1. Jajanan

10+ Jajanan Pasar yang Enak dan Eksis Hingga Saat Ini

Sebagian besar dari jajanan pasar merupakan kudapan tradisional khas Nusantara yang memiliki cita rasa unik dan berbeda. Di setiap daerahnya terkadang memiliki kudapan yang sama namun penamaannya saja yang berbeda. Jajanan pasar tentunya memiliki jenis yang sangat beragam, mulai yang bercita rasa gurih hingga manis bisa kamu cicipi.

Meskipun beberapa jajanan pasar sekarang mulai sulit kalian jumpai, namun Kuliner Kota punya rekomendasi kudapan tradisional yang masih eksis dan menghiasi di pasaran hingga saat ini. Kira-kira apa saja? Yuk simak artikel berikut. Pastikan kudapan favoritmu ada ya!

1. Cucur

Daftar Isi

Kue Cucur
Kue Cucur, Foto oleh Medium Com

Kue Cucur termasuk deretan kudapan tradisional yang sudah menyebar di seluruh Nusantara. Namun di daerah Betawi, Kue Cucur merupakan makanan adat yang artinya dalam setiap acara upacara adat, maka makanan ini wajib dihidangkan. Kudapan ini terbuat dari adonan tepung terigu dan tepung beras yang dipadukan bersama gula merah. Sehingga menghasilkan tekstur renyah di bagian pinggir, empuk di tengah serta bercita rasa manis. Biasanya, jajanan pasar ini dijual mulai harga Rp1.500 saja. Cukup murah bukan?

2. Klepon

jajanan tradisional Klepon
Klepon, Foto oleh Jateng Idntimes Com

Siapa yang tak mengenal jajanan yang sempat viral beberapa waktu lalu? Klepon termasuk sederet makanan tradisional yang merupakan jajanan pasar lho. Makanan ini berbahan dasar tepung beras ketan yang didalamnya diberi isian gula merah serta bagian luarnya dibalut dengan parutan kelapa. Klepon berasal dari pulau Jawa, namun jajanan pasar ini sudah sangat familiar di seluruh Nusantara. Bagaimana tidak, rasa yang manis dengan tekstur kenyal selalu menjadi incaran masyarakat saat tengah berburu kudapan di pasar.

3. Misro

Misro
Misro, Foto oleh Cookpad Com

Misro merupakan makanan yang berasal dari Bandung. Misro memiliki kepanjangan ‘amis di jero’ yang berarti manis di dalam. Rasa manis tersebut dihasilkan oleh isian gula merah didalamnya. Misro memiliki bentuk bulat atau pipih dengan cita rasa gurih serta manis di bagian dalam. Di daerah Jawa Timuran, jajanan pasar ini seringkali disebut sebagai Jemblem. Meskipun berbeda dalam segi penamaannya, namun bahan yang digunakan tetap sama. Tertarik untuk mencicipi kudapan ini? Setiap bijinya, Misro atau Jemblem ini dijual mulai Rp1.500 lho. 

4. Putu Ayu

Putu Ayu
Putu Ayu, Foto oleh Resephariini Com

Seperti namanya, Putu Ayu merupakan kue cantik yang bercita rasa manis serta sedikit gurih. Jajanan yang masih menghiasi di pasaran ini masih tetap eksis hingga sekarang. Kue ini biasanya berwarna hijau dengan parutan kelapa di atasnya sehingga membuat tampilannya menjadi cantik dan menggugah selera untuk mencicipinya. Putu Ayu sudah tersebar luas di Nusantara, terutama di daerah Jawa. Karena harganya yang terjangkau serta bercita rasa nikmat menjadikan Putu Ayu sebagai salah satu jajanan pasar yang paling favorit.

5. Getuk Lindri

Getuk Lindri
Getuk Lindri, Foto oleh Rctiplus Com

Getuk Lindri juga termasuk deretan jajanan tradisional yang berbahan dasar singkong dengan taburan kelapa parut di atasnya. Kudapan ini sangat mudah ditemukan di daerah Jawa Timur dan Jawa Tengah. Getuk memiliki tekstur empuk dan lembut saat disantap. Jajanan ini juga cocok untuk kamu nikmati saat sarapan sebagai pengganti nasi. Karena, Getuk Lindri juga cukup mengenyangkan.

Baca Juga: Resep Getuk Lindri yang Nikmat, Cocok Untuk Teman Ngopi

6. Lumpia

jajanan pasar Lumpia
Lumpia, Foto oleh Tokopedia Com

Camilan bercita rasa gurih ini juga tak kalah eksis dengan jajanan pasar yang bercita rasa manis lho. Lumpia berasal dari Semarang yang berbahan dasar rebung, tauge, tahu, ayam ataupun sayur-sayuran kemudian dibungkus dengan kulit lumpia. Namun, jajanan ini juga sudah tersebar luas di seluruh penjuru negeri. Jadi, kamu tak perlu jauh-jauh ke Semarang untuk menikmati makanan ini. Di pasaran, biasanya Lumpia dijual mulai Rp2.000, cukup terjangkau bukan?

7. Cenil

jajanan pasar Cenil
Cenil, Foto oleh Merahputih Com

Cenil juga termasuk deretan camilan tradisional yang dijual di pasaran. Jajanan ini berbahan dasar dari pati ketela pohon. Teksturnya kenyal dengan diberi taburan kelapa parut dan siraman gula merah cair di atasnya, akan menambah kenikmatan saat menyantap jajanan tradisional ini. Cenil biasanya berbentuk bulat-bulat kecil atau dibentuk memanjang. Karena keunikan dan kelezatannya itulah Cenil memiliki banyak peminatnya hingga sekarang.

8. Serabi

jajanan pasar Serabi
Serabi, Foto oleh Blog Tokowahab Com

Serabi merupakan jajanan tradisional yang cukup populer di Indonesia. Serabi sendiri terbuat dari adonan tepung beras dipadukan bersama santan yang dimasak menggunakan tungku di atas arang. Di setiap daerah, memiliki serabi dengan ciri khasnya masing-masing. Tentunya cita rasa yang dihasilkan tiap daerah juga tak kalah nikmat. 

9. Onde-Onde

jajanan pasar Onde-Onde
Onde-Onde, Foto oleh Review Bukalapak Com

Jajanan pasar yang tak kalah menarik ada Onde-Onde. Bertekstur kenyal bagian kulitnya dengan isian kacang ijo di dalamnya serta balutan wijen di bagian luar, menjadi keunikan dan kelezatan tersendiri. Biasanya, Onde-Onde mudah kita jumpai di pasar tradisional. Karena harganya yang murah dengan cita rasa nikmat, membuat kudapan ini banyak disukai oleh masyarakat.

10. Kue Lumpur

jajanan pasar Kue Lumpur
Kue Lumpur, Foto oleh Kompas Com

Kue Lumpur menjadi salah satu jajanan pasar yang wajib untuk kamu coba. Tekstur kue ini lembut dan bercita rasa manis. Hal itu dikarenakan Kue Lumpur terbuat dari kentang yang dihaluskan serta campuran bahan pelengkap lainnya. Kue Lumpur tergolong jajanan basah yang nikmat. Biasanya, Kue Lumpur dijual sekitar Rp2.000 /bijinya. Cukup menghemat di kantong bukan?

11. Dadar Gulung

jajanan pasar Dadar Gulung
DadarGulung, Foto oleh Woke Id

Dadar Gulung merupakan jajanan tradisional yang sangat populer, khususnya di daerah pulau Jawa. Jajanan ini terbuat dari adonan tepung terigu, santan dan bahan pelengkap lainnya kemudian digoreng menggunakan teflon sehingga berbentuk lembaran pipih. Kemudian lembaran tersebut diisi dengan parutan kelapa yang dipadukan bersama gula merah. Terbayang kelezatan dalam setiap gigitannya bukan?

Itulah beberapa jajanan pasar yang masih populer dan eksis hingga saat ini. Meskipun beberapa jajanan tersebut termasuk kudapan tradisional, namun rasanya tetap nikmat dan selalu menjadi favorit masyarakat. Bagaimana, adakah jajanan favoritmu pada list di atas?

Baca Juga : 8 Resep Kue Lumpur Enak dan Lembut, Cara Membuatnya Praktis!

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 10+ Jajanan Pasar yang Enak dan Eksis Hingga Saat Ini

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending