1. Oleh-Oleh Khas

14 Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian yang Wajib Kamu Beli

Liburan selalu bergandengan erat dengan oleh-oleh. Tidak afdol rasanya jika kembali ke rumah tanpa membawa oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman di kampung halaman. Karenanya, membeli oleh-oleh menjadi salah satu kegiatan wajib yang harus dilakukan sebelum mengakhiri liburan. Di Cirebon sendiri terdapat banyak toko yang menjual oleh-oleh khas Kota Cirebon. Tetapi, tidak semua oleh-oleh yang ditawarkan benar-benar berasal dari Cirebon, ada banyak juga oleh-oleh khas kota lain yang ditawarkan di suatu gerai. Jadi, oleh-oleh khas Cirebon apa yang sebaiknya kita beli? Berikut merupakan ulasan oleh-oleh khas Cirebon apa yang harus anda bawa:

1. Sirup Tjampolay

Jika anda mencari minuman khas Cirebon sebagai oleh-oleh, Sirup Tjampolay bisa menjadi salah satu oleh-oleh yang harus anda bawa pulang. Sirup Tjampolay merupakan minuman khas Cirebon yang konon menggunakan resep turun-temurun yang telah ada sejak tahun 1936. Oleh-oleh khas Cirebon ini tersedia dalam berbagai varian rasa seperti pisang susu, asam jeruk, mangga gedong, melon, dll. Jika anda ingin membeli sirup ini, sangat disarankan untuk membeli varian rasa pisang susu.

Sirup Tjampolay Cirebon
Sirup Tjampolay Cirebon, Foto oleh Traveloka Com

Sirup Tjampolay dikemas dalam botol kaca 630 ml yang dilengkapi dengan label dan tutup segel. Rasa manis oleh-oleh khas Cirebon ternyata berasal dari bahan-bahan alami dan gula murni. Tidak heran jika kualitas rasanya tetap terjaga hingga saat ini.

Jika anda tertarik untuk membawa Sirup Tjampolay sebagai oleh-oleh, anda dapat langsung mengunjungi pusat produksinya di Jl. Elang Raya K No. 11-12. Hanya dengan harga Rp27.500 anda dapat membawa pulang sebotol Sirup Tjampolay sebagai oleh-oleh untuk dinikmati bersama keluarga dirumah.

2. Jeniper

Walaupun tidak benar-benar berasal dari Cirebon, tetapi Jeniper sangat terkenal dan menjadi salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang mudah ditemui. Seperti namanya, Jeniper alias Jeruk Nipis Peras terbuat dari perasan jeruk nipis asli. Bagi anda penyuka rasa asam, Jeniper bisa menjadi buah tangan yang pas setelah bertandang ke Cirebon.

Karena terbuat dari bahan alami, tentunya Jeniper mengandung banyak manfaat bagi tubuh. Vitamin C yang terkandung dalam jeruk nipis bermanfaat untuk menyeimbangkan asam lambung, mengembalikan kebugaran tubuh dan meningkatkan sistem imun. Tidak hanya sampai disitu, serat pangan alami dalam jeruk nipis dapat membantu menurunkan berat badan loh!

Jeniper Cirebon
Jeniper Cirebon, Foto oleh Instagram @jeniper official

Jeniper tersedia juga dalam kemasan botol siap minum yang bisa langsung dinikmati kapanpun dan dimanapun. Tidak perlu khawatir, bagi anda yang tidak begitu menyukai rasa asam, Jeniper juga tersedia dalam kemasan sirup loh! Sirup Jeniper yang dilarutkan dengan air tidak kalah rasanya dengan kemasan siap minum.

Anda dapat menemukan Jeniper dengan mudah di beberapa toko oleh-oleh di Cirebon. Harga yang ditawarkan pun cukup murah yaitu Rp5.000 untuk kemasan siap minum 100 ml, dan Rp25.000 untuk kemasan sirup 360 ml. Tertarik membawa Jeniper sebagai oleh-oleh khas Cirebon?

3. Kerupuk Melarat

Sekilas, Kerupuk Melarat terlihat mirip Kerupuk Upil. Namun, sebenarnya dua kerupuk ini sangat berbeda. Kerupuk Upil tidak menggunakan pewarna sehingga warnanya putih polos dan bentuknya bulat kecil, sedangkan Kerupuk Melarat berwarna ngejreng merah, kuning, hijau atau putih dan ukurannya lebih besar membentuk persegi panjang.

Tonkatsu (sumber The Spruce Eats)
Tonkatsu (sumber: The Spruce Eats)

Rasanya pun bukan hanya asin, ada juga manis, pedas, hingga bawang. Di Cirebon sendiri, kerupuk ini biasanya dinikmati dengan bumbu kacang atau pecel. Mencari cemilan ini sebagai oleh-oleh pun sangat mudah, karena bisa ditemukan di warung-warung kecil hingga supermarket.

Kerupuk ini sangat digandrungi oleh masyarakat dari berbagai kalangan. Ke Cirebon? Tidak lengkap kalau pulang tidak membawa Kerupuk Melarat sebagai oleh-oleh.

4. Batik Cirebon

Oleh-oleh khas Cirebon bukan kuliner saja loh! Cirebon merupakan salah satu dari empat sentra batik di Jawa Barat. Batik Cirebon sendiri termasuk dalam golongan batik pesisir dan juga batik keraton, salah satu yang paling terkenal adalah Batik yang dikerjakan oleh masyarakat dari Desa Trusmi.

Batik Cirebon
Batik Cirebon, Foto oleh Loka Id

Terdapat berbagai motif batik seperti Megamendung, Patran Keris, Singa Payung dan lainnya, yang paling terkenal diantaranya ialah motif Megamendung. Motif ini melambangkan awan pembawa hujan yang melambangkan kesuburan dan pemberi kehidupan.

Anda bisa datang langsung ke Desa Trusmi untuk membeli batik khas Cirebon. Tidak hanya kain, ada juga barang jadi seperti kemeja, rok, gamis, outer, dan lainnya. Anda dapat memilih ukuran dan mengetahui kisaran harga dengan memeriksa website resmi Batik Trusmi sebelum berbelanja.

5. Terasi Udang Cirebon

Sudah sejak zaman dahulu kala Kota Cirebon dikenal sebagai “Kota Udang”. Pastinya oleh-oleh khas Cirebon yang paling tidak boleh anda lewatkan adalah Terasi Udang Cirebon.

Terasi Udang Cirebon
Terasi Udang Cirebon, Foto oleh Informasi Cirebonjeh Blogspot Com

Terasi Udang Cirebon telah banyak dipasarkan ke daerah lain di seluruh Indonesia, tetapi bukankah produk di tempat asalnya lebih terjaga keasliannya? Terasi Udang Cirebon memiliki cita rasa yang telah diwariskan turun-temurun. Dari proses pembuatan hingga pengemasannya masih dilakukan secara tradisional, sehingga kekhasan rasanya masih selalu terjaga.

Baca Juga : Resep Sambal Terasi Enak & Sedap dan Bikin Nagih!

6. Gula Batu Cirebon

Salah satu oleh-oleh khas Cirebon yang tanpa sadar akan anda bawa pulang adalah Gula Batu Cirebon. Selain dapat dikonsumsi sebagai pengganti gula pasir pada kopi dan teh, Gula Batu Cirebon juga dapat digunakan untuk memasak dan jauh lebih hemat penggunaannya apabila dibandingkan dengan jenis gula lainnya.

Gula Batu Cirebon
Gula Batu Cirebon, Foto oleh Buka Lapak Com

Berbeda dengan Gula Batu lain yang biasanya berwarna putih, Gula Batu Cirebon berwarna kekuningan. Mengapa bisa demikian? Tentu saja karena bahan dan proses pembuatannya. Gula Batu khas Cirebon terbuat dari sari tebu asli dan tidak ditambahkan pemutih, sehingga warnanya pun masih cenderung kekuning-kuningan.

Pada satu sisi, kebaikan Gula Batu adalah jauh lebih mudah diubah menjadi energi oleh pankreas. Jika 1/2 sendok makan gula pasir baru menjadi energi setelah 140 menit, pankreas dapat mengubah 6 sendok makan gula batu dalam waktu yang sama. Jauh lebih sehat daripada gula pasir bukan?

7. Kerupuk Lambak

Kerupuk Lambak
Kerupuk Lambak, Foto oleh Jejakpiknik Com

Salah satu kerupuk yang wajib kamu coba saat berkunjung ke Cirebon adalah krupuk lambak. Kerupuk ini mirip dengan kerupuk kulit pada umumnya. Kerupuk ini biasanya sangat mudah untuk ditemui di warung makan sepanjang kota cirebon. Kerupuk Lambak mempunyai rasa yang sangat gurih, selain itu harganya juga sangat terjangkau.

8. Tape Ketan

Tape Ketan Cirebon
Tape Ketan, Foto oleh Brisik Com

Tape merupakan makanan hasil fermentasi yang memiliki rasa istimewa. Tape yang menjadi oleh-oleh khas Cirebon ini terbuat dari ketan yang difermentasi menggunakan ragi kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Selain rasanya manis, tape ini juga terasa agak asam. Kamu bisa menjumpai tape ini di pasar tradisional, selain itu juga banyak dijumpai di pusat oleh-oleh. Harganya yang terjangkau membuatmu bisa membawanya sebagai oleh-oleh orang terdekat.

9. Kue Gapit

Kue Gapit
Kue Gapit, Foto oleh Liputan6 Com

Buah tangan lainnya yang wajib kamu beli saat berada di Cirebon adalah kue Gapit. Kue berbahan dasar tepung tapioka ini rasanya sangat khas. Bentuknya sangat tipis dan teksturnya juga renyah. Kue ini dapat dijadikan kudapan saat berkumpul dengan keluarga. Kue yang memiliki harga sangat terjangkau ini memiliki berbagai varian rasa seperti balado, rasa bawang, rasa udang, rasa kacang dan madu sehingga kamu bisa memilih mana yang kamu suka. Sesuai dengan namanya, kue Gapit diolah dengan cara dipanggang menggunakan dua lempengan besi yang sudah dipanaskan terlebih dahulu. Bagaimana, tertarik untuk mencicipinya?

10. Rengginang

Rengginang
Rengginang, Foto oleh Bp-guide Com

Camilan yang satu ini terbuat dari nasi atau ketan yang memiliki rasa gurih dan renyah saat dimakan. Kini, Rengginang sudah berinovasi dan dibuat dalam banyak rasa yang unik. Ada rasa udang, keju, hingga terasi yang bisa kamu pilih. Harga rengginang ini sangat terjangkau dan hanya berkisar Rp15.000 – Rp50.000. Murah sekali bukan?

11. Keripik Tempe Sagu

Keripik Tempe Sagu
Keripik Tempe Sagu, Foto oleh Cookpad Com

Untuk penggemar makanan gurih dan renyah tentunya jangan sampai melewatkan Keripik Tempe Sagu ini. Yang membedakan keripik tempe ini dengan lainnya adalah lapisan sagu pada tempenya, yang membuat tekstur keripik ini menjadi jauh lebih renyah. Jika tertarik untuk membeli keripik sagu ini kamu hanya perlu untuk menyiapkan uang sebesar Rp25.000 saja untuk satu kemasannya. Keripik ini juga tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai dari rasa keju, pedas, hingga sapi panggang.

12. Emping Bumbu

Emping Bumbu
Emping Bumbu, Foto oleh Detiktravel Com

Olahan dari melinjo ini merupakan salah satu makanan yang diburu untuk dijadikan oleh-oleh. Tidak seperti emping pada umumnya, emping bumbu ini sudah mengalami improvisasi dengan berbagai rasa. Daripada bingung memilih emping yang siap makan atau yang masih mentah, membeli kedua emping ini juga boleh. Khusus emping yang siap makan, terdapat beberapa pilihan rasa yaitu bumbu manis, asin, udang, sampai rumput laut. Harganya pun terjangkau dengan berkisar antara Rp20.000 -Rp 50.000 saja.

13. Atom Cirebon

Atom Cirebon
Atom Cirebon, Foto oleh Java-travel Com

Jangan sampai lupa untuk mencicipi kudapan ini saat berkunjung ke Cirebon. Memang sekilas akan terlihat seperti bakpia Jogja, tapi jangan sampai salah. Atom Cirebon ini berbeda dengan bakpia Jogja. Karena tidak ingin tertinggal zaman, kue ini menyajikan lebih banyak pilihan rasa. Selain rasa original, kamu bisa memilih rasa coklat, vanilla, durian dan lainnya. Harga yang ditawarkan beragam sesuai dengan kualitas dan varian rasa yang dipilih. Pastinya, kudapan ini sangat cocok bagi sobat Kuliner Kota pecinta jajanan yang manis-manis.

14. Petis Udang

Petis Udang
Petis Udang, Foto oleh Tokopedia Com

Olahan udang selain terasi yang patut kamu beli selanjutnya ialah Petis Udang khas Cirebon. Kalau kamu sudah bosan dengan sambal kacang atau varian sambal lainnya, petis udang ini bisa dijadikan pilihan untuk pengganti cocolan makanan kamu. Kamu tidak akan kesusahan jika ingin mencari petis ini, karena petis ini banyak tersedia di pusat oleh-oleh Cirebon. Sensasi udang yang bercampur dengan manis dan pedas membuat kamu tidak boleh melewatkan oleh-oleh wajib ini saat mampir ke Cirebon.

Setelah mengetahui berbagai oleh-oleh khas Cirebon, terasa sayang jika pulang tanpa membawa beberapa diantaranya bukan? Sisihkan sedikit waktu anda dan coba berkeliling mencari berbagai buah tangan unik untuk keluarga dan teman-teman. Anda pasti dapat menemukannya dengan mudah di setiap sudut Kota Cirebon.

Baca Juga : 18 Tempat Makan di Cirebon Paling Enak dan Murah

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 14 Oleh-Oleh Khas Cirebon Kekinian yang Wajib Kamu Beli

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending