6 Makanan Khas Bontang yang Unik, Enak dan Wajib Dicoba

Barona Bakar Bontang
Kuliner Bontang tidak hanya menyimpan keunikan cita rasa, namun 6 makanan khas Bontang ini juga populer di lidah pecinta kuliner.
Daftar isi

Berkunjung ke pulau Kalimantan serasa ada yang kurang lengkap jika belum singgah di Bontang. Kota yang menjadi tempat 3 perusahaan besar berdiri sekaligus menyimpan keindahan alam dengan panorama bawah laut yang siap memanjakan mata. Tidak cukup sampai disitu, kuliner khas Bontang juga selalu jadi incaran para pelancong yang singgah disini. Berbagai kuliner Bontang punya cita rasa unik dan pastinya juga menggugah selera bagi yang melihat maupun mencium aromanya saja. Oleh sebab itulah, Kuliner Kota merekomendasikan 6 makanan khas Bontang yang wajib kamu cicipi saat berada disini. Berikut daftar apa saja nama makanan tersebut.

1. Nasi Bekepor

Nasi Bekepor Bontang
Nasi Bekepor, Foto oleh Wisata Ku Id

Singgah di Kota Bontang, takkan pernah terasa lengkap sebelum mencicipi Nasi Bekepor. Makanan khas Bontang satu ini merupakan nasi putih yang dicampur dengan bumbu-bumbu khusus sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan nikmat. Disajikan dengan sayur asam khas Kalimantan Timur yang diolah dengan campuran ikan air tawar seperti ikan patin atau gabus dan ditambah dengan ubi manis bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut. Bagaimana, tertarik untuk mencoba kuliner Bontang satu ini?

2. Gami Bawis Cumi

Gami Bawis Cumi Bontang
Gami Bawis Cumi, Foto oleh Travel safe Aca Com

Makanan khas Bontang selanjutnya yang juga wajib dicicipi adalah Gamis Bawis Cumi. Menjadi salah satu kuliner Bontang yang punya cita rasa serta aroma yang khas dan menggugah selera. Gami Bawis Cumi terbuat ikan cumi yang diolah dengan bumbu gami berbahan dasar bawang merah, cabai, tomat ditumis serta aneka bahan lainnya. Disajikan di atas cobek membuat Gami Bawis Cumi terlihat menggugah selera dan pastinya bercita rasa nikmat.  Untuk menikmati satu porsi Gami Bawis Cumi kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp15.000 – Rp25.000 per porsinya. Terjangkau bukan?

Baca Juga:  Main ke Monas? Ini 30 Makanan Khas Jakarta yang Wajib Dicoba

3. Barona Bakar

Barona Bakar Bontang
Barona Bakar, Foto oleh Dherdian WordPress Com

Jika kamu pecinta olahan ikan, maka makanan khas Bontang Barona Bakar jadi kuliner favorit kamu. Terbuat dari ikan barona khas Bontang yang diolah dengan cara dibakar serta dinikmati dengan sambal, bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut. Tidak hanya itu, segarnya ikan berpadu dengan olesan minyak khas bakal bikin kamu tidak bisa menolak untuk segera mencicipi kelezatannya. Jadi, tertarik mencoba sensasi nikmatnya Barona Bakar yang bakal menggugah selera? Jika, iya kamu harus menyiapkan budget mulai dari Rp65.000 – Rp95.000 per porsinya.

Baca Juga:  10 Makanan Khas Bengkul yang Terkenal dengan Cita Rasa Unik

4. Kepiting Saos Merah

Bagi pecinta olahan kepiting kuliner Bontang, Kepiting Saos Merah bakal jadi favorit kamu. Olahan kepiting yang dibelah lalu diisi dengan bumbu-bumbu khas seperti cabai, tomat dan aneka bumbu lainnya bakal bikin peraduan rasa asam, manis, asin dan pedas yang menggoyangkan lidah saat disantap. Tidak hanya itu, dari tampilannya saja Kepiting Saos Merah juga bikin kamu tidak bisa menolak untuk segera menyantapnya.

Artikel Terkait

Kepiting Saos Merah Bontang
Kepiting Saos Merah, Foto oleh Resep Aneka 99 Blogspot Com

Bagaimana sudah terbayang bukan lezatnya olahan Kepiting Saos Merah ini? Jadi, segera pesan saja di berbagai tempat makan di Bontang saat kamu berkesempatan untuk berlibur kesini. Untuk harganya mulai dari Rp60.00 – Rp80.000 saja, maka kamu bisa menikmati kelezatan olahan kepiting ini.

5. Sambal Gami

Menjadi salah satu makanan khas Bontang yang paling populer, Sambal Gami harus masuk kuliner yang kamu coba. Terbuat dari gula merah, irisan bawang merah, cabai dan berbagai bahan lainnya lalu disiram dengan minyak panas serta disajikan di atas cobek, bikin kamu tergoda untuk segera menikmatinya. Apalagi kamu menikmati Sambal Gami dengan nasi hangat dan ikan bakar barona, bakal jadi perpaduan yang pecah di mulut.

Baca Juga:  Cicipi 12 Kuliner Bukittinggi yang Enak dan Bikin Nagih Ini
Sambal Gami Bontang
Sambal Gami, Foto oleh Fahmi Art Colection Blogspot Com

Aroma Sambal Gami yang khas serta penyajian yang unik bakal bikin kamu tidak tahan untuk segera mencicipi bagaimana lezatnya olahan ini. Jika tertarik mencoba sensasi menikmati sambal yang disajikan diatas cobek dalam keadaan masih panas berasap, cobalah memesannya di berbagai tempat kuliner yang tersebar di sudut Kota Bontang. Harganya mulai dari Rp15.000 – Rp25.000 saja.

6. Cumi dan Udang Bakar

Cumi dan Udang Bakar Bontang
Cumi dan Udang Bakar, Foto oleh Emansi Sapi WordPress Com

Selain ikan yang diolah menjadi makanan yang lezat, kamu juga bisa menikmati makanan khas Bontang seperti Cumi dan Udang Bakar lho! Tekstur daging yang empuk dipadukan dengan aneka bumbu khas Bontang bakal bikin perpaduan yang pas dan pecah di mulut. Aroma bakaran yang khas serta cita rasa pedas dan asin bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya. Tertarik mencoba nikmatnya kuliner Bontang ini?

Rekomendasi 6 makanan khas Bontang diatas, wajib kamu coba kelezatannya. Jangan sampai kamu sudah di Kalimantan dan mampir ke Bontang tapi lupa mencoba bagaimana sensasi unik dan lezatnya ya sobat Kuliner Kota. Goyangkan lidah kamu dengan cita rasa masakan khas Bontang yang juara nikmatnya. Jadi makanan khas Bontang yang mana favorit kamu?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *