Resep Tahu Gejrot Cirebon Praktis, Pedas dan Nikmat

2 min read

Tahu Gejrot

Sore hari memang paling nikmat makan kudapan sebagai teman ngopi ataupun ngeteh. Bagi kalian yang ingin mencari kudapan dengan rasa pedas manis serta praktis dalam membuatnya, coba saja resep tahu gejrot ala Kuliner Kota ini. Olahan tahu ini tidak hanya pembuatannya saja yang mudah, tapi cita rasanya bakal bikin kalian tidak ingin berhenti untuk mengunyah. Apalagi menikmatinya di tengah cuaca mendung? Bakal seperti makan tahu gejrot dari cirebonnya langsung.

Untuk itu, bagi kalian yang ingin membuat tahu gejrot seperti di kota mana ia berasal, simak penjelasan lengkapnya dalam artikel berikut ini. Pastikan kamu membaca lengkap resepnya ya sobat Kuliner Kota!

Sejarah Tahu Gejrot

Sebelum kita mencoba mengkreasikan resep tahu gejrot dirumah, ternyata asal usul tahu gejrot adalah berasal dari Kota Cirebon. Menjadi salah satu makanan khas Cirebon yang bisa dengan mudah kita temui di area Jakarta dan sekitarnya, tahu gejrot ternyata dulunya merupakan salah satu usaha orang Tionghoa.

Menurut Budayawan Cirebon Nurdin M Noer, akibat adanya situasi politik dan ekonomi yang tidak menentu sebelum tahun 1950-an, akhirnya orang keturunan Tionghoa mendirikan pabrik tahu di desa Jatiseeng, Ciledug, Cirebon. Di tengah adanya situasi yang tidak menentu itulah banyak  pribumi juga bekerja sebagai buruh pabrik.

Selanjutnya setelah keadaan ekonomi membaik, banyak para pengusaha tahu gejrot yang meninggalkan bisnis tersebut. Berkat keterampilan membuat olahan tahu gejrot itulah akhirnya warga pribumi membuat usaha tahu gejrot sendiri. Dan masa masa inilah tahu gejrot makin populer serta disukai banyak orang.

Sedangkan untuk nama tahu gejrot sendiri diambil dari kebiasaan penjual yang menaruh air gula merah dalam botol atau gendul. Dari lubang botol inilah saat dikucurkan menimbulkan bunyi jrot-jrot. Itulah sebabnya kuliner khas Cirebon ini dinamai tahu gejrot.

Resep Tahu Gejrot

Setelah mengetahui asal usul tahu gejrot, hal yang tidak kalah penting adalah membuat tahu gejrot di rumah. Untuk itu, cobalah resep tahu gejrot praktis dengan cita rasa yang lezat seperti menikmati di kotanya langsung. Jadi, yuk siapkan bahan-bahan untuk membuatnya terlebih dahulu.

Bahan Untuk Membuat Tahu Gejrot

Resep Tahu Gejrot
Resep Tahu Gejrot, Foto Oleh Warta Kota Tribun News Com
  • 10 Buah tahu,
  • 2 Siung bawang putih,
  • 4 Siung bawang merah,
  • Kecap manis,
  • 100 gram Gula Merah,
  • 10 Buah cabai rawit hijau,
  • 300 ml air,
  • Air asam jawa secukupnya,
  • Gula pasir secukupnya,
  • 1 sendok teh garam,

Cara Membuat Tahu Gejrot

  1. Goreng 10 tahu sampai matang, lalu potong-potong menjadi 20 bagian. (Bisa menggunakan tahu yang sudah matang, lalu dipotong-potong),
  2. Haluskan bumbu yang terdiri dari 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, 2 buah cabai merah, gula merah, 300 ml air, gula pasir, 1 sendok teh garam, air asam jawa dan kecap manis,
  3. Potong kecil-kecil 10 buah cabai rawit hijau, 1 siung bawang merah dan satu siung bawah putih,
  4. Masukkan tahu ke dalam ulekan bumbu, lalu penyet menggunakan ulekan jangan lupa tambahkan irisan cabe rawit hijau, bawang merah dan bawang putih. Sajikan diatas cobekan agar terasa makin nikmat dan menggugah selera.

Bagaimana mudah bukan resep tahu gejrot ala Kuliner Kota? Pastinya selain mudah juga ekonomis. Kamu hanya perlu untuk menyiapkan budget sekitar Rp15.000 saja untuk mendapatkan tahu gejrot dengan isian 20 potong yang bisa dimasak 2 – 3 orang. Cita rasanya yang manis, segar dan nikmat bakal bikin kamu tidak ingin berhenti ngunyah. Selain itu, untuk mencoba resep tahu gejrot diatas kamu hanya perlu menyiapkan waktu sekitar 15 menit saja.

Baca Juga : Resep Bibimbap

Kandungan Gizi Tahu Gejrot

Tahu Gejrot
Tahu Gejrot, Foto Oleh Life Style Oke Zone Com

Dalam satu porsi tahu gejrot, kamu akan menemukan 98 kkal kalori, 8,04g lemak, 1,81g karbohidrat, 6,05g protein. Jadi, cocok banget digunakan sebagai teman ngopi ataupun ngeteh di sore hari. Kapan lagi bisa menghadirkan makanan khas Cirebon dari dapur kalian langsung, kalau tidak mencoba mengkreasikan resep tahu gejrot diatas?

Last Updated on July 13, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Thanryganka Vinsha Pharausia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *