1. Oleh-Oleh Khas

12 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Wajib Untuk Dibawa Pulang

Berburu berbagai macam oleh-oleh merupakan agenda wajib saat kita mengunjungi suatu kota. Tidak hanya sebagai pelengkap liburan, berburu buah tangan juga bakal jadi momen manis yang tidak akan pernah anda lupakan. Apalagi jika semua oleh-oleh khas kota yang anda singgahi bisa dibawa pulang, pasti bakal memberikan kepuasan tersendiri. Saat sedang berada di kota 1001 Goa yang sekaligus kota kelahiran presiden ke-6 di Indonesia ada baiknya ada tidak melupakan membawa pulang oleh-oleh khas Pacitan untuk keluarga di rumah.

Pacitan menyimpan 12 oleh-oleh khas yang wajib anda jadikan sebagai buah tangan. Mau tau apa saja ke 12 oleh-oleh Pacitan tersebut? Kuliner Kota merangkumnya dalam artikel berikut ini.

1. Sale Pisang

Oleh-oleh khas Pacitan yang selalu jadi favorit adalah Sale Pisang. Terbuat dari pisang yang diiris tipis dan dijemur selama tiga hari, lalu disterilkan selama 4 jam kemudian di oven sampai kering. Cita rasanya yang manis, legit dan khas membuat oleh-oleh Pacitan ini selalu jadi favorit wisatawan untuk dibawa pulang. Tidak hanya itu, Sale Pisang khas Pacitan juga dibentuk beraneka ragam dan pastinya memiliki daya tahan yang cukup lama. Jadi, cocok dijadikan dibawa kemanapun.

Sale Pisang Pacitan
Sale Pisang, Foto Oleh Buka Lapak Com

Kamu bisa membelinya di Toko Oleh-oleh Pacitan Putra Samudera, harganya pun juga bervariasi mulai dari Rp5.000 per bungkusnya. Eits, Sale Pisang juga bisa bertahan selama 6 bulan lho! Jadi recomended banget buat jadi buah tangan.

2. Batu Mulia

Tidak hanya berupa makanan, anda juga bisa membawa Batu Mulia sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Pacitan, Batu Mulia disini memiliki nilai seni yang tinggi sekaligus berkualitas baik. Tidak hanya itu, anda juga bisa memilih berbagai Batu Mulia mulai dari Red Brown, Golden Supreme dan Snow White sesuai selera dan budget anda. Oleh-oleh Pacitan satu ini pastinya bakal lebih awet dan membuat anda selalu mengingat momen manis di kota ini jika anda membawanya pulang sebagai buah tangan.

Batu Mulia Pacitan
Batu Mulia, Foto Oleh Pacitan Craft WordPress Com

Ada salah satu pusat kerajinan Batu Mulia yaitu ada di Desa Gendaran, Donorojo. Untuk harganya mulai dari ribuan rupiah hingga puluhan juta tergantung dari kualitas dan keunikan dari Batu Mulia tersebut. Tertarik untuk membelinya?

3. Kerajinan Gerabah

Mau bawa cinderamata yang bisa dilihat setiap hari dan tidak cepat habis? Kerajinan Gerabah bisa jadi salah satu pilihannya. Ada berbagai macam Kerajinan Gerabah khas Pacitan yang bisa anda bawa pulang mulai dari pot, asbak, guci, perabotan rumah tangga hingga hiasan dinding. Pastinya motifnya yang unik berupa wajah maupun batik menjadikan oleh-oleh ini semakin menarik jika menjadi hiasan di rumah. Tidak cukup sampai disitu saja, harganya yang terjangkau juga membuat anda tidak perlu khawatir jika ingin membawa pulang dalam jumlah yang banyak.

Kerajinan Gerabah Pacitan
Kerajinan Gerabah, Foto Oleh Google Com

Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini, anda bisa berkunjung pusat sentra gerabah di desa Purwosari, Kebonagung. Pusat kerajinan ini sudah melegenda lho! Karena berdiri sejak tahun 1959. Untuk harganya relatif murah, mulai dari Rp1.500 untuk asbak kecil, pot Rp5.000 sedangkan guci Rp150.000. Menarik bukan?

4. Rengginang Manis

Jika biasanya Rengginang bercita rasa gurih, maka oleh-oleh khas Pacitan ini memiliki cita rasa yang berbeda. Rengginang Manis merupakan oleh-oleh Pacitan yang berbentuk seperti kerupuk dengan tekstur lebih tebal dan berbahan dasar beras ketan. Cita rasa yang manis dan gurih yang dominan pada oleh-oleh ini membuatnya nikmat jika disantap sore hari sebagai teman ngopi maupun ngeteh.

Rengginang Manis Pacitan
Rengginang Manis, Foto Oleh Gupas Id

Anda bisa membawa pulang Rengginang Manis dalam bentuk matang yang sudah digoreng maupun mentah. Jika anda membawanya dalam keadaan mentah, jangan lupa dijemur terlebih dahulu sebelum menggorengnya! Agar lebih renyah jika sudah matang. Jika ingin membawa pulang oleh-oleh satu ini, anda bisa mendapatkannya di Toko Oleh-oleh Pacitan Putra Samudera di dekat Pantai Teleng Ria, Jalan Raya Pacitan β€“ Solo KM 03. Harganya berkisar Rp10.000 β€“ Rp20.000.

5. Jadah Bakar

Jabah Bakar Pacitan
Jadah Bakar, Foto Oleh Khas Pacitan Blogspot Com

Merupakan oleh-oleh Pacitan berbahan dasar beras ketan yang memiliki bentuk seperti puten, Jadah Bakar. Kuliner Pacitan satu ini tidak hanya cocok dijadikan sebagai kudapan saat berada di Kabupaten Pacitan, namun juga sebagai oleh-oleh karena awet dan tahan lama. Cita rasa gurih yang khas bakal membuat anda ketagihan jika hanya mencobanya satu potong saja.

6. Tuna Nugget

Pacitan memang terkenal dengan berbagai olahan yang berasal dari ikan tuna, salah satunya Tuna Nugget. Makanan satu ini bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, terbuat dari daging ikan tuna yang sudah di campurkan dengan berbagai bumbu khusus membuat makanan ini nikmat dan lezat saat disantap. Jika anda ingin membawanya pulang sebagai oleh-oleh, belilah Tuna Nugget mentah yang sudah dibekukan agar kenikmatannya tetap terjaga. Jangan lupa untuk menggorengnya terlebih dahulu ya! Sebelum anda menikmati oleh-oleh satu ini.

Tuna Nugget Pacitan
Tuna Nugget Foto Oleh Pinterest Com Aprilfyan Blogspot Com

Jika ingin membawa Tuna Nugget sebagai buah tangan, kamu bisa membelinya di penjual tahu ikan tuna yang terkenal adalah Tahu Tuna Pak Ran di Jalan WR. Supratman No 8, Sidoharjo. Harga per bungkusnya dijual mulai dari Rp10.000 saja.

7. Tuna Lumpia

Tuna Lumpia Pacitan
Tuna Lumpia, Foto Oleh Shopee Co Id

Jika anda penyuka Lumpia, maka oleh-oleh khas Pacitan satu ini wajib anda bawa pulang, Tuna Lumpia. Merupakan oleh-oleh Pacitan yang terbuat dari ikan tuna dengan cita rasa nikmat dan pastinya bikin nagih. Anda bisa membawa pulang oleh-oleh satu ini dalam keadaan beku agar tetap nikmat saat sampai di rumah. 

8. Sosis Tuna

Sosis Tuna Pacitan
Sosis Tuna, Foto Oleh Google Com

Berbagai olahan ikan tuna lainnya yang bisa anda bawa pulang adalah Sosis Tuna. Terbuat dari ikan tuna, kuliner satu ini bisa anda bawa pulang dalam keadaan sudah matang maupun mentah. Sosis Tuna memiliki cita rasa yang khas dan berbeda dari sosis ayam maupun sosis sapi. Jadi, anda harus mencoba kenikmatan kuliner pacitan satu ini, dijamin bakal bikin ketagihan.

9. Martabak Tuna

Martabak Tuna Pacitan
Martabak Tuna Foto Oleh Tahu Tuna Eza WordPress Com

Satu lagi oleh-oleh khas Pacitan berbahan dasar tuna yang bisa anda bawa pulang, Martabak Tuna. Merupakan kuliner Pacitan berbahan dasar ikan tuna dengan cita rasa manis dan gurih yang pas saat disantap. Kuliner satu ini bisa anda bawa pulang sebagai oleh-oleh dalam keadaan mentah. Jangan lupa menggorengnya terlebih dahulu sebelum menyantapnya!

10. Jenang Sari Rasa Pacitan

Oleh-oleh khas Pacitan selanjutnya yang wajib ada bawa pulang adalah Jenang Sari Rasa Pacitan. Terbuat dari campuran tepung beras, santan, gula merah, wijen dan tepung ketan membuat Jenang Sari Rasa Pacitan memiliki cita rasa manis dan gurih yang lezat. Tidak hanya lezat oleh-oleh khas Pacitan satu ini juga cocok dijadikan sebagai buah tangan karena awet dan tahan lama. Jadi, mau membawa Jenang Sari Rasa Pacitan untuk keluarga di rumah?

Jenang Sari Rasa Pacitan
Jenang Sari Rasa Pacitan, Foto Oleh Buka Lapak Com


Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Pacitan dengan cita rasa nikmat ini, anda bisa datang ke pusat oleh-oleh Pacitan yang tersebar di sudut kota. Harganya juga cukup terjangkau, jadi anda bisa membawa pulang Jenang Sari Rasa Pacitan tanpa takut kantong tipis.

11. Kolong Klitik

Kolang Klitik Pacitan
Kolang Klitik, Foto Oleh All About Trenggalek Blogspot Com

Mau bawa oleh-oleh Pacitan yang menyehatkan? Kolong Klitik pilihannya. Merupakan salah satu pilihan buah tangan yang terbuat dari singkong yang diolah bawang putih dan garam. Cita rasa gurih dan nikmat membuat oleh-oleh satu ini tidak hanya cocok untuk dijadikan buah tangan namun juga untuk teman ngopi dan ngeteh sore hari. Tak hanya itu, harganya yang terjangkau juga membuat anda bisa membawa pulang dalam jumlah banyak.

12. Sale Anggur

Sale Anggur Pacitan
Sale Anggur, Foto Oleh Shopee Co Is

Mau bawa oleh-oleh khas Pacitan yang menarik dan unik? Sale Anggur bisa jadi pilihan. Merupakan salah satu oleh-oleh Pacitan yang terbuat dari sale pisang namun dikemas warna-warni dan dibentuk bulat kecil-kecil bagaikan buah anggur. Cita rasanya yang manis dan mampu bertahan lama membuat Sale Anggur selalu jadi favorit para wisatawan untuk dijadikan buah tangan.

Berbagai buah tangan khas Pacitan bisa jadi pilihan untuk anda bawa pulang. Jangan sampai anda pulang dengan tangan kosong tanpa membawa oleh-oleh khas Pacitan yang unik, menarik dan pastinya semakin mengingatkan momen manis di kota ini. Tapi, tetap jangan lupa untuk perhatikan tanggal kadaluarsanya ya sobad Kuliner Kota! Agar oleh-oleh yang anda bawa tetap nikmat sampai di rumah.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Oleh-Oleh Khas Pacitan yang Wajib Untuk Dibawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
    Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut iniΒ  5 makanan […]