Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Resep Nasi Goreng Simpel, Enak, Sehat dan Tanpa MSG

2 min read

Nasi Goreng

Bagi kita yang ingin mencari menu sarapan pagi antri ribet pasti yang terlintas pertama kali adalah memasak nasi goreng. Yaps, nasi goreng menjadi salah satu hidangan yang merakyat dan disukai banyak kalangan. Tidak hanya proses pembuatan nya yang mudah saja tapi juga terjangkau. Kita tidak perlu susah-susah mencari panganan satu ini karena dijual di berbagai warung pinggir jalan, restoran sampai hotel berbintang juga ada. Untuk itu, bagi kalian yang ingin mendapatkan inspirasi resep nasi goreng sebagai menu sarapan yang sehat tanpa menggunakan MSG yuk baca artikel Kuliner Kota berikut ini.

Tapi, sebelum kalian berkreasi cara membuat nasi goreng dirumah, ada baiknya mengetahui tentang sejarah dari nasi goreng maupun kandungan gizinya. Jadi, baca lengkap tentang serba-serbi resep nasi goreng sederhana, enak dan sehat ala Kuliner Kota ini.

Sejarah Nasi Goreng

Nasi Kampung
Sejarah Nasi Goreng, Foto oleh Food Detik Com

Ragam nasi goreng di Indonesia memang banyak jenisnya mulai dari nasi goreng jawa, nasi goreng mawut, nasi goreng kampung dan aneka jenis nasi goreng lainnya. Tapi tahukah kalian bahwa kuliner yang sudah populer di Indonesia juga populer di negara-negara lainnya, tapi mungkin berbeda bumbu dan cara penyajiannya. Nasi goreng sendiri sudah mulai dikenal sejak sekitar 4000 tahun sebelum Masehi. Makanan yang populer di negara Indonesia ini sebenarnya merupakan makanan tradisional masyarakat Tionghoa.

Inspirasi untuk memasak nasi goreng ini dimulai dari kebiasaan masyarakat Tionghoa sendiri yang tidak menyukai makanan dingin. Oleh karena itulah, mereka mencoba membuat nasi yang sudah dingin dengan memasaknya kembali serta memasukkan bumbu-bumbu agar lebih enak. Dah akhirnya terciptalah nasi goreng. 

Karena cita rasanya yang nikmat dan cara pembuatan yang mudah, resep nasi goreng berkembang ke seluruh belahan dunia. Dan dengan adanya ide nasi goreng inilah, pemborosan beras sudah ada solusinya.

Resep Nasi Goreng Ala Rumahan

Setelah kita mengetahui tentang sejarah nasi goreng, yuk praktekkan resep nasi goreng simpel, enak, sehat serta bebas MSG ala Kuliner Kota berikut ini. Pastinya untuk membuatnya tidak membutuhkan waktu lama dan cita rasanya lezat serta bikin berselera untuk segera menyantapnya. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan serta cara membuatnya.

Bahan Untuk Membuat Nasi Goreng

  • 1 Piring Nasi putih (Bisa diganti dengan nasi merah),
  • 1 Sendok makan kecap manis,
  • 2 Buah Cabe rawit, iris tipis,
  • ½ buah bawang bombay, potong menjadi beberapa bagian,
  • 2 Siung bawang merah, cincang halus,
  • 3 Siung bawang putih, cincang halus,
  • 200 Gram daging ayam, cuci bersih dan potong tipis,
  • 1 Ikat Sawi, ambil daunnya saja dan potong menjadi beberapa bagian,
  • 1 Sendok makan ketumbar bubuk,
  • 1/2 Sendok makan gula pasir,
  • Garam secukupnya,
  • Black pepper secukupnya,
  • 1/2 sendok teh kunyit bubuk (opsional),
  • 3 Sendok makan minyak goreng,
  • 2 Batang daun bawang, potong menjadi beberapa bagian.
Bumbu Nasi Goreng
Bumbu Nasi Goreng, Foto oleh Mommy Asia Id

Cara Membuat Nasi Goreng Tanpa MSG

  1. Panaskan minyak goreng, kemudian tumis irisan bawang bombay, bawang merah dan cabai rawit sampai harum,
  2. Setelah harum masukkan irisan bawang putih, ketumbar bubuk, gula pasir, garam, black pepper, potongan ayam, kunyit bubuk dan kecap manis. Tumis kembali kurang lebih selama 2 menit,
  3. Selanjutnya, masukkan nasi, sawi dan daun bawang. Masak kembali kurang lebih selama 7 menit,
  4. Angkat dan sajikan bersama telur mata sapi setengah matang dan sosis.

Bagaimana mudah bukan, resep nasi goreng tanpa MSG ala Kuliner Kota berikut ini? Selain mudah pastinya juga terjangkau. Kamu hanya perlu menyiapkan budget kurang dari Rp20.000 untuk 2 porsi orang. Untuk waktu memasak nasi goreng sendiri sekitar 20 menit saja. Jadi, bisa banget untuk menyiapkannya di pagi hari sebelum beraktivitas.

Kandungan Gizi Nasi Goreng

Nasi Goreng
Nasi Goreng, Foto oleh Rukita Co

Dalam satu porsi nasi goreng mengandung 333 kkal kalori, 12,34g lemak, 41,7g karbohidrat dan 12,47g protein. Jadi, pastinya bakal kenyang lebih lama jika mengkonsumsi nasi goreng sebagai menu sarapan sebelum beraktivitas sehari penuh. Apalagi dengan tambahan telur dan sosis, jadi makin nikmat dan ingin menyuap lagi dan lagi. 

Last Updated on November 19, 2020

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

2 Replies to “Resep Nasi Goreng Simpel, Enak, Sehat dan Tanpa MSG”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *