Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Resep Kue Cucur Gula Merah yang Simpel, Empuk & Berserat

2 min read

Kue Cucur

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan kudapan manis satu ini. Meskipun termasuk jajanan tradisional, tak membuat Kue Cucur sepi penikmat lho. Cita rasa yang manis mampu menyihir siapapun untuk merasa ketagihan. Ditambah tekstur lembut di bagian tengahnya serta renyah di bagian pinggirnya akan membuat para penikmatnya untuk terus melahapnya lagi dan lagi. Kue Cucur sangat mudah untuk kalian temukan, karena sudah banyak penjual yang menjajakan kudapan ini. Namun, tidak ada salahnya jika sobat Kuliner Kota mengkreasikan resep Kue Cucur di rumah. Soal rasa, sudah dipastikan tidak kalah dengan yang dijual di pasaran. Penasaran bagaimana caranya? Simak artikel berikut.

Sejarah Kue Cucur

Kue Cucur merupakan salah satu kudapan yang wajib disajikan saat acara-acara tertentu, seperti pernikahan, aqiqah atau acara lainnya. Banyak yang beranggapan bahwa kue ini berasal dari Betawi. Namun, faktanya jajanan manis ini sudah tersebar di seluruh penjuru Nusantara dan di beberapa daerah juga menjadikan Kue Cucur sebagai kue tradisional di daerah mereka.

Fakta menarik lainnya, kue ini menjadi kudapan tradisional di kawasan Asia Tenggara, khususnya Thailand dan Malaysia. Bahkan di Thailand kue ini turut dihidangkan sebagai sajian saat upacara pernikahan dan festival perayaan. Kue ini menjadi lambang cinta diantara pasangan yang baru menikah di Thailand. Sedangkan di Indonesia, khususnya di Betawi, jajanan ini termasuk sajian yang disuguhkan dalam upacara-upacara adat budaya Betawi.

Resep Kue Cucur 

Meskipun jajanan ini dapat dengan mudah kamu beli di pasar atau di penjual kue basah pinggir jalan, namun tidak ada salahnya jika kamu mencoba membuatnya sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun cukup sederhana dan sangat mudah untuk ditemukan di swalayan atau warung dekat rumah. Simak resep Kue Cucur ala Kuliner Kota dan pastikan kamu membaca step by step secara runtut ya. Selamat mencoba!

Bahan-Bahan Untuk Membuat Kue Cucur

  • 200 mili air
  • 120 gram gula merah
  • 2 lembar daun pandan
  • 120 gram tepung beras
  • 25 gram tepung terigu
  • Minyak goreng
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Kue Cucur

Cara Membuat Kue Cucur
Cara Membuat Kue Cucur, Foto oleh Review Bukalapak Com
  • Rebus gula merah, daun pandan dan sedikit garam hingga larut
  • Setelah larut, saring air rebusan tersebut lalu diamkan hingga hangat
  • Siapkan wadah dan campurkan tepung terigu dan tepung beras ke dalamnya
  • Tuangkan larutan gula yang sudah disaring. Aduk hingga rata, lalu mikser adonan dengan kecepatan rendah selama kurang lebih 5 menit
  • Setelah tercampur rata, diamkan adonan sekitar 20 menit. Lalu, aduk kembali menggunakan whisk. Jika adonan yang kamu buat terlalu kental, tambahkan sedikit air hingga pas
  • Panaskan 5 sendok makan minyak goreng dalam wajan cekung ukuran kecil
  • Lalu tuangkan adonan cucur secukupnya. Siram-siram dengan minyak panas hingga berserat dan mengembang
  • Untuk melihat tingkat kematangan Kue Cucur, tusuk bagian tengahnya dengan tusuk lidi, lalu diputar-putar hingga bagian dalam yang masih mentah keluar
  • Siram-siram terus dengan minyak panas hingga matang. Balik, lalu angkat Ulangi tahap demi tahap hingga adonan habis dan Kue Cucur siap dihidangkan

Bagaimana, cukup simpel bukan resep Kue Cucur ala Kuliner Kota? Dengan waktu kurang lebih satu jam, kamu dapat menikmati kudapan manis buatanmu sendiri. Selain itu, cukup dengan mengeluarkan budget kurang lebih sebesar Rp20.000 kamu bisa menghasilkan kudapan manis ini sebanyak 20 buah. Meskipun resep Kue Cucur sangat sederhana, namun jajanan tradisional ini cukup bergizi untuk kalian konsumsi.

Kandungan Gizi Kue Cucur

Kue Cucur
Kue Cucur, Foto oleh Kumpulanresep Com

Kue Cucur pastinya mengandung gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Dalam 1 buah Kue Cucur mengandung 102 kalori, 1,47 gram lemak, 21,58 gram karbohidrat dan 1,47 gram protein. Selain itu, kudapan manis ini juga memiliki kandungan serat sebesar 1,2 gram, 12,27 gram gula, 52 miligram sodium dan 62 miligram kalium. Cukup menyehatkan bukan? Tentunya, jika kamu mengkreasikan resep Kue Cucur sendiri di rumah akan terjamin kehigienisannya. Selain itu, kamu juga bisa berhemat dan mengurangi aktivitas keluar rumah di tengah pandemi.  

Last Updated on November 20, 2020

Duanda Rizda Syaiful
Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *