Resep Bibimbap Korea Praktis, Enak & Menggugah Selera

3 min read

Bibimbap Korea

Bagi kalian para anak milenial pecinta drama korea pasti sudah tidak asing dengan makanan Korea Selatan, Bibimbap. Bibimbap artinya adalah nasi campur, mengapa disebut nasi campur? Karena Bibimbap merupakan nasi yang memiliki lauk dengan campuran sayur dan daging kemudian diaduk dengan saus serta telur setengah matang. Nah, untuk itu bagi kalian yang ingin membuat makanan khas Korea ini di rumah, Kuliner Kota punya resep bibimbap praktis, enak dan bikin nagih.

Pastinya, bakal mudah banget kalian praktekkan di rumah. Jadi, simak penjelasan lengkapnya tentang asal usul bibimbap, cara membuat bibimbap sampai kandungan gizinya. Jadi, jangan sampai terlewatkan membaca semua penjelasan resep bibimbap ya sobat Kuliner Kota!

 

Sejarah Bibimbap

Asal usul resep makanan Korea ini konon bermula dari ratusan tahun lalu. Dimana para petani lokas Korea sangat giat dalam bekerja hingga tidak memiliki waktu makan. Dari kebiasaan tidak sempat makan siang dan makan itulah kemudian mereka memutuskan mencampur berbagai macam bekal serta disantap bersama-sama. Nah, inilah yang konon menjadi asal muasal makanan bibimbap ala Korea tersebut.

 

Resep Ayam Resep Bibimbap

Setelah mengetahui tentang sejarah masakan korea Bibimbap, selanjutnya Kuliner Kota punya resep bibimbap praktis yang bisa kamu praktekkan di rumah. Pastinya cita rasanya nikmat layaknya menu restoran masakan Korea favorit kamu. Berikut penjelasan lengkap tentang bahan yang dibutuhkan serta bagaimana langkah-langkah membuat Bibimbap.

Bahan Untuk Membuat Bibimbap

 

Resep Bibimbap
Resep Bibimbap, Foto Oleh Lite Style Oke Zone Com

 

  • 1 Mangkuk nasi putih,
  • 1 Butir telur,
  • 5 Siung bawang putih,
  • 150 gr daging sapi australian beef (bisa diganti daging sapi biasa),
  • 1 Buah wortel, potong persegi panjang,
  • ½ Buah timun Jepang, potong persegi panjang,
  • Satu genggam tauge,
  • ½ Ikat bayam Jepang,
  • ½ Bawang bombay, potong menjadi beberapa bagian,
  • Kecap asin secukupnya,
  • Saus Gochujang,
  • Minyak wijen secukupnya,
  • Biji wijen secukupnya,
  • Garam secukupnya,
  • Minyak goreng secukupnya,

 

Cara Membuat Bibimbap

 

  1. Rebus bayam Jepang hingga matang dan dinginkan. Atau rendam bayam di dalam air es setelah di rebus,
  2. Selanjutnya tumis semua sayuran hingga matang menggunakan minyak sayur secara bergantian. Jangan lupa tambahkan minyak wijen dan garam untuk memberikan rasa gurih. Angkat dan sisihkan,
  3. Kemudian, tumis daging dengan menggunakan minyak wijen dan sedikit kecap asin. Kamu juga bisa menambahkan bumbu teriyaki dan tumis dengan bawang bombay dan sedikit gula hingga matang. Angkat kemudian sisihkan,
  4. Siapkan, nasi panas ke dalam mangkuk. Susun sayuran dan daging yang sudah di masak secantik mungkin. Jika ingin nasi sedikit gurih dan berbumbu, tambahkan minyak wijen dan penyedap rasa lalu campurkan merata baru masukkan ke dalam mangkuk,
  5. Buat saus gochujang dengan menggunakan bawang putih yang sudah dicincang halus dan ratakan. Lalu letakkan saus di bagian atas nasi dan ditengah-tengah sayuran,
  6. Jangan lupa goreng telur setengah matang dan letakkan di tengah mangkuk agar terlihat cantik. Kemudian bibimbap siap dinikmati sebagai bekal makan untuk makan siang.

Bagaimana, mudah bukan untuk membuat resep bibimbap ala drama Korea di atas? Selain mudah, pastinya juga terjangkau. Cukup siapkan budget sekitar Rp30.000 – Rp35.000 saja, maka kamu akan mendapatkan satu porsi bibimbap yang bisa di makan untuk dua orang. Jadi, recomended banget digunakan sebagai bekal makan siang, apalagi waktu memasaknya hanya sekitar 25 menit saja? Bisa banget pastinya mempraktekan resep bibimbap sebelum berangkat ke kantor.

 

Kandungan Gizi Bibimbap

 

Bibimbap Korea
Bibimbap Korea, Foto Oleh En Wikipedia org

Perlu kamu tau, makanan khas Korea bibimbap mengandung 634 kkal kalori, 1968g lemak, 88,27 karbohidrat dan 24,7g protein. Lengkap bukan untuk dijadikan menu makan siang? Jadi, tertarik mencoba resep bibimbap ala Kuliner Kota diatas sebagai bekal untuk ke kantor?

 

Last Updated on November 19, 2020

Thanryganka Vinsha Pharausia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *