Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Review Warung Wareg Batu dengan Olahan Gurame Khasnya!

2 min read

Warung Wareg Karangploso

Berbicara soal kuliner Malang memang tak ada habisnya. Mulai dari tempat makan angkringan hingga restoran berbintang akan memanjakan lidahmu saat berkunjung ke Kota Malang ini. Nah, salah satu tempat yang cocok untuk kamu jadikan referensi berwisata kuliner di Batu yaitu Warung Wareg Batu. Resto ini menyediakan beragam masakan rumahan hingga olahan berbahan dasar ikan lho. Uniknya, tempat makan ini sudah memiliki beberapa cabang di Kota Malang dan Kota Batu. Penasaran bagaimana kelezatan menikmati santapan di Warung Wareg Batu? Kuliner Kota akan mengulas semuanya di artikel berikut.

Sejarah Warung Wareg 

Di awal 2009, Bapak Raim beserta istrinya mendirikan sebuah warung sederhana yang hanya menggunakan bambu atau gedek. Warung ini pertama kali didirikan di Karangploso, Malang dengan dibantu 5 karyawan yang bekerja saat itu. Menu andalan yang dihadirkan pun hanya gurame goreng dan sayur pedas sebagai makanan khasnya. Mulanya, tempat makan ini hanya mampu menampung maksimal 30 orang saja. Namun, di tahun 2011 dilakukan renovasi pembangunan sehingga Warung Wareg dapat menampung pengunjung hingga 70 orang.

Hingga pada akhirnya, di tahun 2012 tingkat popularitas resto ini meningkat. Sehingga resto ini tak lagi mampu menampung pelanggan yang kian hari semakin bertambah. Akhirnya, di tahun 2014, tempat makan ini berpindah ke Pasar Karangploso yang hanya berjarak sekitar 500 meter dari tempat semula. Sementara itu, bangunan yang lama mulai direnovasi untuk meningkatkan kualitas dan fasilitas resto milik Bapak Raim.

Namun, ada suatu kejadian yang tak akan pernah terlupakan di tahun 2015. Karena kelalaian dari salah satu karyawan yang lupa tidak mematikan kompor, akhirnya tempat makan tersebut habis terbakar dilahap si jago merah. Bahkan, 6 ruko lainnya pun juga hangus terbakar. Kejadian tersebut terjadi saat mendekati lebaran. Jadi, tanggung jawab untuk mentunaikan THR, menggantikan biaya kerugian dan lain sebagainya mau tidak mau harus segera diselesaikan.

Hingga pada akhirnya, di tahun 2019 mereka mulai bangkit lagi dengan membelanjakan sisa uang yang ada dan mulai menempati tempat yang lama dengan bangunan yang masih setengah jadi. Di akhir tahun 2019, tempat makan yang cukup terkenal ini membuka cabang baru dan tentunya tetap meningkatkan kualitas dan pelayanan terbaik kepada pelanggannya.

Aneka Menu di Warung Wareg Batu

Warung Wareg Menu
Menu Warung Wareg, Foto oleh Tripadvisor Co Id

Jangan khawatir jika kamu tidak puas menikmati kelezatan masakan di Warung Wareg Batu. Karena, kamu bisa memanjakan lidahmu disini dengan aneka macam olahan masakan khas pedesaan yang sangat lezat. Selain gurame goreng yang menjadi menu andalannya, kamu bisa menikmati olahan lainnya yang tak kalah lezat. 

Olahan Gurame:
– Goerami Asman
– Goerami Bakar
– Goerami Sadies
– Goerami Crispy
– Goerami Ndoweh
– Goerami Meteor
– Goerami Mentor
– Goerami Asem-Asem
– Goerami Bangkok
– Goerami Gowes 

Olahan Udang:
– Udang Bakar Manis
– Udang Asman Udang
– Mentes Udang Penyet
– Udang Mentor
– Udang Sadis

Olahan Lele:
– Lele Bakar
– Lele Goreng
– Lele Penjet

Olahan Ayam:
– Ajam Penjet Ndeso
– Ajam Goreng
– Ajam Bakar Manis
– Ajam Ndoweh 

Aneka Macam Sambal:
– Sambel Oeleg
– Sambel Pentjit
– Sambel Apel
– Sambel Pete 

Olahan Sayur:
– Sawie Maniz Reboes
– Sawie Maniz Cah
– Sajoer Asem
– Slada Cah
– Slada Reboes
– Kangkung Reboes
– Kangkoeng Cah

Aneka Djoes:
– Djoes Apel
– Djoes Tom Djerry (Tomat Djeroek)
– Djoes Degan Djoes Panas (Apel Nanas)
– Djoes Tompel (Tomat Apel)
– Djoes Melas (Melon Nanas)

Masih banyak olahan lainnya yang disuguhkan di tempat makan ini. Selain itu, Warung Wareg Batu juga menyajikan jamu tradisional lho. Salah satunya ada Es Beras Kencur yang dijamin menyegarkan dan banyak khasiatnya. Untuk olahan Gurame dibanderol mulai Rp60.000 saja. Untuk olahan lainnya, dibanderol mulai Rp15.000 saja, cukup ramah di kantong bukan? Selain itu, jika sobat Kuliner Kota ingin tambah nasi maka hanya perlu mengeluarkan budget sekitar Rp5.000 saja. Dijamin, kamu bakal ketagihan untuk memanjakan lidahmu di Warung Wareg.

Suasana dan Fasilitas Warung Wareg Batu

Lesehan Warung Wareg
Warung Wareg, Foto oleh Tripadvisor Co Id

Selain dapat memanjakan lidah, kamu juga dapat memanjakan mata di Warung Wareg Batu ini. Meskipun terletak tak jauh dari gerbang exit tol, namun sobat Kuliner Kota akan disuguhkan indahnya pemandangan Gunung Panderman dan Gunung Kawi. Selain itu, tempat parkirnya pun luas. Untuk kamu yang berkunjung ke Warung Wareg bersama balita atau anak-anak, tak perlu khawatir jika rewel. Karena, disini juga menyediakan fasilitas playground. Resto ini juga dilengkapi dengan musholla, full sound system dan memberikan pilihan untuk kamu yang ingin lesehan atau tidak. Cukup lengkap bukan fasilitasnya?

Alamat dan Jam Buka Warung Wareg

Restoran kondang ini telah memiliki beberapa cabang di Malang dan Kota Batu. Letaknya yang cukup strategis, akan membuat sobat Kuliner Kota dengan mudah menemukan resto ini. Untuk menuju ke salah satu tempat makan di Malang ini, kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun transportasi umum. Selamat berwisata kuliner!

Kota Batu:
Alamat: Jalan Raya Dieng Nomor 09, Kota Batu
Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB
Alamat: Jalan Ir. Soekarno, Kota Batu
Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB

Malang:
Alamat: Jalan Raya Kepuhharjo Nomor 7, Karangploso, Malang
Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB
Alamat: Jalan Sudanco Supriyadi Nomor 243-244, Kota Malang
Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB

Last Updated on October 8, 2020 by Siti Ruli Wahyuni

Duanda Rizda Syaiful
Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *