Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

21 Oleh-Oleh Khas Bali, Incaran Favorit Wisatawan yang Wajib Dibeli

8 min read

Kacang Disco

Pulau Bali memiliki berbagai wisata alam dan budaya yang mendukung tempat ini untuk menjadi destinasi paling recomended untuk berwisata. Tak hanya memuaskan kerinduan untuk berlibur, berbagai wisata kuliner, dan oleh-oleh khas bali juga siap untuk memanjakan lidah dan kantong anda. Tak heran jika Bali selalu menjadi pusat tujuan berliburnya para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Jauh-jauh datang ke Pulau Bali tak lengkap rasanya jika buah tangan khas Bali tidak menjadi prioritas anda untuk dibeli dan dibawa pulang. Tidak hanya Pie Susu yang terkenal dan menjadi oleh-oleh khas Bali, masih banyak oleh-oleh lainnya yang nggak kalah nikmat dan bakal bikin anda sah sudah berlibur ke Pulau Bali. 21 ragam oleh-oleh khas Bali ini wajib anda bawa pulang biar liburan ke Bali semakin terasa lengkap. Yuk, cek apa saja oleh-olehnya!

1. Pie Susu

Jika anda berlibur ke Pulau Bali, Pie Susu menjadi oleh-oleh yang paling menjadi primadona untuk dibawa pulang. Pie yang berbentuk ceper dengan tekstur bagian pinggirannya agak keras dan pada bagian tengahnya diberi fla susu yang rasanya creamy membuatnya memiliki cita rasa manis dan legit yang pecah di mulut. Selain rasanya yang nikmat, Pie Susu memiliki daya tahan sekitar tujuh hari, jadi cocok untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Berbagai varian rasa mulai dari original yang dilengkapi dengan beraneka topping seperti keju, almond, choco chips dan kismis membuat Pie Susu ini makin lezat dan nikmat rasanya. 

Pia Susu khas Bali
Pia Susu khas Bali, Foto oleh Uniliver Food Solution Co Id

Jika anda datang ke Bali, salah satu merek Pie Susu yang terkenal enak yaitu “Pie Susu Asli Enak”. Toko pusatnya dari Pie Susu ini berada di Jalan Nangka Selatan Nomor 163, Denpasar, Bali. Tapi jangan kaget ya! Karena terkenal enak, Pie Susu ini selalu ramai pembeli, jadi anda harus bersabar antri untuk membelinya ya!

2. Pia Legong

Jika anda bisa mendapatkan Pie Susu dengan mudah untuk oleh-oleh keluarga di rumah, namun berbeda dengan Pia Legong. Pia yang terkenal memiliki cita rasa nikmat dan limited karena hanya akan dibuat dan dijual di hari yang sama sehingga bisa dipastikan bahwa anda harus berebut dan antri untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bali satu ini. Memiliki tekstur kulit pia yang tebal dan renyah di bagian luar serta berbagai varian isian mulai dari keju, coklat dan kacang hijau membuat Pia Legong nikmat dan pastinya bikin anda ketagihan. Bisa bertahan selama tujuh hari menjadikan anda tidak perlu khawatir membawa oleh-oleh ini untuk keluarga di rumah. 

Pia Legong khas Bali
Pia Legong khas Bali, Foto oleh Cook Pad Com

Jika anda ingin mendapatkan oleh-oleh khas Bali satu ini datanglah ke Ruko Kuta Megah No. 15, Jl. By Pass Ngurah Rai, Tuban, Kuta Bali. Perlu diingat toko ini tidak membuka cabang jadi bisa dipastikan sangat antri, jika tidak ingin mengantri anda disarankan untuk memesan satu hari sebelumnya.

3. Mukena Bali

Mukenah Oleh-oleh khas Bali
Mukenah Bali, Foto oleh Gudang Mukenah Com

Tidak hanya makanan yang memiliki cita rasa nikmat yang bisa anda bawa pulang, bagi seorang muslim anda wajib membawa oleh-oleh khas Mukena Bali untuk keluarga di rumah. Mukenah Bali terbuat dari rayon, sehingga lebih terasa nyaman jika dipakai. Selain itu, dengan motif kupu-kupu, bunga, tumbuhan, dan lain-lain makin menarik dan terlihat indah saat digunakan. Jadi tak heran jika Mukena Bali menjadi salah satu oleh-oleh favorit untuk keluarga di rumah. Untuk mendapatkan Mukena Bali anda bisa datang di pasar tradisional bali atau di tempat khusus yang menjual mukenah di Bali, seperti Sentra Mukena Bali.

4. Tas Rotan

Tas Rotan khas Bali
Tas Rotan khas Bali, Foto oleh Toko Kinanti Com

Bagi anda penyuka fashion, Bali juga punya Tas Rotan yang bisa menjadi oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah maupun melengkapi penampilan anda. Terbuat dari rotan dengan bermacam model, bentuk dan ukuran membuat Tas Rotan sangat recomended untuk anda bawa pulang. Selain anda juga bisa dengan mudah mendapatkan oleh-oleh khas satu ini, cukup datang ke pasar Ubud atau Sukowati maka anda bisa memilih berbagai Tas Rotan sesuai keinginan dan selera. Jadi, membuat tampilan anda pastinya akan lebih kece jika menggunakan tas ini sebagai pelengkapnya.

5. Batik Bali

Batik khas Bali
Batik khas Bali, Foto oleh Info Batik Id

Tidak hanya Pekalongan saja yang punya oleh-oleh khas batik, tetapi di Bali juga ada. Jika anda sering menjumpai motif batik satu corak seperti tradisional saja, maka di Bali memiliki corak khusus yaitu memadu padankan antara corak modern dan tradisionalnya. Unik, cantik dan pastinya menarik saat digunakan. Jika anda ingin membeli Batik Bali yang sudah dijadikan baju, dress atau yang lain, kalian bisa langsung membelinya di beberapa toko tradisional Bali salah satunya di Batik Galuh Bali yang berada di Desa Batubulan Kecamatan Sukawati. Tertarik untuk membawa pulang oleh-oleh khas Bali ini?

6. Udeng Bali

Udeng khas Bali
Udeng khas Bali, Foto oleh Id Carousell Com

Sering melihat para laki-laki adat Bali menggunakan Udeng di kepala saat acara keagamaan? Kini Udeng Bali bisa menjadi oleh-oleh khas yang bisa anda bawa pulang. Terbuat dari kain dengan ukuran panjang kurang lebih sekitar setengah meter dengan berbagai corak membuatnya terlihat unik jika digunakan dan pastinya cocok untuk menjadi oleh-oleh keluarga di rumah. Kini anda bisa mendapatkan Udeng Bali dengan mudah di beberapa toko pusat oleh oleh khas Bali baik pasar tradisional maupun pasar modern. Tertarik untuk membawa salah satu bagian dari pelengkap baju tradisional khas Bali ini?

7. Kacang Koro

Kacang Koro khas Bali
Kacang Koro khas Bali, Foto oleh Omiyago Com

Bali juga punya oleh-oleh khas yang berbeda dan pastinya memiliki cita rasa yang nikmat, Kacang Koro. Jika biasanya kacang koro berbentuk tebal, namun kacang koro bali cenderung berukuran kecil dan tipis. Oleh karena itu, kacang ini sangat cocok untuk menemani perjalanan anda pulang maupun sebagai teman ngopi santai saat berada di rumah. Untuk mendapatkan oleh-oleh satu ini pun cukup mudah, karena kacang koro di jual di semua pusat oleh-oleh yang ada di Bali. Jadi, tertarik untuk membawa oleh-oleh khas Bali ini sebagai camilan di rumah? 

8. Kacang Disco

Kacang Disko khas Bali
Kacang Disko khas Bali, Foto oleh Cookpad Com

Ada satu lagi kacang khas Bali yang bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah, Kacang Disco. Kacang Disco merupakan kacang yang dilapisi dengan tepung yang dicampur dengan telur dan bumbu khusus dengan beberapa varian rasa seperti keju, pedas, ayam betutu, rendang, pedas manis dan masih banyak lagi. Pastinya Kacang Disco bisa bertahan dalam jangka waktu lama, jadi cocok buat oleh-oleh keluarga di rumah. Saat di Bali anda wajib mencoba salah satu merek Kacang Disco yaitu Rajawali yang sudah terkenal nikmat dan pastinya bikin anda nagih. Cocok sebagai teman nonton film maupun nugas di rumah, jadi oleh-oleh ini wajib masuk daftar oleh-oleh yang wajib anda beli.

9. Kaos Joger

Kaos Joger Oleh-oleh khasBali
Kaos Joger Khas Bali, Foto oleh Instagram Com

Oleh-oleh khas Bali satu ini selalu menjadi primadona untuk dibawa pulang, Kaos Joger. Kaos khas Bali yang terkenal karena kata-katanya yang unik dan kritis sehingga wisatawasan dibuat penasaran dengan berbagai tulisan-tulisan yang terpampang pada kaos. Selain tulisannya yang unik, pastinya kaos ini juga nyaman dipakai dan harganya cukup murah mulai Rp100.000 saja. Untuk bisa mendapatkan oleh-oleh khas Bali yang pastinya unik, awet dan tahan lama ini anda bisa datang ke pusat oleh-oleh Joger di daerah Kuta. Jangan sampai kalap ya! Soalnya barang-barang disini unik-unik dan pastinya lucu.

10. Kain Pantai

Kain Bali khas Bali
Kain Bali khas Bali, Foto oleh Instagram Com

Pulau Bali terkenal memiliki banyak pantai dengan pemandangan menarik dan eksotis, Kain Pantai pastinya menjadi salah satu outfit untuk melengkapi penampilan saat berlibur ke pantai. Kini, Kain Pantai tersebut juga bisa menjadi oleh-oleh untuk keluarga di rumah loh!  Terbuat dari bahan yang dingin dengan warna yang cerah dan dipadukan dengan motif bunga-bunga membuat sangat menarik serta nyaman saat digunakan. Biasanya berukuran 10 cm x 110 cm, selain itu juga bisa anda gunakan sebagai selimut di siang hari yang cuacanya panas agar tetap sejuk tanpa merasa gerah. Cocok bukan untuk menjadi oleh-oleh untuk keluarga tersayang? Untuk mendapatkannya anda bisa datang ke pasar tradisional maupun pasar modern di seluruh Pulau Bali.

11. Baju Barong

Baju Barong khas Bali
Baju Barong khas Bali, Foto oleh Elevenia Co Id

Tidak hanya Kaos Joger yang bisa anda bawa pulang untuk keluarga di rumah, Baju Barong pun juga wajib menjadi oleh-oleh khas yang tak boleh terlewatkan. Baju Barong yang memiliki corak bergambar kepala barongsai sehingga memberikan kesan kasual unik dan pastinya nyaman saat dikenakan. Baju Barong ini cocok dipakai untuk bersantai saat di rumah atau pergi ke Pantai. Jika, anda ingin mendapatkan  Baju Barong dengan harga murah anda bisa membelinya di Pasar Sukawati atau pasar-pasar tradisional lain. Jangan lupa untuk menawarnya ya! Agar bisa mendapatkan kaos Barong dengan harga yang sesuai dengan kantong anda.

12. Salak Bali

Salak Bali
Salak Bali, Foto oleh Baleudang Com

Tidak hanya Jogja yang terkenal dengan salak pondohnya, Bali juga terkenal dengan oleh-oleh khas Salak Bali yang memiliki 2 jenis rasa yaitu salak biasa yang rasanya kecut dengan tekstur isi daging buah tebal dan salak gula pasir yang rasanya manis dengan tekstur isi daging buah lebih tipis dari Salak Bali biasa. Oleh-oleh khas Bali satu ini pastinya bisa anda dapatkan dengan mudah di pasar-pasar tradisional Bali seperti Pasar Sindhu, Sanur, Denpasar dan lain-lain. Untuk harga yang ditawarkan pun cukup murah sekitar Rp18.000/kg jika musim panen tetapi saat tidak musim panen harganya bisa mencapai Rp60.000 sampai Rp90.000 per kilonya. Tertarik untuk membawa oleh-oleh Salak Bali sebagai buah tangan orang tersayang di rumah?

13. Kopi Kintamani

Kopi Kintamani Bali
Kopi Kintamani Bali, Foto oleh Kintamani Com

Bagi anda penikmat kopi, Kopi Kintamani wajib menjadi oleh-oleh khas Bali yang harus anda bawa pulang. Kopi Kintamani tergolong kedalam jenis kopi arabika yang dibudidayakan di daerah Kintamani, Pulau Bali. Kopi ini cocok bagi penyuka kopi dengan rasa yang ringan. Agar makin terasa nikmat saat menyeduhnya anda bisa menambahkan rasa jeruk ketika menikmatinya. Aroma yang khas dan rasanya yang nikmat bakal bikin anda tidak ingin berhenti untuk menyeduhnya. Untuk mendapatkan oleh-oleh ini anda bisa membelinya dengan mudah di pusat oleh-oleh di seluruh Pulau bali. Jadi, bagaimana? Anda tertarik membeli Kopi Kintamani ini sebagai oleh-oleh? 

Baca Juga : Kuliner-kuliner Lezat Khas Bali

14. Pia Eiji

Pia Eiji
Pie Eiji, Foto oleh Tokopedia Com

Selain Pie Legong, ada pula Pie Eiji yang tak kalah terkenal di Bali. Cita rasanya hampir mirip dengan pie lain yang dijual di Bali. Varian rasa yang disediakan Pie Eiji, ada coklat, keju, dan kacang hijau. Kamu bisa membeli Pie Eiji di beberapa outlet, salah satunya di Jalan Raya Kuta Nomor 93A, Badung, Bali.

16. Kerajinan Perak Celuk

Perak Celuk
Perak Celuk, Foto oleh Ksmtour Com

Bali juga punya kerajinan perak yang tak kalah cantik dengan kerajinan lainnya. Tempat produksinya di Desa Celuk, Bali. Desa ini telah memproduksi coklat sejak tahun 1975 hingga saat ini. Kerajinan perak yang diproduksi di Celuk bermacam-macam. Mulai dari aksesoris seperti gelang dan kalung sampai perabot rumah tangga seperti sendok dan wadah. Jika kamu tidak memiliki banyak waktu untuk berkunjung ke Desa Celuk, kamu masih bisa berburu kerajinan perak di area Pasar Sukawati dan Pasar Nusa Dua. Harga yang dipatok beragam, tentunya sesuai dengan kualitas barang.

17. Coklat Krakakoa

Coklat Krakakoa
Coklat Krakakoa, Foto oleh Kumparan Com

Siapa yang dapat menolak manis dan legitnya coklat. Nampaknya sulit sekali menemukan orang yang tidak doyan dengan coklat. Apalagi sentuhan rasa pahit yang khas dari coklat dapat membuat orang tidak rela menolaknya. Bali memiliki olahan khas dari bahan dasar coklat. Selain dapat dibawa pulang untuk oleh-oleh, beberapa tempat produksi coklat olahan mengizinkan wisatawan untuk melihat proses produksi coklat Bali secara langsung. Krakakoa termasuk salah satu coklat terkenal bahkan di kancah mancanegara. Varian jenis coklat ini, yaitu flavoured bars, single origin bars, chocolate bark, dan gourmet nibs. Sedangkan untuk cita rasanya terdiri dari; chili dark chocolate, sea salt & pepper dark chocolate, cinnamon dark milk chocolate, ginger dark milk chocolate, dan creamy coffee milk chocolate. Kamu bisa membeli produk coklat olahan ini di Ubud Raw Coklat Factory, Heavenly Coklat Bali, dan Pod Chocolate Factory. Bagi kalian yang muslim, jangan lupa untuk selalu memeriksa logo halal MUI pada kemasan.

18. Bali Banana

Bali Banana
Bali Banana, Foto oleh Subbali Com

Untuk kamu yang mencari oleh-oleh kekinian di Bali, maka kue Bali Banana bisa menjadi pilihanmu. Kue ini berupa bolu pisang bertekstur lembut yang lumer di mulut. Rasanya tidak kalah dengan kue-kue artis yang sedang hits saat ini. Ada empat varian rasa Bali Banana yang dapat kamu nikmati, yaitu original, choco banana, blueberry, dan cheese. Harganya pun cukup terjangkau, mulai Rp40.000 hingga Rp50.000 untuk satu kotaknya. Kamu bisa menemukan Bali Banana di Jalan Dewi Sri Nomor 45 B, Kuta, Kabupaten Badung.

19. Garam Bali

Garam Bali
Garam Bali, Foto oleh Kompasiana Com

Bukan garam dapur biasa, oleh-oleh khas Bali ini bisa dibilang sangat premiun karena diproses melalui gabungan antara pola petani garam dengan pengemasan yang lebih higienis. Garam Bali ini juga lebih kaya manfaatnya dari garam laut dari daerah lain. Untuk harganya, Garam Bali jelas lebih mahal daripada garam biasanya. Setiap 50 gramnya dijual dengan harga Rp29.000 dan Rp315.000 per satu kilogramnya. Salah satu sentra industri garam yang sudah banyak mengekspor garam ke negara lain adalah sentra industri yang bernama Garam Laut Bali. Garam yang dijual disini sangat unik, ada garam Pyramidion bentuknya simetris menyerupai piramid, laut bali dice dan laut bali snow yang seperti salju. Jika tertarik untuk membelinya kamu bisa langsung datang ke Jalan By Pass Ngurah Rai Nomor 208X, Denpasar, Bali.

20. Kacang Cap Matahari

Kacang Cap Matahari
Kacang Cap Matahari, Foto oleh Piesusubliman Com

Kacang Matahari terbuat dari kacang tanah yang memiliki rasa gurih dan renyah. Kacang ini tergolong sangat laris dan banyak diborong oleh para wisatawan lho. Karena rasanya yang nikmat serta harganya yang ramah di kantong membuat kacang ini banyak diminati oleh para pelancong. Kacang ini merupakan salah satu produk kacang dengan kualitas terbaik dan pastinya membuat kamu ketagihan.

21. Bagiak Bali

Kue Bagiak Bali
Kue Bagiak Bali, Foto oleh Kumparan Com

Ternyata Bali juga memiliki camilan berbahan dasar sagu yang cocok banget untuk kamu jadikan teman bersantai. Rasanya manis namun tidak terlalu kuat, cukup mirip seperti camilan bage khas Kalimantan. Teksturnya renyah karena camilan ini dibuat dengan cara dipanggang. Kue bagiak dibuat dari rempah-rempah seperti kayu manis dan cengkeh, sehingga membuat kudapan ini beraroma harum dan memiliki cita rasa khas. Untuk mendapatkan oleh-oleh khas Bali ini mudah saja, banyak sekali toko oleh -oleh yang menjualnya dengan kemasan yang sudah modern. Jadi, banyak pelancong yang menjadikan cemilan lezat ini sebagai buah tangan saat mereka tengah berpelesir di Bali. Salah satu merek bagiak favorit para wisatawan yakni Bali Jejeg. Ada 4 varian rasa yang bisa kamu pilih, pandan, original, nangka dan stroberi. Sekotak bagiak bisa kamu peroleh dengan harga Rp15.000. Cukup murah bukan?

Jadi, sudah menentukan oleh-oleh khas Bali apa untuk keluarga di rumah? Berbagai oleh-oleh tersebut memang sangat nikmat dan pastinya bakal bikin anda merasakan kalau sudah berkunjung ke Pulau Bali. Namun perlu diingat, belilah oleh-oleh yang sesuai dengan budget anda, dan jangan lupa untuk perhatikan waktu terkait daya tahan dari oleh-olehnya ya! Satu lagi, ingat juga estimasi berat oleh-oleh yang akan anda bawa pulang ya, agar beratnya tidak melebihi bobot koper anda. Selamat berlibur dan berbelanja oleh-oleh di Pulau Bali!

Last Updated on September 23, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

2 Replies to “21 Oleh-Oleh Khas Bali, Incaran Favorit Wisatawan yang Wajib…”

  1. Rekomendasinya mantap bisa menjadi referensi saat berkunjung ke Pulau Bali 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *