1. Oleh-Oleh Khas

Musim Mudik, 10 Oleh-Oleh Khas Tarakan Ini Jangan Lupa!

Terkenal akan Festival Iraw Tengkayu, kota Tarakan hadir menjadi salah satu tujuan wisata menarik saat berada di Kalimantan Utara. Ragam budaya, wisata sampai kuliner menjadi hal yang tidak akan habisnya anda explore saat mengunjungi kota ini. Ada berbagai macam cara yang bisa anda lakukan disini, mulai dari mengunjungi wisata alamnya, berburu kuliner di berbagai tempat makan dan pastinya berbelanja berbagai oleh-oleh khas Tarakan yang unik dan tiada duanya.

Dari sekian banyak anek oleh-oleh khas Tarakan, 10 oleh-oleh wajib ini harus masuk daftar belanjaan anda. Jangan sampai saking sibuknya berwisata belanja tetapi lupa untuk memasukan 10 oleh-oleh ini dalam daftar wajib buah tangan yang harus dibawa pulang. Berikut apa saja daftar oleh-oleh tersebut:

1. Udang Kering

Kota Tarakan memang sebuah pulau yang dikelilingi oleh laut, sehingga tidak heran jika berbagai hasil laut seperti udang, kepiting dan berbagai jenis ikan bisa dengan mudah anda jumpai di kota ini. Oleh sebab itulah, saat berada di Tarakan anda bisa membawa pulang olahan Udang Kering sebagai buah tangan. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Tarakan, Udang kering diolah dengan menggunakan berbagai bumbu khusus dan dikemas dalam wadah berbagai ukuran sehingga cocok dibawa kemanapun dalam jarak tempuh yang jauh.

Udang kering Tarakan
Udang Kering, Foto Oleh Buka Lapak Com

Tidak hanya bercita rasa nikmat, Udang Kering khas Tarakan juga menjadi salah satu komoditas ekspor lho! Karena kualitasnya yang bagus serta awet dan tahan lama. Jadi, saat berada di Tarakan oleh-oleh satu ini harus masuk daftar utama buah tangan yang harus anda beli.

2. Batik Tarakan

Batik Tarakan
Batik Tarakan, Foto Oleh Buka Lapak Com

Tidak hanya berbagai makanan yang bisa anda jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah, Batik Tarakan juga bisa jadi alternatif pilihannya. Merupakan souvenir khas Tarakan, Batik ini memiliki perpaduan warna yang khas dengan motif unik yang cocok dijadikan berbagai model pakaian. Tidak hanya itu, membawa batik sebagai buah tangan pastinya juga ikut melestarikan warisan budaya Indonesia. Jadi kapan lagi bisa ikut berkontribusi melestarikan budaya sekaligus menarik untuk dibagikan kepada sanak saudara, kalau bulan Batik Tarakan ini pilih souvenirnya.

3. Amplang Bandeng

Amplang Bandeng Tarakan
Amplang Bandeng, Foto Oleh Merah Biru News Com

Kota Tarakan memang menjadi salah satu kota penghasil ikan terbesar, salah satunya ikan bandeng. Tidak heran jika berbagai ikan disini disulap menjadi beragam menu d enggan cita rasa nikmat dan menggoda, seperti Amplang Bandeng. Merupakan salah satu alternatif pilihan buah tangan untuk keluarga di rumah, Ampalah Bandeng terbuat dari olahan ikan bandeng dan campuran berbagai bumbu sehingga menghasilkan cita rasa gurih serta aroma yang khas. Lezatnya Amplang Bandeng akan makin terasa menggoda saat disantap bersama saus sambal maupun teman makan berbagai menu masakan. Tertarik membawa oleh-oleh khas Tarakan ini?

4. Peci Khas Dayak

Peci Khas Dayak Tarakan
Peci Khas Dayak, Foto Oleh Ajiman Musdalifah Blogspot Com

Jika biasanya peci berwarna putih atau hitam, maka berbeda dengan oleh-oleh khas Tarakan satu ini, Peci Khas Dayak. Merupakan salah satu pilihan souvenir yang bisa anda bawa pulang sebagai buah tangan. Peci Khas Suku Dayak memiliki keunikan dengan perpaduan warna dan motif yang bervariasi sehingga lebih terlihat menarik jika dipakai. Tidak hanya itu, pastinya cinderamata ini juga tidak bisa anda temukan di tempat lain lho! Jadi, pastikan anda sudah memasukan oleh-oleh khas Tarakan ini sebagai daftar belanjaan wajib sebelum pulang.

5. Ikan Asin Pipih

Ikan Asin Pipih Tarakan
Ikan Asin Pipih, Foto Oleh Buka Lapak Com

Kota Tarakan memang terkenal akan hasil lautnya tidak terkecuali ikan. Salah satu oleh-oleh wajib saat anda berkunjung kesini adalah Ikan Asin Pipih. Ikan Asin Pipih atau sering disebut dengan ikan kerupuk merupakan olahan ikan asin yang terbuat dari ikan jenis pepija yang memiliki tulang lembek tidak keras seperti ikan lainnya serta bercita rasa gurih dan renyah. Ada dua varian olahan Ikan Asin Pipih yang bisa jadi buah tangan untuk keluarga di rumah yaitu ikan asin biasa dan ikan asin lombok bercita rasa pedas. Tertarik untuk membawanya pulang? 

6. Abon Kepiting Soka

Abon Kepiting Soka Tarakan
Abon Kepiting Soka, Foto Oleh Buka Lapak Com

Salah satu olahan ikan yang populer sebagai oleh-oleh adalah Abon Kepiting Soka. Terbuat dari kepiting soka dengan campuran aneka macam bumbu rempah sehingga menghasilkan cita rasa yang gurih dan khas serta aroma yang menggoda. Abon Kepiting Soka dikemas dengan berbagai macam ukuran yang cocok anda bawa kemanapun karena praktis dan tidak perlu memakan banyak tempat. Nikmatnya Abon Kepiting Soka, akan semakin nikmat jika anda menyantapnya dengan nasi hangat sebagai teman berbagai menu makanan. Tertarik untuk membawanya pulang? 

7. Kaltara Fried Crab

Tidak hanya dalam bentuk abon anda bisa membawa olahan kepiting, oleh-oleh khas Tarakan berbahan dasar kepiting juga bisa anda bawa pulang dalam bentuk olahan Kaltara Fried Crab. Merupakan olahan kepiting soka yang mirip dengan ayam krispy dengan taburan wijen diatasnya membuat olahan satu ini memiliki perpaduan cita rasa gurih bakal bikin anda ketagihan. Apalagi dengan tambahan saus sambal? Bikin tidak ingin berhenti mengunyah pastinya. 

Kaltara Fried Crab Tarakan
Kaltara Fried Crab, Foto Oleh Dherdian WordPress Com

Untuk mendapatkan Kaltara Fried Crab sebagai buah tangan, anda bisa membelinya di berbagai toko oleh-oleh di Kota Tarakan, salah satunya di Jalan Cendrawasih. Untuk harganya mulai dari Rp90.000 per porsi dengan isian 8 buah kepiting, cukup mahal memang namun cita rasanya tidak ada duanya. Jika membawa Kaltara Fried Crab sebagai Oleh-Oleh, Jangan lupa untuk menggorengnya terlebih dahulu sebelum menikmatinya ya sobat Kuliner Kota! Karena Kaltara Fried Crab masih dalam keadaan setengah matang saat dikemas.

8. Dodol Rumput Laut Tarakan

Dodol Rumput Laut Tarakan
Dodol Rumput Laut Tarakan, Foto Oleh Blanja Com

Tidak hanya di pulau Jawa yang terkenal akan olahan dodolnya, Kota Tarakan juga punya Dodol Rumput Laut yang memiliki cita rasa yang tidak kalah nikmatnya. Memiliki cita rasa yang unik dan khas dodol rumput laut berbahan dasar rumput laut dengan campuran bahan lainnya serta dikemas dalam kotak yang praktis sehingga tidak memakan banyak tempat saat dibawa pulang sebagai buah tangan. Tidak hanya itu, dodol rumput laut juga dipercaya memiliki kandungan gizi yang baik lho untuk tubuh! Jadi, anda tidak perlu khawatir jika ingin membawanya pulang dalam jumlah yang banyak.

9. Kaos Borneo Indah

Kaos Borneo Indah Tarakan
Kaos Borneo Indah, Foto Oleh Panguntaka Info

Belum sah ke Tarakan kalau belum bawa oleh-oleh satu ini, Kaos Borneo Indah. Merupakan salah satu oleh-oleh khas Tarakan yang bisa anda jadikan souvenir untuk keluarga di rumah. Memiliki desain unik dan motif yang beragam seperti batik maupun icon kota Tarakan dan berbagai desain lainnya, Kaos Borneo Indah cocok dikenakan oleh anak muda untuk melengkapi outfit sehari-hari. Tidak hanya itu, harganya yang terjangkau membuat anda juga tidak perlu khawatir jika ingin membawa pulang dalam jumlah yang banyak. 

10. Tas dan Dompet Etnik

Tas dan Dompet Etnik Tarakan
Tas dan Dompet Etnik, Foto Oleh Pesona Travel

Bagi anda pecinta barang-barang dengan motif etnik, maka melengkapi outfit anda dengan Tas dan Dompet Etnik khas Tarakan bisa jadi pilihan. Merupakan oleh-oleh khas Tarakan, kerajinan tas maupun dompet disini memiliki motif yang unik dan menarik serta berbagai model yang bisa anda sesuaikan dengan selera maupun outfit anda. Tertarik membawanya untuk melengkapi cinderamata setelah berkunjung ke Kota Tarakan?

Berbagai pilihan oleh-oleh khas Tarakan, mulai dari makanan sampai ragam souvenir unik bisa jadi pilihan buah tangan untuk keluarga di rumah. Pastikan anda menyiapkan budget khusus agar bisa membawa pulang semua oleh-oleh Tarakan rekomendasi dari Kuliner Kota diatas ya sobat! Jadikan kenangan momen liburan anda di kota ini lebih meriah dan tidak terlupakan dengan membawa semua ragam oleh-oleh khasnya untuk dibawa pulang ke kampung halaman.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Musim Mudik, 10 Oleh-Oleh Khas Tarakan Ini Jangan Lupa!

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending

    Martabak manis adalah salah satu makanan yang sangat populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu, telur, gula, dan susu. Martabak manis biasanya menggunakan berbagai macam topping, seperti coklat, keju, kacang, dan meses. Jika kamu ingin membuat martabak manis ala rumah, tidak perlu khawatir karena pembuatannya pun mudah, cukup menggunakan teflon saja. Berikut ini […]
    Singkawang merupakan salah satu kota di Kalimantan Barat yang terkenal dengan keragaman budayanya. Keragaman budaya tersebut juga tercermin dalam kuliner khas Singkawang yang beragam. Singkawang merupakan kota yang kaya akan kuliner khas. Kota ini memiliki beragam makanan khas yang turun temurun oleh berbagai budaya, mulai dari budaya Tionghoa, Melayu, dan Dayak. Berikut ini  5 makanan […]