Resep Perkedel Kentang Lezat, Praktis dan Sederhana

2 min read

Perkedel Kentang

Bagi kalian pecinta olahan kentang pasti sudah tidak asing dengan perkedel kentang. Yaps, makanan pelengkap dalam berbagai sajian makanan seperti soto, sop, rawon, tumpeng serta aneka makanan nusantara lainnya. Seperti namanya, perkedel kentang merupakan bahan makanan pelengkap berbahan dasar kentang. Tapi tahukah kalian perkedel kentang juga punya sejarah yang menarik? Oleh karena itu, bagi kalian yang penasaran tentang sejarah perkedel kentang, mencari resep perkedel kentang yang praktis sekaligus kandungan gizinya. Simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Sejarah Perkedel Kentang

Memiliki cita rasa yang nikmat dan cocok sebagai pelengkap makanan, perkedel kentang sendiri dikatakan sebagai singkatan persatuan kentang dan telur. Disebut dengan demikian karena perkedel berbahan dasar kentang dan aneka bumbu serta telur. Namun sebenarnya olahan ini merupakan hidangan makanan yang populer di Jerman, dimana orang menyebutnya dengan nama frikadellen, Buletten, Fleisch Kuechle atau Fleisch Pflanzer. Selain terkenal di negara Jerman, frikadellen juga menjadi salah satu makanan khas negara-negara di Eropa seperti, Rusia, Ukraina, Belanda dan negara-negara lainnya.

Nah, perkedel sendiri sampai di Indonesia dibawa oleh para penjajah dari Belanda. Pada masa penjajah itulah banyak kuliner Indonesia yang diadopsi dari Belanda salah satunya perkedel ini. Jika di negara asalnya perkedel atau frikadellen berbahan daging sapi atau babi, maka di Indonesia menggunakan campuran kentang. Hal ini disebabkan, pada saat itu hasil bumi seperti kentang mudah untuk ditemui serta berharga terjangkau. Sehingga terciptalah perkedel kentang dengan rasa seperti saat ini..

Resep Perkedel Kentang

Setelah mengetahui tentang sejarah perkedel kentang, selanjutnya yuk praktekkan resep perkedel kentang ala Kuliner Kota berikut ini. Pastinya juga simpel, anti ribet dan ekonomis. Jadi cocok banget sebagai pilihan resep masakan anak kos maupun ibu rumah tangga. Berikut penjelasan lengkap tentang resep perkedel kentang.

Bahan Membuat Perkedel Kentang

Resep Perkedel Kentang
Resep Perkedel Kentang, Foto Oleh Resep Koki Id
  • 4 Siung bawang putih, iris-iris menjadi beberapa bagian,
  • 3 Siung bawang merah, iris menjadi beberapa bagian,
  • 1 Sendok teh merica bubuk,
  • ½ kg kentang,
  • Penyedap rasa secukupnya,
  • Garam secukupnya,
  • 1 Butir telur,
  • 1 Batang daun bawang potong kecil-kecil,
  • Minyak untuk menggoreng.

Cara membuat Perkedel Kentang

  1. Kupas kentang sampai bersih, cuci lalu potong dadu,
  2. Panaskan minyak, lalu tumis bawang putih dan bawang merah. Tumis sekitar 2 menit, angkat dan simpan dahulu,
  3. Selanjutnya, lalu goreng kentang yang sudah dicuci bersih setengah matang,
  4. Angkat dan haluskan kentang bersama bumbu yang terdiri dari bawang putih goreng, merica bubuk, penyedap rasa dan garam secukupnya,
  5. Setelah kentang halus dan tercampur rata, bentuk bulat-bulat kecil, kemudian masukan kedalam kulkas sekitar 5 menit,
  6. Kocok telur dan jangan lupa tambahkan sedikit garam,
  7. Keluarkan kentang dari dalam kulkas, kemudian balur dengan kocokan telur secara merata,
  8. Terakhir goreng kentang yang sudah dilumuri telur sampai kecoklatan.

Bagaimana, mudah bukan resep perkedel kentang diatas? Kamu bisa merebus kentang ataupun menggorengnya sesuai selera. Jika ingin adonan kentangnya berwarna agak kecoklatan maka bisa memasak dengan cara diatas, digoreng terlebih dahulu, kalau mau warnanya agak putih kentang bisa direbus. Keduanya sama-sama nikmatnya tergantung selera saja.

Jika ingin mempraktekan resep perkedel kentang ala Kuliner Kota diatas, kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp15.000 – Rp20.000 saja. Untuk waktu memasak sendiri sekitar 25 menit. Idealnya untuk ½ kentang akan menghasilkan 20 – 30 perkedel kentang berukuran sedang. Tapi jika ingin membuatnya lebih kecil juga bisa lho sobat Kuliner Kota. 

Kandungan Gizi Perkedel Kentang

Perkedel Kentang
Perkedel Kentang, Foto Oleh Liputan 6 Com

Selain cocok sebagai menu pelengkap berbagai masakan nusantara, sebenarnya resep perkedel kentang diatas juga mengandung 21 kkal kalori, 1,12g lemak, 2,48 karbohidrat dan 0,46g protein. Jadi, cocok banget buat pengganjal perut bagi kalian yang sedang diet. Namun, jika ingin dijadikan teman ngobrol ataupun ngemil cukup tambahkan saus sambal biar makin tambah lezat.

Last Updated on November 19, 2020

Thanryganka Vinsha Pharausia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *