1. Oleh-Oleh Khas

20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Pontianak Wajib Bawa Pulang

Pontianak tidak hanya dikenal sebagai Kota Khatulistiwa dengan ragam pesona wisata tapi juga kuliner khasnya. Itulah sebabnya tidak heran jika kota ini dijuluki sebagai surganya kuliner Indonesia. Kamu akan menemukan beragam masakan bercita rasa khas dan tentunya berbeda dari daerah lainnya. Uniknya lagi, pesona oleh-oleh khas Pontianak juga makin menjadikan kota ini terasa sempurna dijadikan tujuan berlibur. Jadi, ketika bertandang ke Kota Khatulistiwa 20 buah tangan khas ini wajib banget masuk daftar belanja kamu. Mau tau apa saja oleh-oleh Pontianak yang wajib dibawa ke kampung halaman? Simak ulasan lengkap Kuliner Kota ini.

1. Kue Bingke Berendam

kue bingke berendam
Kue Bingke Berendam, Foto Oleh Kumparan Com

Bingke Berendam sudah populer merambat ke berbagai daerah, bahkan wisatawan pun jauh-jauh datang hanya untuk mencicipi makanan satu ini. Kue Bingke memiliki dua varian, yaitu kue bingke berendam dan kue bingke biasa. Kedua varian tersebut mempunyai perbedaan dari segi cara memasaknya, jika bingke biasa melalui proses memanggang, maka bingke berendam dikukus.

Cita rasa yang ditawarkan dari buah tangan khas Pontianak ini tentunya manis ditambah dengan kelembutan kue yang membuat siapa saja tergoda. Kamu juga bisa membawa pulang berbagai varian rasa mulai dari original, ubi, susu, keju dan berbagai rasa lainnya. Tentunya dalam setiap gigitan kue ini bakal bikin kamu inget terus momen manis di Kota Pontianak.

Harga: Mulai Rp16.000 – Rp20.000 per kotak.

2. Juhi Bakar

juhi bakar
Juhi Bakar, Foto Oleh Shopee Co Id

Julukan Juhi Bakar mungkin sedikit asing bagi masyarakat luar Pontianak. Juhi adalah hidangan khas Pontianak yang diolah dari sotong, dagingnya digiling menjadi lebih halus kemudian dibakar atau dipanggang. Dengan teksturnya yang sedikit basah, juhi bakar dapat bertahan selama 14 hari. Untuk rasa Juhi Bakar sendiri adalah pedas manis, sehingga cocok dijadikan hidangan pelengkap bersama seporsi nasi hangat. Tentunya juga halal dan dapat bertahan lama loh sobat Kuliner Kota, jadi kamu tidak perlu khawatir membawanya dalam perjalanan jauh.

Harga: Sekitar Rp30.000 per porsi.

3. Snek Muruku

snek muruku
Snek Muruku, Foto Oleh Bukalapak Com

Oleh-oleh khas Pontianak selanjutnya adalah Snek Muruku. Snek Muruku adalah jajanan khas Pontianak yang terbuat dari ikan dengan rasa beragam. Sekilas bentuk jajanan ini mirip dengan sereal, hanya saja warnanya kecoklatan karena terbuat dari tepung ikan yang ditambahkan gula, garam, minyak nabati dan bubuk ikan.

Olahan ikan biasanya akan beraroma agak amis, namun berbeda dengan Snek Muruku yang sama sekali tak menampakkan aroma amisnya. Untuk varian rasa yang ditawarkan yakni ikan pedas, rumput laut dan original. Rasanya yang nikmat dan pastinya awet menjadikan Snek Muruku cocok dijadikan sebagai camilan saat kumpul keluarga di rumah.

4. Keripik Pisang Segedong

keripik pisang segedong
Keripik Pisang Segedong, Foto Oleh Gardening Id

Pecinta olahan pisang jangan sampai melewatkan cemilan tradisional khas Pontianak ini. Keripik pisang Segedong adalah makanan berbahan pisang yang kemudian diiris kecil dan digoreng bersama bumbu khusus. Keripik Pisang Segedong memiliki ciri khas rasa asin, manis, renyah dan aroma bawang yang kuat. Tentunya oleh-oleh khas Pontianak ini juga memiliki rasa manis yang otentik karen berasal dari air gula. Keripik Pisang Segedong ini paling nikmat dimakan saat santai ataupun camilan ketika dalam perjalanan.

Harga: Sekitar Rp14.000 per bungkus.

5. Teh Lidah Buaya

teh lidah buaya
Teh Lidah Buaya, Foto Oleh Tokopedia Com

Sudah pernah dengar Teh Lidah Buaya? Tentu minuman unik satu ini hanya dapat kamu temui di Pontianak. Seperti teh pada umumnya, teh khas Pontianak ini terbuat dari tanaman aloe vera yang terlebih dahulu diseduh untuk mendapatkan aroma khasnya. Proses pembuatan oleh-oleh khas Pontianak Teh Lidah Buaya adalah dengan memotong kecil-kecil lidah buaya kemudian dijemur dibawah sinar matahari.

Selain dijemur, lidah buaya tersebut juga dapat dioven sampai kering. Jika sudah melalui penjemuran, barulah lidah buaya dapat diseduh. Tentunya tak hanya terkenal nikmat, Teh Lidah Buaya juga berkhasiat menangkal radikal bebas, melancarkan pencernaan dan meredakan batuk. Jadi, tertarik membawa buah tangan berkhasiat ini ketika bertandang ke Pontianak?

Alamat: Jalan Budi Utomo, Kelurahan Siantan Hulu, Pontianak
Harga: Sekitar Rp40.000 per kotak.

6. Kerupuk Lidah Buaya

kerupuk lidah buaya
Kerupuk Lidah Buaya, Foto Oleh Isunveralidahbuaya Blogspot Com

Selain menjadi minuman menyegarkan, lidah buaya juga bisa dimanfaatkan sebagai kerupuk, seperti Kerupuk Lidah Buaya. Proses pembuatan oleh-oleh Pontianak ini yakni daging lidah buaya yang sudah dicuci tanpa menyisakan lendir, kemudian ditambahkan tepung beras, tepung tapioka, telur ayam, ketumbar, gula, garam, margarin, bawang putih dan air. Setelah semua bahan tercampur, barulah dijadikan adonan dan dikukus. Jika sudah matang, adonan diiris tipis, lalu dijemur sampai kering. Tidak usah khawatir tentang rasa, tentunya perpaduan asin dan gurih akan semakin membangkitkan semangat ketika mengunyahnya.

7. Coklat Lidah Buaya

coklat lidah buaya
Coklat Lidah Buaya, Foto Oleh Travel Kompas Com

Salah satu oleh-oleh khas Pontianak paling digemari wisatawan adalah Coklat Lidah Buaya. Seperti namanya, coklat khas Kota Khatulistiwa ini berbahan dasar gel aloe vera, gula dan coklat. Tentu, rasanya manis dengan tekstur lembut yang meleleh di mulut dalam tiap gigitan. Tak hanya rasanya saja yang bikin kamu ketagihan, tentunya nilai gizi dan nggak bikin berat badan nambah juga menjadikan Coklat Lidah Buaya jadi favorit wisatawan. Jadi, tidak sah rasanya ketika kamu tidak membawanya sampai ke kampung halaman.

Harga: Mulai Rp15.000 – Rp25.000 per bungkus.

8. Dodol Lidah Buaya

dodol lidah buaya
Dodol Lidah Buaya, Foto Oleh Travel Kompas Com

Dodol Lidah Buaya merupakan jajanan yang akan sering kamu temukan ketika berkunjung ke toko oleh-oleh Pontianak.  Dodol khas Pontianak berbeda dengan dodol pada umumnya karena menggunakan daging lidah buaya sebagai bahan utama. Untuk bahan tambahannya yakni gula pasir, gula merah, santan kelapa, tepung beras dan garam.

Jika semua bahan tersebut dimasak dengan api sedang selama 4 jam sampai membentuk dodol. Rasa manis, serta teksturnya yang kenyal dan lembut membuat jajanan ini disukai semua kalangan. Kamu juga tidak perlu khawatir karena Dodol Lidah Buaya juga tahan lama, jadi cocok dijadikan buah tangan dan dibawa bepergian dengan jarak jauh. Itulah sebabnya, tertarik membawa dodol khas Pontianak ini sampai ke kampung halaman?

9. Jelly Lidah Buaya

jelly lidah buaya
Jelly Lidah Buaya, Foto Oleh Hobimasak Info

Mendengar nama Jelly, satu hal yang terlintas adalah tekstur kenyal dan legit. Sama dengan Jelly Lidah Buaya unik dari Kota Khatulistiwa ini. Seperti namanya, Jelly Lidah Buaya berbahan baku lidah buaya, hal ini juga yang menyebabkan tekstur jelly menjadi lebih kenyal.

Proses pembuatannya juga cukup sederhana, yakni daging lidah buaya yang sudah dihaluskan, ditambahkan gula dan langsung dimasak sampai mendidih sambil diaduk. Jika sudah, adonan kemudian diberi pewarna makanan sesuai selera. Kemudian adonan tersebut didiamkan selama semalaman dan besoknya dipotong kecil-kecil. Rasanya tentu manis berpadu dengan tekstur kenyal yang terasa nikmat ketika dikunyah. Jadi, tidak ada alasan bukan untuk tidak memborong oleh-oleh khas Pontianak satu ini?

10. Stik Talas

stik talas
Stik Talas, Foto Oleh Tokomesin Com

Bagi sobat Kuliner Kota yang menyukai olahan talas, wajib banget untuk mencoba Stik Talas khas Pontianak. Proses membuat oleh-oleh khas Pontianak ini cukup dengan mengiris tipis talas, selanjutnya digoreng dan diberi bumbu rempah agar timbul rasa gurih dan renyah. Untuk rasa stik yang ditawarkan juga cukup beragam, yaitu barbeque, keju, ayam bawang, balado, pedas dan original. Perpaduan rasa yang unik, gurih dan renyah tentunya cocok dijadikan camilan maupun buah tangan untuk keluarga di rumah.

Alamat: Jalan Putri Candramidi (Podomoro) Ganang Dwipayana No. 18, Pontianak
Harga: Sekitar Rp16.000 per bungkus.

11. Lempok Durian

lempok durian
Lempok Durian, Foto Oleh Wowkeren Com

Berikutnya oleh-oleh khas Pontianak terbuat dari buah durian yaitu Lempok Durian. Makanan khas dari Pontianak ini memiliki cara pengolahan yang mirip dengan dodol, hanya saja Lempok Durian menggunakan durian lebih banyak dibanding tepungnya. Dulunya, buah tangan khas Pontianak ini tak sengaja dibuat untuk mengatasi pesatnya buah durian yang minim olahan, kemudian masyarakat sekitar mulai berinovasi membuat Lempok Durian. Tentunya rasa durian yang khas dan aroma serta rasa otentik membuat kudapan satu ini wajib banget dibawa pulang ke kampung halaman.

Harga: Sekitar Rp30.000 per bungkus.

12. Sirup Sengkit

sirup sengkit
Sirup Sengkit, Foto Oleh Shopee Co Id

Tak hanya Teh Lidah Buaya, Pontianak menyediakan oleh-oleh khas berupa Sirup Senkit yang terbuat dari jeruk songkit. Cara pengolahannya melalui proses pengawetan, kemudian ditambah gula dan jadilah jeruk dan kulit jeruk yang kering. Rasa yang dihasilkan adalah manis dari gula dan sedikit asam. Kulit yang diawetkan juga tentunya nikmat, apalagi jika digigit tanpa tambahan apapun, dijamin dapat membuat lidahmu ketagihan. Dari namanya saja sirup, maka sajian ini dapat diseduh dan jadilah sirup ala jeruk songkit yang segar. Tertarik mencobanya? kamu bisa menemukannya di berbagai pusat oleh-oleh di Pontianak.

Harga: Sekitar Rp80.000 per 700 gram.

13. Coklat Cempon

coklat cempon
Coklat Cempon, Foto Oleh Twitter Com

Sebagai jenis makanan yang disukai banyak kalangan karena rasa manisnya, Coklat Cempon menjadi buah tangan andalan dari Pontianak. Cempon artinya Cemilan Pontianak. Di dalam satu bungkus coklatnya, terdapat tambahan lidah buaya dan kismis untuk memberi kesan khas dan lebih manis. Karena perpaduan rasa yang unik itulah menjadikan Coklat Cempon diminati banyak kalangan. Tentunya juga dengan berbagai varian rasa mulai dari dark, white dan milk chocolate.

Harga: Sekitar Rp18.000 per bungkus.

14. Kerupuk Amplang

kerupuk amplang
Kerupuk Amplang, Foto Oleh Tokopedia Com

Seperti namanya, Kerupuk Amplang ialah kerupuk yang memakai ikan belida atau tenggiri sebagai bahan utamanya. Sedangkan bahan tambahan lain yakni tepung kanji, bawang putih, garam, penyedap, air dan telur. Semua bahan tersebut dicampur menjadi adonan kemudian diiris tipis lalu digoreng sampai kecoklatan. Dengan memakai bahan baku ikan tentunya rasa khas dan aromanya makin bikin kamu berselera untuk segera menikmatinya. Tentunya kerupuk khas Pontianak ini juga mudah kamu temukan di berbagai toko oleh-oleh. Jadi, tertarik membeli Kerupuk Amplang sebagai buah tangan ketika bertandang ke Pontianak?

Alamat: Mongonsidi BTN gerbang mutiara Blok G No. 7, Ketapang.
Harga: Sekitar Rp16.000 per bungkus.

15. Kacang Piinatsu

kacang piinatsu
Kacang Piinatsu, Foto Oleh Makananoleholeh Com

Piinatsu adalah sejenis makanan yang diolah dari bahan kacang tanah. Kacang tersebut diselaputi tepung yang sebelumnya sudah diberi gula dan garam. Bentuknya mirip dengan kacang molen, hanya saja lebih kecil dan agak memutar. Dalam satu gigitan saja, kamu akan mendapatkan rasa gurih dan renyah yang tak terlupakan. Sebagai cemilan lezat dan tentunya tahan lama, Kacang Piinatsu dapat dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp15.000 per bungkus.

16. Pernak-Pernik Etnik Dayak

pernak-pernik etnik dayak
Pernak-Pernik Etnik Dayak, Foto Oleh Goodnewsfromindonesia Id

Berkunjung ke Pontianak, kamu pasti akan menemukan banyak oleh-oleh aksesoris khas Pontianak khususnya Suku Dayak. Dayak memiliki berbagai hiasan etnik dan aksesoris yang cocok untuk dijadikan cinderamata. Warna terang dan garis timbulnya khas memberikan keunikan juga identitas tersendiri bagi suku asli wilayah Kalimantan tersebut. Itulah sebabnya saat bertandang ke Pontianak, sobat Kuliner Kota wajib banget membawa pulang, Pernak-Pernik Etnik Dayak Mulai dari kalung, gelang, ikat kepala sampai baju adatnya.

Tempat: Pontianak Souvenirs and Gifts
Alamat: Jalan Pattimura Nomor 58, Darat Sekip, Pontianak.
Harga: Mulai Rp8.000.

17. Batu Kecubung

batu kecubung
Batu Kecubung, Foto Oleh Review Bukalapak Com

Oleh-oleh aksesoris khas Pontianak Batu Kecubung juga memiliki keunikan tersendiri, terutama bagi kamu pecinta aksesoris etnik. Batu Kecubung biasanya menjadi batu utama yang disematkan pada aksesoris seperti anting, kalung dan cincin dengan harga cukup tinggi. Batu ini dijual dengan ukuran, warna dan bentuk yang bervariasi. Tak usah khawatir kelak saat membeli Batu Kecubung, karena kamu dapat menyesuaikannya sesuai keinginan dan kebutuhan. Jadi, tentunya buah tangan ini wajib banget masuk daftar oleh-oleh khas kamu ketika berada di Pontianak.

Alamat: Sepanjang Jalan Sungai Raya Dalam
Harga: Mulai Rp6.000.000

18. Manisan Asam Paya

manisan asam paya
Manisan Asam Paya, Foto Oleh Resepkoki Id

Asam Paya merupakan buah asam yang banyak ditemukan di daerah Kalimantan, bentuknya mirip salak dengan rasa manis. Mayoritas masyarakat Kalimantan khususnya Pontianak mengolah Asam Paya sebagai manisan, sehingga rasa yang dihasilkan tak hanya manis tetapi juga asam. Rasa asam yang berpadu dengan manis itulah yang menjadikan buah tangan ini sulit terlupakan dalam tiap gigitannya.

Bahan utama pembuatan oleh-oleh Pontianak ini, yakni gula pasir, asam payak, air garam dan masih banyak bahan lain. Tentunya Manisan Asam Paya juga mampu bertahan hingga 9 bulan. Jadi, kamu tidak perlu khawatir ketika ingin membawanya dalam jumlah banyak maupun perjalanan jauh.

Harga: Sekitar Rp18.000 per bungkus.

19. Gula Durian

gula durian
Gula Durian, Foto Oleh Bukalapak Com

Selain Lempok Durian, Kota Khatulistiwa ini juga menyediakan Gula Durian yang khas dan berbeda dari lainnya. Gula Durian merupakan selai yang diolah dari daging durian kemudian diproses layaknya membuat selai. Buah tangan ini cocok dimakan dengan ubi, ketan dan roti. Perpaduan antara olesan Gula Durian bakal bikin cocok dijadikan menu sarapan bersama roti. Perpaduan rasa manis serta aroma khas dan tentunya juga tahan lama membuat Gula Durian wajib banget dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Tempat: Delicia Cake Pontianak
Alamat: Jalan HM Suwignyo 15A. Sungai Jawi, Pontianak

20. Oleh-Oleh Aksesoris Khas Pontiank Lawar

lawar
Lawar, Foto Oleh Pontianak Tribunnews Com

Bagi yang belum puas dengan buah tangan makanan Pontianak, sebaiknya mampir mengunjungi Lawar. Oleh-oleh aksesoris khas Pontianak Lawar adalah sejenis brand yang menawarkan berbagai produk tekstil seperti sandal, topi,baju, jaket, tas, jam dan masih banyak lagi. Lawar ini mirip dengan Joger yang ada di Bali, bedanya produk Lawar lebih beragam dan domisilinya ada di Pontianak. Dalam setiap edisi, brand ini menyediakan produk berbeda sehingga pembeli tidak sampai bosan memilih. Harga yang ditawarkan juga relatif murah dengan banyak ukuran mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Jadi, ketika bingung mencari cinderamata untuk keluarga di rumah, Lawar bisa jadi pilihannya.

Alamat: Jalan Sutoyo Indah, Pontianak Selatan, Pontianak
Harga: Mulai Rp75.000 – Rp210.000

Beragam oleh-oleh khas Pontianak di atas makin membuat kamu tak sabar ingin mengunjungi Kota Khatulistiwa bukan? Itulah sebabnya, ketika jauh-jauh ke Pontianak ragam oleh-oleh khasnya wajib banget kamu bawa pulang. Jangan sampai pulang dengan tangan hampa serta menyesal karena tidak membawa pulang makanan sampai aksesoris sebagai kenang-kenangan sudah pernah ke Kota Khatulistiwa. Jadi, siapkan budget dan jangan lupa borong semua buah tangan khasnya ketika berada di Pontianak ya sobat Kuliner Kota!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Pontianak Wajib Bawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

      Olahan telur termasuk salah satu bahan makanan yang bisa menjadi beberapa macam masakan. Bahkan banyak orang yang berlomba-lomba membuat kreasi baik hanya untuk diri sendiri, keluarga maupun mencoba menjualnya. Alasannya karena selain mudah mendapatkannya dan gampang untuk mengelolanya.  Hanya bermodalkan alat dan bahan pendukung yang tersedia disekitar saja. Nah kalau  sedang belajar memasak . […]

    Trending

    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]
    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]
    Mencari tempat makan romantis di kota Jakarta  sangat mudah. Pasalnya hampir disemua kawasan tersedia setidaknya satu restoran. Nah, untuk kamu yang sedang berencana untuk merayakan momen romantis bersama pasangan. Kuliner Kota bakal memberikan beberapa 10 tempat makan romantis di Jakarta 1.Hensin Restoran Jepang ini memang sudah menjadi langganan untuk tempat dinner romantis. Salah satunya kamu […]