1. Kuliner

35 Makanan Khas Banyumas Terkenal Enak dan Bikin Ngiler

Banyumas adalah daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan logat ngapaknya. Wilayah kabupaten ini memiliki berbagai potensi daerah yang layak untuk dikembangkan. Tak hanya lewat tempat wisata menarik, Banyumas juga menyimpan beragam sajian kuliner menggugah selera dan khas lidah Indonesia. Jika kamu adalah salah satu pecinta kuliner maka wajib mencicipi berbagai makanan khas Banyumas Jawa Tengah yang selalu nendang ini. Tentunya ragam kuliner khas Banyumas siap bikin kamu tergoda menyantap lagi dan lagi. Jadi, simak ulasan lengkap kuliner di Banyumas berikut ini.

1. Jenang Jaket

jenang jaket
Jenang Jaket, Foto Oleh Youtube Com

Bagi kamu yang belum pernah ke Banyumas mungkin cukup asing dengan Jenang Jaket. Jenang Jaket adalah makanan khas Banyumas yang menawarkan cita rasa manis dan legit. Hidangan ini terbuat dari gula merah, beras ketan dan santan kelapa. Uniknya, Jenang Jaket melalui proses pembuatan yang berbeda dengan jenang lain karena memakai bahan tambahan vanili dan wijen. Biasanya kudapan satu ini akan dibungkus dengan kertas kecil dan dapat dimakan dalam sekali suap. Perpaduan rasa manis, legit dalam tiap suapnya membuat kamu wajib banget untuk mencoba.

Tempat: Jenang Jaket Puspa Sari
Alamat: Kelurahan Mersi, Banyumas
Harga: Mulai Rp16.000 – Rp20.000

2. Getuk Goreng Sokaraja

getuk goreng sokaraja
Getuk Goreng Sokaraja, Foto Oleh Travel Detik Com

Selanjutnya makanan khas Banyumas terbuat dari singkong yakni Getuk Goreng Sokaraja. Berbeda dari getuk biasa, hidangan ini memerlukan dua kali proses pembuatan. Pertama dengan mengukus singkong kemudian dilumatkan bersama gula jawa, tepung beras dan terigu. Memiliki bentuk kotak-kotak kecil menjadikannya makin terlihat unik dan menarik.

Selanjutnya, getuk setengah jadi tersebut digoreng sampai tercium harum dan berubah warna. Cita rasanya yang khas antara manis gula jawa dan singkong makin bikin kamu tergoda untuk menikmatinya sampai habis.

Tempat: Getuk Goreng H. Tohirin
Alamat: Jalan Jenderal Soedirman Nomor 151, Banyumas
Harga: Sekitar Rp25.000

3. Nopia

nopia
Nopia, Foto Oleh Duniaindra Com

Nopia adalah salah satu jajanan Banyumas yang tak boleh terlewatkan. Bentuknya mungil dengan rasa yang unik menjadikan jajanan ini disukai semua kalangan. Cara pembuatan Nopia juga sederhana, yakni dipanggang dengan tungku khusus menggunakan kayu bakar dari pelepah pohon kelapa. Tekstur Nopia yang keras dan renyah, lalu di dalamnya berisi adonan gula merah dengan rasa bawang merah goreng makin membuatnya terasa nikmat. Sebagian masyarakat juga menyebut jajanan ini sebagai Pia Telur Gajah atau Ndog Gludhug. Di Banyumas kamu akan menemukan berbagai varian rasa Nopia mulai dari gula jawa, kacang dan coklat. Jadi, tertarik untuk mencoba kenikmatan jajanan khas Banyumas ini?

Harga: Sekitar Rp12.000

4. Soto Sokaraja

soto sokaraja
Soto Sokaraja, Foto Oleh Craftlog Com

Setiap daerah memiliki olahan soto khasnya, tak terkecuali Soto Sokaraja khas Banyumas. Nikmat dan gurih soto ini hanya dapat kamu temui di daerah asalnya loh. Seperti umumnya, Soto Sokaraja memakai daging ayam dan sapi sebagai isian. Yang membedakan hidangan Banyumas Jawa Tengah ini dengan soto lainnya adalah penggunaan ketupat dan sambal kacang pada Soto Sokaraja. Tak cukup sampai disitu, kerupuk yang disajikan pun menggunakan kerupuk cathir terbuat dari ketela pohon. Makin terasa sempurna lagi ketika kamu menyantapnya dengan kripik tempat atau mendoan.

Tempat: Soto Kecik Sokaraja
Alamat:  Jalan Jenderal Soedirman Nomor 115, Banyumas
Harga: Sekitar Rp20.000

5. Klanting atau Lanting Bumbu

lanting bumbu
Klanting atau Lanting Bumbu, Foto Oleh Bukalapak Com

Hidangan Banyumas ini disebut Klanting karena bentuknya mirip dengan anting. Makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong Klanting memiliki keunikan rasa dan cara pembuatannya pun cukup simpel. Singkong yang sudah dipilih kemudian diparut, diperas airnya dan dicampur dengan bumbu. Terakhir digoreng sampai berubah warna. Soal rasa sudah pasti menggugah selera, enak dan gurih yang bikin kamu ingin segera menyantapnya. Tidak hanya itu, tentunya karena Klating tahan lama jadi cocok jadi oleh-oleh ketika bertandang ke Banyumas.

Harga: Sekitar Rp15.000

6. Keripik Tempe Banyumas

keripik tempe banyumas
Keripik Tempe Banyumas, Foto Oleh Mgriyahotel Com

Keripik Tempe Banyumas menjadi salah satu cemilan yang wajib di borong saat berada di Banyumas. Seperti namanya, jajanan ini terbuat dari tempe yang diiris tipis dan dilumuri tepung, digoreng sampai kering sehingga menghasilkan rasa gurih dan renyah. Tak hanya soal rasa yang tiada banding, kuliner Banyumas ini juga mengandung protein yang baik untuk tubuh. Tentunya tak perlu ragu ketika ingin membeli Keripik Tempe Banyumas sebagai buah tangan karena dapat bertahan sekitar satu bulan tanpa bahan pengawet, jadi tetap sehat dan enak. Itulah sebabnya tertarik menjajal nikmatnya keripik khas satu ini?

Harga: Sekitar Rp20.000

7. Kraca

kraca
Kraca, Foto Oleh Cookpad Com

Sudah pernah dengar tentang sajian Kraca? Jika belum, mari berkenalan dengan Kraca khas Banyumas. Hidangan ini berbahan dasar keong kecil yang biasa ditemukan dari sawah. Rasanya sudah pasti nikmat dan gurih karena bercampur dengan kuah berbahan dasar pala, bawang, merica, garam dan bumbu lain. Keunikan Kraca akan semakin bertambah ketika mengetahui cara makannya. Dengan menyedot keong yang sudah dibuang cangkangnya atau bisa juga dicukil memakai gigi garpu atau lidi kecil. Kraca akan sering dijumpai saat memasuki bulan puasa di Banyumas. Jadi, tertarik mencoba nikmatnya hidangan satu ini?

Alamat: Daerah Ledug atau Dukuhwaluh
Harga: Sekitar Rp2.000

8. Cimplung

cimplung
Cimplung, Foto Oleh Cookpad Com

Seperti Klanting, Cimplung juga memiliki asal nama yang unik. Nama Cimplung berasal dari kata cemplung yang berarti masuk ke dalam air. Air yang dimaksudkan adalah air nira dalam pembuatan gula jawa. Sedangkan untuk proses pengolahan Cimplung yaitu dengan merebus singkong atau degan ke dalam rebusan air nira (badeg). Makanan tradisional khas Banyumas ini cocok dimakan selagi hangat apalagi ditemani secangkir kopi. Kamu dapat dengan mudah menemukan Cimplung di pinggiran jalan Banyumas, jadi jangan sampai ketinggalan mencicipinya.

Harga: Sekitar Rp5.000

9. Tomplo atau Templek

tomplo atau templek
Tomplo atau Templek, Foto Oleh 7terbaik Com

Tomplo atau Templek dibuat dengan bahan sederhana dan cara yang simpel pula. Dengan memanfaatkan sisa pembuatan tahu atau dikenal ranjem, maka jadilah Tomplo yang sedap dan menggiurkan. Ranjem tersebut kemudian dicampur dengan bumbu lalu dibentuk lingkaran tipis, dicelupkan kedalam adonan terigu dan digoreng. Sekilas hidangan Banyumas ini mirip dengan tahu crispy tetapi soal rasa Tomplo tentunya nikmat dan bikin nagih. Apalagi kamu menyantapnya bersama nasi hangat, bikin nggak ingin berhenti mengunyah.

10. Gesret

gesret
Gesret, Foto Oleh Dosenwisata Com

Makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong berikutnya adalah Gesret. Proses membuat Gesret terbilang mudah, singkong yang sudah bersih kemudian digesret atau diparut memakai parutan khusus sehingga hasilnya berbentuk panjang seperti mie kwetiau. Gesret dicampur dengan bumbu khas dan gula jawa kemudian dikukus, terakhir dihidangkan bersama taburan parutan kelapa. Bagi masyarakat Banyumas, menikmati Gesret di saat bersantai adalah pilihan yang tepat karena manisnya dapat membuat mulut tersenyum.

11. Kluban

kluban
Kluban, Foto Oleh Cookpad Com

Kluban mirip dengan sayur urap, sama-sama terbuat dari rebusan sayur dan dicampur menjadi satu. Rasanya dominan pedas dan sedikit manis. Makanan satu ini kerap disajikan saat upacara adat, pesta rakyat maupun lebaran. Hidangan Banyumas ini biasanya langsung dicampur antara parutan kelapa dengan sayur, berbeda dengan urap yang parutan kelapanya dimasak dahulu. Makin terasa sempurna ketika kamu menyantap Kluban bersama nasi Hangat.

12. Jalabiya

jalabiya
Jalabiya, Foto Oleh Cookpad Com

Camilan sederhana Jalabiya diminati pelancong karena menawarkan rasa manis yang unik. Sebagian masyarakat Banyumas menamainya Obang Abing. Terbuat dari singkong yang diparut kemudian diperas untuk mengurangi kandungan airnya. Jika sudah menjadi sari pati, barulah digunakan sebagai campuran adonan. Adonan yang sudah jadi kemudian dikukus lalu diberi bawang putih, garam dan dibentuk menyerupai cincin. Selain manis, cita rasa gurihnya dapat membuat ketagihan. Jalabiya cocok dimakan saat masih hangat atau biasanya sebagai lauk pelengkap nasi.

13. Intil

intil
Intil, Foto Oleh Cookpad Com

Singkong menjadi bahan olahan terlaris di Banyumas, termasuk Intil khas Kota Satria ini. Proses pembuatannya mirip dengan Jalabiya, hanya saja makanan ini menggunakan parutan singkong yang lebih halus. Hasil parutan tersebut diperas dan dicampur dengan gula jawa serta bumbu lain. Setelah itu parutan singkong dikukus sampai matang. Rasanya manis dihasilkan dari singkong juga campuran parutan kelapa membuat Intil semakin digemari masyarakat. Walau manis, hidangan satu ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi loh. Jadi, tertarik mencobanya?

14. Tegean

tegean
Tegean, Foto Oleh Travel Tribunnews Com

Tegean adalah sebutan sup sayur kuah bening khas Banyumas. Dari segi tampilan Tegean terlihat sederhana, tetapi kamu akan dibuat terpana saat mencicipi kesegaran kuahnya. Sajian khas Banyumas Jawa Tengah ini terbuat dari bermacam sayuran berupa wortel, bayam, jagung, daun katuk, kecambah dan kedelai hitam yang diracik dengan bumbu khusus sehingga menghasilkan rasa lezat. Biasanya sayur Tegean juga dicampur dengan irisan daging ayam atau sapi dan mie bihun. Perpaduan rasa segar dan gurih yang sempurna akan tambah mantap ketika disantap bersama nasi hangat.

Harga: Sekitar Rp5.000

15. Mendoan

mendoan
Mendoan, Foto Oleh Akurat Co

Seperti mendoan pada umumnya, Mendoan khas Banyumas terbuat dari tempe dengan pengolahan yang sama. Tempe dipotong tipis kemudian dilumuri adonan terigu serta bumbu khusus, setelah itu tempe digoreng setengah matang. Untuk menambah kenikmatannya, cocolan sambal kecap dan cabai rawit bakal menjadi tambahan yang menggiurkan ketika menyantap nya. Jadi, tertarik untuk mencobanya?

Tempat: Tempe Mendoan Yu Karti
Alamat: Karang Tengah, Kedungpring, Banyumas.
Harga: Sekitar Rp500

16. Cenil

cenil
Cenil, Foto Oleh Reepedia Id

Salah satu jajanan tradisional di daerah Banyumas lainnya adalah Cenil. Cenil bertekstur kenyal, manis dan berwarna-warni. Bahan dasarnya yakni singkong, parutan kelapa, kanji, air gula pasir, daun pandan, pasta makanan dan masih banyak lagi. Kudapan ini biasa disajikan bersama parutan kelapa dan gula merah cair. Para penjual biasa menempatkan Cenil di tampah bambu besar, sedangkan cenilnya dibungkus daun pisang. Sensasi menyantap Cenil akan semakin seru ketika ditemani secangkir teh.

17. Combro

combro
Combro, Foto Oleh Idntimes Com

Combro adalah hidangan yang disebut-sebut mirip dengan ondol. Perbedaannya ada pada Combro yang di bagian dalam terasa lebih pedas dan ukurannya lebih besar juga lonjong dibandingkan ondol. Terbuat dari singkong yang diparut dan diperas kandungan airnya sampai terlihat kering. Setelah itu dicampur dengan bumbu khas, dibentuk bulat lonjong dan terakhir digoreng dengan api sedang. Buat kamu penyuka pedas wajib nih untuk mencicipi kuliner Banyumas ini, karena rasanya yang menantang apalagi dengan tambahan cabai rawit.

Harga: Sekitar Rp15.000

18. Kampel

kampel
Kampel, Foto Oleh Cookpad Com

Dalam bahasa lokal Banyumas Kampel berarti peluk. Peluk yang dimaksudkan adalah pelukan antara ketupat dengan bahan lain seperti tempe tahu dan dage. Setelah bahan tersebut disatukan kemudian dicelup ke dalam adonan terigu yang sebelumnya sudah dibumbui, terakhir digoreng hingga matang. Tentu saja rasanya gurih dan bikin nagih. Kampel paling cocok dinikmati sebagai pengganti nasi saat tidak sempat sarapan karena sifatnya mengenyangkan. Jadi sudah siap mencoba Kampel khas Banyumas ini?

19. Tempe Bongkrek Goreng

tempe bongkrek
Tempe Bongkrek Goreng, Foto Oleh Cookpad Com

Tempe Bongkrek Goreng merupakan hidangan Banyumas yang hampir langka keberadaannya. Terbuat dari ampas kelapa dan kacang kedelai. Makanan ini dulu pernah merenggut berpuluh-puluh nyawa karena cara memasaknya yang salah. Maka dari itu sebaiknya untuk waspada saat bertemu Tempe Bongkrek, pastikan menyantapnya saat sudah dalam tahap pengolahan yang baik. Penanda aman hidangan satu ini adalah rasa, bau dan tekstur yang baik. Untuk itu tertarik mencoba nikmatnya Tempe khas Banyumas ini

20. Lupis

lupis
Lupis, Foto Oleh Sulsel Idntimes Com

Selain Cenil, jajanan pasar Lupis juga menjadi ikon Banyumas tak kalah populer. Terbuat dari ketan yang direndam kemudian diolah hingga menjadi Lupis. Makanan khas Banyumas Jawa Tengah ini dibungkus menggunakan daun pisang, ditaburi kelapa parut dan tambahan gula merah cair. Rasanya sudah pasti manis dan lezat. Masyarakat setempat juga sering menyantap Lupis saat tak sempat menemukan nasi. Jadikan hari istimewamu di Banyumas makin lengkap dengan mencicipi Lupis khas Kota Satria.

Harga: Sekitar Rp2.000

21. Dage

dage
Dage, Foto Oleh Cookpad Com

Jangan sampai melewatkan Dage saat berkunjung ke Banyumas. Dage adalah makanan sejenis tempe yang dicampur dengan ampas kelapa yang sudah digumpalkan dan dijamurkan. Tempe tersebut kemudian digoreng dan disajikan bersama tempe mendoan. Cita rasa makanan satu ini gurih dan cocok untuk cemilan santai. Selain digoreng, varian lain dari Dage adalah dibuat oseng dengan tambahan kecambah dan cabai merah hijau. Ketika membeli tempe mendoan di Banyumas, pastikan untuk membawa Dage pula sebagai teman ngemil. Jadi, tertarik untuk mencoba Dage khas Banyumas ini?

22. Ciwel

ciwel
Ciwel, Foto Oleh Brainofayn Blogspot Com

Hampir sama dengan Lupis, Ciwel terbuat dari tepung singkong yang direndam dalam cairan rendaman jerami padi sehingga bersifat basa. Kuliner tradisional Banyumas ini merupakan jajanan pasar berwarna hitam kecoklatan dengan tekstur alot, rasanya manis dan gurih. Ciwel biasanya dijual satu tempat dengan lupis dan cenil. Bukan hanya soal rasa yang menggiurkan, hidangan satu ini juga baik untuk penderita maag karena mengandung zat yang bertugas untuk melindungi lambung. Jadi, ketika bertandang ke Banyumas wajib banget kamu menikmatinya.

Tempat: Pasar Pinggir Alas Baturaden
Alamat: Jalan Raya Baturaden, Karangtengah, Banyumas.

23. Lembutan

lembutan
Lembutan, Foto Oleh Rinaresep Com

Kuliner Banyumas satu ini berbahan utama ikan lembutan. Ikan lembutan sendiri merupakan ikan tawar mungil yang diperoleh dari Sungai Logawa, Serayu dan sungai-sungai kecil di Banyumas. Ikan tersebut kemudian bisa diolah dengan hanya digoreng atau dijadikan makanan pedas. Bukan hanya itu, Lembutan juga memiliki kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Jadi selagi menikmati enaknya Lembutan, kamu juga akan mendapatkan manfaat menggiurkan saat menyantapnya. Bagaimana tertarik bukan mencicipi makanan khas Banyumas Jawa Tengah satu ini?

24. Badeg

badeg
Badeg, Foto Oleh Telusuri Id

Ketika sudah kenyang dengan hidangannya, mari beranjak menjajal minuman khas Banyuwangi yakni Badeg. Badeg adalah minuman berasal dari sari bunga kelapa atau akrab sebagai bahan gula merah yang tidak direbus. Bahan cair ini perlu difermentasikan selama 1 – 2 hari agar menciptakan aroma dan rasa nikmat. Kebanyakan penjual  akan berhati-hati dalam memfermentasikan minuman Badegnya, karena jika terlalu lama maka akan menimbulkan alkohol dan menjadi minuman memabukkan. Untuk itu, legakan dahaga dengan menyeruput segarnya Badeg ketika berada di Banyumas.

Harga: Sekitar Rp3.000

25. Gembus

gembus banyumas
Gembus, Foto Oleh HIghlliigt Foto Oleh Maskumambang Com

Kembali bicara soal olahan singkong, Gembus menjadi makanan khas Banyumas yang terbuat dari singkong dan berbentuk seperti gelang. Tekstur sedikit kenyal dan kering menambah kenikmatan saat menggigitnya. Masyarakat Banyumas sering menyebut sajian ini sebagai donat Jawa. Berbeda dengan Gembus di daerah lain, Banyumas menghadirkan Gembus yang lebih mirip geblek ala Purworejo. Makanan ini enak disantap saat hangat dengan cocolan sambal atau pecel. Jadi, sudah siap mencicipi kelezatan Gambus?

26. Buntil

buntil banyumas
Buntil, Foto Oleh Keepecipes Com

Salah satu jenis lauk pauk khas Banyumas yaitu Buntil. Terbuat dari daun pepaya, daun talas ataupun daun singkong. Jika menggunakan daun talas, maka proses pengolahannya harus ekstra hati-hati dikarenakan daun tersebut dapat menimbulkan rasa gatal. Parutan kelapa muda dibumbui kluban kemudian digulung dan diikat memakai tali dari bambu. Untuk penambah selera, ditambahkan bawang, teri, cabai, lengkuas, garam, asam, ebi atau udang rebon ke dalam bumbu ampas kelapa, selanjutnya dikukus hingga matang. Penyajian Buntil ini disiram dengan kuah santan bumbu pedas serta cabe rawit utuh. Perpaduan rasa gurih dan tentunya juga pedas bakal cocok disantap bersama nasi hangat.

Harga: Mulai Rp2.500 – Rp4.000

27. Kerupuk Ampas Tahu

kerupuk ampas ttahu
Kerupuk Ampas Tahu, Foto Oleh Cookpad Com

Seperti namanya, kerupuk satu ini terbuat dari ampas tahu atau dikenal dengan ranjem. Ampas tahu didapatkan dari hasil pembuatan tahu. Jika tidak digunakan dengan baik, ampas tahu akan membusuk sehingga kandungan gizi didalamnya hilang. Kerupuk Ampas Tahu 50% dibuat dari ampas tahu, sedangkan sisanya dari tapioka. Ditambahkan dengan bumbu dapur seperti bumbu penyedap, bawang putih, garam dan beragam bumbu lainnya. Proses pengolahan kerupuk khas Banyumas ini dengan cara dikukus, diiris tipis-tipis kemudian dijemur. Rasanya tentu saja gurih dan cocok dijadikan sebagai teman beragam menu khas Banyumas. Tidak hanya itu, kamu juga bisa membawanya sebagai buah tangan loh sobat Kuliner Kota. Jadi, tertarik untuk menjadikannya sebagai buah tangan?

28. Es Cau

es cau
Es Cau, Foto Oleh Ranggawisata Com

Jika sudah dengar tentang badeg, mari berkenalan dengan minuman khas Banyumas lainnya yang tak kalah nyegerin, Es Cau namanya. Cau merupakan cincau yang terbuat dari daun cau. Cau mirip dengan cincau namun untuk rasa dan teksturnya sedikit berbeda. Selain menyegarkan tentunya minuman ini juga bermanfaat baik bagi tubuh. Agar lebih nikmat, Cau biasanya disajikan dengan kuah santan, potongan nangka gula merah cair dan es. Segera nikmati Es Cau bakal cocok jadi pelepas dahaga setelah berkeliling Banyumas. Jadi, tertarik untuk melepaskan dahaga dengan minuman nikmat ini?

Harga: Sekitar Rp5.000

29. Penjorangan

penjorangan
Penjorangan, Foto Oleh Shopee Co Id

Penjorangan ialah cemilan Banyumas berbahan dasar ketupat yang kemudian digoreng setengah matang sama halnya seperti menggoreng mendoan. Hidangan ini berbentuk mirip bantal karena ketupatnya yang dibelah dan dilumuri adonan terigu juga bumbu khusus. Soal rasa Penjorangan punya cita rasa gurih dan nikmat. Dengan tekstur ketupat yang lembut serta bagian luar renyah membuat kuliner Banyumas ini terkenal di kalangan masyarakatnya. Jadi, ingin menjadi bagian dari pelanggan Penjorangan khas Banyumas?

Harga: Sekitar Rp4.000

30. Es Duren

es duren banyumas
Es Duren, Foto Oleh Direktorijateng Com

Siang terik juga hawa panas membuat setiap orang merindukan nikmatnya es krim. Tak perlu jauh-jauh, di Banyumas terdapat Es Duren yang siap memuaskan dahagamu. Tekstur duriannya legit dan empuk bercampur santan juga susu coklat membuat minuman khas ini menjadi menu andalan yang tepat. Seporsi Es Duren berisi daging durian, santan, serutan es, gula jawa cair, susu putih dan coklat cair makin membuatnya terlihat menggugah selera. Tidak hanya cita rasa yang nikmat dan menyegarkan tentunya Es Durian juga cocok dinikmati saat cuaca terik di Banyumas.

Tempat: Es Durian Pak Kasdi
Alamat: Jalan. Gor Satria, Banyumas.
Harga: Sekitar Rp18.000

31. Keong Kuah Pedas

keong kuah pedas
Keong Kuah Pedas, Foto Oleh Cookpad Com

Mungkin akan terasa sedikit aneh bagi yang belum pernah mencoba hidangan ini. Keong Kuah Pedas atau Kraca berbahan dasar keong yang memiliki lebih banyak lendir dibanding keong biasanya. Keong tersebut kemudian dimasak berkuah dengan bumbu yang memberi sensasi pedas segar serta aroma kuat. Bumbu untuk membuat makanan khas dari Banyumas ini terdiri dari kunyit, cabai, bawang merah, bawang putih, jahe dan kemiri.

Sebelum diolah, cangkang keong dipecahkan untuk membuang kotorannya lalu daging keong direndam semalaman, setelah itu barulah dimasak bersama bumbu selama 4 jam. Sensasi pedas dan tentunya nikmat membuat olahan khas Banyumas ini cocok disantap bersama nasi hangat.

32. Dawet Ayu

dawet ayu
Dawet Ayu, Foto Oleh Inibaru Id

Dawet Ayu merupakan minuman tradisional Banyumas yang terkenal hampir di seluruh pelosok Indonesia. Orang Banyumas dulu membuat dawet dimanapun mereka tinggal, dari situlah Dawet Ayu mulai terkenal. Dawet Ayu terbuat dari rebusan tepung beras, sedangkan warna hijaunya dihasilkan dari perasan daun pandan.

Sebagai pemanis ditambahkan gula kelapa dan santan. Selain itu, para pedagang dawet biasa memakai pikulan yang disebut angkringan dawet ayu atau angdyu. Untuk itu, ketika berada di Banyumas dan merasa haus sempatkan waktu untuk meneguk segarnya Dawet Ayu khas Banyumas ini.

Harga: Sekitar Rp5.000

33. Tahu Gecot

tahu gecot
Tahu Gecot, Foto Oleh Dapur Rukma Net

Sekilas makanan ini mirip dengan kupat tahu, hanya saja soal rasa jelas berbeda. Tahu Gecot terbuat dari bumbu racik seperti bawang putih, bawang goreng, kacang goreng, air asam jawa, garam dapur, kencur, cabai rawit dan gula jawa. Sepiring hidangan satu ini berisikan kupat potong, rajangan kubis, tahu goreng, tauge dan siraman bumbu kacang, terakhir diberi topping bawang goreng. Rasanya yang nikmat dan tentu saja mengenyangkan membuat kamu wajib banget untuk mencobanya.

Harga: Sekitar Rp5.000

34. Kenyol

kenyol
Kenyol, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan ringan Banyumas Kenyol memiliki penggemar hampir seluruh wisatawan yang datang. Kenyol terbuat dari tepung ketan dan kanji yang disajikan bersama parutan kelapa dan gula merah cair. Teksturnya mirip dengan cilok, bentuknya mungil juga tidak terlalu lembek. Di Banyumas kamu akan menemukan sajian ini dihidangkan bersama nasi putih. Jangan ditanya soal rasa, jajanan ini sudah pasti enak dan cocok dijadikan teman bersantai. Jadi, tertarik untuk mencobanya langsung?

35. Kepok Ketan

kepok ketan
Kepok Ketan, Foto Oleh Inibaru Id

Wisatawan bahkan masyarakat asli Banyumas belum banyak yang mengetahui tentang Kepok Ketan. Makanan khas Banyumas Jawa Tengah ini bercita rasa manis dan gurih. Terbuat dari beras ketan, kelapa parut, garam dan gula merah. Cara pembuatannya pun cukup sederhana seperti menanak nasi biasa hanya saja menggunakan ketan. Selanjutnya ketan yang sudah matang dibentuk menggunakan mangkuk lalu ditaburi parutan kelapa. Di Banyumas Kepok Ketan biasa dihidangkan bersama mendoan. Perpaduan rasa yang tentunya unik dan bikin kenyang membuat kamu wajib banget mencobanya.

Beragam makanan khas Banyumas diatas tentunya bakal melengkapi momen liburan kamu di kabupaten ini. Jadi, sempatkan waktu dan siapkan budget khusus untuk mencicipi ragam kuliner banyumas yg pasti nendang banget. Jadi, mau mencicipi kuliner Banyumas mana terlebih dahulu?

Baca Juga : 20 Pusat Oleh-Oleh Surabaya Terlengkap dan Murah!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 35 Makanan Khas Banyumas Terkenal Enak dan Bikin Ngiler

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]
    Lumpia Semarang merupakan salah satu kudapan asli Semarang. Hidangan ini termasuk yang masuk list ketika kulineran ke kota tersebut. Selain itu, banyak orang menjadikan hidangan ini sebagai oleh-oleh. Karena bentuknya seperti roll, sehingga pantas mendapat sebutan spring roll versi Indonesia. Yuk, tambah pengetahuan mengenal lumpia melalui artikel ini, ya! Sejarah Awal Lahirnya Lumpia Semarang Awal […]