1. Ramadhan

10 Makanan Buka Puasa Simple yang Mudah, Bergizi dan Enak

Bedug maghrib, menjadi momen yang paling ditunggu saat di bulan ramadhan. Dimana berbagai makanan akan tersaji di meja makan dengan beragam cita rasa, mulai dari makanan yang manis-manis, berkuah sampai minuman segar pelepas dahaga akan tersusun rapi di meja. Ada banyak pilihan menu makanan untuk buka puasa yang bisa kamu sajikan sendiri di rumah tanpa ribet dan pastinya simpel.

Selain simpel, memasak sendiri makanan buka puasa juga akan menghemat budget sekaligus bisa mengontrol kehigienisan makanan yang kamu dan keluarga konsumsi selama bulan ramadhan. Apalagi di situasi adanya pandemi seperti saat ini? Memasak menu makanan untuk berbuka di rumah jauh lebih aman. Kuliner Kota punya rekomendasi 10 menu makanan yang cocok jadi pilihan untuk masakan berbuka puasa kamu hari ini. Berikut daftar makanan lezat tersebut:

1. Opor Ayam

Opor Ayam
Opor Ayam, foto oleh Resep Koki Id

Menjadi menu wajib saat lebaran tiba, kamu bisa mulai mencoba masak Opor Ayam sebagai makanan buka puasa hari ini. Perpaduan cita rasa gurih dari kuah opor yang terbuat dari campuran rempah-rempah dipadukan dengan empuknya daging ayam, bakal makin lezat disantap saat keadaan masih hangat. Apalagi menyantapnya di temani nasi hangat dan segelas es kelapa muda? Bikin perpaduan yang pecah di mulut saat disajikan sebagai menu saat berbuka puasa nanti.

Baca resepnya : Resep Opor Ayam Kuning yang Enak dan Mudah Dibuat

2. Sayur Asem

Sayur Asam
Sayur Asem, foto oleh Id Taste Made Com

Ingin makanan berkuah bening sebagai pilihan makanan buka puasa? Jika iya, cobalah memasak Sayur Asem sebagai menu berbuka puasa nanti. Perpaduan bumbu-bumbu sederhana seperti daun salam, asam jawa dan berbagai bumbu lainnya serta campuran sayuran mulai dari kacang panjang, jagung, nangka muda maupun sayuran lain sesuai selera anda. Cukup dengan bahan-bahan sayuran simpel dan seadanya, kamu bisa membuat sendiri Sayur Asem sebagai pilihan menu berbuka puasa. Pastinya juga sehat dan menghemat budget kamu. Jangan lupa tambahan sambal dan ikan asin sebagai lauk pelengkapnya, biar tambah nikmat dan lezat.

3. Sayur Lodeh

Mau menikmati makanan berkuah santan sebagai menu buka puasa? Kamu bisa mencoba masakan simpel ini, Sayur Lodeh. Makanan buka puasa yang nikmat dengan bahan-bahan simpel yang pastinya mengandung gizi yang baik untuk mengembalikan energi setelah seharian berpuasa. Terbuat dari campuran rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, daun jeruk, cabai dan berbagai bahan lainnya serta sayuran seperti labu siam, kacang panjang, jagung maupun sayuran lain sesuai selera. 

Sayur Lodeh
Sayur Lodeh, foto oleh Amanda Chastity My cafe Projects Com

Rasanya yang gurih dan legit, cocok disantap menggunakan nasi putih hangat dengan tambahan ikan asin untuk membuatnya lebih nendang. Tetapi bagi penderita maag, jangan lupa mengkonsumsi menu pembuka dulu saat berbuka puasa sebelum menikmati Sayur Lodeh yang nikmat ini. Tertarik membuatnya di rumah?

4. Sup Ayam

Sup Ayam
Sup Ayam, foto oleh Masakan Mama Com

Ingin berbuka puasa dengan makanan berkuah? Kamu bisa mencoba memasak sendiri Sup Ayam sebagai pilihan menu berbuka hari ini. Campuran berbagai sayuran bersama daging ayam yang empuk bakal bikin perpaduan yang pecah di mulut. Satu porsi Sup Ayam sudah mengandung banyak vitamin, serat dan protein yang cocok mengembalikan energi setelah lelah berpuasa sehari penuh. Gurihnya kuah kaldu ayam pada sup bakal membantu melegakan tenggorokan kamu saat sedang terserang flu ringan lho! Nikmat, lezat dan menyehatkan. Jadi, cocok buat menu buka puasa sore nanti.

5. Sambel Goreng Kentang

Sambel Goreng Kentang
Sambel Goreng Kentang, foto oleh Food Izz Id

Ingin mencari makanan buka puasa yang simpel? Cobalah memasak Sambel Goreng Kentang ini sebagai menu pilihannya. Perpaduan lembutnya kentang yang dipadukan bumbu rempah-rempah bakal cocok dijadikan menu buka puasa maupun saat sahur nanti. Perpaduan cita rasa pedas dan gurih cocok disantap dengan nasi hangat, biar tambah nikmat jangan lupa tambahkan hati ayam sebagai campuran saat memasak Sambel Goreng Kentang. Tertarik untuk membuatnya saat buka puasa atau sahur nanti?

Baca resepnya : Resep Sambal Goreng Kentang Enak Sederhana/

6. Capcay Kuah

Capcay Kuah
Capcay Kuah, foto oleh The Gorbalsla Com

Bosan masak sayur sop? Kamu bisa mencoba Capcay Kuah sebagai makanan buka puasa hari ini. Campuran sayuran seperti wortel, jagung, brokoli dan berbagai sayuran lainnya serta jangan lupa udang dan suwiran daging bakal bikin perpaduan yang pas sebagai menu buka puasa. Kandungan nilai gizi pada sayuran ditambahkan daging ayam serta udang sukses mengembalikan energi kamu setelah seharian berpuasa. Cara membuatnya juga mudah lho! Selain itu juga bisa anda hangatkan kembali untuk menu sahur. Tertarik memasak Capcay kuah sebagai menu buka puasa nanti?

7. Udang Pedas Manis

Udang Pedas Manis
Daging Pedas Manis, foto oleh Beepdo Com

Keadaan seperti saat ini membuat kita tidak bisa bebas untuk pergi keluar rumah, oleh karena itu memasak sendiri menu untuk buka puasa adalah solusi terbaik hari ini. Kuliner Kota punya rekomendasi makanan buka puasa untuk kamu, Udang Pedas Manis. Masakan simpel dengan bahan dasar udang, bawang bombay, serai, saos tomat, cabai dan berbagai bahan lainnya. Perpaduan gurihnya udang serta lezatnya sambal pedas manis cocok disantap sebagai menu buka puasa sore nanti. Simpel dan pastinya tidak membutuhkan waktu lama saat membuatnya. Cocok bagi kamu yang sedang sibuk work from home tapi tetap harus menyiapkan menu untuk buka puasa.

8. Daging Balado

Daging Balado
Daging Balado, foto oleh Blanja Com

Bosan masak daging hanya di gulai ataupun dibuat rendang? Kamu bisa mencoba makanan buka puasa satu ini, Daging Balado. Bahan-bahan yang simpel membuatnya cocok jadi pilihan masakan menu untuk berbuka sore nanti, cukup dengan menggunakan daging sapi, cabai, bawang merah, bawang putih dan berbagai bumbu pelengkap lainnya kamu bisa menyajikan Daging Balado di meja makan kamu sore nanti. Tidak hanya itu, Daging Balado juga nikmat lho jika digunakan sebagai menu sahur! Kamu cukup memasukkannya ke dalam kulkas dan menghangatnya kembali untuk makan sahur nanti.

9. Ikan Pindang Ijo

Ikan Pindang Ijo
Ikan Pindang Ijo, foto oleh Masak Bagus Com

Makanan buka puasa satu ini, tidak hanya murah tetapi bercita rasa nikmat dan bergizi, Ikan Pindang Ijo. Salah satu kuliner simpel dengan cita rasa juara, khususnya bagi anda pecinta pedas. Berbahan dasar Ikan Pindang yang diolah menggunakan campuran aneka bumbu seperti cabai hijau, bawang merah, bawang putih, tomat dan berbagai bahan lainnya yang ditumis hingga matang. Cita rasanya yang nikmat cocok di santap menggunakan nasi hangat dengan tambahan kerupuk sebagai menu pelengkapnya? Bikin perpaduan yang pecah di mulut. Masakan simpel namun memiliki cita rasa yang tidak ada duanya. Kamu juga bisa menyantap Ikan Pindang Ijo sebagai menu sahur lho! Pastinya bikin selera makan kamu meningkat saat menikmatinya.

10. Ikan Bakar

Ikan Bakar
Ikan Bakar, foto oleh Resep Koki Id

Bagi kamu yang sedang diet, makanan satu ini cocok jadi menu buka puasa hari ini, Ikan Bakar. Merupakan makanan berbuka puasa yang rendah lemak dengan cita rasa lezat. Kamu bisa memilih berbagai jenis ikan sesuai selera lalu di dibakar menggunakan olive oil sebagai pengganti mentega. Jangan lupa tambahkan bumbu seperti cabai, jeruk nipis, merica, dan sedikit kecap manis agar cita rasanya makin mantap. Jangan lupa untuk tidak membakar ikan sampai gosong ya sobat Kuliner Kota! Karena ikan yang gosong memicu adanya kanker.  Tertarik untuk membuatnya hari ini?

Baca resep : 5 Resep Bandeng Presto Enak & Kekinian, Rasanya Bakal Nagih!

Berbagai pilihan makanan buka puasa diatas bisa jadi rekomendasi kamu saat masih bingung menentukan menu untuk buka puasa hari ini. Jangan lupa memasak sendiri semua makanan tersebut agar kamu bisa mengontrol kehigienisan serta cita rasa sesuai selera. Pastinya juga mencuci terlebih dulu tangan dan bahan-bahan sebelum kamu memasak ya sobat Kuliner Kota! Agar kamu tetap sehat di tengah adanya wabah virus covid-19 atau corona seperti sekarang ini.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10 Makanan Buka Puasa Simple yang Mudah, Bergizi dan Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]