1. Ramadhan

Momen Idul Fitri? 15 Makanan khas Lebaran Ini Buat Kangen

Dua kali momen lebaran akan sedikit berbeda. Demi mengurangi persebaran virus covid-19 kita tidak diperbolehkan untuk mudik lagi. Namun meskipun tidak bisa mudik, bukan berarti kita tidak bisa menikmati makanan khas lebaran seperti saat pulang kampung. Kamu tetap bisa menghadirkan masakan lebaran di meja makan rumah, untuk disantap bersama keluarga. Pastinya bakal bikin momen idul fitri tetap terasa manis seperti layaknya saat di kampung halaman. Bagi kamu yang terpaksa tidak mudik tahun ini, siapkan 15 kuliner lebaran berikut untuk mengobati rasa rindu kampung halaman. Berikut apa saja daftar makanan wajib yang bisa kamu hadirkan di rumah.

1. Ketupat

Menjadi salah satu makanan khas lebaran, yang wajib ada dalam meja makan rumah kamu, Ketupat adalah makanan pengganti nasi yang bisa dikombinasikan dengan berbagai macam lauk. Makanan satu ini terbuat dari beras yang dibungkus menggunakan anyaman dari daun kelapa. Selain itu, ketupat yang disajikan saat hari raya idul fitri tiba memiliki filosofi lho!

Ketupat
Ketupat, Foto oleh Id Pinterest Com

Anyaman kulitnya yang rumit dan saling tumpang tindih diartikan sebuah perjalanan hidup yang sering kali diselingi oleh kesulitan dan masalah, sehingga hal yang wajar jika kita sering kali melakukan kesalahan. Sedangkan arti tali anyaman yang tidak putus, menggambarkan pentingnya tali silaturahmi. Namun, dalam bahasa Jawa Ketupat atau Kupat merupakan kependekan dari Ngaku Lepat dan Laku Papat. Ngaku Lepat artinya mengakui kesalahan, Laku Papat artinya empat tindakan. Yang terdiri dari Lebaran (usai), Luberan (Meluber/melimpah), Laburan (Labur/kapur). Menarik bukan kuliner lebaran satu ini?

2. Rendang

Jika kamu sudah menyiapkan ketupat untuk lebaran, maka Rendang adalah salah satu menu pendampingnya. Menjadi salah satu makanan terenak di dunia, Rendang sendiri merupakan makanan khas Padang yang terbuat dari daging sapi ataupun kerbau. Perpaduan cita rasa manis, gurih dan asin yang legit, membuatnya terasa yummy saat disantap bersama dengan ketupat. Untuk membuat olahan Rendang di rumah, kamu perlu menyiapkan bumbu-bumbu seperti cabai, lengkuas, serai, kunyit, jahe, bawang serta aneka bumbu lainnya.

Rendang Daging
Rendang, Foto oleh Unilever Food Solutions Co Id

Proses memasak yang berulang kali, membuat Rendang memiliki tekstur empuk dan perpaduan yang pecah di mulut. Tidak hanya itu, Rendang juga bisa bertahan selama 3 bulan lho! Jadi, cocok untuk dijadikan buah tangan saat keluarga berkunjung ataupun di kirim ke kampung halaman saat tidak bisa mudik.

3. Kue Kering

Kue Kering
Kue Kering, Foto oleh Ngalam Co

Makanan khas lebaran yang tidak boleh tertinggal sebagai suguhan tamu di meja adalah Kue Kering. Meskipun dengan adanya virus covid-19 atau corona kamu tidak bisa mudik lagi di tahun ini, tapi Kue Kering tetap wajib masuk daftar masakan lebaran yang wajib dibuat di rumah. Kamu bisa membuat mulai dari kastengel, nastar atau putri salju wajib dan dibagikan kepada keluarga di kampung melalui jasa pengiriman. Jadi, meskipun adanya pandemi seperti sekarang tetap bisa menjalin silaturahmi meskipun tidak bisa berjumpa secara langsung.

4. Opor Ayam

Opor Ayam
Opor Ayam, Foto oleh Jambi Daily Com

Selain rendang, Opor Ayam juga bisa masuk daftar makanan khas lebaran pendamping ketupat yang wajib kamu buat di rumah. Terbuat dari olahan daging ayam, santan dan aneka rempah membuat Opor Ayam memiliki perpaduan cita rasa gurih yang legit serta yummy saat disantap bersama ketupat. Kuah kental dan aromanya yang khas sukses bikin selera makan kamu meningkat. Opor Ayam juga nikmat saat disajikan bersama nasi lho! Jadi apapun pilihan makanan kamu, Opor Ayam menu pendamping kuliner lebarannya.

5. Soto Banjar

Soto Banjar
Soto Banjar, Foto oleh Super Adventure Co Id

Bagi kamu orang Banjarmasin, maka Soto Banjar selalu jadi menu pelengkap untuk makan ketupat saat lebaran. Namun karena adanya pandemi seperti saat ini yang mengharuskan kamu untuk tidak mudik, Soto Banjar juga bisa tetap kamu buat di rumah. Kuliner lebaran yang terdiri dari perkedel, telur rebus, kentang, suwiran ayam sohun serta kuah yang khas, bakal menyemarakan momen makan ketupat saat lebaran meskipun menahan rindu untuk tidak mudik. Tertarik untuk mengobati rindu akan kampung halaman dengan masakan lebaran Soto Banjar?

6. Ayam Woku

Ayam Woku
Ayam Woku, Foto oleh Sandrad Johan Com

Menjadi salah satu masakan lebaran yang selalu ada di meja makan, Ayam Woku tidak hanya punya cita rasa gurih tetapi juga bikin momen idul fitri makin semarak. Terbuat dari ayam kampung yang dipadukan dengan bumbu khas Manado menjadikan kuliner lebaran ini selalu jadi teman yang lezat saat disantap dengan menggunakan lontong ataupun ketupat. Gurih dan legitnya kuah serta aroma yang khas bakal bikin lebaran kamu lebih terasa berwarna saat menyantapnya bersama anggota keluarga di rumah.

7. Semur Daging

Semur Daging
Semur Daging, Foto oleh Resep Koki Id

Selain berbagai menu kuliner diatas, Semur Daging juga masuk makanan khas lebaran yang tidak pernah absen disajikan sebagai tempat makan ketupat. Memiliki perpaduan cita rasa manis, dan tekstur daging yang empuk akan terasa makin yummy jika ditambahkan telur, tahu maupun tempe sebagai pelengkap isiannya. Perpaduan cita rasa yang pecah di mulut bakal meninggalkan kenangan tersendiri saat menyantapnya bersama keluarga. Tertarik membuat sajian ini saat lebaran tiba nanti?

8. Lemang

Lemang
Lemang, Foto oleh Pedoman Bengkulu Com

Tidak hanya ketupat yang ditunggu saat momen lebaran tiba, Lemang juga masuk makanan favorit orang Sumatera Utara yang biasa disajikan bersama masakan berkuah. Makanan khas lebaran satu ini terbuat dari buras sehingga memiliki tekstur lembut dan aromanya yang khas serta bercita rasa gurih. Apalagi disajikan bersama opor ayam? Bakal bikin perpaduan yang pecah dan tidak akan pernah terlupakan.

9. Telur Pindang

Telur Pindang
Telur Pindang, Foto oleh Google Com

Menu makanan khas lebaran sederhana yang selalu jadi pelengkap berbagai menu makanan adalah Telur Pindang. Masakan lebaran ini terbuat dari telur yang direbus bersama aneka macam bumbu sehingga menghasilkan perpaduan cita rasa sedap dan bikin nagih. Apalagi digunakan sebagai pelengkap saat menikmati opor dan ketupat? Bakal lebih lezat dan rasanya tidak ingin berhenti untuk mengunyah.

10. Gulai Nangka

Gulai Nangka
Gulai Nangka, Foto oleh Resep Koki Id

Jika rindu berlebaran di kampung halaman, namun tidak bisa mudik, maka kamu bisa sedikit mengobati rasa rindu dengan memasak Gulai Nangka sebagai makanan lebaran nanti. Masakan lebaran khas Medan ini terbuat dari campuran nangka yang dimasak bersama santan serta disajikan dengan udang maupun telur. 

Perpaduan rasa gurihnya santan akan terasa makin sedap saat dinikmati bersama ketupat, lontong ataupun lemang. Bikin perut terasa kenyang dan pastinya momen lebaran jadi lebih berwarna meskipun dengan masakan yang sederhana.

11. Sambal Goreng Ati

Sambal Goreng Ati
Sambel Goreng Ati, Foto oleh Blicious Brillio Net

Makanan khas lebaran yang menjadi pendamping wajib saat menikmati opor ayam adalah Sambal Goreng Ati. Makanan sederhana yang biasa disajikan setiap hari namun juga menjadi sajian pelengkap yang selalu dicari saat idul fitri tiba. Terbuat dari campuran ati ayam, kentang dan aneka bumbu rempah menghasilkan cita rasa gurih dan pedas yang khas serta legit. Apalagi disantap bersama keluarga? Bikin makin terasa lebih nikmat dan menjadi momen yang selalu dirindukan setiap tahunnya. Tertarik melengkapi sajian lebaran dengan Sambal Goreng Ati di rumah?

12. Gulai Sayur

Gulai Sayur
Gulai Sayur, Foto oleh Resep Koki Id

Jika kamu sudah mulai bosan dengan masakan berbahan dasar daging sebagai menu saat lebaran, maka Gulai Sayur bisa jadi pilihannya. Terbuat dari campuran nangka, daun singkong, labu, kacang dan aneka sayuran hijau lainnya serta dipadukan bersama kuah santan dengan cita rasa gurih dan legit yang bikin nagih. Tidak hanya itu, aroma santan yang khas sukses bikin selera makan kamu naik saat menyantapnya bersama ketupat dan sambal goreng ati. Tertarik membuatnya di rumah?

13. Rawon

rawon
Rawon, Foto Oleh Blog Tokowahab Com

Masyarakat Indonesia tentu sudah mengenal Rawon. Hidangan khas ini tak hanya disajikan di warung pada hari biasa, namun di beberapa daerah termasuk Surabaya Rawon menjadi menu andalan yang harus ada ketika lebaran. Menjelang hari raya, di daerah asalnya Rawon semakin ramai dicari bahkan banyak pedagang yang memanfaatkannya untuk penghasilan lebih. 

Karena sudah menjadi kuliner wajib saat lebaran, tak heran jika kebanyakan masyarakat Indonesia dapat membuat sendiri hidangan Rawon. Terlebih Rawon sudah ada sejak zaman dulu, maka dari itu tak sedikit yang menjadikannya sebagai makanan sehari-hari hingga hidangan spesial di hari tertentu.

14. Pempek

pempek
Pempek, Foto Oleh Idntimes Com

Jika tidak terlalu menyukai hidangan berat dan bersantan saat menikmati lebaran, kamu bisa menghadirkan menu pempek. Kuah cuka pempek yang pedas, asam dan segar bisa dijadikan alternatif menu lebaran selanjutnya. Memang belum banyak yang mengetahui jika Pempek merupakan kuliner patut dicoba sebagai hidangan saat lebaran, namun ketika mencobanya akan terasa bagaimana kuliner ini akan memuaskan lidah. 

Makanan ini lebih sering ditemukan saat lebaran di Palembang, tak lupa dengan varian pempeknya yang unik dan mengenyangkan. Walau terbuat dari tepung, Pempek tetap menjadi salah satu hidangan sehat yang dapat dikonsumsi ketika lebaran.

15. Bakso

bakso
Bakso, Foto Oleh Kompas Com

Selain pempek, ada pula Bakso yang menjadi alternatif kuliner lain di hari lebaran. Masyarakat Indonesia tentu tak akan melewatkan hidangan ini, mendengar namanya sudah menarik perhatian bahkan tak hanya saat lebaran saja. Ketika menghadapi cuaca dingin di hari raya, paling enak jika satu keluarga mencicipi lezat dan hangatnya Bakso. Apalagi jika kamu dapat membuat sendiri kemudian membagikannya dengan kerabat dan tetangga. Kalau sudah menikmati kelezatan rawon, saatnya beralih ke segarnya kuah bakso.

Dari berbagai menu masakan lebaran di atas yang mana favorit kamu? Jangan jadikan momen lebaran kamu terasa hampa tanpa menyajikan berbagai menu diatas di meja makan saat lebaran tiba. Mungkin tahun ini kamu tidak bisa mudik dan berkumpul bersama keluarga lagi untuk kedua kalinya, namun ciptakan momen manis dan obati rasa rindumu dengan tetap menghidangkan makanan yang jadi menu favorit saat kumpul bersama keluarga dimana pun tempatnya.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Momen Idul Fitri? 15 Makanan khas Lebaran Ini Buat Kangen

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]

    Trending