1. Kuliner

20 Makanan Khas Tegal yang Terkenal Enak dan Lezat, Ada Olos

Tegal adalah sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Tengah serta berjuluk Kota Bahari karena berada di pesisir utara. Wilayahnya yang berdekatan dengan Kota Brebes menyebabkan makanan khas kedua kota ini dianggap sama meskipun sebenarnya berbeda. Bicara soal makanan khas, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota ini namun tidak mencicipi beragam kuliner Tegal yang siap memanjakan lidah. Mulai dari cemilan hingga makanan berat punya rasa otentik yang bikin siapa saja ketagihan. Itulah sebabnya ketika bertandang ke kota ini, 20 makanan khas Tegal ala Kuliner Kota ini wajib banget untuk dicicipi.

1. Kupat Glabed

Kupat Glabed
Kupat Glabed, Foto Oleh Cookpad Com

Salah satu makanan khas Tegal yang tak boleh dilewatkan adalah Kupat Glabed. Makanan dengan nama unik ini hanya dapat kamu temui di Tegal, loh. Kupat adalah semacam nasi kepal yang dibungkus dengan daun kelapa dalam proses memasaknya. Seporsi Kupat Glabed umumnya berisi potongan kupat, tempe, sayur kuning, sambal serta kerupuk mie kuning seta siraman kuah santan kental diatasnya. 

Biasanya Kupat Glabed juga akan disajikan dengan telur rebus, daging ayam atau aneka ragam sate seperti sate ayam, sate kikil atau sate kerang. Uniknya lagi, kamu juga bisa memilih lauk sesuai selera. Rasa Kupat Glabed yang gurih berpadu sempurna dalam suapan ketika kamu menyantapnya.

Alamat: Jalan Kapten Sudibyo, Tegal.
Harga: Sekitar Rp8.000 per porsinya.

2. Sate Blengong

Sate Blengong, Foto Oleh Beritasatu Com

Selain Kupat Glabed, Kota Tegal juga terkenal dengan makanan khas berupa sate yang disebut Sate Blengong. Kuliner Tegal ini biasanya disantap bersama Kupat Glabed sebagai lauknya. Mungkin kamu bertanya – tanya, apa sih Sate Blengong itu? Sate Blengong adalah olahan sate yang berbahan dasar daging hewan hasil persilangan bebek dan mentok. Sebelum dibakar biasanya Sate Blengong akan dibumbui dengan bumbu oles pedas nan gurih. 

Tekstur sate yang agak kenyal berpadu dengan kuah kental Kupat Glabed membuat sajian makin istimewa. Kamu juga bisa loh menyantap Sate Blengong dengan nasi hangat. Tentunya rasanya makin terasa nikmat dan siap menjadi penghilang rasa lapar setelah berkeliling Tegal.

Alamat: Jalan Sawo Barat, Tegal, Jawa Tengah.
Harga: Mulai Rp14.000 per porsinya.

3. Rujak Teplak

Rujak Teplak
Rujak Teplak, Foto Oleh Kompasiana Com

Sajian Rujak Teplak khas Tegal ini berbeda dengan rujak lainnya. Rujak Teplak terdiri dari bermacam sayuran sehat seperti kangkung, lembayung, daun singkong, jantung pisang, pare, kol dan tauge. Keunikan makanan ini terdapat pada bumbunya. Bumbu Rujak Teplak dibuat dari singkong yang dihaluskan dan dicampur air serta aneka bumbu sehingga mirip dengan bumbu pecel. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan kerupuk mie gurih sebagai pendamping ketika menyantapnya. Perpaduan rasa yang sempurna dijamin bikin kamu ketagihan menyantapnya lagi dan lagi.

Alamat: Jalan HOS Cokroaminoto, Tegal, Jawa Tengah.
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp15.000 per porsinya.

4. Glotak

Glotak
Glotak, Foto Oleh Ringkaskata Com

Banyak orang yang mungkin belum pernah mengetahui kuliner khas Tegal ini. Glotak adalah makanan berbahan utama gembus, yaitu semacam oncom yang dimasak bersama beragam bumbu untuk menciptakan cita rasa lezat. Sebutan Glotak sendiri berasal dari suara “glotak-glotak” saat proses memasak. Glotak biasanya ditambahkan dengan kaldu yang berasal dari rebusan tulang ayam atau sapi agar lebih sedap.

Dapat pula ditambahkan irisan cabai agar cita rasanya semakin kaya. Sebagai pelengkap, kamu juga bisa menikmati Glotak ini bersama kerupuk antor atau kerupuk mie. Perpaduan rasa yang sempurna tentunya bikin kamu ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Alamat: Sekitaran Alun-Alun Kota Tegal.
Harga: Sekitar Rp3.000 – Rp4.000 per porsi.

5. Blendung

Blendung
Blendung, Foto Oleh Tokopedia Com

Belum lengkap rasanya jika berkunjung ke Tegal namun tidak mencoba makanan tradisional khas satu ini. Blendung adalah jenis makanan khas dari Tegal berbahan dasar jagung yang direbus sampai empuk kemudian diberi sedikit garam, penyedap dan parutan kelapa. Kombinasi tersebut berpadu dengan manisnya jagung yang menciptakan rasa gurih dan enak. Itulah sebabnya ketika berkunjung ke Tegal, kuliner satu ini wajib banget dicoba.

Harga: Sekitar Rp4.000 per porsi.

Baca Juga : 5 Pusat Oleh-Oleh Pekalongan Terbaik dan Memuaskan

6. Nasi Lengko

Nasi Lengko
Nasi Lengko, Foto Oleh Inibaru Id

Makanan khas Tegal berikutnya adalah Nasi Lengko. Makanan ini disajikan dengan sederhana namun menggugah selera. Nasi panas yang sudah ditata di dalam piring kemudian diberi tambahan topping seperti potongan tahu, tauge, tempe dan mentimun. Selanjutnya, disiram dengan bumbu kacang dan diberi kerupuk kuning sebagai pelengkap. Bumbu kacang yang digunakan dalam Nasi Lengko sangatlah khas karena lebih kental dan terasa pedas ketika dikecap. Selain itu, porsinya juga pas sebagai menu sarapan sebelum berwisata di Tegal.

Harga: Mulai Rp10.000 per porsi.

7. Nasi Ponggol

Nasi Ponggol
Nasi Ponggol, Foto Oleh Ksmtour Com

Selain Nasi Lengko, Tegal juga punya sajian khas seputar nasi lainnya yaitu Nasi Ponggol. Nasi Ponggol yang biasanya dijadikan menu sarapan ini sebenarnya adalah nasi bungkus seperti pada umumnya. Bedanya, jika nasi bungkus lain dikemas dengan kertas nasi maka Nasi Ponggol dibungkus menggunakan daun pisang. 

Dalam seporsi Nasi Ponggol kamu akan mendapatkan nasi putih hangat yang disajikan dengan lauk tempe, tahu orek, oseng mie serta sambal teri. Selain itu, adapun lauk pendamping lain seperti telur dadar atau udang yang dapat kamu pilih sendiri saat kamu membeli makanan khas ini. Tentunya perpaduan rasa yang sempurna bikin ingin terus ngunyah lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp5.000 per porsi.

8. Olos

Olos
Olos, Foto Oleh Cookpad Com

Olos adalah sejenis camilan berbentuk bulat yang terbuat dari campuran tepung kanji dan tepung terigu dengan tampilan mirip cimol. Dulunya makanan khas Tegal Olos hanya berisi sayur-sayuran dan cabai, namun sekarang kamu dapat menemukan Olos dengan beragam isian, mulai dari isian ayam, sosis serta keju. 

Adonan Olos yang sudah digoreng matang kemudian disajikan dengan beraneka rasa bumbu bubuk untuk menambah cita rasanya. Makanan ini juga cukup digemari karena rasa gurih dan pedas yang menyatu dengan sempurna. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Tegal, kuliner ini wajib banget untuk dicoba.

Harga: Sekitar Rp500 – Rp1.000 per butirnya.

9. Soto Tauco

Soto Tauco
Soto Tauco, Foto Oleh Masakandapurku Com

Soto khas Tegal ini biasa disebut dengan Soto Tauco. Berbeda dari soto daerah lain, Soto Tauco dibuat dengan bumbu tauco. Tauco adalah makanan hasil fermentasi yang terbuat dari biji kedelai yang sudah direbus, dihaluskan serta dicampur dengan tepung terigu. Seporsi Soto Tauco terdiri dari irisan lontong, tauge dan potongan daging ayam. Kuah Soto Tauco yang manis, gurih, asam dan asin berpadu dengan potongan daging dan babat dijamin meningkatkan selera makanmu. 

Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi

10. Kemronyos

Kemronyos
Kemronyos, Foto Oleh Jateng Tribunnews Com

Bagi penggemar olahan kambing maka makanan khas Tegal satu ini wajib menjadi incaran utama ketika sedang berwisata ke Kota Tegal. Kemronyos atau sate kambing khas Tegal, berbeda dengan sate kambing pada umumnya. Sate ini dibakar dan disajikan tanpa bumbu kacang maupun bumbu kecap sehingga tekstur garing dan juicy daging kambing akan lebih dominan saat disantap. Perpaduan rasa gurih dari Kemronyos makin membuat kamu tergoda untuk menikmatinya lagi dan lagi. 

11. Gemblong Ocar Acir

Gemblong Ocar Acir
Gemblong Ocar Acir, Foto Oleh Youtube Com

Gemblong Ocar Acir adalah jajanan tradisional Tegal yang cukup terkenal. Makanan khas dari Tegal ini terbuat dari ketan yang disiram dengan air gula aren kemudian ditaburi parutan kelapa diatasnya. Rasa manis dari gula aren serta gurihnya ketan dan parutan kelapa berpadu menjadi sajian sempurna dan patut untuk dicoba ketika bertandang ke Tegal. 

Harga: Sekitar Rp5.000 per porsi.

12. Nasi Bogana

Nasi Bogana Khas Tegal
Nasi Bogana, Foto Oleh Food Detik Com

Selain Nasi Ponggol dan Nasi Lengko, sajian nasi khas Tegal lainnya adalah Nasi Bogana. Makanan khas Tegal ini hampir sama dengan kedua olahan nasi tersebut. Bedanya, dalam satu porsi Nasi Bogana terdiri dari nasi gurih, ayam kari suwir, oseng kacang panjang, serundeng, serta irisan tahu dan tempe bacem. Tak lupa juga ada sambal khas yang akan menemani acara santap Nasi Bogana. Untuk rasa tak perlu ditanya, meskipun memiliki tampilan sederhana Nasi Bogana bakal bikin kamu tergoda menyuap lagi dan lagi.

13. Tahu Aci Khas Tegal

Tahu Aci Khas Tegal
Tahu Aci Khas Tegal, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Tegal Tahu Aci ini adalah cemilan sejenis gorengan berbahan dasar tahu yang diisi dengan aci atau tepung kanji. Meski sederhana makanan ini memiliki cita rasa lezat dan gurih yang pastinya cocok disantap sambil bersantai. Perpaduan tahu yang lembut serta aci yang kenyal menambah sensasi kenikmatan dalam setiap gigitannya. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Tegal Tahu Aci wajib banget dijadikan camilan sambil menikmati keindahan kotanya.

Harga: sekitar Rp1.000 – Rp2.000 per porsi.

14. Es Lontrong

Es Lontrong Khas Tegal
Es Lontrong, Foto Oleh Cookpad Com

Tak hanya makanannya saja yang istimewa, Kota Tegal juga memiliki minuman khas legendaris bernama Es Lontrong. Minuman ini telah ada sejak lama sehingga sangat populer di kalangan masyarakat Tegal. Es Lontrong terbuat dari campuran santan dan air gula yang diberi isian kacang hijau serta cincau. Untuk melengkapi kesegarannya, es serut ditambahkan ketika penyajiannya. Minuman tradisional ini sangat cocok dinikmati setelah menelusuri keindahan Kota Tegal. Jadi, tertarik untuk meneguk segarnya Es Lontrong saat berada di Tegal?

Harga: Sekitar Rp5.000 per gelas.

15. Rujak Krupuk Mie

Rujak Krupuk Mie Khas Tegal
Rujak Krupuk Mie, Foto Oleh Cookpad Com

Rujak yang satu ini berbeda dengan Rujak pada umumnya karena sajian ini memiliki Krupuk Mie sebagai isian utama. Rujak Krupuk Mie menjadi salah satu kuliner favorit anak-anak kecil di Kota Tegal. Sepiring rujak khas Tegal ini berisi kerupuk mie yang disiram dengan bumbu rujak sehingga bercita rasa gurih, sedap dan pedas. Rasa kerupuk yang gurih menyatu dengan lezatnya bumbu terlebih kamu bisa request tingkat kepedasannya. Perpaduan rasa yang sempurna paling nikmat dijadikan sebagai teman bersantap di segala macam suasana.

16. Es Sagwan

Es Sagwan Khas Tegal
Es Sagwan, Foto Oleh Jatenglive Com

Selain Es Lontrong, Kota Tegal juga mempunyai minuman khas lain yaitu Es Sagwan. Walaupun terlihat mirip dengan dawet, es ini memiliki butiran panjang berwarna putih sedangkan dawet kita tahu butirannya berwarna hijau. Es Sagwan disajikan dalam gelas yang diisi campuran santan, es serut serta sirup manis berwarna merah. Rasa yang manis dan segar sangat cocok menemani kamu setelah lelah berkeliling Kota Tegal di siang hari.

Harga: Sekitar Rp6.000 per gelas.

17. Sop Kikil Warung Bu Umi

Sop Kikil Bu Umi Khas Tegal
Sop Kikil Bu Umi, Foto Oleh Today Line Me

Sop Kikil sangat pas dinikmati ketika hujan sedang turun. Kuah sop yang hangat ditambah aroma yang menggoda perut membuat siapapun tidak sabar menyantapnya. Kikil yang menjadi bahan utama dimasak dengan bumbu spesial sehingga tidak perlu diragukan lagi kenikmatannya. Ditambah sayuran segar seperti tomat dan wortel serta irisan daun bawang dan bawang goreng menciptakan cita rasa sempurna ketika kamu mulai menyuapnya. Itulah sebabnya, bagi kamu pecinta olahan kikil, Sop Kikil khas Tegal ini wajib banget dicoba.

Alamat: Jalan Tegal – Cilacap, Pekauman Kulon, Dukuhturi, Tegal.
Harga: Sekitar Rp18.000 per porsi.

18. Bakso Mahkota Putera

Bakso Mahkota Putera Khas Tegal
Bakso Mahkota Putera, Foto Oleh Difawisata Com

Jika bakso biasanya disajikan bersama kerupuk atau siomay, maka bakso yang satu ini sedikit berbeda. Kamu akan diberi pilus sebagai sajian pendamping santapan bakso. Menikmati bakso khas Tegal sambil menyeruput kuahnya yang gurih dan segar tentu merupakan kenikmatan tiada tara. Menu bakso yang disediakan pun beragam, seperti bakso telor, bakso urat, bakso tahu dan beragam pilihan bakso lainnya. Rasanya yang khas tentunya menjadikan olahan bakso ini wajib banget untuk dicoba.

Alamat: Jalan Kapten Sudibyo Nomor 174, Tegal Barat, Tegal.
Harga: Mulai Rp14.000 – Rp23.000 per porsi.

19. Latopia

Latopia Khas Tegal
Latopia, Foto Oleh Ayosemarang Com

Jika di kota Yogyakarta terdapat Bakpia sebagai oleh-oleh khasnya, maka Tegal punya Latopia. Tidak jauh berbeda dengan Bakpia, Latopia memiliki beragam varian rasa seperti coklat, keju, kacang hijau, durian dan berbagai rasa lainnya. Namun, dibandingkan dengan Bakpia, kulit Latopia terbilang lebih lebih tebal. Tidak hanya itu, Latopia juga memiliki ukuran lebih besar dari Bakpia sehingga kamu akan lebih puas menyantapnya. Jadi, tertarik untuk membawa Latopia sebagai oleh-oleh khas setelah bertandang ke Tegal?

Harga: Sekitar Rp10.000 per bungkus.

20. Lontong Cap Go Meh Tegal

Lontong Cap Go Meh Khas Tegal
Lontong Cap Go Meh Tegal, Foto Oleh Brebestegal Com

Lontong Cap Go Meh Tegal ini cocok disantap ketika perayaan Imlek tiba. Meski memiliki tampilan yang mirip dengan lontong sayur, makanan khas dari Tegal ini memiliki cita rasa yang berbeda saat kamu mengecapnya. Terdapat berbagai macam isian dalam satu porsinya yaitu telur, suwiran ayam dan beragam isian lainnya. Dijamin kamu akan ketagihan menyuap lagi dan lagi sejak suapan pertama menikmati olahan khas Tegal ini.

Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Slawi, Tegal.
Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi.

Nah, itulah beberapa makanan khas Tegal yang wajib untuk dicoba. Rasa cita rasa nikmat dalam setiap ragam kuliner Tegal yang bikin kamu ingin datang lagi. Tentunya juga tidak perlu ragu, karena semua kuliner khas dari Tegal ramah di kantong. Jadi, sudah siap berwisata kuliner di Tegal dan menjajal ragam cita rasa otentik dan menggugah selera? 

Baca Juga : 10 Kuliner Malam Pekalongan Terbaik Buat Makan Malam

Reaksi orang terhadap cerita ini

Komentar untuk: 20 Makanan Khas Tegal yang Terkenal Enak dan Lezat, Ada Olos
  • 1 Juni 2021

    kupat bongkok..ketinggalan mbak?’

    Balas

Tulis respon

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ARTIKEL TERBARU

Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

Trending