1. Kuliner

12 Kue Natal Paling Populer Untuk Temani Kumpul Keluarga

Sebelum pergantian tahun di penghujung bulan Desember, Hari Natal menjadi perayaan yang ditunggu-tunggu bagi seluruh Umat Kristiani setiap tahunnya. Tentunya momen suka cita Natal 2021 ini akan cukup berbeda. Tapi tidak perlu khawatir karena kamu bisa menyemarakkan momen kumpul keluarga dengan 12 kue Natal ini. Tentunya aneka kue Natal ini bakal bikin momen natal makin meriah dan semarak. Berikut kue khas Natal yang wajib kamu hidangkan sebagai sajian ketika kumpul bersama keluarga. 

1. Kue Putri Salju

Kue Putri Salju
Kue Putri Salju, Foto Oleh Liputan6 Com

Kue Putri Salju tidak hanya identik dengan jajanan lebaran tapi juga ketika hari Natal tiba. Dicetak dengan bentuk bulan sabit serta dibalut dengan gula halus membuat Kue Putri Salju tampak cantik. Jika diperhatikan, gula halus yang menyelimuti kue ini juga tampak seperti salju sehingga cocok disajikan saat momen Natal tiba. Untuk rasa tidak perlu diragukan, tentunya perpaduan rasa gurih dan manis bakal terasa nikmat saat digigit.

2. Nastar

Nastar
Nastar, Foto Oleh Doyanresep Com

Kue yang satu ini tak hanya populer ketika Idul Fitri saja loh, tetapi juga menjadi kudapan wajib ada di meja saat Natal tiba. Kue Nastar, jajanan khas Lebaran maupun momen Natal berbentuk bulat dengan isian selai nanasnya. Taburan keju diatas nastar tak hanya mempercantik tampilan, namun juga menciptakan perpaduan rasa yang sempurna. Tentunya makin lengkap saat dijadikan momen kumpul bersama keluarga di hari Natal tahun 2020 nanti. 

3. Kue Jahe

Kue Jahe
Kue Jahe, Foto Oleh Idntimes Com

Kue Jahe atau yang biasa di sebut juga dengan kue Gingerbread adalah menu yang identik dengan Hari Natal. Bentuknya yang unik menjadi daya tarik tersendiri ketika dihidangkan saat momen natal. Kue Natal ini biasanya dibuat menyerupai bentuk pohon cemara, manusia jahe serta rumah-rumahan bertema musim dingin. 

Tak hanya bentuknya yang unik dan cantik, namun juga memiliki cita rasa khas karena terdapat campuran jahe di dalamnya. Selain itu tampilan kue khas Natal ini juga dimaksimalkan dengan hiasan icing dan cream diatasnya yang menambah terlihat aesthetic sebagai camilan saat Natal tiba.

4. Apple Pastry

Apple Pastry
Apple Pastry, Foto Oleh Entertainingwithbeth Com

Kue Natal berikutnya adalah Apple Pastry. Seperti namanya kue Apple Pastry adalah jenis pastry yang memiliki tekstur renyah. Umumnya Apple Pastry diisi dengan potongan apel dan cinnamon atau kayu manis, jadi tak heran jika cita rasanya unik. Perpaduan manis, asam, segar serta gurihnya kulit pastry bakal bikin perpaduan rasa yang sempurna. Kue khas Natal ini memiliki bentuk beragam, tapi umumnya berbentuk persegi seperti pie. 

5. Kue Kaktus

Kue Kaktus
Kue Kaktus, Foto Oleh Cookpad Com

Kue Natal ini memiliki tampilan yang unik. Berbentuk seperti stik namun bergerigi atau lebih dikenal dengan nama Kue Kaktus. Tak hanya dikenal dengan sebutan Kue Kaktus, sebagai orang juga menyebutnya sebagai kue kecipir, kue akar kelapa atau kue akar pinang. Kue legendaris ini sebenarnya adalah jajanan khas dari Betawi, loh. Rasanya yang gurih dan renyah sudah pasti membuat siapapun rindu untuk menyantapnya. Tentunya, jajanan khas Natal ini wajib banget kamu buat sebagai sajian ketika hari Natal tiba.

Baca Juga : Resep Kulit Pangsit Homemade & 7 Inspirasi Olahan Terlezatnya

6. Kue Bawang

Kue Bawang
Kue Bawang, Foto Oleh Sajiansedap Grid Id

Seperti namanya, kue ini memang terbuat dari bawang. Meski begitu, rasa bawangnya tidak menyengat justru memberikan sensasi gurih dan lezat. Bentuknya yang pipih membuat kue khas Natal ini juga cocok disebut keripik namun beberapa orang membentuknya memanjang menyerupai sedotan. Proses pembuatannya juga cukup berbeda, jika sebagian besar kue dipanggang maka Kue Bawang digoreng. Kue gurih nan nikmat ini bakal terasa makin sempurna ketika dijadikan sebagai jajanan saat Natal tiba.

7. Kastengel

Kastengel
Kastengel, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Siapa yang tak kenal dengan Kue Kastengel? Hampir semua orang pasti familiar dengan kue yang selalu hadir di momen Lebaran maupun Natal tiba. Kue Natal ini berbahan dasar keju sehingga bisa dipastikan bercita rasa gurih dan super lezat begitu kamu menggigitnya. Biasanya, Kue Kastengel juga di taburi dengan parutan keju diatasnya. Tentunya makin terlihat cantik dan makin menggugah selera. 

8. Klappertaart

Klappertaart
Klappertaart, Foto Oleh Cookpad Com

Kue Natal yang satu ini tidak hanya terkenal karena rasanya yang lezat namun juga tempat asalnya yaitu Kota Manado, Sulawesi Tenggara. Kue Klappertaart berbahan dasar kelapa yang diolah bersama terigu, susu, mentega dan telur. Tentunya kandungan kalori dalam kue ini cukup tinggi. Namun tak perlu khawatir seiring perkembangan zaman, kue ini juga dibuat dari bahan-bahan rendah kalori.

Tidak hanya bahan-bahan yang diinovasi sehingga aman dikonsumsi bagi kita yang sedang diet, tapi Klappertaart dibuat dengan berbagai varian rasa seperti blueberry, keju, rum raisin dan varian rasa lainnya. Untuk proses pembuatan Klappertaart sendiri biasanya dilakukan dengan cara dipanggang. Untuk rasa jangan ditanya, tentunya gurihnya kelapa berpadu dengan manisnya adonan kue membuatnya cocok dinikmati bersama keluarga di tengah hangatnya suasana Natal. 

9. Kue Bagea

Kue Bagea
Kue Bagea, Foto Oleh Cantik Tempo Co

Kue Bagea adalah kue berbahan dasar tepung sagu yang berasal dari Papua. Karena terbuat dari sagu, kue ini cenderung agak keras bila digigit. Oleh karena itu, ketika menikmatinya kamu bisa ditemani dengan segelas teh atau secangkir kopi. Meski begitu, Kue Bagea sangat renyah dan terasa lembut ketika sudah di dalam mulut Selain itu beragam rempah juga dicampurkan ke dalam adonan kue seperti cengkeh dan kayu manis sehingga cita rasa yang ditawarkan semakin gurih dan tidak terlalu manis. Kue Bagea juga dimodifikasi dengan berbagai rasa seperti kacang, vanili serta kenari. Jadi, cocok bukan dijadikan camilan menghabiskan perayaan Natal bersama keluarga? 

10. Kue Lapet

Kue Lapet
Kue Lapet, Foto Oleh Tripelaketoba Com

Kue Natal berikut ini berasal dari Tapanuli, Sumatera Selatan. Bentuknya kerucut membuat kue ini tampak mirip dengan Pohon Natal. Kue Lapet terbuat dari tepung beras, kelapa parut dan gula merah. Biasanya Kue Lapet dibungkus menggunakan daun pisang sebelum disajikan. Rasa manis yang tercipta ketika di dalam mulut serta gurihnya kelapa membuat Natalmu menjadi semakin istimewa dengan kehadiran kue satu ini.

11. Kue Poporcis

Kue Poporcis
Kue Poporcis, Foto Oleh Budaya Indonesia Org

Kue Poporcis yang juga disebut dengan Poffertjes adalah kue yang berasal Ambon dan biasa disajikan sebagai menu sarapan saat Hari Natal tiba. Kue dengan nama unik ini mirip dengan pancake ketika kamu melihatnya. Bedanya, pancake terbuat dari tepung terigu saja sedangkan Kue Poporcis terbuat dari campuran tepung terigu dan labu kuning. Kue Poporcis yang sudah matang kemudian diberi taburan gula bubuk diatasnya. Sehingga tidak hanya cantik tapi juga punya perpaduan rasa manis dan gurih dalam tiap gigitan.

12. Kue Jempol

Kue Jempol
Kue Jempol, Foto Oleh Cookpad Com

Kue Jempol nan cantik ini jangan sampai ketinggalan untuk tersaji di meja saat momen Natal datang. Kue unik khas Natal ini dicetak menggunakan jempol ketika akan di oven karena itulah disebut dengan Kue Jempol. Istimewanya, bagian tengah kue diberi selai stroberi sehingga menambah kesan manis. Tidak hanya tampilannya saja yang menarik, Kue Jempol juga memiliki cita rasa manis, gurih dan renyah yang berpadu sempurna saat berada di dalam mulut.

Itu dia kue Natal wajib yang harus tersaji ketika momen Natal tiba. Lengkapi hangat suka cita di momen Natal 2021 ini dengan menghadirkan kue-kue di atas yang kamu buat sendiri di rumah. Tentunya dengan resep kue kering ala Kuliner Kota yang bisa jadi referensi kalian ketika ingin membuatnya. Jadi, sudah menyiapkan sajian Natal apa saja ketika tanggal 25 Desember nanti?

Baca Juga : Resep Kue Cubit Lembut dan Fluffy Banget Ala Rumahan

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 12 Kue Natal Paling Populer Untuk Temani Kumpul Keluarga

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Tangerang, kota metropolitan yang berkembang pesat, menawarkan berbagai pilihan tempat dinner romantis untuk pasangan. Dari suasana klasik dan elegan hingga modern dan trendi, Tangerang memiliki tempat yang cocok untuk menciptakan momen spesial bersama orang tersayang. Meliputi semua wilayah Tangerang, yakni Tangerang Kota, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang Bagi kamu atau pasangan yang tinggal kawasan Tangerang […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]
    Malang merupakan salah satu  kota yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, juga menawarkan berbagai pilihan menarik untuk menghabiskan waktu bersama pasangan, termasuk salah satunya dinner romantis. Saat menari tempat dinner romantis, salah satu yang menjadi pertimbangan, yakni suasananya yang intim dan berkesan. Berikut ada 6 tempat dinner romantis di Malang yang dijamin bikin dinner […]
    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]