1. Oleh-Oleh Khas

10 Oleh-Oleh Khas Ambon yang Wajib Wisatawan Bawa Pulang!

Kota Ambon tidak hanya dikenal sebagai penghasil rempah-rempah yang berkualitas namun juga surganya tujuan wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Tidak akan terasa lengkap saat anda memilih berkunjung ke Kota Ambon tetapi pulang dengan tangan kosong. Berburu Oleh-oleh khas Ambon harus menjadi agenda wajib yang tidak boleh anda lewatkan.

Berbagai oleh-oleh khas ambon dengan cita rasa nikmat dan pastinya akan mengingatkan momen manis di Kota Ambon harus anda bawa pulang. Mau tau apa saja oleh-oleh khas Ambon tersebut? Yuk, cek artikel Kuliner Kota berikut ini!

1. Rempah-Rempah

Daftar Isi

Kota Ambon memang sudah dikenal sebagai penghasil Rempah-Rempah dengan kualitas terbaik sehingga tidak heran jika Rempah-Rempah termasuk salah satu oleh-oleh khas Ambon yang paling banyak diburu wisatawan lokal maupun mancanegara. Anda bisa membawa pulang berbagai Rempah-Rempah khas Ambon mulai dari kayu manis, cengkeh kering sampai asinan pala. Uniknya di Kota Ambon cengkeh kering juga dijadikan kerajinan tangan yang bisa anda jadikan sebagai hiasan dinding. Menarik bukan? Untuk mendapatkan oleh-oleh Rempah-Rempah juga cukup mudah karena dijual di seluruh pusat oleh-oleh Kota Ambon.

Rempah-Rempah Ambon
Rempah-Rempah, Foto oleh Jambi Antara News Com

2. Kacang Kenari

Pohon kenari merupakan salah satu jenis pohon yang paling banyak ditanam di Maluku. Tidak heran jika berbagai olahan Kacang Kenari dijajakan sebagai salah satu oleh-oleh khas Ambon mulai dari dijual secara kiloan, dipanggang maupun sudah diolah menjadi kue dan berbagai makanan khas lainnya. Kacang Kenari juga bisa anda gunakan sebagai tambahan bumbu dapur lho! Jadi cocok bukan oleh-oleh khas Ambon satu ini. Simpel tetapi memiliki banyak fungsi dan pastinya untuk mendapatkannya juga mudah karena dijual di berbagai toko oleh-oleh di Kota Ambon.

Kacang Kenari Ambon
Kacang Kenari Ambon, Foto oleh Shopee Co Id

3. Kayu Putih

Jika berada di Ambon oleh-oleh satu ini pasti sudah menjadi incaran anda, Kayu Putih. Oleh-oleh khas Ambon yang memiliki segudang manfaat tidak hanya bisa menghangatkan tubuh namun juga bisa diminum untuk meredakan tenggorokan yang gatal. Terbuat dari kayu putih asli membuat oleh-oleh satu ini memiliki aroma yang khas yang berbeda dari lainnya. Jika tertarik membawa oleh-oleh khas Ambon satu ini maka anda bisa menemukannya di berbagai pusat oleh-oleh yang ada di Kota Ambon.

Kayu Putih Ambon
Kayu Putih Ambon, Foto oleh Toko Pedia Com

4. Kue Sagu

Tidak hanya dikenal akan rempah-rempahnya yang berkualitas, Kota Ambon juga dikenal memiliki berbagai olahan sagu yang terkenal nikmat dan cocok menjadi oleh-oleh. Kue Sagu salah satu oleh-oleh khas Ambon yang berasal dari pohon sagu dengan campuran bahan-bahan lainnya untuk menambah cita rasa nikmat saat di santap. Oleh-oleh satu ini biasanya dijadikan sebagai bahan pokok masyarakat Ambon, namun kini Kue Sagu juga bisa anda bawa pulang. Nikmat dan mudah didapatkan, jadi tidak ada alasan tidak membawanya sebagai buah tangan.

Kue Sagu Ambon
Kue Sagu, Foto oleh Toko Pedia Com

5. Kerajinan Kerang

Mau bawa oleh-oleh yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama? Kerajinan Kerang bisa jadi salah satu pilihannya. Oleh-oleh khas Ambon ini berbahan dasar kerang yang sudah dibentuk menjadi cincin, gelang, kalung sampai hiasan dinding dengan beraneka motif. Menarik bukan untuk dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah? Jika anda ingin mendapatkan oleh-oleh satu ini datang saja ke toko pengrajin yang ada di kawasan Batumerah, Kota Ambon.

Kerajinan Kerang  khas ambon
Kerajinan Kerang Ambon, Foto oleh Go Travelly Com

6. Besi Putih

Tidak hanya kerajinan kerang yang bisa anda jadikan buah tangan yang bisa disimpan dalam jangka waktu lama, Besi Putih juga bisa jadi salah satu pilihan. Besi putih berasal dari kapal-kapal penjajah jaman Belanda, Eropa yang jatuh dan tenggelam dibawah laut banda bertahun-tahun lalu dan kini dimanfaatkan oleh masyarakat Ambon untuk membuat berbagai jenis perhiasan cantik yang bisa dijadikan sebagai buah tangan. Oleh-oleh khas Ambon satu ini tidak mudah berkarat selama bertahun-tahun lho! Jadi cocok bukan untuk dijadikan sebagai buah tangan?

Besi Putih  khas ambon
Besi Putih Foto oleh Buka Go Travelly Com

7. Ikan Asar

Jika anda ingin membawa makanan khas Ambon, oleh-oleh Ikan Asar bisa jadi salah satu pilihan. Ikan Asar merupakan salah satu oleh-oleh khas Ambon berbahan dasar ikan yang diolah dengan cara diasap dengan berbagai macam bumbu-bumbu khas Maluku untuk menambah cita rasa nikmat saat disantap. Selain nikmat Ikan Asap juga cocok digunakan sebagai oleh-oleh karena bisa bertahan lama lho! Menarik bukan untuk dijadikan buah tangan dan dibagikan kepada anggota keluarga dirumah?

Ikan Asar  khas ambon
Ikan Asar Ambon, Foto oleh Buka Lapak Com

8. Ampas Terigu

Ampas Terigu, dari namanya saja sudah unik dan menarik untuk dijadikan oleh-oleh. Ampas terigu merupakan salah satu kue khas Ambon yang terbuat dari campuran bubuk kayu manis, gula merah dan kelapa parut atau kelapa cincang yang menghasilkan aroma khas dengan cita rasa nikmat. Jika anda tertarik membawa Ampas Terigu sebagai oleh-oleh, anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh yang ada di Kota Ambon.

Ampas Terigu  khas ambon
Ampas Terigu, Foto oleh IG Com

9. Butiran Mutiara

Terletak di bagian pesisir, hasil laut merupakan salah satu sumber andalan bagi masyarakat Ambon yang bisa dimanfaatkan, seperti mutiara. Saat anda berada Kota Ambon oleh-oleh Butiran Mutiara bisa jadi pilihan untuk dibawa pulang. Butiran Mutiara khas Ambon ini memiliki dua pilihan yaitu Butiran Mutiara air tawar dan air asin. Jika anda ingin membawa butiran mutiara dengan harga yang lebih terjangkau ada baiknya memilih Butiran Mutiara air tawar! Namun tenang dua-duanya juga cantik dan pastinya menarik untuk dijadikan sebagai buah tangan. 

Butiran Mutiara Ambon khas ambon
Butiran Mutiara, Foto oleh Buka Lapak Com

Membeli Oleh-oleh merupakan suatu hal wajib yang menjadi rutinitas saat berkunjung di suatu kota, begitu pula saat anda berada di Kota Ambon. Berbagai oleh-oleh khas Ambon bisa jadi pilihan buah tangan untuk keluarga di rumah. Tapi jangan lupa sesuaikan dengan budget dan kebutuhan anda ya! Agar bisa tetap menabung untuk liburan selanjutnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Oleh-Oleh Khas Ambon yang Wajib Wisatawan Bawa Pulang!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending