1. Resep

Resep Cloud Bread, Roti Empuk Seperti Awan yang Viral

Mengkreasikan olahan roti sepertinya tidak pernah ketinggalan zaman, seperti halnya kreasi roti yang sedang hits beberapa hari ini yaitu Cloud Bread. Diberi nama Cloud Bread karena roti tersebut memiliki tekstur yang lembut bagaikan kapas atau awan. Kreasi roti ini mulai banyak dicoba oleh masyarakat dari berbagai kalangan karena proses pembuatannya yang mudah, hanya butuh 3 sampai 4 bahan. Bagi kalian yang penasaran dengan kelezatan roti selembut kapas ini, Kuliner Kota akan membagi resep Cloud Bread yang pastinya mudah dan praktis. Siapkan bahan-bahannya dan baca lengkap cara membuat cloud bread berikut ini.

Asal Usul Cloud Bread

Cloud Bread pertama kali muncul pada aplikasi TikTok dan ​Pinterest  sejak 3 Agustus yang lalu. Cloud bread sendiri merupakan roti berbentuk bulat yang tidak mengandung gluten atau tepung atau gandum sama sekali. Sehingga roti ini dianggap lebih ​sehat dan ekonomis daripada roti pada umumnya yang di jual di pasaran. Terlebih lagi resep Cloud Bread ​hanya menggunakan​ 3 sampai 4 bahan utama. Tapi meskipun tidak mengandung tepung, Cloud Bread memiliki tekstur lembut​ membal​ seperti kapas dengan warna yang cantik nan menggugah selera.

Banyak juga yang beranggapan bahwa Cloud Bread merupakan makanan alternatif bagi pelaku Diet Keto. Diet Keto merupakan program diet yang mengkonsumsi makanan rendah karbohidrat tetapi tinggi protein. Program diet tersebut dipercaya ampuh menurunkan berat badan serta mengurangi nafsu makan.

Resep Cloud Bread

Setelah mengetahui asal usul roti yang sedang hits ini, mari simak resep Cloud Bread ala Kuliner Kota berikut. Jangan lupa siapkan bahan-bahannya dan ikuti semua langkah dan cara membuat Cloud Bread di bawah ini.

Bahan Membuat Cloud Bread

resep cloud bread
Resep Cloud Bread, Foto Oleh Seaofblush Com
  • 3 butir telur, ambil putihnya,
  • 30 gram gula pasir,
  • 10 gram tepung maizena,
  • ½ sendok makan Jeruk nipis, sesuai selera,
  • Vanili secukupnya, dan
  • Pewarna makanan, sesuai selera.

Cara Membuat Cloud Bread

  • Panaskan oven dengan suhu 150 derajat celcius,
  • Sambil menunggu oven panas, campurkan putih telur dan jeruk nipis menggunakan mixer hingga adonan putih telur hingga berbusa,
  • Masukan gula secara bertahap sambil terus diaduk dengan mixer,
  • Masukan tepung maizena, vanili, lalu mixer kembali hingga tekstur stiff peak,
  • Beri 1-2 tetes pewarna makanan ke dalam adonan, lalu aduk hingga warna tercampur rata,
  • Bentuk adonan pada loyang yang sudah dialasi baking paper,
  • Masukkan adonan ke oven selama 40 menit atau hingga kecoklatan, sesuaikan dengan oven masing – masing,
  • Angkat dan sajikan selagi hangat.

Cara membuat Cloud Bread di atas cukup mudah bukan? Resep Cloud Bread ala Kuliner Kota akan menghasilkan roti lezat bertekstur lembut membal seperti kapas. Untuk mengkreasikan resep tersebut, kamu membutuhkan waktu sekitar 50 menit dengan budget sekitar Rp20.000 saja. Akan lebih murah jika kamu sudah punya stok beberapa bahan di atas. Bahkan hanya membutuhkan budget sekitar Rp10.000 kamu bisa menghasilkan roti membal seperti kapas. Jadi, resep roti yang murah meriah bukan? Berkreasi roti dengan resep Cloud Bread ini bisa menjadi alternatif kegiatan untuk mengisi waktu luang kamu selama #dirumahaja. 

Kandungan Gizi Cloud Bread

Cloud Bread
Cloud Bread, Foto Oleh Seaofblush Com

Cloud Bread adalah roti yang menjadi pilihan diet bebas gandum yang sedang populer saat ini. Tahukah kalian ternyata cloud bread hanya mengandung setengah jumlah kalori dari roti biasa, 1 gram karbohidrat, dan 2 gram protein. Selain itu, cloud bread juga mengandung nutrisi yang penting bagi tubuh yaitu vitamin A, vitamin D, fosfor, kolin dan selenium.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Cloud Bread, Roti Empuk Seperti Awan yang Viral

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending