Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

10 Makanan Khas Banyuwangi yang Sudah Terkenal Enak

4 min read

Pecel Pitik

Kabupaten Banyuwangi memiliki julukan “The Sunrise of Java” karena berada di ujung timur pulau Jawa serta punya segudang pesona yang mampu memanjakan mata sekaligus berkesan untuk diingat. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara memilih Kabupaten Banyuwangi sebagai destinasi wisata menarik sebelum beranjak ke Pulau Bali. Tidak hanya menyuguhkan pesona pemandangan indah nan eksotis, ragam makanan khas Banyuwangi juga punya keunikan yang patut untuk dicoba.

Bumbu khasnya yang begitu melekat di setiap kuliner khas Banyuwangi, menjadikan penikmatnya selalu ketagihan untuk mencicipinya berulang kali. Oleh sebab itu, Kuliner Kota akan merekomendasikan 10 makanan khas Banyuwangi yang patut untuk dicoba bagi kalian yang sedang berkunjung di Kabupaten Banyuwangi.

1. Rujak Soto 

Dari namanya saja sudah terlihat unik bukan? Atau bahkan anda sudah membayangkan bagaimana cita rasa dari makanan tersebut? Eits, jangan samakan ketika rasa rujak dicampur dengan kuah soto begitu saja ya sobat Kuliner Kota! Rujak Soto menjadi makanan khas Banyuwangi dengan cita rasa yang seimbang dari bumbu rujak yang dipadukan dengan kuah soto daging atau ayam yang segar nan gurih. Akan semakin terasa nikmat saat disantap dengan potongan lontong. Perpaduan rasa gurih dan segar bakal terasa pecah di mulut sejak dari suapan pertama anda mencobanya.

Rujak Soto Banyuwangi
Rujak Soto, Foto oleh Id Wikipedia Org

Untuk menikmati kelezatan semangkuk Rujak Soto, ada salah satu tempat makan bernama Pondok Rujak Soto yang berlokasi di Jalan Basuki Rahmat Nomor 113, Singotrunan, Banyuwangi yang bisa jadi pilihan. Tertarik untuk mampir dan mencoba bagaimana nikmatnya kuliner Banyuwangi satu ini?

2. Sego Tempong 

Makanan khas Banyuwangi selanjutnya adalah Sego Tempong atau Nasi Tempong. Sego Tempong merupakan seporsi nasi hangat yang disajikan dengan sayur rebus tahu goreng, tempe goreng, ikan asin goreng dan dadar jagung serta dilengkapi dengan sambal yang terbuat dari bahan mentah seperti  tomat ranti, cabe rawit, terasi, gula, garam dan air jeruk limau. Cita rasa sambal yang khas inilah, bakal bikin Sego Tempong khas Banyuwangi nendang di mulut sejak dari suapan pertama. 

Sego Tempong
Sego Tempong, Foto oleh Go Travelly Com

Anda bisa mencoba kenikmatan Sego Tempong di salah satu tempat makan di Banyuwangi yaitu, Sego Tempong Mbok Nah yang berlokasi di Jalan Kolonel Sugiono Nomor 16, Kertosari, Banyuwangi. Rasa pedas Sego Tempong yang khas bakal bikin kamu seperti ditampar, namun nagih mencoba untuk kedua kalinya.

3. Pecel Rawon

Masih ada lagi kuliner unik di Banyuwangi, yaitu Pecel Rawon. Makanan khas Banyuwangi ini adalah perpaduan antara pecel, lengkap dengan sayur serta bumbu kacangnya lalu disiram dengan kuah rawon daging sapi yang hangat dan menggoda. Perpaduan cita rasa unik dari sambal kacang dan kuah rawon bakal membentuk rasa menarik saat beradu di mulut anda.

Pecel Rawon Banyuwangi
Pecel Rawon, Foto oleh Idn Times Com

Jika tertarik mencoba bagaimana keunikan kuliner khas Banyuwangi ini, anda bisa datang ke salah satu tempat kuliner di Banyuwangi yaitu, Rumah Makan Pecel Ayu di Jalan Adi Sucipto, Nomor 65, Banyuwangi.

4. Botok Tawon 

Bagi anda pecinta makanan ekstrim, maka Botok Tawon khas Banyuwangi ini wajib anda coba. Makanan khas Banyuwangi ini terbuat dari sarang lebah yang diolah dengan aneka macam bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa gurih yang khas dan bikin nagih. Meskipun tergolong makanan yang terdengar asing dan cukup ekstrim, namun Botok Tawon juga jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara lho! Karena dipercaya memiliki khasiat untuk menambah stamina. 

Botok Tawon Banyuwangi
Botok Tawon, Foto oleh Travel Today Indonesia Com

Jika Anda penasaran bagaimana cita rasa Botok Tawon, pergi ke Warung Bu Misnah yang berada di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, Kabupaten Banyuwangi bisa jadi solusi untuk menjawab rasa penasaran anda.

Baca Juga : Tempat Makan di Banyuwangi

5. Sego Cawuk 

Jika mencari sarapan yang gurih nan lezat saat berwisata ke Banyuwangi, Sego Cawuk atau Nasi Cawuk bisa menjadi alternatif pilihan. Makanan khas Banyuwangi ini terdiri dari seporsi nasi yang dicampur dengan kuah parutan kelapa, parutan jagung muda bakar serta kuah ikan pindang sehingga menghasilkan perpaduan citarasa manis dan gurih yang nendang. Dilengkapi dengan lauk khasnya yaitu pepes ikan, telur pindang, tahu cacah dan sambal serai bakal bikin perpaduan yang sempurna dalam satu piring menu sarapan anda.

Sego Cawuk Banyuwangi
Sego Cawuk, Foto oleh Idn Times Com

Semakin terasa spesial lagi dengan penyajian menggunakan menggunakan daun pisang sebagai pengganti piring atau alas makan. Aroma daun pisang berpadu dengan gurih serta segarnya Sego Cawuk bakal bikin momen yang tidak akan pernah terlupakan. Jika tertarik mencoba kelezatan Sego Cawuk, anda bisa datang ke salah satu tempat makan yaitu, Warung Bu Mantih yang berlokasi di Jalan KH Wahid Hasyim, Banyuwangi.

6. Nasi Kalak

Nasi Kalak Banyuwangi
Nasi Kalak, Foto oleh M kaskus Co Id

Kuliner Banyuwangi ini sekilas mirip dengan nasi campur, Nasi Kalak. Merupakan kuliner khas Banyuwangi yang terdiri dari perpaduan nasi putih dengan mie kuning, serundeng, tumisan sayur, sambal kalak dan aneka lauk seperti tempe, tahu serta daging suwir. Perpaduan cita rasa pedas dan gurih yang khas dari Nasi Kalak bakal bikin cita rasa yang pecah di mulut. Makanan yang sederhana, namun punya kelezatan yang bikin anda tidak ingin berhenti mengunyah, maka Nasi kalak harus masuk daftar wajib kuliner khas Banyuwangi yang tidak boleh terlewatkan.

7. Pindang Koyong

Pindang Koyong Banyuwangi
Pindang Koyong, Foto oleh Hobi Makan Banyuwangi Com

Bagi sobat Kuliner Kota yang menyukai kuliner kuah berbahan dasar ikan, maka Pindang Koyong akan jadi makanan favorit anda. Makanan khas Banyuwangi ini menggunakan ikan tongkol atau ikan tenggiri sebagai bahan dasar utamanya. Lalu dipadukan dengan aneka bumbu seperti cabe rawit, lengkuas, serai, jahe, kunyit, kemiri, daun jeruk dan belimbing wuluh. Perpaduan cita rasa lezat serta segarnya kuliner Banyuwangi ini, cocok disantap dengan seporsi nasi hangat saat cuaca panas. Jadi, tertarik mencoba kelezatan Pindang Koyong yang bakal bikin anda merem-melek saat di Banyuwangi? 

8. Pecel Pitik 

Bagi pecinta kuliner Nusantara yang menyukai makanan kaya rempah-rempah, Pecel Pitik bisa jadi salah satu pilihan terbaiknya. Tidak hanya menjadi salah satu Makanan khas Banyuwangi yang jadi favorit para wisatawan lokal maupun mancanegara, Pecel Pitik juga sarat akan nilai budaya dan filosofi di dalamnya. Pecel Pitik (ayam) ini biasanya disajikan pada acara adat suku Osing, suku asli Banyuwangi  memiliki filosofi kehidupan seperti dalam mengerjakan suatu hal haruslah bersungguh-sungguh. Hal ini dikarenakan penyajian Pecel Pitik pada zaman dulu ditujukan untuk acara adat atau upacara adat yang semuanya harus dikerjakan dengan teliti serta sungguh-sungguh.

Pecel Pitik Banyuwangi
Pecel Pitik, Foto oleh Blog Elevenia Co Id

Namun kini anda bisa menikmati Pecel Pitik pada berbagai tempat makan yang tersebar di sudut kota Banyuwangi. Sepiring nasi hangat ditemani perpaduan aneka rempah serta segarnya mentimun bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut.

9. Sop Kesrut

Kuliner khas Banyuwangi selanjutnya ini juga merupakan makanan khas suku Osing yang sudah cukup langka ditemukan, Sop Kesrut. Memiliki nama yang cukup unik, sebenarnya Kuliner Banyuwangi ini terbuat dari kuah kaldu kental dengan isian balungan ayam kampung serta ditambahkan daun bawang. Cita rasanya yang sederhana namun menggugah selera, cocok jika disantap bersama sambal tempong dan nasi hangat.

Sop Kesrut Banyuwangi
Sop Kesrut, Foto oleh Idn Times Com

Bagi anda yang tertarik mencoba uniknya Sop Kesrut, cobalah datang ke Sop Kesrut Rodiyah Banyuwangi. Berlokasi di Dusun Krajan, Desa Segobang, Licin, Banyuwangi, tempat makan ini bisa jadi jujugan anda untuk menikmati makanan khas Banyuwangi yang sudah cukup langka.

10. Uyah Asam Pitik

Uyah Asam Pitik Banyuwangi
Uyah Asam Pitik Foto oleh Twitter Com

Tidak cukup sampai disitu, kuliner khas Banyuwangi yang bernuansa kuah asam, pedas dari olahan ayam ini juga wajib anda cicipi, Uyah Asam Pitik. Makanan khas Banyuwangi yang terbuat dari ayam kampung, bongkot kecombrang serta dipadukan aneka bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa gurih dan segar yang bikin nagih. Perpaduan cita rasa yang khas serta segarnya kuah bakal terasa nikmat saat disantap bersama nasi hangat di siang hari. Bagaimana, tertarik mencicipi lezatnya Uyah Asam Pitik ini? 

Itu dia 10 rekomendasi kuliner khas Banyuwangi yang wajib dicoba versi Kuliner Kota. Sudah singgah di Banyuwangi, jangan sampai lupa icip-icip makanan khas di atas ya Sobat Kuliner Kota. Manjakan lidah anda dengan ragam kuliner Banyuwangi yang terkenal unik serta bikin nagih untuk mencoba kedua kalinya. Have a good memories from Banyuwangi!

Last Updated on September 28, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

6 Replies to “10 Makanan Khas Banyuwangi yang Sudah Terkenal Enak”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *