1. Oleh-Oleh Khas

18 Oleh-Oleh Khas Medan yang Kekinian Wajib Dibawa Pulang

Berwisata sekaligus menikmati kuliner saat berada di kota Medan memang hal yang tidak boleh terlewatkan. Cita rasa kuliner yang khas dan beragam wisata menarik akan memuaskan hasrat anda saat berwisata. Namun, tak akan lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas Medan untuk keluarga di rumah. Mau tau apa saja oleh-oleh khas dari Kota Medan yang harus anda bawa pulang? Kuliner Kota punya 18 rekomendasi oleh-oleh Medan untuk anda bawa pulang. Berikut list oleh-oleh wajibnya: 

1. Risoles

Risoles Medan
Risoles Medan, foto oleh Jurnal Asia com

Risoles merupakan salah satu kuliner yang tidak asing saat anda singgah di berbagai macam kota yang ada di Indonesia. Risoles memiliki berbagai isian seperti wortel, tauge, hingga rebung atau isian daging ayam cincang yang dibalut dengan kulit pastry dan tepung panir. Makin lengkap jika anda memakannya bersama saus tauco. Saat berada di Kota Medan Risoles Spesial Gogo bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh untuk anda bawa pulang. Kulit Risoles yang tipis dengan isian yang padat menjadikan anda lebih puas saat menyantap oleh-oleh khas Medan satu ini. Untuk mendapatkannya anda bisa datang di Jalan Mojopahit No.53, Petisah Tengah, Kota Medan. Namun, Jangan lupa untuk memperhatikan jarak tempuh anda karena Risoles tidak bisa bertahan lama hanya dua hingga tiga hari saja!

2. Bolu Meranti 

 Bolu Meranti Medan
Bolu Meranti Medan, foto oleh Idn Times com

Berada di Kota  Medan tak akan lengkap jika anda tidak membawa oleh-oleh yang paling ngehits ini yaitu, Bolu Meranti. Bolu roll dengan tekstur yang lembut dan memiliki berbagai varian rasa mulai dari yaitu keju, coklat, strawberry, mocca, nanas, blueberry, abon dan berbagai varian rasa lain bisa menjadi pilihan untuk anda bawa pulang. Selain itu anda juga bisa menambahkan toping sesuai dengan selera loh! Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Medan ini anda bisa datang ke Jalan Kruing No.2K Kec.Medan Petisah Kota Medan.

3. Pancake Durian

Pancake Durian Medan
Pancake Durian Medan, foto oleh Netral News com

Ingin membawa durian khas Medan dengan cara berbeda? Pancake Durian bisa menjadi pilihannya. Memiliki isian daging durian yang tebal ditambah dengan whip cream menjadikan oleh-oleh satu ini nikmat, lebih berlemak dan bakal bikin anda ketagihan. Anda bisa memilih berbagai varian rasa pada kulit Pancake Durian khas Medan mulai dari original, pandan, strawberry maupun campuran dari beberapa rasa tersebut. Tertarik untuk membawa oleh-oleh Pancake Durian untuk keluarga di rumah? Anda bisa mengunjungi Cafe Durian Maidanii yang terletak di Jalan HM Yamin, Serdang No.121.

4. Teri Medan

Teri Medan
Teri Medan, foto oleh N7n4 WordPress com

Ikan teri sudah tidak asing bagi masyarakat di Indonesia, saat anda berkunjung di Kota Medan Teri Medan bisa jadi salah satu pilihan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Memiliki cita rasa yang  gurih membuat Teri Medan selalu menjadi favorit untuk dijadikan buah tangan. Berbagai pilihan olahan ikan teri mulai mulai dari Teri Medan Sambal Merah, Teri Belah Sambal Merah dan berbagai olahan teri lainnya bisa anda bawa pulang. Anda juga bisa membeli Teri yang masih mentah lho! Dan dikemas dengan aman jadi tidak perlu khawatir saat membawanya pulang. Anda bisa mendapatkan oleh-oleh Teri Medan di Jalan T.Amir Hamzah No.17 (sekitar Jalan Karya menuju kompleks Griya Riatur). Oleh-oleh khas Medan ini bisa bertahan cukup lama yaitu sekitar 2 minggu jadi anda tidak perlu khawatir untuk membawanya dalam jarak yang jauh.

5. Bika Ambon Zulaikha

Bika Ambon Zulaikha Medan
Bika Ambon Zulaikha Medan, foto oleh Buka Lapak com

Pergi ke Medan tak lengkap jika tidak membawa oleh-oleh yang satu ini. Walaupun sudah tersebar di berbagai tempat oleh-oleh lain, Bika Ambon Zulaikha masih tetap menjadi favorit bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Medan. Rasa lezat dan tekstur kenyal yang hadir di Bika Ambon Zulaikha menjadi ciri khas oleh-oleh satu ini. Tak hanya itu, Bika Ambon Zulaikha juga memiliki berbagai varian rasa mulai dari original, keju, moka, pandan maupun pandan keju. Cita rasa yang khas bakal bikin anda ingat momen manis saat berada di Kota Medan. Untuk mendapatkannya anda bisa datang di salah satu outlet Bika Ambon Zulaikha di Jalan Mojopahit No. 62 dan No. 96 DEF.

6. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang Medan
Kopi Sidikalang Medan, foto oleh Pegi Pegi com

Bagi anda pecinta kopi, Kopi Sidikalang khas Medan bisa menjadi pilihan oleh-oleh untuk dibawa pulang. Kopi Sidikalang memiliki ciri khas aroma wangi dan tingkat keasaman yang rendah sehingga cocok dikonsumsi untuk anda yang memiliki penyakit asam lambung yang  tinggi. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Medan satu ini anda bisa membelinya di Jalan Sudirman No.71, Dairi, Sumatera Utara. Pastinya oleh-oleh khas Medan satu ini bisa bertahan lama, jadi anda tidak perlu khawatir untuk membawanya dalam jarak yang jauh.

7. Kain Ulos

Kain Ulos Medan
Kain Ulos Medan, foto oleh Tripadvisor co id

Tak akan lengkap jika datang ke Medan belum membawa oleh-oleh Kain Ulos. Kain Ulos merupakan kain tenun khas Medan yang proses pembuatannya membutuhkan waktu yang cukup lama karena masih menggunakan alat tenun tradisional. Berbagai jenis kain ulos dengan motif yang berbeda-beda bisa menjadi pilihan anda. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Medan satu ini juga sangat mudah karena sudah dijual di banyak pusat oleh-oleh maupun toko kain di seluruh Kota Medan. Namun, untuk harganya cukup mahal karena proses pembuatan Kain Ulos membutuhkan waktu yang cukup lama.

8. Medan Napoleon

Medan Napoleon medan
Medan Napoleon medan, foto oleh Medan Napoleon com

Terdengar dari namanya kue satu ini terlihat unik dan bikin penasaran. Medan Napoleon namanya, kue yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran 25 x 9 cm dengan memiliki lima varian rasa yaitu Banana Crezy, Caramel, Cheese, Green Tea dan Durian. Olahan satu ini terbuat dari puff pastry dalam layer-layer tipis dan diberi selai yang dibalut dengan soft cake. Jika anda ingin membawa oleh-oleh khas Medan satu ini, anda bisa mengunjungi Jalan K.H. Wahid Hasyim No.46/53, Babura, Kec.Medan Baru, Kota Medan. Jangan lupa untuk mengestimasi waktu tempuh ya! Agar Medan Napoleon tetap bisa anda nikmati sampai dirumah.

9. Batik Medan

Batik Medan
Batik Medan, foto oleh harrazle wordpress com

Kebanyakan beberapa daerah di Indonesia mempunyai ciri khas tersendiri dalam motif batiknya. Sama seperti halnya di Kota Medan juga memiliki motif batik yang berupa suku di Sumatera Utara. Motif ini disesuaikan dengan lima etnis Batak di Sumatera Utara yaitu Mandailing, Tapanuli Utara (Toba), Simalungun, Karo, Pakpak Dairi, dan Tapanuli Tengah membuat Batik Medan memiliki ciri  khas tersendiri di setiap motifnya. Anda bisa memilih batik tulis maupun batik cap sesuai selera anda. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas ini anda di seluruh pusat oleh – oleh Kota Medan salah satunya di Jalan Perniagaan No.127, Medan.

10. Ikan Sale

Ikan Sale Oleh-Oleh khas Medan
Ikan Sale medan, foto oleh Travel Tempo co id

Jika di Jawa biasanya terkenal dengan Sale Pisang, Kota Medan mempunyai olahan yang berbeda yakni Ikan Sale. Kata ”Sale“ merupakan cara mengurangi kadar air pada ikan dengan proses penjemuran. Oleh-oleh khas Medan satu ini terbuat dari Ikan Lele Limbat. Tak hanya itu, Ikan Sale juga bisa diolah menjadi gulai khas Mandailing. Tertarik untuk membawa Ikan Sale sebagai buah tangan? Anda bisa datang ke Jalan MT Haryono tepatnya di pusar Central belakang Medan Mall. 

11. Kacang Sihobuk

Kacang Sihobuk Oleh-Oleh khas Medan
Kacang Sihobuk Medan, oleh Pegi Pegi com

Sudah berada di Kota Medan, tapi bingung ingin membeli oleh-oleh apa? Kacang Sihobuk bisa menjadi pilihan bagi anda yang suka ngemil. Kacang ini sebenarnya hampir sama dengan kacang pada umumnya. Bedanya cara pembuatan dari kacang ini yaitu direndam dalam air selama 3-5 jam lalu dijemur dan digongseng dengan pasir dalam kuali menggunakan kayu bakar sampai matang. Berukuran besar dan memiliki tekstur empuk serta rasa yang gurih membuat Kacang Sihobuk cocok menemani waktu santai sore anda. Untuk mendapatkan oleh-oleh Kacang Sihobuk anda bisa datang ke daerah Danau Toba di Desa Sihobuk, Tarutung, Tapanuli Utara.

12. Lapis Legit Medan

Lapis Legit Oleh-Oleh khas Medan
Lapis Legit Medan, foto oleh Indonesia Travel

Siapa yang tidak mengenal Lapis Legit? Kue ini memang banyak digemari oleh masyarakat. Saat anda datang di Kota Medan Lapis Legit Medan wajib anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Perpaduan Lapis Legit yang ditambahkan dengan keju membuat rasa legit dan gurih pada kuliner satu ini. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Medan ini anda bisa datang ke Affinois Medan di Jalan Mojopahit No. 12E Medan. 

13. Roti Ganda Medan

Roti Ganda Oleh-Oleh khas Medan
Roti Ganda Medan, foto oleh Anggitaadwi29 Blogspot

Bingung cari oleh-oleh saat berada di Kota Medan? Roti Ganda Medan bisa jadi pilihan. Jika roti bakar pada umumnya dimasak dengan cara dibakar, berbeda dengan Roti Ganda Medan. Oleh-oleh khas Medan satu ini  tidak dibakar hanya diolesi dengan selai srikaya atau taburan meses. Unik dan pastinya memiliki cita rasa yang bakal bikin anda penasaran. Untuk mendapatkan Roti Ganda Medan anda bisa datang ke di Jalan Sutomo No. 89, Kota Medan. Namun jangan lupa untuk memperhatikan tanggal kadaluarsa dari oleh-oleh khas satu ini ya!

14. Manisan Jambu

Manisan Jambu Oleh-Oleh khas Medan
Manisan Jambu Medan, foto oleh Deliserdang Mall com

Bagi anda pecinta manisan, Manisan Jambu bisa anda bawa pulang untuk oleh-oleh. Manisan Jambu memiliki bahan dasar jambu biji dengan cita rasa enak, renyah, dan segar. Semakin nikmat jika dilengkapi dengan sambal rujak. Untuk mendapatkan Manisan Jambu sebagai oleh-oleh anda bisa datang ke Jalan Kruing No.2G, Sekip, Medan Petisah, Medan. Namun jangan lupa untuk waktu tempuh anda jika ingin membawa pulang oleh-oleh satu ini.

Baca juga : 10 Pusat Oleh-Oleh Medan Terkenal dan Favorit Wisatawan

15. Pia Tamiang

Pia Tamiang Oleh-Oleh khas Medan
Pia Tamiang, Foto oleh Tamiangbapia Com

Salah satu produk pia terlaris di Medan adalah Pia Tamiang. Dulunya kue ini bernama pia Hou Chen yang telah ada sejak 40 tahun lalu. Pia ini dipopulerkan oleh Gwe Yen Huat, yang menjadi keturunan Tionghoa. Pia adalah kue kering yang yang diolah bersama tepung, minyak, dan air kemudian diberi macam-macam perasa. Kemudian adonan pia dicetak dan dioven agar pia bisa tahan lama. Kue ini punya beberapa varian rasa pilihan, mulai coklat hingga kelapa. Jika kamu tertarik dengan pia,kunjungi alamat asalnya di  Jl. Tamiang No. 16. Ajak teman-temanmu juga ya!

16. Lemang 

Oleh-Oleh khas Medan Lemang
Lemang, Foto oleh Emergency-Food-Supply Com

Apakah sobat Kuliner Kota pecinta lontong? Medan punya oleh-oleh yang secara visual mirip dengan lontong. Lemang terbuat dari ketan putih, santan dan garam yang dipadukan lalu dibungkus menggunakan daun pisang. Bahkan ada juga yang memasaknya dengan cara memasukkan adonan Lemang ke dalam bambu. Di Medan, Lemang menjadi sajian wajib saat berbuka puasa, makanan ini bisa menjadi makanan berbuka ataupun sahur. Hal ini karena adanya ketan yang memiliki kandungan karbohidrat, cocok untuk mengganjal perut. Untuk bisa merasakan cita rasa makanan ini, ada baiknya membelinya di Lemang Flamboyan milik pak Nur yang berada di jalan Flamboyan. Harga satu porsinya adalah 25 ribu rupiah. Tunggu apalagi nikmati segera gurihnya nasi lemang,

17. Popia

Popia Oleh-Oleh khas Medan
Popia Medan, Foto oleh Cookpad Com

Popia merupakan jajanan yang hampir mirip seperti lumpia dan sama-sama dibungkus lalu ditambah dengan isian berupa sayuran seperti buncis, daun bawang, wortel, bahkan bengkoang yang diiris tipis-tipis. Kulit pembungkus popia lebih tipis dari lumpia dan akan terasa garing dan renyah saat digigit walaupun sudah dingin. Rasanya yang asin namun ada rasa lainnya kemudian ditambah dengan sambal khas popia yang agak manis membuatnya semakin menarik. Yuk tunggu apa lagi!

18. Kain Ulos

Oleh-Oleh khas Medan Kain Ulos
Kain Ulos, Foto oleh Umkmsumut Com

Jika sudah puas berbelanja makanan, kamu bisa berburu kain tradisional Medan. Kain Ulos adalah kain khas suku Batak yang ditenun dengan motif dan warna tertentu. Kain ini biasa digunakan sebagai selendang, ikat kepala, hingga sajadah. Proses pembuatannya yang detail dan rumit memakan waktu lama untuk merampungkan satu kain ulos. Kain yang memiliki filosofi kasih sayang ini dapat dengan mudah kamu temui di pasar tradisional atau pusat perbelanjaan di Medan, seperti Pasar Sentral, Pasar Petisah, dan toko di sepanjang jalan menuju Danau Toba. Motif-motif yang disediakan oleh penenun ada motif Ulos Ragihotang yang cocok untuk acara pernikahan, Ulos Mangiring untuk pakaian para tetua, Ulos Ragidup yang dijadikan hiasan dinding rumah, dan Ulos Giun Hinar-Haran yang digunakan saat ada kematian. Terakhir ada pola dengan nama Ulos Abit Godang yang memiliki makna pengharapan dan kebahagiaan. Kain ini biasa dibuat dengan tiga warna utama, merah, putih, dan hitam.

Jadi, apakah sudah terpikirkan untuk membawa oleh-oleh khas Medan untuk keluarga di rumah?  Kamu bisa mendapatkan berbagai oleh-oleh dengan cita rasa yang khas dan pastinya sesuai dengan selera anda. Jangan lupa untuk estimasi budget dan waktu tempuh anda! Agar oleh-oleh tersebut tetap nikmat saat sampai di kota asal anda.

baca Juga : 12 Tempat Untuk Kuliner Malam Medan Paling Populer

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 18 Oleh-Oleh Khas Medan yang Kekinian Wajib Dibawa Pulang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending