas bikin kamu tidak mau berhenti ngunyah ketika menyantapnya.

Alamat: Garahan, Silo, Jawa Timur
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp10.000 per porsi.

2. Suwar Suwir

suwar suwir
Suwar Suwir, Foto Oleh Travel Kompas Com

Makanan khas Jember ini memiliki tampilan seperti dodol. Suwar-Suwir merupakan hidangan khas Jember terbuat dari tape yang diolah dengan cara khusus dan memiliki tekstur sedikit keras. Seiring berkembangnya zaman jajanan satu ini memiliki banyak variasi rasa menarik, seperti susu, strawberry, kacang dan coklat. Selain jadi jajanan wajib yang tidak boleh kamu lewatkan, Suwar Suwir juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Jember untuk keluarga di rumah. Jadi, tertarik ingin membawa pulang jajanan khas Jember berbahan dasar tape satu ini?

Harga: Mulai Rp15.000 – Rp20.000

3. Pecel Gudeg

pecel gudeg
Pecel Gudeg, Foto Oleh Food Detik Com 

Seperti namanya hidangan khas Jember satu ini juga merupakan makanan unik perpaduan antara pecel dan gudeg. Dimana kamu akan menemukan perpaduan nasi pecel, gudeg, potongan daging, cecek, kacang panjang, rempeyek dan sambal pecel. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan tekstur unik sukses bikin kamu tidak ingin berhenti ngunyah lagi dan lagi.

Tempat: Warung Lumintu
Harga: Mulai Rp20.000 per porsi.

4. Prol Tape

Prol Tape
Prol Tape, Foto Oleh Id Pinterest Com

Prol Tape adalah jajanan khas dari Jember berbahan dasar tape. Selain terbuat dari tape, makanan khas Jember ini juga menggunakan campuran lain seperti, tepung terigu, singkong, susu, margarin juga telur. Perpaduan cita rasa lembut, asam, manis serta teksturnya yang khas bakal bikin tergoda untuk menyantapnya lagi dan lagi. Tidak hanya itu, jajanan khas satu ini juga punya varian rasa seperti, keju, coklat, kismis dan original. Prol Tape cocok disajikan ketika sedang berkumpul bersama keluarga ataupun oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp20.000 – Rp40.000 per bungkus

5. Mie Rama

mie rama
Mie Rama, Foto Oleh Travel Tribunnews Com

Kamu suka dengan berbagai macam olahan mie? Wajib untuk mencoba makanan khas Jember Mie Rama. Memiliki perpaduan rasa gurih dengan isian mie pangsit, sayuran, suwiran daging dan masih banyak lagi. Lezat dan pastinya mengenyangkan bukan? Untuk itu, ketika singgah di Kota Jember jangan lupa mencicipi olahan mie satu ini.

Tempat: Mie Rama Jember
Alamat: Jalan Diponegoro No. 28, Jember
Harga: Mulai Rp45.000 per porsi.

6. Martabak dan Terang Bulan King

martabak dan terang bulan king
Martabak dan Terang Bulan King, Foto Oleh Tripadvisor Co Id 

Dijamin kamu akan menyesal saat melewatkan makanan satu ini, Martabak dan Terang Bulan King namanya. Salah satu jajanan khas dari Jember yang memiliki rasa manis dan legit dalam setiap gigitannya. Selain itu, berbagai pilihan rasa yang ditawarkan juga makin membuat kamu puas dan berselera untuk segera menyantapnya. Tidak cukup sampai disitu, legitnya Martabak dan Terang Bulan King juga bisa kamu jadikan sebagai buah tangan. Untuk itu, mau membawa jajanan manis ini sebagai buah tangan?

Tempat: Martabak dan Terang Bulan King
Alamat: Jalan Karimata No. 50, Jember

7. Angkringan Joglo 130 jember

angkringan-joglo-130-jember
Angkringan Joglo 130 Jember, Foto Oleh Lokalkarya Com

Mencari kuliner khas Jember yang murah dan sedap? Kamu bisa mencoba mampir ke Angkringan Joglo. Seperti Angkringan pada umumnya, Angkringan satu ini menyediakan menu berupa nasi kucing, tempe tahu bacem, ketan bubuk, gorengan, telur puyuh dan aneka macam menu lezat lainnya. Harganya yang murah meriah dengan beragam pilihan menu, sukses bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya lagi dan lagi.

Tempat: Angkringan Joglo 130 Jember
Alamat: Jalan Letjen Panjaitan No. 130, Sumbersari, Jember.

8. Roti Bakar Tjiliwoeng Jember

roti bakar tjiliwoeng
Roti Bakar Tjiliwoeng Jember, Foto Oleh Tripadvisor Com

Tempat makan nendang dan terjangkau selanjutnya adalah Roti Bakar Tjiliwoeng Jember. Di sini kamu akan menemukan berbagai pilihan menu dengan bahan utama roti bakar. Cita rasanya kuliner yang khas dipadukan dengan suasana nyaman menjadikan tempat ini cocok dijadikan sebagai tempat bersantai bersama orang tercinta.

Tempat: Roti Bakar Tjiliwoeng Jember
Alamat: Jl. Ciliwung No. 11 Jember

9. Soto Ayam Dahlok

soto ayam dahlok
Soto Ayam Dahlok, Foto Oleh Rullytricahyono Com

Makanan khas Jember selanjutnya yang juga tidak boleh terlewatkan adalah Soto Ayam Dahlok. Kuliner ini merupakan makanan legendaris di Jember dan sudah ada tahun 1958. Soto Ayam Dahlok dihidangkan pada tiga macam varian masakan, yakni soto jeroan, soto istimewa dan soto biasa. Perpaduan kuah gurih yang segar akan terasa makin nikmat ketika ditambahkan sambal dan disantap dalam keadaan hangat.

Tempat: Soto Ayam Dahlok
Alamat: Jalan Fatihah Nomor 1 Jember
Harga: Mulai Rp17.000 per porsi.

10. Lalapan Sajiku

lalapan sajiku
Lalapan Sajiku, Foto Oleh Gotravelly Com

Bagi kamu penggila masakan pedas tentu tak akan melewatkan makanan satu, Lalapan Sajiku namanya. Lalapan khasnya orang Jember dengan ciri khas sambal super pedas yang dihidangkan bersama ayam, lele maupun bebek dengan bumbu khusus yang diolah sempurna. Makanan khas Jember ini cocok dimakan bersama nasi putih hangat ditemani dengan segelas es teh. Dijamin perpaduan rasa yang dihasilkan akan terus bikin kamu tidak ingin berhenti ngunyah lagi dan lagi.

Harga: Mulai Rp15.000 per bungkus

11. Bakso Kabut

bakso kabut
Bakso Kabut, Foto Oleh Da Travel Blogspot Com

Dari namanya saja sudah bikin penasaran, Bakso Kabut. Olahan bakso khas Jember dengan isian bakso telur. Dimana telur tersebut digunakan untuk melapisi bakso. Perpaduan rasa yang khas dengan tekstur menggugah selera makin bikin kamu tergoda untuk segera menikmati olahan satu ini lagi dan lagi. Jadi tambah makin ngiler bukan ingin segera coba kuliner Jember ini?

Alamat: Jalan Rasamala, Desa Kemuning Lor, Arjasa, Jember
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp15.000 per porsi.

12. Nasi Langgi

nasi langgi
Nasi Langgi, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Berada di Jember belum sah ketika tidak mencoba Nasi Langgi. Nasi Langgi merupakan makanan khas Jember dengan Isian dari nasi, sambal goreng tempe, daging sapi bumbu bali, petis, abon sapi, telur asin, mentimun dan sambal pedas. Perpaduan rasa gurih, pedas dan pastinya mengenyangkan bikin setiap rasa yang sempurna dan pecah di mulut. Untuk itu, makin saat berada di Jember kuliner ini wajib banget kamu coba.

Tempat: Nasi Langgi Pak Man
Alamat: Jalan Magelang Km. 4
Harga: Mulai Rp5.000 per porsi

13. Wedang Cor

wedang cor
Wedang Cor, Foto Oleh Suara Com

Setelah menyantap ragam wisata kuliner Jember yang nampol banget, belum sah ketika tidak mencoba Wedang Cor. Wedang Cor merupakan minuman khas Jember dimana perpaduan rasa serta aroma khas yang sukses bikin semua tergoda untuk segera menyeruputnya. Wedang Cor akan makin terasa lengkap saat disajikan bersama pisang goreng, tahu isi dan berbagai gorengan lainnya.

Tempat: Wedang Cor Mbah As
Harga: Mulai Rp6.000.

14. Ikan Wader

ikan wader
Ikan Wader, Foto Oleh Beritabaik Id

Ikan Wader merupakan kuliner khas dari Jember yang disukai semua kalangan. Dimana, jenis ikan ini akan diolah bersama bumbu khas sampai meresap sempurna. Ikan Wader biasanya akan semakin nikmat ketika dihidangkan bersama sepiring nasi hangat, lalapan dan sambal. Perpaduan rasa yang otentik bakal bikin kamu tidak mau berhenti ngunyah lagi dan lagi.

15. Bebek Goreng Haji Slamet

bebek goreng haji slamet
Bebek Goreng Haji Slamet, Foto Oleh Pergikuliner Com

Soal tempat makan di Jember maupun makanan khasnya memang tidak pernah ada habisnya. Masih ada Bebek Goreng Haji Slamet yang juga wajib kamu coba. Perpaduan bumbu goreng yang khas, tekstur lunak dalam setiap gigitannya membuat olahan khas Jember ini disukai semua kalangan. Tidak hanya itu, perpaduan rasa sempurna akan kamu dapatkan ketika menyantapnya dengan sambal korek dan lalapan. Jadi, tertarik mencoba bagaimana pecahnya olahan bebek ini ketika berada di Jember?

Tempat: Bebek Goreng Haji Slamet
Alamat: Jalan Dr Soekarjo, Tasikmalaya
Harga: Mulai Rp24.000 – Rp98.500 per porsi.

16. Jenang Waluh

jenang waluh
Jenang Waluh, Foto Oleh Ktalogkuliner Com

Makanan khas Jember Jenang Waluh merupakan jajanan yang juga tidak boleh terlewatkan. Jenang Waluh merupakan kuliner berbahan dasar daging buah labu kuning. Jajanan khas Jember ini diolah bersama campuran ketan yang dipadukan dengan kelapa tua kemudian diolah menjadi uli. Rasanya yang manis dan legit tentunya bikin kamu tergoda menyantapnya dalam sampai habis. Tidak hanya itu, karena tahan lama Jenang Wuluh juga cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp38.000 per bungkus.

17. Martabak Malabar

martabak malabar
Martabak Malabar, Foto Oleh Panganansemarang WordPress Com

Bagi kamu pecinta aneka hidangan martabak, maka Martabak Malabar wajib banget dicoba. Berbeda dari martabak pada umumnya, Martabak Malabar khas Jember ini memakai isian daging kambing dengan aroma rempah yang kuat dan khas. Tekstur dagingnya empuk serta kulit luar yang tipis membuat kamu bakal tidak mau berhenti ngunyah sebelum habis. Apalagi ketika menyantapnya bersama sambal? Makin bikin perpaduan rasa yang pecah di mulut.

Alamat: Pertigaan Jalan Trunojoyo, Jember.

18. Rujak Cingur

rujak cingur
Rujak Cingur, Foto Oleh Akurat Co

Rujak Cingur juga merupakan makanan khas Jember yang dapat dengan mudah ditemukan di berbagai wilayah di Indonesia. Kuliner ini menggunakan bahan utama mulut atau hidung sapi yang umum disebut cingur. Perpaduan segar, tekstur cingur yang khas karena diolah dengan aneka macam khusus makin bikin rasa yang sempurna dalam setiap suapnya. Jadi, tertarik untuk mencoba kelezatan olahan rujak khas Jember satu ini?

19. Brownies Tape

brownies tape
Brownies Tape, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Seperti namanya, Brownies Tape menggunakan bahan dasar tape singkong sebagai bahan utamanya. Makanan khas Jember ini punya perpaduan rasa unik antara asam, manis serta tekstur lembut yang menggugah selera dalam setiap gigitan nya. Tidak hanya itu olahan brownies khas Jember ini juga memiliki beragam varian rasa seperti tape keju, coklat kacang dan original. Selain rasanya yang nikmat pastinya juga tahan lama, jadi cocok digunakan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp20.000.

20. Cake Edamame

cake edamame
Cake Edamame, Foto Oleh Alizaka Blogspot Com

Jajanan khas Jember yang menggiurkan dalam tiap gigitannya ini juga tidak boleh terlewatkan, Cake Edamame. Olahan cake dengan cita rasa otentik mulai dari almond, keju, coklat dan kismis. Selain rasanya yang khas, warna hijau sebagai corak dasar Cake Edamame menjadikannya terlihat makin menarik untuk segera disantap. Tidak cukup sampai disitu, pastinya Cake Edamame juga cocok dijadikan sebagai buah tangah, jadi tertarik membawa manisnya berlibur di Jember bersama cake satu ini?

Harga: Mulai Rp20.000.

21. Dodol Tape

dodol tape
Dodol Tape, Foto Oleh Primadonajember Com

Olahan berbahan dasar tape memang tidak ada habisnya, masih ada Dodol Tape khas jember yang wajib banget kamu coba. Dodol Tape merupakan camilan tradisional khas Jember dengan bentuk yang unik serta cita rasanya khas. Untuk itu, bagi kalian pecinta olahan tape sekaligus penyuka dodol khas Garut, wajib banget icip-icip jajanan satu ini.  Tidak hanya itu, Dodol Tape juga cocok dijadikan sebagai buah tangan lho sobat Kuliner Kota! Jadi, mau membawa sampai ke kampung halaman olahan satu ini?

Harga: Mulai Rp25.000 – Rp30.000.

22. Tahu Hwa

tahu hwa
Tahu Hwa, Foto Oleh Cookpad Com

Sajian khas Jember satu ini merupakan olahan tahu yang tidak boleh kamu lewatkan, Tahu Hwa namanya. Salah satu kuliner khas Jember yang terbuat dari ampas tahu dan dihidangkan bersama kuah jahe di atasnya. Memiliki perpaduan rasa manis, sedikit pahit dan pastinya menghangatkan tubuh membuat olahan ini cocok dijadikan sebagai penghangat tubuh ketika hujan. Dijamin nikmat dan bakal bikin jatuh cinta ketika pertama kali mencobanya.

Bagaimana, semakin ingin mencoba makanan khas dari Jember bukan? Cicipi setiap kuliner Jember beramai-ramai atau dengan keluarga tercinta. Selain mengenyangkan dan bikin nagih, berbagai kuliner khas dari Jember pastinya juga ramah dikantong, nikmat dan bikin ingin mencoba ke dua kalinya. Untuk itu, siapkan budget khusus dan tulis makanan apa saja yang ingin kamu coba saat singgah di kota ini. 

Last Updated on November 23, 2020

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *