Resep Tongseng Kambing Spesial, Sederhana dan Enak

2 min read

Tongseng Kambing

Bagi kalian pecinta olahan daging-dagingan, maka momen idul adha menjadi waktu yang tepat untuk memuaskan hasrat kulineran. Berbagai olahan daging mulai dari yang berkuah, tumis sampai goreng bisa kalian hadirkan di rumah. Untuk itu, bagi kalian yang ingin mencari resep olahan daging-dagingan sebagai referensi hidangan saat lebaran, Kuliner Kota punya resep tongseng kambing yang bisa di coba di rumah.

Tidak hanya cita rasanya yang sempurna, tongseng daging juga nikmat dan bikin berselera untuk segera mencobanya. Nah, untuk itu cek artikel lengkap cara membuat tongseng daging, sejarah tongseng daging sampai kandungan gizi dalam olahan daging-dagingan satu ini.

Sejarah Tongseng Daging

Menurut beberapa sumber mengatakan tongseng sudah mulai berada di Indonesia sejak abad ke-18 M sampai ke-19 M. Olahan tongseng tersebut konon dibawa oleh bangsa Arab dan India yang berniaga ke Indonesia. Pada saat itulah, terjadi pertukaran budaya termasuk kuliner.

Bangsa Arab dan India lah yang mengenalkan masyarakat indonesia dengan hidangan berbahan dasar daging kambing atau domba. Seiring waktu berjalan akhirnya bangsa Arab tinggal di daerah Jawa Tengah, Yogyakarta dan Jawa Timur. Ketiga provinsi itulah yang terkenal sebagai penghasil daging kambing berkualitas. Dan hidangan berbahan dasar daging kambing pertama kali yang berhasil disajikan adalah sate.

Kemudian, masyarakat daerah selatan Jawa memanfaatkan daging kambing menjadi olahan yang sering kita sebut sebagai tongseng. Tongseng hadir karena adanya pabrik yang memproduksi gula merah, gula pasir dan kecap. Sedangkan untuk nama tongseng sendiri di ambil dari proses pembuatan tongseng yang menggoreng daging dengan kecap, bumbu irisan tomat dan kubis yang menimbulkan suara sreng-sreng. Perlu kalian tahu, olahan tongseng pertama kali dibuat di kecamatan Klego, Boyolali, Jawa Tengah sebelum akhirnya terkenal sampai ke daerah-daerah lain di Indonesia.

Setelah mengetahui tentang sejarah donat, selanjutnya Kuliner Kota punya resep donat kentang sederhana yang nikmat dan empuk banget. Jadi, baca lengkap resepnya agar hasilnya sesuai yang diharapkan dan tidak bantat. Siapkan bahan-bahan dan ikuti step by stepnya ya sobat Kuliner Kota.

Resep Tongseng Kambing

Setelah kita mengetahui tentang sejarah tongseng yang ternyata adalah makanan yang dibuat pertama kali di Jawa Tengah. Selanjutnya, Kuliner Kota juga punya resep tongseng kambing spesial yang pastinya mudah dan bisa kamu praktekkan di rumah. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga tidak perlu khawatir karena cara membuat tongseng daging kambing cukup sederhana. Oleh karena itu, siapkan bahan-bahannya yuk memasak tongseng daging sebagai hidangan saat idul adha.

Bahan Untuk Membuat Tongseng Kambing

Resep Tongseng Kambing
Resep Tongseng Kambing, Foto Oleh Warta Kepri Co Id
  • 1 Kg tetelan daging kambing, potong dadu atau sesuai selera,
  • 1 Kg tetelan daging kambing, potong dadu atau sesuai selera,
  • 6 Siung bawang merah,
  • 1/2 Sendok teh ketumbar halus,
  • ½ Sendok lada bubuk,
  • 3 Butir kemiri,
  • 1 Ruas kunyit,
  • 1 Ruas jahe,
  • 2 Buah tomat, potong menjadi beberapa bagian,
  • 10 Buah cabe rawit,
  • Sayur kubis secukupnya,
  • 2 Batang daun bawang, potong kecil-kecil,
  • 2 Batang serai yang sudah digeprek,
  • 1 Ruas jari laos, iris tipis-tipis,
  • 4 Lembar daun jeruk,
  • 4 Lembar daun salam,
  • 3 Sendok makan kecap manis,
  • 2 Sendok makan gula pasir,
  • 2 Sendok makan garam,
  • Kaldu bubuk secukupnya.

Cara Membuat Donat Kentang

  1. Haluskan bawang merah, bawang putih, ketumbar, lada, kemiri, kunyit dan jahe,
  2. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak. Jangan lupa tambahkan cabai rawit yang sudah dipotong, laos, serai, daun jeruk dan daun salam. Aduk rata sampai harum,
  3. Selanjutnya, masukan irisan daging kambing. Tambahkan 2 gelas air dan aduk sampai merata,
  4. Setelah itu, tutup tongseng daging sampai setengah empuk kurang lebih sekitar 20 menit. Jangan lupa tambahkan gula pasir, kaldu bubuk dan kecap sesuai secukupnya,
  5. Tambahkan daun bawang, irisan tomat, sayur kubis dan tutup kembali sampai daging empuk serta bumbu meresap,
  6. Angkat dan sajikan bersama taburan bawang goreng diatasnya.

Mudah bukan resep tongseng kambing ala Kuliner Kota diatas? Jika tidak menyukai resep tongseng berbahan dasar daging kambing, kamu bisa menggantinya dengan daging sapi. Untuk menghadirkan hidangan tongseng kambing diatas, kamu perlu menyiapkan budget sekitar Rp115.000 kalau membeli daging kambing sendiri. Namun saat momen idul adha, kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp25.000 saja. 

Selain itu, proses pembuatan tongseng kambing membutuhkan waktu sekitar 45 menit saja. Jika kalian menggunakan 1 kg daging kambing untuk mengreasikan resep tongseng kambing, kamu akan mendapatkan tongseng daging kambing untuk 5 – 6 porsi. Jadi, mau buat resep tongseng kambing atau mengkreasikan resep tongseng sapi di rumah?

Kandungan Gizi Tongseng Kambing

Tongseng Kambing
Tongseng Kambing, Foto Oleh Kitchen Ofin Indonesia Com

Dalam satu porsi olahan tongseng daging kambing, kita akan mendapatkan 317 kkal kalori, 22,13 g lemak, 12,03 g karbohidrat, gula 3,3 g, serat 4,4 g, sodium 418 ml dan 20,21 g protein. Jadi, cocok banget digunakan sebagai hidangan utama untuk makan siang maupun menu sarapan. Dijamin kenyang dan makin bersemangat beraktivitas. Tapi perlu diingat ya! Bagi penderita hipertensi maupun kolesterol jangan terlalu banyak mengkonsumsinya. Untuk itu, disarankan mengkreasikan resep tongseng kambing sesuai jumlah porsi orang rumah ya?

Last Updated on November 19, 2020

Thanryganka Vinsha Pharausia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *