Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Resep Sayur Lodeh, Masakan Bersantan Yang Enak

2 min read

Sayur Lodeh

Bagi kalian pecinta olahan sayur dan masakan bersantan, maka membuat sayur lodeh di rumah bisa jadi salah satu pilihan. Sayur lodeh tidak hanya menjadi kuliner praktis yang punya cita rasa lezat dan menggoda, tapi juga menjadi makanan khas Indonesia yang syarat akan makna. Untuk itu, bagi kalian yang ingin mencoba mengkreasikan menu makanan sayur lodeh, Kuliner Kota punya resep sayur lodeh sederhana ala rumahan yang bisa kalian coba. Pastinya dengan bahan-bahan sederhana dan murah meriah, jadi tunggu apa lagi, yuk coba kreasikan resep sayur lodeh ala Kuliner Kota ini.

Asal Usul Sayur Lodeh

Menjadi salah satu makanan yang akrab di telinga berbagai kalangan, sayur lodeh sebenarnya sudah populer sejak zaman Hindia-Belanda. Merujuk pada buku yang berjudul kuliner Hindia Belanda 1901 – 1942, ternyata sayur lodeh sudah ada sejak zaman kolonialisme. Dalam buku tersebut dijelaskan para koki pribumi memasak aneka masakan salah satunya sayur lodeh. Namun sayur lodeh yang dimasak kala itu masih terpengaruh dengan kebiasan orang Eropa.

Sumber lain mengatakan bahwa asal usul lodeh dimulai berabad-abad lalu, dimana para pasukan Mataram menyerang penjajah di Batavia dan Sultan Agung berupaya menarik pasukan, namun ternyata usahanya gagal. Hingga akhirnya Belanda mengancam para juru masak untuk tidak memberikan makanan kepada para tentara dan Sultan Agung hingga membuat para tentara Mataram kelaparan

Hingga, para tentara Mataram berinisiatif untuk memasak dan mencampurkan segala macam bumbu yang ada. Karena memiliki rasa yang enak, hingga para tentara bertanya apa nama sayur ini, dan mereka menjawab “terserah lo deh” hingga akhirnya mereka memberi nama sayur ini menjadi Sayur lodeh. 

Resep Sayur Lodeh

Setelah kita mengetahui tentang keunikan asal usul sayur lodeh, selanjutnya yuk kreasikan resep sayur lodeh ala Kuliner Kota di rumah. Pastinya sederhana, nikmat dan bakal menggugah selera. Untuk itu, persiapkan bahan-bahannya dan baca lengkap cara membuat sayur lodeh terong dan campuran sayuran lainnya di bawah ini.

Bahan Untuk Membuat Sayur Lodeh

Resep Sayur Lodeh
Resep Sayur Lodeh, Foto Oleh Radar Kediri Jawa Pos Com
  • Tewel/ nangka muda/ kluwih, potong sesuai selera,
  • 8 Buah kacang panjang, potong sesuai selera,
  • 1 Buah terong, potong lalu tiriskan,
  • 65 Ml santan cair,

Bumbu Iris Sayur Lodeh

  • 4 Potong tempe, iris sesuai selera,
  • 4 Cabai hijau,
  • 1 Ruas jari laos,
  • 1 Buah tomat, potong sesuai selera,
  • 2 Lembar daun salam.

Bumbu Halus Sayur Lodeh  

  • 2 Buah cabai merah,
  • 3 Siung bawang putih,
  • 7 Siung bawang merah,
  • ½ Sendok teh terasi,
  • 1 Sendok teh ketumbar bubuk,
  • 3 Butir kemiri.

Cara Membuat Sayur Lodeh

  1. Haluskan, 2 cabai merah, 3 siung bawang putih, 7 bawang merah, ½ sendok teh terasi, 1 sendok teh ketumbar dan 3 butir kemiri. Kemudian tumis sampai harum,
  2. Masak sayur-sayuran yang sudah dipotong bersama santan cair sampai setengah matang,
  3. Masukkan bumbu halus dan bumbu iris,
  4. Tambahkan gula, penyedap rasa dan sedikit santan kental,
  5. Angkat dan sajikan bersama nasi hangat.

Bagaimana, mudah bukan? Selain mudah, resep sayur lodeh diatas juga cocok dijadikan lauk untuk makan siang. Tidak cukup sampai disitu, kamu hanya perlu menyiapkan budget sekitar Rp25.000 saja, untuk menghasilkan sayur lodeh 3 – 4 porsi. Dan untuk waktu memasaknya sendiri 20 menit – 25 menit saja. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan aneka sayuran lain sesuai selera. Jadi, mau mengkreasikan resep sayur lodeh di rumah?

Baca Juga : Resep Bakso

Kandungan Gizi Sayur Lodeh

Sayur Lodeh
Sayur Lodeh, Foto Oleh Doyan Resep Com

Dalam satu porsi sayur lodeh, kamu akan mendapatkan 162 kkal kalori, 9,47 gram lemak, 6,66 gram protein, 2,53 gram serat, 4,23 gram gula, 489 milligram sodium dan 418 miligram kalium. Jadi, menu sehat yang lengkap dan menyehatkan bukan? Apalaginya menyantapnya bersama nasi hangat, bikin kenyang dan makin semangat beraktivitas seharian. Jadi, tertarik memasak sayur lodeh hari ini?

Last Updated on August 27, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Siti Ruli Wahyuni
Siti Ruli Wahyuni culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *