1. Kuliner

25 Makanan Khas Indramayu Enak & Bikin Lidah Bergoyang

Berkunjung ke Indramayu akan sia-sia jika belum berkunjung ke tempat wisatanya. Beragam destinasi wisata senantiasa memuaskan hari karena kabupaten di Jawa Barat ini menyajikan segala hal dengan menyenangkan dan memuaskan. Tetapi bukan soal wisatanya saja, Kabupaten Indramayu pun menawarkan bermacam hidangan khas yang lezat juga mengenyangkan. Setelah puas seharian berwisata, paling enak jika sudah menemukan makanan khas Indramayu. Tak perlu khawatir dengan kulinernya karena Indramayu merupakan salah satu daerah dengan hidangan terlezat yang ada di Jawa Barat, jadi sudah pasti setiap makanannya penuh cita rasa. Penasaran dengan apa saja kuliner Indramayu yang enak dengan harga terjangkau? Berikut 25 makanan khas dari Indramayu menggugah selera.

1. Nasi Lengko

nasi lengko
Nasi Lengko, Foto Oleh Kompasiana Com

Siapa yang tak kenal Nasi Lengko? Makanan khas Indramayu ini tersohor sampai ke luar daerah berkat kelezatannya. Nasi Lengko berupa nasi yang ditambah berbagai sayuran hijau dan aneka lauk pauk sebagai pendampingnya. Hidangan Indramayu ini kerap disandingkan dengan pecel karena memakai siraman saus kacang.

Masyarakat setempat kebanyakan menjual Nasi Lengko dengan tingkat kepedasan berbeda atau dapat disesuaikan pada selera pemesannya. Jika berlibur ke Indramayu, tak usah heran ketika banyak orang menggunakan Nasi Lengko sebagai menu sarapan, karena memang sayuran dan lauk pauknya bergizi sehingga mampu menambah energi.

Tempat: Nasi Lengko Ibu Tiri
Alamat: Jalan Veteran, Lemahabang, Indramayu
Harga: Sekitar Rp8.000

2. Pindang Gombyang Manyung

pindang gombyang manyung
Pindang Gombyang Manyung, Foto Oleh Karangsong Indrmayu Blogspot Com

Salah satu hidangan Indramayu yang sayang dilewatkan adalah Pindang Gombyang Manyung. Dilihat sekilas makanan satu ini mengingatkan pada hidangan gulai karena warna kuning kuahnya dan rasa gurih khas ketika dicicipi. Terbuat dari ikan manyun utuh lalu dilumuri rempah rasanya sudah pasti menggugah selera.

Kebanyakan penjual Pindang Gombyang Manyung hanya memakai bagian kepala ikan saja, namun soal rasa sudah pasti akan sama lezatnya dengan pindang gombyang lain. Umumnya, makanan khas Indramayu ini ditambahkan potongan belimbing wuluh untuk menguatkan rasa segar. Pindang Gombyang Manyung akan terasa lebih nikmat jika disantap bersama nasi hangat.

Harga: Mulai Rp40.000 – Rp60.000

3. Rumbah

rumbah
Rumbah, Foto Oleh Brisik Id

Saat pertama kali menemui Rumbah, kebanyakan orang pasti mengira hidangan khas Indramayu ini adalah lotek atau gado-gado. Tetapi soal rasa Rumbah dapat menandingi kenikmatan kedua hidangan itu. Dalam seporsinya hidangan Rumbah berisi aneka sayuran, lauk dan siraman bumbu kacang. 

Uniknya lagi, sebelum dihidangkan di meja pelanggan Rumbah diguyur dengan kuah sambal asam yang dicampur dengan air petis. Cita rasa pedas, asam dan aroma terasi berpadu menjadi sajian yang menggugah selera. Memang paling mantap menikmati hidangan Indramayu satu ini dengan nasi hangat didampingi seduhan kopi.

Tempat: Warung Rumbah
Alamat: Juntikebon, Juntinyuat, Indramayu
Harga: Mulai Rp5.000

4. Burbacek

burbacek
Burbacek, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Sudah pernah dengar Burbacek? Burbacek atau bubur, rumbah dan cecek merupakan kuliner Indramayu yang hingga saat ini menjadi menu favorit wisatawan. Sesuai namanya, hidangan ini terdiri dari bubur yang dicampur cecek dan rumbah. Tak hanya itu, Burbacek juga memiliki kuah khas yang menjadi primadona santapan pertama, namanya kuah petis. 

Rasa gurih, asam dan pedas akan kamu dapatkan ketika sudah menemukan makanan khas Indramayu satu ini. Mayoritas penjual Burbacek ini berada di Karangmalang, Indramayu.

Tempat: Burbacek Mamayo
Alamat: Jalan Yos Sudarso No. 58, Indramayu

5. Koci

koci
Koci, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Koci merupakan kue tradisional khas Indramayu tak kalah menarik perhatian setiap mata. Terbuat dari tepung ketan yang dibentuk prisma, pada bagian dalam adonan berisi parutan kelapa yang dimasak dengan gula merah. Rasanya tak perlu diragukan, sudah pasti jajanan khas Indramayu ini terasa manis dan lembut.

Di Indramayu, tidak mungkin kamu akan kesulitan menemukan kue Koci, karena hampir di setiap toko menghadirkan sajian ini sebagai jajanan istimewa. Selain lezat, Koci juga mudah dibuat sehingga tak jarang pada acara besar seperti pernikahan dan kumpul keluarga kue ini juga selalu hadir memeriahkan suasana.

Harga: Sekitar Rp2.000

6. Nagasari

nagasari
Nagasari, Foto Oleh Tosupedia Com

Jajanan khas Indramayu selanjutnya adalah Nagasari. Hidangan ini cukup terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Terbukti dari terpilihnya julukan Nagasari yang menjadi kandidat nama OS android terbaru. Nagasari sendiri merupakan makanan tradisional terbuat dari tepung beras, gula pasir, santan kelapa, daun pandan dan pisang sebagai isiannya.

Cara memasaknya pun mudah, cukup buat adonan dari tepung beras, gula pasir dan santan kelapa, kemudian adonan ditaruh di atas daun pisang dan ditambah isian pisang pada adonannya. Setelah itu dikukus dan jadilah Nagasari yang lezat dan manis. Akan menyenangkan jika membawa pulang Nagasari khas Indramayu sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

7. Blengep Cotot

blengep cotot
Blengep Cotot, Foto Oleh Tagar Id

Blengep Cotot adalah kudapan khas Indramayu yang sekilas mirip jajanan mochi. Terbuat dari singkong, gula merah dan kelapa. Walau hanya memakai tiga bahan utama, namun kue ini memerlukan proses memasak yang lama. Singkong direbus selama 15 menit dan ditumbuk halus.

Pada pembuatan isinya, parutan kelapa disangrai kemudian ditumbuk bersama gula merah. Berbeda lagi pada proses memasak bumbu bagian luar Blengep, kelapa diiris kecil memanjang dan digoreng sampai matang, kemudian ditambahkan bawang goreng. Blengep Cotot memang paling lezat jika disantap bersama orang tercinta saat bersantai maupun sebagai kudapan setelah makan malam.

Harga: Sekitar Rp1.000

8. Bledung Jagung

bledung jagung
Bledung Jagung, Foto Oleh Idntimes Com

Dilihat dari namanya dapat ditebak apa yang menjadi bahan dasar pembuatan makanan khas Indramayu satu ini. Blendung Jagung terbuat dari jagung yang dilunakkan selama 4 jam. Dibutuhkan waktu lama dalam melunakkan jagungnya karena yang dipakai adalah jagung tua.

Selama proses pelunakan, jagung ditambahkan garam, air dan kapur sirih untuk membuatnya terasa sedap dan tidak kering. Setelah teksturnya lunak barulah jagung dipisahkan dari batang jagungnya. Blendung Jagung disajikan memakai daun pisang sebagai piring dan diberi topping taburan kelapa. Kuliner khas Indramayu ini biasa ditemukan di pasar tradisional maupun warung kaki lima. Jadi, sudah siap menyantap kelezatan Blendung Jagung?

Harga: Sekitar Rp5.000

9. Geblog

geblog
Geblog, Foto Oleh Youtube Com

Geblog terbuat dari bahan utama singkong. Kue dibuat di Indramayu ini tentunya berbeda dari Geblog yang dijual di daerah lain. Geblog khas Indramayu selain terbuat dari singkong, ada pula menginovasikannya dengan ketan hitam. Seiring berkembangnya wilayah Indramayu, maka semakin langka makanan Geblog. Karena kelangkaannya makanan khas Indramayu ini selalu dirindukan cita rasa manis khasnya.

Proses memasaknya pun sebenarnya tak membutuhkan banyak tenaga, cukup mencampur kelapa parut, singkong parut  dan garam sampai merata. Kemudian adonannya dibuat bentuk oval dan diisi gula merah. Setelah itu tinggal digoreng sampai kecoklatan. Topping kelapa parut di atas Geblog semakin menambah cita rasanya.

10. Karedok

karedok
Karedok, Foto Oleh Sahabatufus Com

Hampir mirip dengan Rumbah, Karedok sering dikaitkan dengan hidangan gado-gado karena memakai kuah kacang. Bedanya Karedok dengan gado-gado ada pada sayuran yang dipakai, yakni menggunakan sayuran mentah sedangkan gado-gado memakai sayur rebus. 

Biasanya sayuran yang ada pada Karedok adalah kubis, tauge, kacang panjang, terong dan mentimun. Berbagai warung di Indramayu, mereka menjual makanan Karedok dengan menawarkan sayuran sesuai selera. Tentunya dijamin lebih nikmat, enak dan siap menggoyang lidah.

Tempat: Warung Karedok – Lotek
Alamat: Singajaya, Kec. Indramayu, Indramayu

11. Pedesan Entog

pedesan entog
Pedesan Entog, Foto Oleh Pesenmakan Id

Mencari kuliner pedas membakar lidah di Indramayu? Kamu mesti coba sajian Pedesan Entog. Sesuai namanya, hidangan khas Indramayu satu ini memakai daging entog sebagai bahan utama. Selain itu, bahan lainnya yang menjadikan Pedesan Entog nikmat adalah tomat, daun jeruk, serai, cabai merah, kecap manis, bawang merah, bawang putih, lengkuas, kemiri, air dan garam. 

Daging entog direbus setengah matang kemudian dicampuri bumbu yang telah ditumis, ditambah kecap dan diaduk sampai rata. Sajian Pedesan Entog ini menjadi favorit masyarakat Indramayu termasuk pecinta pedas. Sudah tak sabar menjadi salah satu pelanggan setia Pedesan Entog yang enak dan nendang?

Tempat: Warung Pedesan Entog Khas Indramayu
Alamat: Jalan Mayor Dasuki, Jatibarang, Indramayu
Harga: Sekitar Rp12.000

12. Dodol Pelem

dodol pelem
Dodol Pelem, Foto Oleh Resepnasional Com

Hampir di setiap wilayah memiliki jajanan dodol, termasuk di Indramayu terdapat Dodol Pelem legendaris yang manis dan legit. Sesuai namanya, Dodol Pelem terbuat dari pelem atau dalam bahasa Indonesia berarti mangga. Tak heran mengapa mangga menjadi bahan utama pembuatan dodol ini, tentu karena Indramayu merupakan salah satu penghasil buah mangga terbesar.

Dodol Pelem sudah tersohor di berbagai daerah di Jawa Barat. Cita rasanya manis asam menjadi ciri khas dodol khas Jawa Barat ini. Proses pembuatan dodol ini sama dengan dodol biasa, hanya saja ditambahkan buah mangga sebagai ciri khas. Tak perlu khawatir dimana mencarinya, karena hampir setiap toko oleh-oleh Indramayu menyediakan Dodol Pelem. Tak ada salahnya membawa pulang Dodol Pelem sebagai jajanan santai bersama keluarga di rumah.

Tempat: Rumah Mangga
Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani No. 114, Lemahmekar, Indramayu

13. Wedang Sereh

wedang sereh
Wedang Sereh, Foto Oleh Merdeka Com

Bukan hanya soal makanan khas, Indramayu menyajikan minuman hangat yang sayang dilewatkan, yakni Wedang Sereh. Wedang Sereh berarti minuman sirih, dimana minuman ini disajikan dengan tambahan serai. Selain menghangatkan tubuh, Wedang Sereh juga bermanfaat untuk kesehatan salah satunya mengatasi masuk angin dan flu. 

Wedang Sereh banyak dijual diwarung pinggir jalan dengan harga terjangkau dalam gelas besar. Masyarakat Indramayu biasa meminum wedang khas Indramayu ini sebagai minuman sehari-hari untuk menambah energi. Apalagi ketika malam dingin, Wedang Sereh langsung memberikan kehangatannya sampai pagi tiba.

Harga: Sekitar Rp5.000

14. Orog-Orog

orog-orog
Orog-Orog, Foto Oleh Caramembuatkuepalingenak Blogspot Com

Makanan khas Indramayu selanjutnya adalah Orog-Orog. Termasuk dalam sajian jajanan tradisional yang menjadi primadona masyarakat Indramayu hingga saat ini. Terbuat dari tepung beras, parutan kelapa dan gula merah. Pada zaman dulu, Orog-Orog hanya dihidangkan saat tahlilan tujuh hari orang meninggal. 

Tetapi sekarang banyak penjual kuliner khas Indramayu ini di toko oleh-oleh atau pasar tradisional Indramayu. Jika kamu berada di Indramayu, akan lebih puas jika sudah mencicipi manisnya jajanan satu ini untuk menemani berwisata maupun beristirahat.

Harga: Mulai Rp5.000

15. Cuwing

cuwing
Cuwing, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Selain wedang sereh, ada lagi minuman khas Indramayu yang cukup populer, namanya Cuwing. Berbeda dengan wedang sereh yang bermanfaat menghangatkan tubuh. Cuwing ini terasa segar dan dingin saat diseruput. Minuman khas Indramayu satu ini juga kerap disandingkan dengan cincau, hanya saja jika cincau berwarna hitam sedangkan cuwing berwarna hijau yang terbuat dari daun cuwing. 

Minuman Cuwing biasa disajikan dengan gula merah cair dan tambahan es serut. Saat siang hari di Indramayu apalagi cuaca panas, kamu bisa mencoba Cuwing sebagai pereda dahaga. Tak perlu jauh-jauh mencari, karen minuman satu ini bisa ditemukan di warung pinggir jalan atau pedagang keliling.

16. Bubur Gintir

bubut ginting
Bubur Gintir, Foto Oleh Idntimes Com

Beberapa orang memang sedikit tak menyukai hidangan bubur, namun akan tergiur jika sudah menemukan Bubur Glintir khas Indramayu. Terbuat dari tepung beras yang dibentuk bulat kemudian direbus dengan air gula merah. Dari segi fisik, Bubur Gintir berbeda dengan bubur lain. 

Bubur ini disajikan dengan siraman air santan sehingga menciptakan cita rasa gurih dan manis. Makanan khas Indramayu satu ini biasanya disajikan pada saat petani memanen padi sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan dengan membagikannya kepada tetangga atau saudara.

17. Wajik

wajik
Wajik, Foto Oleh Simakterus Com

Hidangan wajik memang sering ditemui di daerah jawa, khususnya Indramayu. Wajik khas Indramayu sudah terkenal menjadi hidangan khas yang senantiasa diburu wisatawan. Terbuat dari parutan kelapa dan gula merah yang dipadatkan sehingga rasa dan bentuknya berbeda dengan wajik biasa.

Sebenarnya proses pembuatan wajik ini dapat menggunakan gula merah dan gula pasir, namun masyarakat Indramayu kebanyakan memakai gula merah karena dapat langsung menimbulkan warna coklat wajiknya. Wajik Indramayu biasa disajikan saat acara tertentu seperti perkawinan, acara adat, berkumpul keluarga, reuni dan lainnya. 

Harga: Sekitar Rp6.500

18. Mie Ragit

mie ragit
Mie Ragit, Foto Oleh Kumparan Com

Hidangan Indramayu ini terbuat dari olahan mie yang berbeda dari mie biasa. Mie Ragit terbuat dari mie kuning yang kenyal dan mengenyangkan. Ragit memiliki kuah yang unik dan gurih, yakni kuah sayur santan udang dan tambahan telur iris. Selain itu, tambahan topping sayuran seperti kubis semakin menggugah selera.

Bagi masyarakat Indramayu, kuliner ini menjadi makanan favorit menjelang buka puasa. Hidangan yang juga dikenal sebagai spaghettinya Indramayu ini biasa dijual di pedagang sekitaran Jalan Pangeran Arya. Sempatkan waktu mencicipi lezatnya hidangan khas Indramayu Mie Ragit bareng keluarga maupun teman.

Harga: Sekitar Rp4.000

19. Petis

petis
Petis, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Petis khas Indramayu merupakan bahan makanan yang paling dicari wisatawan ketika bertandang. Karena petis ini berbeda dengan petis pada umumnya. Memakai bahan udang atau ikan pindang yang dipanaskan sampai cairan kuah menjadi kental seperti saus yang lebih pekat. 

Petis biasanya ada sebagai pendamping cocolan gorengan, tetapi sedikit berbeda ketika sudah berada di Indramayu. Petis Indramayu umumnya dicampur dengan lontong dan disajikan waktu sarapan. Semakin enak menyantap kuliner khas Indramayu didampingi cocolan sambal petis yang pedas.

20. Cimplo

cimplo
Cimplo, Foto Oleh Cookpad Com

Pernah dengar kue tolak bala? Jika belum, mari berkenalan dengan kue Cimplo khas Indramayu. Kue yang hanya ada setahun sekali ini mirip dengan kue apem. Terbuat dari tepung beras dan tape singkong yang membuat cita rasanya menjadi manis dan empuk. Bertekstur lembut serta sedikit gurih yang akan menggugah selera.

Uniknya, kue Cimplo disantap dengan tambahan gula merah cair dan parutan kelapa. Kembali disinggung tentang tolak bala, Cimplo memang dipercaya oleh masyarakat Indramayu sebagai penawar dari tolak bala karena disajikan hanya ketika bulan Safar. Jika ingin menyantap Cimplo, ada baiknya datang ketika bulan Oktober karena akan banyak diperjualkan di bulan tersebut.

Harga: Sekitar Rp15.000

21. Lepet

lepet
Lepet, Foto Oleh Judellahalimnft Blogpot Com

Dalam tradisi Jawa khususnya Indramayu, hidangan Lepet tak boleh terlupakan di meja acara. Terbuat dari beras ketan, kacang tunggak atau kacang tolo dan parutan kelapa. Menurut sesepuh zaman dahulu, Lepet merupakan simbol bagi orang yang telah meninggal. Hal ini dipengaruhi dari bentuknya yang lonjong dan berisi, lalu diikat tiga di bagian atas, tengah dan bawah memakai tali yang diidentikan dengan kafan jenazah.

Lepet juga menjadi hidangan utama saat acara tradisi tahunan seperti sedekah bumi dan ngunjung. Dalam sebuah acara jajanan khas Indramayu ini dikaitkan dengan simbol dan penghormatan kepada orang yang telah meninggal juga kepada bumi. 

Selain itu, jajanan tradisional ini juga kerap ditemukan di pasar tradisional, warung dan pedagang rumahan. Jadi, sempatkan waktu menjajal sajian Lepet yang empuk dan manis.

Tempat: Oemah Nenek Pusat Oleh-Oleh Khas Indramayu
Alamat: Jalan Lemah Abang No. 45-46, Lemahmekar, Indramayu

22. Emping Melinjo

empig melinjo
Emping Melinjo, Foto Oleh Royaltumpeng Com

Emping Melinjo khas Indramayu berciri khas bulat seperti kancing, berbeda dengan emping melinjo biasa yang berbentuk pipih. Cita rasanya manis, asin dan pedas. Pada dasarnya, bahan yang dipakai sama dengan emping melinjo biasa. 

Selain diminati karena rasa gurihnya, cemilan satu ini juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh, seperti adanya vitamin C, zat besi sampai protein. Emping Melinjo juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit. Oleh karena itu, dijamin akan kecewa jika sampai melewatkan membeli Emping Melinjo saat di Indramayu.

Tempat: Emping Melinjo Bunga Melati
Alamat: Blok Ratim, Karangampel Kidul, Indramayu

23. Dongkal

dongkal
Dongkal, Foto Oleh Akurat Co

Dongkal atau Dodongkal merupakan jenis kue tradisional Indramayu yang termasuk ke dalam kelompok jajanan favorit masyarakatnya. Terbuat dari tepung beras, sagu, parutan kelapa dan gula merah. Dalam pembuatannya, tepung beras dikukus dengan gula merah. Dongkal biasanya disajikan di alas daun pisang dan ditaburi parutan kelapa di atasnya.

Jajanan ini berciri khas warna putih persis seperti kue putu. Namun, bedanya ada pada pembuatan kue Dongkal yang dikukus memakai kukusan anyaman bambu atau kerucut. Walaupun lezat, ternyata Dongkal sudah menjadi makanan Indramayu yang langka ditemukan di daerahnya.

24. Keripik Tike

keripik tike
Keripik Tike, Foto Oleh Indramayutradisi Com

Berburu oleh-oleh khas Indramayu dikatakan lengkap jika sudah menemukan Keripik Tike. Sebagian mungkin belum kenal dengan Keripik Tike atau Emping Tike yang terbuat dari umbi tike. Tike sendiri merupakan rumput laut yang hidup di sawah dan hidup pada musim tertentu.

Keripik Tike alami tanpa bahan pengawet maupun bahan kimia lainnya. Kebanyakan penjual keripik ini ditemukan di Jumbleng, Blok Jangga Tua, Kecamatan Losarang. Karena bahan yang dipakai hanya ada pada musim tertentu, maka jajanan Keripik Tike pun jarang ditemukan atau bahkan sudah langka.

Harga: Sekitar Rp15.000

25. Ketan Tutu

ketan tutu
Ketan Tutu, Foto Oleh Cookpad Com

Ketan Tutu terbuat dari ketan putih berbentuk persegi panjang. Makanan tradisional ini bisa langsung disajikan sebagai cemilan biasa atau dibakar terlebih dahulu sebelum disajikan sampai warnanya berubah kecoklatan. Biasanya jajanan ini hadir pada saat acara adat atau acara biasa seperti ulang tahun, pernikahan, dan beragam acara lainnya. 

Cita rasanya yang manis membuat setiap lidah akan tergiur. Makanan khas Indramayu ini juga cocok dijadikan buah tangan menarik untuk kerabat dan teman. Jadikan harimu menyenangkan dengan menikmati lezatnya Kue Ketan Tutu khas Indramayu!

Itulah 25 kuliner khas Indramayu yang lezat dan bikin ketagihan. Beragam kuliner Indramayu disajikan dengan cita rasa khasnya mulai dari makanan sampai minuman. Tersaji dalam berbagai olahan bahan yang dimanfaatkan masyarakat Indramayu dan diolah menjadi hidangan lezat.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 25 Makanan Khas Indramayu Enak & Bikin Lidah Bergoyang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending