Resep Bakwan Jagung Manis & Cara Bikinnya Renyah

1 min read

Bakwan Jagung

Bagi kalian pecinta gorengan pasti sudah tidak asing dengan bakwan jagung. Bakwan jagung atau orang-orang sering menyebutnya dengan dadar jagung merupakan salah satu olahan jagung sederhana, enak dan tidak hanya cocok digunakan untuk camilan namun juga pelengkap lauk makanan. Untuk itu bagi kalian yang sedang ingin membuat bakwan jagung di rumah, Kuliner Kota punya resep bakwan jagung manis dan renyah banget yang bisa kalian coba. Pastinya mudah, praktis dan tidak membutuhkan waktu lama. Untuk itu, baca lengkap artikel cara membuat bakwan jagung berikut ini.

Asal-Usul Bakwan Jagung

Asal Usul Bakwan
Asal-Usul Bakwan Jagung, Foto Oleh Tirto Id

Menurut beberapa sumber salah satu makanan yang berasal dari jagung ini berasal dari pengaruh bangsa Spanyol dan portugis yang berlayar serta berdagang di Indonesia. Karena seringnya melakukan aktivitas di Indonesia, banyak budaya dan kuliner yang berakulturasi di Indonesia, termasuk biji jagung dari Amerika. Suburnya tanah di Indonesia membuat tanaman ini bisa berkembang dengan baik.

Karena hasil panen semakin melimpah, akhirnya salah satu cara mengolah jagung yang mudah adalah bakwan jagung. Tapi karena gula kala itu sangatlah mahal olahan bakwan jagung akhirnya bukannya manis tapi asin dan gurih. Cita rasa itulah yang dipertahankan oleh Bakwan Jagung sampai saat ini.

Resep Bakwan Jagung

Setelah kita mengetahui tentang asal usul bakwan jagung, selanjutnya yuk kreasikan resep bakwan jagung menggunakan jagung manis ala Kuliner Kota ini. Untuk cita rasanya pastinya gurih, asin, kriuuuk dan bikin kita tergoda untuk mengunyah lagi dan lagi. Berikut cara membuat bakwan jagung dan bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan sebelum membuatnya di rumah.

Bahan dan Bumbu Bakwan Jagung

  • 1 3 Buah Jagung manis ukuran sedang. Lalu serut atau dipipil,
  • 2 Batang seledri, iris halus,
  • 1 Batang daun bawang, iris halus,
  • 1 ½ sendok teh merica bubuk,
  • ½ Sendok teh penyedap rasa,
  • 4 Sendok makan tepung terigu,
  • 3 Siung bawang merah, tumbuk halus,
  • 2 Butir telur,
  • Minyak goreng secukupnya,
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Bakwan Jagung

  1. Haluskan jagung yang sudah di serut dengan ulekan,
  2. Kemudian masukkan bawang merah yang sudah dihaluskan , daun bawang, seledri, garam dan penyedap rasa. Aduk sampai semua tercampur rata,
  3. Selanjutnya masukan 2 butir telur, tepung terigu, merica bubuk. Aduk kembali sampai merata sempurna,
  4. Lalu, goreng dengan menggunakan minyak panas dan cetak dengan ukuran sesuai selera,
  5. Goreng hingga berwarna kuning keemasan. Angkat dan sajikan!

Mudah bukan resep bakwan jagung ala Kuliner Kota diatas? Selain mudah pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp15.000 saja untuk mendapatkan bakwan jagung sekitar 10 buah. Untuk waktu mengkreasikan resep bakwan jagung diatas, kamu membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Jadi, tertarik membuat bakwan jagung sore nanti untuk camilan?

Baca Juga: Resep Rendang

Kandungan Gizi Bakwan Jagung

Bakwan Jagung
Bakwan Jagung, Foto Oleh Pioner Com

Dalam satu buah bakwan jagung, kamu akan mendapatkan 91 kkal kalori , 5,4 gram lemak, 1,87 gram protein, 9,45 gram karbohidrat, 117 miligram sodium, 1 gram serat, 1,15 gram gula dan 71mg kalium. Jadi, cocok banget digunakan untuk camilan ataupun pelengkap menu sarapan, makan siang maupun makan malam. Jadi, tertarik mengkreasikan resep bakwan jagung di rumah?

Last Updated on August 27, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Thanryganka Vinsha Pharausia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *