1. Resep

Resep Ayam Kecap Special yang Enak dan Mudah Buatnya

Bagi kamu yang sedang merantau, pasti sering rindu dengan suasana rumah terutama masakan ibu. Sering kali orang rumah memasak menu ayam kecap sebagai hidangan untuk makan siang ataupun saat momen lebaran tiba. Untuk kalian yang sedang ingin memasak aneka resep masakan ayam nusantara, Kuliner Kota punya resep ayam kecap ala rumahan yang bisa kamu coba. Pastinya dengan cara-cara yang sederhana namun menghasilkan cita rasa seperti masakan ibu di rumah.

Ayam kecap merupakan makanan yang sudah menerapkan berbagai kultur budaya dari berbagai negara. Awal mulanya ayam kecap ini merupakan olahan protein yang disesuaikan dengan masing-masing negara. Sudah penasaran dengan resep? Yuk, simak cara membuatnya berikut ini.

Resep Ayam Kecap

Daftar Isi

Ayam Kecap
Sumber: Note Pam

Resep ayam kecap yang satu ini pasti buat kamu ingin nambah terus. Cita rasa manis dan gurih membuat masakan yang satu ini cocok untuk segala situasi. Kamu juga bisa menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai yang kamu inginkan. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan telur rebus ke dalamnya. Bagian ayam yang bisa kamu gunakan, seperti paha bawah/atas, dada, atau sayap. Penasaran gimana resepnya? Yuk, simak penjelasan berikut ini.

 

Ayam Kecap

Course Main Course
Cuisine Indonesian

Ingredients
  

  • 500 gram daging ayam (bagian sesuai selera)
  • 5 siung bawang merah,iris tipis
  • 4 siung bawang putih, iris tipis
  • 1 buah bawang bombai, iris tipis
  • 1 buah tomat merah (ukuran besar)
  • 2 lembar daun jeruk
  • 3 buah cabe rawit merah
  • 1 ikat daun bawang, iris tipis
  • 5 sdm kecap manis
  • 2 sdm saus tiram
  • 2 sdt kaldu ayam bubuk
  • 1 sdt merica bubuk
  • 1 sdm irisan gula merah

Instructions
 

  • Rebus ayam yang sudah dibersihkan terlebih dahulu. Kurang lebih sekitar 10 menit.
  • Siapkan wajan dan panaskan sedikit minyak goreng, lalu tumis bawang merah, bawang putih, bawang bombai, cabai merah, daun bawang dan daun jeruk sampai harum.
  • Kemudian, masukan gula merah dan irisan tomat dan masak hingga tomat hancur.
  • Lalu, tambahkan 3 gelas air dari rebusan ayam. Masukan kecap manis, saus tiram, merica bubuk dan kaldu ayam bubuk. Aduk rata.
  • Masukan ayam yang sudah direbus tadi. Masak hingga bumbu meresap dan sisakan sedikit kuah.
  • Jika sudah matang, angkat ayam kecap dan sajikan dengan nasi putih selagi hangat.
Keyword resep ayam kecap

Langkah-langkah membuat ayam kecap ala Kuliner Kota diatas, mudah bukan? Kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit- 40 menit saja untuk membuat ayam kecap yang nikmat dan sederhana. Resep diatas, bisa dinikmati untuk 3 hingga 5 orang. Budgetnya sendiri pastinya juga tidak terlalu mahal dan bahannya bisa dengan mudah kamu temui di pasar. Terjangkau bukan?

Kadungan Gizi Ayam Kecap

Dalam satu porsi resep ayam kecap memiliki kandungan 9.9 gram karbohidrat, 18.73 gram lemak, dan 26.23 gram protein serta kandungan nutrisi lainnya. Kamu bisa menggunakan ayam kecap sebagai lauk sarapan ataupun makan siang agar tubuh berenergi menjalani aktivitas seharian.

 

Nah, itu tadi resep ayam kecap ala Kuliner Kota yang bisa kamu coba buat untuk menu masakan hari ini. Buatnya mudah dan bahan-bahannya juga bisa kamu temukan dipasaran. Semoga artikel ini dapat bermanfaat, yaa. Sampai bertemu di artikel resep masakan lainnya, Sobat Kuliner!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Ayam Kecap Special yang Enak dan Mudah Buatnya

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    Recipe Rating




    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]