1. Resep

Resep Bolu Kojo Super Lembut, Enak, & Gampang Dibuat

Nama bolu kojo mungkin terdengar asing bagi beberapa orang. Bolu kojo adalah makanan tradisional khas dari provinsi Sumatera Selatan. Pada kesempatan kali ini, Kuliner Kota akan membahas tentang ragam resep bolu kojo. Simak informasi selengkapnya di bawah ini supaya kamu dapat mencoba membuat camilan tradisional ini!

Mengenal Bolu Kojo, Makanan Khas Sumatera Selatan

Bolu kojo adalah makanan tradisional khas Sumatera Selatan, Riau, Bengkulu, Palembang, dan Jambi. Nama Kojo memiliki arti kemojo atau kamboja. Hal ini dikarenakan loyang untuk membuat bolu ini berbentuk seperti bunga kamboja. Kue tradisional ini biasanya dibuat untuk acara adat.

Meskipun namanya bolu kojo, kue ini memiliki tekstur yang lebih lembut jika dibandingkan kue bolu. Kue tradisional satu ini termasuk ke dalam camilan yang ringan tapi sekali kamu memakannya maka kamu akan merasa kenyang. Resep bolu kojo ini sangat cocok untuk mengganjal perut lapar tapi tanpa perlu makan berat.

Di bawah ini, Kuliner Kota sudah mengumpulkan berbagai resep bolu Kojo dari berbagai sumber untuk kamu yang tertarik untuk mencoba makanan khas Sumatera Selatan ini. Beberapa resep dapat dengan mudah kamu coba dan praktekkan di rumah.

1. Bolu Kojo Kukus

Pertama, Kuliner Kota akan membahas resep bolu kojo kukus.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

10 minutes

Preparing Time

20 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

187 kcal

INGREDIENTS

  1. 500 ml santan

  2. 50 ml air resapan dari daun pandan

  3. 25 sdm tepung terigu protein

  4. 9 sdm gula pasir

  5. 2 butir telur

  6. 2 sdm margarin cair

  7. 1/4 sdt garam

  8. pasta pandan

DIRECTION

  1. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan adalah mencampurkan tepung terig dan gula pasir. Setelah itu,tuangkan santan dan aduk rata menggunakan whisk secara manual sampai mencampur supaya adonan tidak ada yang bergerindil.

  2. Langkah selanjutnya adalah memasukkan air resapan pandan, margarin cair dan ¼ sendok teh garam, lalu aduk rata semuanya.

  3. Berikutnya, kamu dapat memasukkan telur ke dalam adonan dan aduk rata kembali. Setelah telur tercampur, masukkan pasta pandan dan aduk sampai rata lagi adonan bolu.

  4. Tuang semua adonan yang sedari tadi sudah kamu aduk ke dalam loyang. Ketika menuangkan adonan ini kamu juga perlu menyaringnya.

  5. Langkah terakhir adalah kukus adonan selama 30 menit dan sampai bolu matang padat. Setelah matang, kamu perlu mendinginkannya sebentar sebelum dihidangkan.

NOTES

2. Bolu Kojo Palembang

Selanjutnya adalah resep bolu kojo khas Palembang.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

10 minutes

Preparing Time

10 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

187 kcal

INGREDIENTS

  1. 4 telur ayam

  2. 500 gram tepung terigu

  3. 300 gram gula pasir

  4. 100 gram mentega

  5. 500 ml santan

  6. 20 lembar daun suji

  7. 20 lembar daun pandan

  8. 1 bungkus vanili

DIRECTION

  1. Langkah pertama, blender daun suji dan daun pandan bersama santan, setelah itu saring hasil blender tersebut sehingga warnanya akan menjadi hijau alami.

  2. Air hasil blender sebelumnya kemudian ditambahkan dengan mentega, panaskan mentega sampai meleleh. Kemudian aduk air santan tersebut sampai dingin.

  3. Langkah selanjutnya adalah mengocok telur dan gula sampai tercampur rata. Setelah tercampur masukkan vanili, adonan santan, dan juga terigu, kemudian aduk sampai rata.

  4. Berikutnya kamu dapat memasukkan adonan bolu yang sudah tercampur tersebut ke dalam loyang atau baking pan. Masukkan adonan ke dalam oven selama kurang lebih 30 menit atau sampai adonan matang (tergantung oven).

  5. Untuk mengecek tingkat kematangannya, kamu dapat melakukan tes tusuk. Jika sudah matang, tidak ada adonan yang menempel pada tusuk gigi. Setelah itu kamu dapat mengangkat bolu dan menyajikannya.

NOTES

3. Bolu Kojo Labu Kuning

Terakhir, Kuliner Kota akan memberimu resep bolu kojo labu kuning.

Recipe By Kuliner Kota
Course: Dessert Cusine:Indonesian Difficulty:Easy

Servings

10 minutes

Preparing Time

10 minutes

Cooking Time

30 minutes

Calories

187 kcal

INGREDIENTS

  1. 700 gram labu kuning yang dikukus terlebih dahulu

  2. 300 gram terigu protein

  3. 4 butir telur ayam

  4. 1 sdt emulsifier m

  5. 150 gram gula pasir

  6. 2 sachet santan instan

  7. 100 ml minyak goreng

  8. Secukupnya wijen putih

  9. Secukupnya mentega

DIRECTION

  1. Langkah pertama adalah mempersiapkan labu kuningnya terlebih dahulu. Kukus labu kuning terlebih dahulu dan jika sudah kamu dapat mendinginkannya sebentar. Kamu dapat melompati langkah ini jika labu kuning sudah dalam keadaan terkukus.

  2. Masukkan telur, gula pasir, dan emulsifier. Kemudian kocok menggunakan mixer sampai tercampur rata. Tambahkan lagi santan mixer dan kocok lagi menggunakan mixer.

  3. Setelah itu masukkan labu yang sudah dikukus dan aduk sampai rata. Masukkan tepung terigu setelah labu kuning dan aduk kembali. Terakhir tuang minyak goreng ke dalam adonan sampai tercampur rata.

  4. Selanjutnya aduk adonan dari bawah ke atas supaya tidak ada gumpalan minyak.

  5. Olesi loyang menggunakan terigu atau mentega kemudian tuangkan adonan yang sudah diaduk tersebut ke dalam loyang.

  6. Masukkan ke dalam oven. Biasanya untuk memasak kue ini menggunakan oven dengan kompor. Kamu perlu memanaskannya terlebih dahulu dan kemudian memasukkan loyang ke dalam oven panas.

  7. Tunggu sekitar 1 jam sampai matang dan kamu dapat mengangkat loyang dari oven.

  8. Dinginkan selama 10 menit sebelum akhirnya kue dapat disajikan.

NOTES

Baca juga: Resep Cheese Stick yang Gampang Dibuat, Gurih & Renyah

Sekian pembahasan Kuliner Kota tentang ragam resep bolu kojo. Dari ketiga pilihan resep  di atas, resep mana yang ingin kamu coba? Semoga resep ini dapat membantu kamu membuat bolu kojo ya!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: Resep Bolu Kojo Super Lembut, Enak, & Gampang Dibuat

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending