21 Pusat Oleh-Oleh Medan Paling Dicari Wisatawan

Medan Napoleon
Bingung mencari tempat belanja buah tangan ketika berada di Medan? 21 pusat oleh-oleh Medan ini bisa jadi jujugan kamu
Daftar isi

Berkunjung ke Medan, belum sah rasanya ketika tidak membawa pulang oleh-oleh khasnya. Itulah sebabnya ketika kamu bertandang ke Medan, ragam destinasi wisata belanja bisa jadi jujugan kamu untuk memborong buah tangan. Dari sekian tempat belanja oleh-oleh khas, 21 pusat oleh-oleh Medan ini wajib banget untuk kamu kunjungi. Mau tau apa saja tempat oleh-oleh Medan paling recomended ala Kuliner Kota? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Bolu Meranti

Bolu Meranti Medan
Bolu Meranti Medan, Foto oleh Kreasi Nusantara Indonesia Blogspot com

Mau cari tempat oleh-oleh Bolu di Kota Medan? Bolu Meranti bisa menjadi pilihan. Pusat oleh-oleh Medan ini menyediakan berbagai varian rasa bolu gulung mulai dari mocca, nanas, strawberry hingga cappucino serta berbagai produk lain seperti kue sus sampai kopi khas Medan ada di tempat ini. Bolu Meranti berada di Jalan Kruing Simpang Razak No.7C Medan yang buka mulai pukul 07.00 – 20.00 dan memiliki beberapa cabang di Kota Medan. Jika,  kebingungan untuk menemukan Bolu Meranti, gunakanlah Google Maps sebagai petunjuknya.

2. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha Medan
Bika Ambon Zulaikha Medan, foto oleh Mzcard WordPress com

Bika Ambon merupakan makanan khas dari kota Medan yang bisa kamu jadikan sebagai buah tangan ketika berkunjung ke Medan. Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini kamu bisa datang ke salah satu pusat oleh-oleh yaitu Bika Ambon Zulaikha. Tidak hanya Bika Ambon yang bisa kamu temukan di tempat oleh-oleh ini berbagai buah tangan lain seperti Roti, Bolu, Minuman, Cookies, Brownies, Manisan, Teh dan masih banyak yang bisa menjadi pilihan untuk dibawa pulang. Buka pada pukul 06.00 – 21.00 yang berlokasi di Jalan Mojopahit No.70 A, Petisah Tengah, Kec. Medan Petisah, Kota Medan. Jadi, tertarik untuk membeli berbagai oleh-oleh di tempat ini?

3. Toko Nusantara

Toko Nusantara Medan
Toko Nusantara Medan, foto oleh Travel Today Indonesia com

Toko Nusantara merupakan salah satu pusat oleh-oleh favorit di Kota Medan yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Di pusat oleh-oleh satu ini kamu bisa menemukan berbagai oleh-oleh khas Medan mulai dari Teri Medan, Jamur Tiram Coklat, Keripik Lele, Bika Ubi dan berbagai oleh-oleh lainnya. Terletak di Jalan T.Amir Hamzah No.17 yang buka selama 24 jam. Jadi, kapanpun kamu bisa mengunjungi tempat ini tanpa khawatir tutup di jam tertentu.

4. Pusat Pasar Medan

Pusat Pasar Medan
Pusat Pasar Medan, foto oleh Tripadvisor co id

Cari oleh-oleh khas Medan dengan harga yang murah? Pusat Pasar Medan bisa jadi pilihannya. Salah satu pusat perbelanjaan terbesar dan tertua di Kota Medan ini menggabungkan konsep mall dan pasar tradisional dalam satu tempat. Kamu bisa menemukan berbagai macam produk mulai dari pakaian, oleh-oleh khas Medan, Kain Ulos dan berbagai oleh-oleh lainnya dengan harga terjangkau. Buka mulai pukul 07.00 – 18.00 yang berlokasi di Jalan Pusat Pasar, Pusat Pasar, Medan Kota, Kota Medan. Jadi, tunggu apa lagi rasakan sensasi berbelanja dalam satu tempat dan pastinya dengan harga yang murah!

Artikel Terkait

5. Galeri Ulos Sianipar

Galeri Ulos Sianipar Medan
Galeri Ulos Sianipar Medan, foto oleh Medan Wisata com

Ingin lebih mengenal Kain Ulos dan semua yang berhubungan dengan kota Medan? Galeri Ulos Sianipar bisa jadi pilihan pusat oleh-oleh yang bisa kamu datangi. Disini kamu bisa menemukan berbagai pilihan Kain Ulos, Kain Songket, kopi khas Medan, dodol, coklat dan berbagai aksesoris yang dibuat langsung oleh masyarakat Medan. Berada di Gang Pendidikan No. 130, Binjai, Kec. Medan Denai, Kota Medan dan buka mulai pukul 08.00 – 22.00.  Jadi, mari berbelanja Kain Ulos di Galeri Ulos Sianipar sekaligus melestarikan budaya Indonesia!

6. Durian House Medan

Durian House Medan
Durian House Medan, foto oleh Id Open Rice com

Bagi pecinta durian kamu harus datang ke tempat oleh-oleh Medan satu ini. Durian House Medan menyediakan berbagai olahan durian mulai dari pancake durian, bolu durian, dan dodol durian yang memiliki beragam rasa seperti coklat, original dan berbagai pilihan lain. Tentunya rasa durian yang khas tetap terasa dalam setiap olahan yang disajikan di tempat ini. Buka pada pukul 09.00 – 21.00, harga berbagai buah tangan disini dibanderol mulai dari Rp6.000 saja. Berlokasi di Jalan Gajah Mada No. 26, Jalan Sekip No. 67H, Jalan Krakatau No. 43, Medan, kamu bisa mengunjungi tempat ini ketika ingin menikmati ragam olahan durian.

7. Sate Kerang Rahmat Toha

Sate Kerang Rahmat Toha medan
Sate Kerang Rahmat Toha medan, foto oleh Buka Lapak com

Di Kota Medan sate bisa kamu jadikan sebagai salah satu oleh-oleh loh! Penasaran? Kamu bisa datang ke Sate Kerang Rahmat Toha. Olahan seafood berbahan dasar kerang bulu berkualitas dengan ukuran tiga sampai empat kerang dalam satu tusuknya. Sate Kerang Rahmat Toha memiliki tiga varian bumbu mulai dari rasa original, pedas, dan pedas manis yang bisa kamu pilih sesuai selera. Untuk memudahkan kamu membawa pulang Sate Kerang Rahmat Toha, sate ini dikemas dan dimasukkan kedalam kotak yang dilapisi alumunium foil dan daun pisang sehingga bumbu didalamnya tidak akan tumpah. Pusat oleh-oleh Medan ini buka pada pukul 08.00 – 21.00 yang berlokasi di Jalan Kruing No.3D, Sekip, Kec. Medan Petisah, Kota Medan.

8. I Love Medan

I Love Medan
I Love Medan, foto oleh Anneyaa com

Tidak hanya menjual makanan, pusat oleh-oleh Medan yang satu ini bisa menjadi pilihan kamu. I Love Medan namanya menyediakan berbagai produk oleh-oleh khas Kota Medan seperti gantungan kunci, magnet, gelas, tas, kain batik maupun kaos bergambar khas dari kota Medan. Namun jangan lupa untuk menawar saat kamu berbelanja di pusat oleh-oleh ini ya sobat Kuliner Kota! Jika penasaran sensasi belanja dan tawar menawar di tempat ini kamu bisa datang di Jalan Asia No.147-J/169-I, Sei Rengas II, Kec. Medan Area, Kota Medan.

9. Jegez Gallery

Jegez Galery Medan
Jegez Galery Medan, foto oleh Joly Gram com

Membeli oleh-oleh khas sudah menjadi kewajiban bagi kamu yang berkunjung ke Kota Medan. Jegez Gallery bisa jadi salah satu pusat oleh-oleh yang bisa kamu kunjungi. Disana ada beragam variasi dan stok baju dengan gambar maupun tulisan istilah-istilah bahasa gaul anak muda jaman sekarang. Toko  Souvenir yang menjual berbagai oleh-oleh khas Medan seperti kaos, handycraft,  kopi Sidikalang, Kacang Sihobuk dan lainnya, buka di hari Minggu pukul 08.00 – 20.00 sedangkan di hari Senin – Sabtu pukul 09.00 – 20.00. Lokasi tepatnya yaitu berada di  Jalan Setia Budi No. 370, Tj. Sari, Kec. Medan Selayang, Kota Medan.

10. Pajus Padang Bulan Medan

Pajus Padang Bulan Medan
Pajus Padang Bulan Medan, foto oleh Medan Tribunnews com


Ingin berbelanja beragam kebutuhan dengan harga terjangkau? Kamu bisa datang ke Pajus Padang Bulan Medan. Tempat oleh-oleh yang juga terdapat pedagang kaki lima ini bisa menjadi pilihan kamu karena selain untuk membeli oleh – oleh kamu juga bisa berbelanja kebutuhan maupun berwisata kuliner. Terdapat beberapa kios dan bazar yang menjual berbagai aksesoris, kosmetik, makanan maupun yang lainnya. Berlokasi di Jalan Ginting No. 354, Padang Bulan, Kec. Medan Baru, Kota Medan dan buka pada pukul 09.00-19.30. Bisa kamu jadikan salah satu tempat untuk kamu kunjungi saat berada di Kota Medan.

Baca Juga:  Berkunjung ke Solo, Harus Mampir ke 8 Pusat Oleh-Oleh Solo ini!

11. Medan Napoleon

Medan Napoleon
Medan Napoleon, Foto Oleh Ririnanindya Com

Tertarik dengan oleh-oleh Medan yang kekinian, kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh Medan Napoleon. Medan Napoleon menyediakan bolu gulung unik yang patut dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. Tak hanya unik, Bolu gulung disini juga memiliki rasa dan bentuk yang tak biasa. Dimana, kamu akan menemukan bolu berisi kue pastry lezat di tengahnya.

Selain itu, kamu juga bisa memilih berbagai varian rasa mulai dari rasa green tea, banana crazy hingga red velvet. Cukup lengkap bukan? Nah, jika kamu tertarik membeli oleh-oleh ini, kamu bisa datang langsung ke Medan Napoleon di Jalan K.H. Wahid Hasyim Nomor 46/35, Babura, Kecamatan Medan Baru, Medan, Sumatera Utara. Pusat oleh-oleh Medan ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 – 22.00.

12. Awi Coffee

Awi Coffee
Awi Coffee, Foto Oleh Keluyuran Com

Jangan mengaku pecinta kopi jika kamu tidak membawa oleh-oleh kopi saat berkunjung ke Medan. Selain buah durian, kopi juga menjadi komoditi utama yang diburu pelancong. Salah satu toko kopi yang populer di Medan adalah Awi Coffee. Toko ini dikenal menjual berbagai jenis bubuk kopi dengan kualitas terbaik. Kamu bisa menemukan beragam kopi seperti kopi Mandailing, Gayo, Sidikalang dan beragam pilih kopi lainnya. Jika kamu ingin berkunjung kesini, Awi Coffee terletak di Jalan Mojopahit Nomor 75 C, Petisah Tengah, Medan Petisah dan buka setiap hari mulai pukul 09.30 – 18.00. Selain membeli kopi, disini kamu juga bisa memperoleh pengalaman seru tentang cerita dan penjelasan rasa kopi juga loh. Tentunya, makin tertarik bukan untuk mengunjungi tempat ini?

13. Lomang Panas Jaya

Lomang Panas Jaya
Lomang Panas Jaya, Foto Oleh Dimanaja Com

Selain Bika Ambon, Lemong atau Lemang adalah kue tradisional Medan yang juga populer dan patut dijadikan oleh-oleh. Lomang terbuat dari beras ketan yang dicampur santan, digulung dengan daun pisang serta dimasukkan ke ruas bambu. Selanjutnya Lomang dibakar di atas bara api hingga matang. Rekomendasi toko yang menjual Lomang dengan kualitas terbaik adalah UD Lomang Panas Jaya.

Lomang yang dijual ditempat ini mampu bertahan hingga dua hari loh sobat Kuliner Kota sehingga cocok dijadikan buah tangan. UD Lomang Panas Jaya terletak di Jalan Flamboyan Raya Nomor 5C, Tanjung Selamat, Kecamatan Tuntungan, Medan. Kamu bisa mengunjungi toko ini mulai pukul 07.00 – 18.00 setiap harinya. Jadi, tertarik untuk mampir dan memborong buah tangan dari tempat oleh-oleh ini?

14. Toko Sirup Markisa Medan

Sirup Markisa Medan
Sirup Markisa Medan, Foto Oleh Wartakotatravel Tribunnews Com

Sirup Markisa adalah salah satu minuman khas Medan yang cukup terkenal dan layak dijadikan oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke kota ini. Jika kamu hendak membeli Sirup Markisa, toko oleh-oleh Sirup Markisa Medan bisa menjadi pilihan. Sirup Markisa di tempat ini terbuat dari buah markisa asli dan berkualitas.

Dalam pembuatannya pun tidak menggunakan pemanis buatan sehingga rasa manis sirup markisa lebih alami. Jika kamu tertarik membelinya, datang saja ke Toko Sirup Markisa Medan di Jalan Sei Serayu Nomor 103, Tanjung Rejo, Kecamatan Medan Sunggal, Medan. Toko ini buka setiap hari mulai pukul 09.00 – 17.00. Jadi langsung saja berbelanja oleh-oleh minuman khas Medan.

15.  Pasar Ikan Lama / Pajak Ikan Lama Medan

Pasar Ikan Lama/Pajak Ikan Lama
Pasar Ikan Lama/Pajak Ikan Lama, Foto Oleh Wisatamedan Net

Walaupun memiliki nama Pajak Ikan Lama pasar ini menjual kain dan menjadi sentra tekstil di Kota Medan. Dulunya tempat ini menjual ikan laut yang berasal dari Belawan. Namun, seiring berjalannya waktu pasar ini beralih fungsi menjadi pusat penjualan tekstil. Pasar tekstil ini dikenal luas karena harganya yang terjangkau dan berkualitas. Tidak hanya menyediakan berbagai jenis kain, kamu juga bisa membeli pakaian seperti baju, gamis, jilbab, mukenah dan sajadah. Berlokasi di Jalan Perniagaan, Medan, pasar ini buka mulai pukul 09.00 – 18.00. Jadi, ketika kamu ingin membawa buah tangan untuk keluarga di rumah, mampir saja ke pusat oleh-oleh Medan ini.

Baca Juga:  5 Pusat Oleh-Oleh Bontang yang Wajib Dikunjungi

16. Teri Bajak

Teri Bajak
Teri Bajak, Foto Oleh Ccounts Tokopedia Com

Satu lagi pusat oleh-oleh khas Medan yang tidak boleh dilewatkan, yaitu Teri Bajak. Toko ini menjual Teri Bajak berbahan dasar teri medan yang digoreng kemudian dilumuri sambal kering yang menggugah selera. Teri Bajak cocok dimakan dengan nasi hangat atau sebagai camilan teman bersantai. Pusat oleh-oleh di Medan ini berlokasi di Jalan Bajak V Gang Sejahtera Nomor 50 B, Medan Amplas. Kamu bisa mengunjunginya di jam operasional mulai pukul 10.00 – 18.00 pada hari Senin – Sabtu dan Minggu di jam 10.00 – 20.00. 

17. Kawasan Jalan Kruing

Kawasan Jalan Kruing
Kawasan Jalan Kruing, Foto Oleh Medan Tribunnews Com

Pusat oleh-oleh Medan selanjutnya adalah Kawasan Jalan Kruing. Di kawasan ini kamu akan menemukan deretan toko yang menjual berbagai oleh-oleh khas seperti bolu meranti, bika ambon, lapis legit dan manisan jambu. Namun, jangan khawatir disini juga menyediakan berbagai pernak-pernik yang cocok dijadikan pelengkap buah tangan. Jadi, ketika kamu tertarik untuk berburu buah tangan, datang saja ke Kawasan Jalan Kriung buka mulai pukul 08.00.

18. Toko Oleh-Oleh Kualanamu International Airport

Toko Oleh-Oleh Kualanamu International Airport
Toko Oleh-Oleh Kualanamu International Airport, Foto Oleh Kualanamu Airport Co Id

Sebelum meninggalkan kota Medan, oleh-oleh menjadi hal penting yang jangan sampai terlewat. Jika kamu menggunakan transportasi udara untuk berkunjung ke kota ini, pasti kamu akan datang ke Bandara Internasional Kualanamu, bukan? Nah, di bandara ini kamu akan menjumpai banyak pusat oleh-oleh Medan seperti toko Edwin Oleh-Oleh, Rumah Oleh-Oleh, dan toko lainnya. 

Di toko-toko tersebut kamu dapat menemukan berbagai macam oleh-oleh khas Medan mulai dari Bolu Meranti, Dodol, Bika Ambon Zulaikha, kacang sihobung hingga Teri Bajak. Tentunya tempat ini, cocok bagi kamu yang tidak mau ribet keliling Medan atau lupa membeli oleh-oleh. Biasanya toko oleh-oleh di sekitaran bandara buka mulai pukul 08.00 – 20.00. 

19. 17 Vimala Gift Shop

17 Vimala Gift Shop
17 Vimala Gift Shop, Foto Oleh Infowisataid Com

Pusat oleh-oleh Medan yang ini adalah toko souvenir bernama 17 Vimala Gift Shop. Toko buah tangan khas Medan yang menjual berbagai pernak-pernik unik seperti gantungan kunci dan cendera mata khas Suku Batak. Toko ini dapat kamu datangi di Jalan Teuku Umar Nomor 15, Madras Hulu, Medan. Biasanya tempat wisata belanja ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 19.00. Jadi, mau bawa pulang kenangan indah khas Medan, tempat inilah pilihan terbaiknya. 

20. Kawasan Mojopahit Medan

Kawasan Jalan Mojopahit
Kawasan Jalan Mojopahit, Foto Oleh Blogosfera2 Blogspot Com

Selain kawasan Jalan Kruing, di Medan juga terdapat Kawasan Mojopahit yang menjadi pusat oleh-oleh khas Medan. Tempat ini berada di gang dimana terdapat banyak toko yang menjual berbagai jenis oleh-oleh mulai dari bika ambon, lapis legit, bolu gulung, biji kopi, manisan buah serta sirup markisa. Kamu tidak perlu bingung mencari buah tangan karena cukup dengan datang kemari maka dapat memilih oleh-oleh sesuai selera maupun budget. Seperti sebutannya, kawasan Mojopahit ini berlokasi di Jalan Mojopahit, Medan.

21. Manisan Jambu Aguan

Manisan Jambu Aguan
Manisan Jambu Aguan, Foto Oleh Bukalapak Com

Kota Medan juga memiliki manisan unik yang bisa kamu jadikan buah tangan, loh. Salah satu toko yang menjualnya adalah Manisan Jambu Aguan. Seperti namanya, toko ini menjual manisan jambu yang berbahan dasar jambu biji segar. Manisan khas pusat oleh-oleh Medan ini, memiliki cita rasa renyah dan segar. Tentunya buah tangan ini juga bisa bertahan hingga tiga hari. Ketika tertarik mengunjungi, toko oleh-oleh khas Medan satu ini, datang saja ke Jalan Mojopahit Nomor 37 C, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan. Tempat belanja buah tangan ini buka setiap hari mulai pukul 07.30 – 20.00.

Membeli oleh-oleh memang sudah menjadi agenda wajib ketika kamu berkunjung ke suatu daerah. Itulah sebabnya, pandai-pandailah menawar agar mendapatkan buah tangan dengan harga terjangkau dan beragam. Jadi, ketika sobat Kuliner Kota bertandang ke Medan, tertarik memborong buah tangan dari pusat oleh-oleh Medan mana terlebih dahulu?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *