Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Resep Roti Sourdough Enak dan Anti Ribet, Mau Coba?

2 min read

Roti Sourdough

Akhir-akhir ini, Roti Sourdough ramai diperbincangkan di media sosial. Setelah Klepon yang sempat viral beberapa waktu lalu yang diklaim non islami, kini Roti Sourdough pun diklaim demikian. Namun sobat Kuliner Kota tak perlu risau akan hal itu. Karena, Roti Sourdough diolah menggunakan ragi alami, jadi sudah pasti makanan ini aman dan pastinya menyehatkan untuk dikonsumsi. Penasaran bagaimana tekstur dan rasa dari Roti Sourdough? Kuliner Kota punya resep roti Sourdough ala rumahan yang pastinya enak dan bergizi.

Sejarah Roti Sourdough

Roti Sourdough
Roti Sourdough, Foto oleh Blog Romme Com

Roti yang sedang viral ini ternyata memiliki sejarah yang tak banyak orang ketahui lho. Beberapa ribu tahun yang lalu, roti berhasil diciptakan dari biji-bijian yang dihancurkan menjadi bubur lalu diolah menjadi roti yang lezat. Sekitar 6000 tahun yang lalu, ada seorang pemanggang roti sedang bereksperimen untuk memadukan tepung bersama air. Ia mengamati hasil eksperimennya tersebut. Ternyata campuran tepung dan air tersebut berbusa dan terfermentasi. Hingga akhirnya, ia memasukkan adonan tersebut ke dalam pemanggang dan hasilnya luar biasa. Rasa dan tekstur yang dihasilkan pun unik dan berbeda dari roti yang telah ada. Hingga pada akhirnya teknik ini menyebar luas ke seluruh Eropa dan Timur Tengah.

Resep Roti Sourdough

Ternyata, roti ini sudah ada sejak beberapa ribu tahun yang lalu ya. Nah, untuk membuatnya pun kamu perlu memakan beberapa hari untuk menghasilkan roti yang nikmat ini. Mula-mula, kamu harus menyiapkan adonan ‘starter’ guna difermentasi selama beberapa hari. Kemudian, ‘starter’ tersebut akan dicampurkan ke dalam adonan roti dan siap dipanggang. Penasaran bagaimana cara membuatnya? Sebelumnya, siapkan bahan-bahan untuk membuat resep Roti Sourdough dan simak cara membuatnya di bawah ini ya. Selamat mencoba! 

Bahan-Bahan Membuat Roti Sourdough

Bahan starter :

  • 30 gram tepung terigu
  • 30 mili air

Bahan adonan :

  • 1 kg tepung terigu
  • 700 mili air
  • 15 gram garam

Cara Membuat Roti Sourdough

Cara Membuat Roti Sourdough
Cara Membuat Roti Sourdough, Foto oleh Femina Com
  • Campurkan bahan starter menjadi satu dan aduk secara merata. Diamkan selama 24 jam dan tutup secara rapat. Pastikan wadah yang digunakan bersih supaya adonan starter tidak terkontaminasi.
  • Setiap 24 jam sekali, keluarkan setengah dari adonan tersebut lalu tambahkan campuran air dan tepung yang baru dengan takaran separuhnya, atau 15 gram tepung dan 15 mili air. Lakukan rutin selama seminggu hingga starter berbusa dan menghasilkan bau asam yang begitu tajam.
  • Jika telah berbusa dan memiliki bau asam yang tajam, maka starter siap diolah menjadi roti. Pertama-tama, tuangkan semua adonan starter ke dalam wadah
  • Campurkan air serta tepung terigu, lalu aduk secara merata Setelah itu, tambahkan garam ke dalamnya lalu aduk lagi secara merata Selanjutnya, diamkan adonan selama 2 hingga 3 jam dan tutup dengan rapat hingga adonan mengembang
  • Jika dirasa sudah cukup, silahkan uleni adonan. Taburkan tepung terigu di atas meja dan mulailah menguleni selama kurang lebih 10 menit
  • Bentuk adonan menjadi bulat atau lonjong dan diamkan lagi supaya adonan mengembang
  • Sembari menunggu, silahkan panaskan oven hingga mencapai suhu 218 derajat celcius
  • Letakkan adonan roti diatas loyang dan panggang di dalam oven selama 45 menit
  • Setelah matang, angkat roti dari dalam oven dan diamkan selama kurang lebih 10 menit
  • Iris roti sesuai selera dan kamu bisa menikmati Roti Sourdough buatanmu!

Bagaimana mudah bukan resep roti sourdugh diatas? Terlepas dari islami dan non islami roti diatas bisa jadi alternatif teman untuk ngopi maupun ngeteh. Untuk membuatnya kamu hanya membutuhkan waktu sekitar 180 menit dengan budget kurang dari Rp45.000 saja. Jadi mau membuat roti sourdough lagi viral ini di rumah?

Kandungan Gizi Roti Sourdough

Setiap 100 gram roti Sourdough mengandung serat sebanyak 6,3 gram, protein 8,51 gram, 255,3 kalori dan tak mengandung lemak. Meskipun tidak mengandung lemak, roti sourdough mengandung karbohidrat 42,55 gram. Cukup menyehatkan bukan? Untuk itu, yuk cobain resep roti Sourdough dan pastikan kamu melakukan membaca step by step secara lengkap ya sobat Kuliner Kota!

Last Updated on November 19, 2020

Duanda Rizda Syaiful
Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *