1. Resep

Resep Gudeg Nangka ala Jogja, Enak dan Mudah Dibuat

Jogja dikenal dengan beragam kuliner lezat, bahkan beberapa hidangannya sudah melejit hingga keluar daerah. Salah satu hidangan Jogja yang populer sampai sekarang adalah Gudeg Nangka. Kuliner Jogja ini berwarna khas gelap berasal dari campuran gula merah, rempah daun dan kecap. Disebut Gudeg Nangka karena salah satu bahan bakunya adalah nangka muda atau kerap disebut tewel. Satu hal yang menjadikan gudeg nangka spesial, adalah pada pengolahan yang hampir memakan banyak waktu sehingga berpengaruh pada tingkat kelezatannya. Lalu bagaimana sejarah dan resep Gudeg Nangka? Mari simak penjelasannya dalam artikel Kuliner Kota berikut!

Sejarah Gudeg Nangka

Gudeg Nangka dulunya hanyalah hidangan berupa nasi dan sayur nangka. Namun, seiring berkembangnya bahan makanan maka ditambahkan pula beberapa bahan pelengkap pada gudeg. Dulunya sebelum mendapat julukan Gudeg Nangka, masyarakat Jogja menyebut kuliner ini sebagai Hangudek yang berarti mengaduk. Pada saat itu cara pengolahan gudeg adalah dengan mengaduk nangka muda dan santan di dalam tungku besar.

Gudeg hanya populer di kalangan prajurit pada saat itu, tetapi lambat laun hidangan ini telah menjadi makanan umum sebab bahannya mudah ditemukan. Karena menjadi kuliner sederhana, masyarakat setempat pun sering menambahkan Gudeg Nangka dengan tambahan tahu dan tempe. 

Sedangkan pada keturunan darah biru kala itu mencampurnya dengan daging ayam dan telur. Mulai tahun 1970 inilah Jogja menjajakan Gudeg Nangka diberbagai daerah. Sekarang, bahkan kamu bisa mempraktekkan sendiri resep Gudeg Nangka yang tak kalah berselera dengan makanan khas Jogja, gudeg.

Resep Gudeg Nangka

Jika dulu Gudeg Nangka hanya diperuntukkan bagi para prajurit, maka di masa sekarang kamu bisa dengan mudah menjajal resep Gudeg Nangka tanpa takut gagal. Karena terkenal dengan pengolahannya yang memakan waktu, maka setidaknya perlu kesabaran untuk mendapatkan kenikmatan gudeg seperti hidangan asalnya. Maka dari itu, jangan sampai melewatkan langkah-langkah resep Gudeg Nangka Berikut ini.

resep gudeg nangka
Resep Gudeg Nangka, Foto Oleh Cookpad Com

Bahan-Bahan Membuat Gudeg Nangka

  • 1 buah gula merah (sisir),
  • 1 kg nangka muda,
  • 1 sdm ketumbar bubuk,
  • 2 ruas lengkuas (memarkan),
  • 4 butir telur rebus,
  • 5 batang serai (memarkan),
  • 5 siung bawang putih,
  • 6 buah kemiri sangrai,
  • 7 lembar daun jeruk,
  • 7 lembar daun salam,
  • 10 siung bawang merah,
  • 200 gram daging sapi,
  • Garam secukupnya,
  • Santan encer dari ¼ kg kelapa tua,

Cara Membuat Gudeg Nangka

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih dan kemiri sangrai.
  2. Rebus daun salam, daun jeruk, serai, lengkuas, gula merah, ketumbar dan garam. Masak hingga mendidih dan berubah warna.
  3. Masukkan semua bahan termasuk bumbu halus kecuali telur. Masak dengan api kecil sampai air santan menyusut separuh.
  4. Masukkan telur rebus, masak lagi sampai airnya kering dan gudeg mulai berwarna coklat gelap.
  5. Keluarkan rempah serai, lengkuas daun salam dan daun jeruk.
  6. Sajikan Gudeg bersama nasi hangat.

Meski waktu memasaknya membutuhkan kesabaran karena membutuhkan waktu 2 – 7 jam, namun setelah Gudeg Nangka matang pun rasanya tak akan mengecewakan. Tentu dengan langkah yang tepat maka kamu bisa merasakan lezatnya Gudeg Nangka mirip olahan daerah asalnya. 

Tambahkan pula daun kemangi atau sayuran lain agar lebih menyehatkan. Rasa manis pedasnya tentu bakal mengobati rasa rindu kamu berkunjung ke Jogja. Saat membuat Gudeg Nangka, kamu hanya perlu mengeluarkan budget tak sampai Rp50.000. Puaskan makan malam dengan mencoba resep Gudeg Nangka simpel dan lezat.

Kandungan Gizi Gudeg

gudeg nangka jogja
Gudeg Nangka, Foto Oleh Sajianlezat Com

Membuat Gudeg Nangka memang menyenangkan, apalagi jika sudah mengetahui apa saja kandungan gizi di dalam hidangan ini. Saat kamu mengkonsumsi Gudeg, maka akan mendapatkan 127 kal kalori, 4, 71 gram lemak, 22, 54 gram karbohidrat, 1, 82 gram protein, 1, 82 gram protein, 22, 54 gram karbohidrat, 2, 1 gram serat, 2, 45 gram gula, 137 miligram sodium dan 200 miligram kalium. Karena kandungan gizinya melimpah maka tak jarang Gudeg ada dalam menu makan malam masyarakat Jogja. Jika sedang rindu kuliner Jogja, tak ada salahnya membuat sendiri di rumah dengan resep Gudeg Nangka ala kuliner Kota diatas.

Baca Juga : 50 Kuliner dan Makanan Khas Jogja Yang Murah Meriah

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Gudeg Nangka ala Jogja, Enak dan Mudah Dibuat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]