Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

19+ Makanan Khas Madiun Terkenal Paling Lezat!

6 min read

Brem

Makanan khas Madiun selalu menjadi favorit bagi pelancong yang bertandang ke Kota Gadis ini. Selain terkenal akan Pecel Madiunnya yang lezat, kota ini juga memiliki kudapan khas yang tak kalah nikmat lho. Beragam kuliner khas Madiun wajib untuk kalian coba ketika berkunjung kesini. Mau tau apa saja kuliner khas Madiun yang terkenal lezat? Yuk, cek ulasan lengkapnya dalam artikel berikut ini.

1. Kue Manco Madiun

Kue Manco
Kue Manco, Foto oleh Tegar Id

Jajanan yang wajib untuk kamu coba saat berada di Kota Gadis ini adalah Kue Manco. Kue ini merupakan makanan khas Madiun yang terbuat dari ketan. Mitosnya, jajan warisan nenek moyang ini tidak dapat dibuat di daerah manapun kecuali di desa aslinya yakni Desa Tambak Mas. Pasalnya, hanya Manco buatan desa itulah ketika gigitan pertamanya terlihat berongga di bagian dalam.

Perpaduan antara ketan dan gula merah menciptakan rasa yang gurih dan manis. Selain itu, kue ini telah hadir dengan beberapa rasa yaitu rasa ketan, beras dan kacang. Kue ini sangat pas untuk dijadikan buah tangan lho!

Tempat : Toko Oleh-oleh Khas Madiun
Alamat : Jalan Raya Ponorogo Nomor 62, Demangan, Kec. Mangunharjo
Harga : Mulai Rp5.000 – Rp10.000

2. Brem Mirasa

Brem Mirasa
Brem Mirasa, Foto oleh Makanbis Com

Brem menjadi salah satu ikon jajanan khas kota Madiun. Kudapan ini terbuat dari sari ketan yang telah difermentasikan. Brem memiliki bentuk kotak pipih yang berwarna sedikit kekuningan. Dalam setiap gigitannya, Brem akan langsung melebur dan terasa manis serta adem yang menyebar ke dalam mulut. Terbayang nikmatnya bukan?

Tempat : Toko Mirasa 1
Alamat : Jalan Panglima Sudirman Nomor 210, Pandean, Taman.
Harga : Mulai Rp5.000 – Rp15.000

3. Mimosa Lemon

Mimosa
Mimosa, Foto oleh Serba-serbimadiun Blogspot Com

Minuman yang menyegarkan ini sangat populer dan menjadi favorit banyak kalangan lho. Memiliki aroma khas dan segar dalam setiap tegukannya, akan membuat kamu ketagihan untuk menikmatinya lagi. Sirup Mimosa Lemon biasanya lebih nikmat jika diminum pada siang hari dan dipadukan bersama biji selasih serta tambahan air es. Bagaimana, ingin merasakan kesegaran dari minuman ini?

Tempat : Toko Oleh-oleh Khas Madiun
Alamat : Jalan Raya Ponorogo Nomor 62, Demangan, Kec. Mangunharjo
Harga : Mulai Rp12.500 – Rp15.000

4. Pentol Corah

Pentol Corah
Pentol Corah, Foto oleh Youtube Com

Pentol Corah merupakan jajanan khas Madiun berbahan dasar tepung terigu yang dicampur bersama tepung kanji. Kemudian dipadukan dengan bumbu dapur yang khas sehingga menciptakan tekstur kenyal dan cita rasa yang pas. Untuk menambah kenikmatannya, Pentol Corah disajikan bersama siraman sambal yang pedasnya nampol! Jajanan ini sangat disukai oleh banyak kalangan, selain harganya yang murah, Pentol Corah juga tak sulit untuk dicari.

Tempat : Pedagang keliling pentol corah
Alamat : Jalanan Kota Madiun
Harga : Mulai Rp3.000 – Rp5.000

5. Rujak Petis

Rujak-Pets
Rujak Petis, Foto oleh Kompasiana Com

Kudapan selanjutnya yang wajib untuk masuk ke dalam wishlist kuliner kamu adalah rujak petis. Makanan ini berisikan sayur-sayuran, tahu, tempe dan telur serta tak lupa adanya bumbu petis. Dengan adanya petis ini menciptakan cita rasa yang cenderung asin dan manis. Jadi, apakah kamu tertarik untuk mencoba kuliner khas Madiun ini?

Tempat : Rujak Petis Pojok
Alamat : Jalan Kejuron, Taman, Madiun
Harga : Rp10.000

6. Keripik Tempe

Keripik Tempe
Keripik Tempe, Foto oleh Mytrip123 Com

Tempe yang ada di Kota Madiun diolah menjadi sebuah keripik yang lezat lho. Jajanan ini sangat disukai berbagai kalangan berkat cita rasanya yang renyah dan asin. Makanan ringan satu ini cocok untuk dijadikan cemilan ataupun makanan pendamping sembari menonton tv atau ngobrol bersama teman. Nah, untuk sobat Kuliner Kota tertarik untuk memborongnya?

Tempat : Industri Tempe
Alamat : Jalan Wonosari
Harga : Mulai Rp20.000 – Rp25.000

7. Lontong Tahu Telur

Lontong Tahu Telur
Lontong Tahu Telur, Foto oleh Budayaindonesia Com

Lontong Tahu Telur asli Madiun selalu menjadi incaran para pemburu kuliner di kota ini. Pasalnya, sajian ini berisikan potongan lontong yang dilengkapi tahu dan telur goreng sehingga menghadirkan cita rasa nikmat dan khas berkat siraman dari bumbunya. Bumbu yang bercita rasa asin dan manis akan membuat kamu selalu merasa ketagihan untuk mencobanya lagi dan lagi.

Tempat : Warung Lontong Tahu Telur Bu Sum
Alamat : Jalan Raya Ponorogo Nomor 109, Pandean, Kecamatan Taman
Harga : Rp10.000

8. Kue Semprong

Kue-Semprong
Kue Semprong, Foto oleh Cookpad Com

Bagi kamu pecinta makanan ringan yang bercita rasa manis, maka Kue Semprong wajib untuk dicoba. Kue kering berbentuk tabung dan panjang ini memiliki rasa manis serta gurih menjadikan perpaduan yang pas dalam setiap gigitannya. Tak heran mengapa banyak orang menyukai makanan khas Madiun satu ini. 

Tempat : Aneka Wisata Kuliner Madiun
Alamat : Jalan Rimba Mulya Nomor 1A, Oro-oro Ombo, Kec. Kertoarjo
Harga : Rp20.000

9. Madumongso

Madumongso
Madumongso, Foto oleh Madiunpunyakita Blogspot Com

Makanan khas Madiun yang selanjutnya wajib kalian coba adalah Madumongso. Makanan ini terbuat dari ketan hitam dan memiliki cita rasa manis. Sebelum diolah, ketan akan difermentasi terlebih dahulu hingga menjadi tape ketan. Biasanya kudapan ini dibungkus dengan kertas minyak yang berwarna-warni dan sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh. 

Tempat :  Pusat Oleh-oleh Taman Sari 
Alamat : Jalan Kemiri Nomor 38, Kec. Taman
Harga : Mulai Rp25.000 – Rp30.000

10. Dawet Suronatan

Dawet Suronatan
Dawet Suronatan, Foto oleh Wisataindonesia Xyz

Masih seputar yang manis-manis, kali ini ada minuman khas Madiun yang wajib untuk dicoba yaitu Dawet Suronatan. Dawet ini disajikan menggunakan mangkuk yang ukurannya kecil berisi cendol, bubur ketan hitam, bubur sumsum dan tapai sebagai campurannya. Dengan perpaduan antara toping dan kuahnya yang segar menciptakan cita rasa manis dan sangat melegakan dahaga. 

Tempat : Warung Dawet Suronatan
Alamat : Jalan Merbabu Nomor 10, Pangongangan, Kec. Mangunharjo
Harga : Rp8.000

11. Soto Madiun

Soto Madiun
Soto Madiun, Foto oleh Idntimes Com

Soto Madiun dapat menjadi pilihan alternatif ketika kamu ingin memakan sesuatu yang segar namun juga mengenyangkan. Biasanya dalam semangkuk soto ini terdiri dari suwiran ayam dan potongan telur rebus, kemudian disiram kuah kaldu bening yang segar. Perpaduan antara lauk dan kaldu hangat menciptakan sensasi rasa lezat serta bikin nagih.

Tempat : Soto Ayam Kondang 
Alamat : Jalan Cokroaminoto Nomor 58, Kejuron, Kec. Taman
Harga : Rp15.000

12. Nasi Pecel Madiun

Pecel Madiun
Pecel Madiun, Foto oleh Pergikuliner Com

Nasi pecel memang identik dengan makanan khas Jawa Timuran. Perpaduan antara nasi, sayur dan bumbu kacang membuat makanan ini menjadi kuliner khas Madiun yang sangat terkenal. Uniknya, pecel disini menyediakan tambahan pete goreng, serundeng kelapa dan sayur pepaya. Kemudian disiram menggunakan bumbu kacang serta dihidangkan dalam pincukan. Tak lengkap rasanya, jika kamu menikmati pecel ini tanpa rempeyek. Dengan begitu, kenikmatan pecel khas Madiun akan semakin lezat dan bikin kamu ketagihan untuk nambah lagi.

Tempat : Warung Nasi Pecel Yu Gembrot
Alamat : Jalan Imam Bonjol Nomor 33, Klegen, Kec. Kertoarjo
Harga : Rp5.000

13. Sate Ayam Ngepos

Sate Ayam Ngepos
Sate Ayam Ngepos, Foto Oleh Javatravel Net

Sate merupakan makanan yang menjadi favorit semua orang. Ketika kalian berkunjung ke kota Gadis ini, Sate Ayam Ngepos jangan sampai terlewatkan dalam list wisata kulinermu. Makanan ini memiliki cita rasa enak dan lembut, sebab bahan utamanya adalah ayam kampung. Selain itu, sate ini memiliki bumbu yang unik yaitu bumbu kacang pedas yang diulek kasar. 

Tempat : Sate Ayam Ponorogo H Tukri Sobikun Cabang Madiun
Alamat : Jalan S. Parman Nomor 48, Oro-oro Ombo, Kec. Kartoharjo
Harga : Rp25.000

14. Bluder Cokro

Bluder
Bluder Cokro, Foto Oleh Ksmtour Com

Bluder Cokro merupakan makanan khas Madiun yang sangat laris di pasaran. Jajanan ini merupakan kue yang memiliki cita rasa kolonial Belanda. Roti Bluder Cokro ini terbuat dari adonan roti yang dipadukan bersama adonan kue sehingga menghasilkan tekstur lembut saat dikonsumsi. Cita rasa yang lembut dan gurih serta tahan lama membuatnya praktis untuk dibawa kemana-mana. Meskipun roti ini sederhana, banyak pelancong yang selalu membeli kue ini untuk dijadikan oleh-oleh.

Tempat : Bluder Cokro
Alamat : Jalan Hayam Wuruk Nomor 53, Mangunharjo
Harga : Mulai Rp8.000 – Rp10.000

15. Kerupuk Puli

Kerupuk Puli
Kerupuk Puli, Foto oleh Cookpad Com

Kuliner khas Madiun selanjutnya adalah Kerupuk Puli. Pada umumnya, kerupuk terbuat dari adonan tepung tapioka, namun berbeda dengan makanan khas Madiun ini yang dibuat dari bahan dasar beras. Meskipun terbuat dari beras, kerupuk ini memiliki cita rasa enak dan gurih. Kerupuk ini berbentuk persegi panjang dan warnanya agak kekuningan yang khas.

Tempat : Pusat Oleh-oleh Taman Sari
Alamat : Jalan Kemiri Nomor 38, Taman
Harga : Rp20.000

16. Sambal Pecel

Sambel Pecel
Sambel Pecel, Foto oleh Salingamanah Com

Madiun memang terkenal dengan surganya sambal pecel. Sewaktu berkunjung ke kota ini, dengan mudahnya kamu akan menemukan ragam jenis sambal pecel bercita rasa gurih dan legit. Selain itu, kemasannya pun juga praktis. Dengan begitu, kamu tinggal menyeduh menggunakan air hangat jika ingin menikmatinya.

Tempat : Sambel Pecel Cap “Jeruk Purut”
Alamat : Jalan Delima Nomor 24/32, Kejuron, Taman
Harga : Mulai Rp15.000 – Rp20.000

17. Sego Jotos

Sego Jotos
Sego Jotos, Foto oleh Senseiaditg WordPress Com

Dari sekian banyaknya makanan khas Madiun, kuliner satu ini memiliki nama yang unik yaitu Sego Jotos. Kuliner khas Madiun ini dibuat karena kemasannya yang dibuat seperti kepalan. Hampir mirip dengan nasi kucing, dalam satu porsi Sego Jotos berisi mie soun, oseng tempe, telur, dan sambal. Dengan perpaduan lauk dan nasi panasnya membuat makanan ini memiliki cita rasa gurih dan pastinya mengenyangkan. 

Tempat : Warung Nasi Jotos Mbak Rom
Alamat : Jalan Sawo Bar Nomor 15B, Kejuron, Taman
Harga : Rp17.000

18. Wedang Cemoe

Cemoe
Wedang Cemoe, Foto oleh Javatravel Net

Wedang Cemoe merupakan wedang khas yang disajikan dalam keadaan hangat, berisi santan kelapa, kacang tanah yang sudah digoreng dan beberapa potongan roti tawar. Dengan begitu menciptakan perpaduan rasa yang manis dan hangat. Minuman ini sangat pas dinikmati sambil makan camilan gorengan sebagai pendamping.

Tempat : Wedang Ronde & Cemoe
Alamat : Jalan Cokroaminoto Nomor 81, Kejuron, Kecamatan Taman
Harga : Mulai Rp3.000 – Rp5.000

19. Ayam Panggang Madiun

Ayam Panggang Madiun
Ayam Panggang Madiun, Foto Oleh Idntimes Com

Bagi pecinta olahan ayam, maka Ayam Panggang Madiun ini sangat wajib untuk kamu coba. Makanan khas Madiun ini terkenal akan cita rasanya yang enak. Selain itu, makanan ini disuguhkan bersama bumbu rempah sehingga membuatnya rasa sangat khas. Ayam Panggang Madiun memiliki banyak pilihan bumbu, seperti bumbu rujak, kecap, ketumbar, madu, bawang dan lainnya. Uniknya, kamu bisa memilih bumbunya sendiri sesuai selera lho.

Tempat : Ayam Panggang Banjarejo
Alamat : Jalan Koperasi Gg.II, Banjarejo, Taman
Harga : Mulai Rp25.000 – Rp100.000

20. Lento Madiun

Lento Madiun
Lento Madiun, Foto oleh Cookpad Com

Selanjutnya makanan khas Madiun yang tak boleh dilewatkan ketika sedang berkunjung ke kota ini yakni Lento Madiun. Makanan ini terbuat dari singkong yang diparut kasar kemudian dicampur bersama tempe basi. Untuk menambah kenikmatannya, kamu bisa menyajikan Lento Madiun bersama cabai rawit, sehingga membuat jajanan ini memiliki cita rasa gurih dan pedas.

Tempat : Pasar Besar Kota Madiun
Alamat : Jalan Panglima Sudirman Nomor 144, Kejuron, Kecamatan Taman
Harga : Mulai Rp2.500 – Rp4.000


Nah, itulah beberapa rekomendasi makanan khas Madiun dari Kuliner Kota yang bisa kamu jadikan sebagai referensi manakala sedang berkunjung ke Kota Gadis ini. Dengan mencicipi kuliner khas Madiun yang ada, membuat kalian dapat merasakan cita rasa yang berbeda-beda. Jadi, tertarik untuk mencoba makanan khas Madiun yang mana nih?

Last Updated on November 19, 2020

Duanda Rizda Syaiful
Duanda Rizda Syaiful culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *