Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Cara Membuat Resep Klepon Ubi Ungu Enak dan Lembut

1 min read

Klepon Ubi Ungu

Terlepas dari sebutan klepon adalah makanan islami maupun non islami yang pernah trending di laman twitter, makanan khas Nusantara ini sudah memiliki tempat di hati masyarakat Indonesia. Bentuknya yang mungil dan berwarna-warni membuat klepon cocok dijadikan camilan saat suasana hujan. Untuk itu, bagi kalian yang ingin menghadirkan klepon di rumah, Kuliner Kota punya resep klepon menggunakan ubi ungu yang enak dan lembut.

Selain cita rasanya yang nikmat klepon juga jadi salah satu makanan yang syarat akan makna. Untuk itu, baca lengkap tentang sejarah klepon, cara membuat klepon sampai kandungan gizi yang ada pada klepon dalam artikel berikut ini.

Sejarah Klepon

Klepon
Klepon, Foto Oleh Cookpad Com

Jajanan yang pernah menjadi perdebatan dan trending di twitter ini, sebenarnya merupakan kue beras asli Indonesia, biasanya klepon berwarna hijau dengan isian gula aren atau gula merah cair serta taburan kelapa parut. Jajanan ini bahkan juga sudah sejak ada jaman dulu dan terkenal di Asia Tenggara seperti Malaysia, Singapura dan Brunei. Namun ketika di negara lain, klepon lebih dikenal dengan nama onde-onde atau buah melaka

Meski terkenal sampai Asia Tenggara, klepon merupakan jajanan yang berasal dari jawa, lho! Menurut beberapa sumber, Klepon juga populer dan dikenalkan di Belanda oleh imigran pada tahun 1950-an. Cita rasanya yang khas, serta disajikan bersama dengan jajanan pelengkap lainnya seperti gethuk dan juga cenil sukses memikat siapapun yang mencobanya. Kalian juga bisa dengan mudah mendapatkannya di berbagai pasar tradisional maupun pedang di pinggir jalan dengan harga yang terjangkau.

Resep Klepon

Setelah kita mengetahui tentang sejarah klepon, selanjutnya yuk kreasikan resep klepon dengan menggunakan ubi ungu ala Kuliner Kota ini. Untuk rasanya dan proses pembuatannya kalian tidak perlu khawatir, karena pastinya nikmat dan mudah. Untuk itu, siapkan bahan-bahan dan baca lengkap cara membuat klepon dalam artikel berikut ini.

Bahan Untuk Membuat Klepon

  • 1 Buah ubi ungu,
  • 8 Sendok makan tepung ketan,
  • Gula merah secukupnya,
  • Kelapa parut yang sudah dikukus secukupnya,
  • Garam secukupnya,

Cara Membuat Klepon

Resep Klepon
Resep Klepon, Foto Oleh Cookpad Com
  • Kukus ubi ungu sekitar 15 menit sampai empuk. Lalu, haluskan menggunakan sendok,
  • Selanjutnya, campurkan ubi yang sudah dihaluskan dengan tepung ketan dan garam secukupnya. Kemudian uleni sampai kalis,
  • Setelah kalis, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil. Jangan lupa beri isian dengan potongan gula merah,
  • Didihkan air, lalu masukan satu persatu adonan yang sudah berbentuk bulat ke dalam rebusan air mendidih,
  • Tunggu sampai adonan mengapung, kemudian angkat dan tiriskan,
  • Selanjutnya baluri tepung dengan kelapa parut yang sudah dikukus. Kemudian sajikan.

Bagaimana mudah bukan resep klepon ala Kuliner Kota diatas? Selain mudah pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp10.000 saja untuk mendapatkan 13 klepon. Untuk waktu mengkreasikan resep klepon sendiri sekitar 35 menit saja. Sehingga cocok banget untuk disajikan sebagai teman ngopi ataupun ngeteh saat kumpul keluarga di rumah. Terlepas klepon islami atau non islami, jajanan tradisional satu ini bakal bikin kalian ketagihan mengunyah lagi dan lagi. 

Baca Juga: Resep Brownies Kukus

Kandungan Gizi Klepon

Klepon Ubi Ungu
Klepon Ubi Ungu, Foto Oleh Idn Times Com

Selain nikmat, resep klepon diatas juga memiliki kandungan gizi 125 kkal kalori, 0,4 gram lemak, 1,01 gram protein, 30,07 gram karbohidrat, 2 gram serat, 8,62 gram gula, 38 miligram sodium, 232 miligram kalium. Jadi, recomended banget untuk dijadikan camilan ataupun pengganjal perut. Untuk itu, tertarik mencoba resep klepon sebagai teman ngeteh atau ngopi di rumah?

Last Updated on August 12, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

6 Replies to “Cara Membuat Resep Klepon Ubi Ungu Enak dan Lembut”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *