1. Oleh-Oleh Khas

35 Oleh-Oleh Khas Lampung Kekinian Paling Diburu WIsatawan

Lampung adalah provinsi yang terletak di selatan Pulau Sumatra sehingga menjadi penghubung antara Pulau Sumatra dan Pulau Jawa. Itulah sebabnya, provinsi ini selalu ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Tidak hanya menawarkan destinasi wisata yang menarik tentunya ragam oleh-oleh khas Lampung juga sayang untuk dilewatkan. Jadi, bagi sobat Kuliner Kota yang bertandang kesini, ada baiknya membawa oleh-oleh Lampung sebagai pelengkap momen liburan. Mau tahu apa saja buah tangan wajib ala Provinsi Lampung yang tidak boleh terlewatkan? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Bakso Sony

Bakso Sony
Bakso Sony, Foto Oleh Tokopedia Com

Bakso Sony atau yang juga dikenal Son Haji Sony adalah oleh-oleh Lampung yang sudah tersohor namanya. Bakso ini lebih istimewa dari bakso kebanyakan sebab dibuat dengan daging urat pilihan dari sapi yang telah berlabel halal MUI. Selain itu, pembuatan Bakso Sony tidak banyak campuran tepungnya sehingga rasa daging sapi lebih dominan, apalagi ditambah dengan bumbu khas yang membuat cita rasanya ini makin nikmat.

Bakso Sony juga telah memiliki banyak cabang yang tersebar di Lampung. Jika kamu tertarik menjadikannya oleh-oleh, datang saja langsung ke salah satu kedainya untuk membeli bakso frozen atau jika ingin menikmatinya langsung juga bisa loh sobat Kuliner Kota.

Alamat: Jalan Wolter Monginsidi, Bandar Lampung.
Harga: Sekitar Rp85.000 per bungkusnya.

2.  Pie Pisang

Pie Pisang
Pie Pisang, Foto Oleh Yussyakmal Com

Pie adalah makanan khas Lampung yang memiliki tekstur garing di luar namun lembut di bagian dalam dengan beragam isian. Uniknya, Lampung punya oleh-oleh bernama Pie Pisang. Seperti namanya, pie ini dibuat dengan isian pisang. Soal rasa tak perlu khawatir karena pasti enak dan unik.

Pie pisang khas Lampung memiliki 4 varian rasa seperti kacang almond, coklat, keju dan oreo. Selain isian yang unik, bentuk pie ini juga dibuat mirip pisang loh sehingga sangat cocok dijadikan buah tangan. Oleh-oleh khas Lampung ini juga dapat bertahan selama 3-5 hari pada suhu normal sehingga sangat cocok jika kamu jadikan buah tangan untuk kerabat di kampung halaman. 

Tempat: Toko Yussi Akmal
Alamat: Jalan Raya Zainal Abidin Pagar Alam, Bandar Lampung.
Harga: Mulai Rp5.000-Rp8.500 per box.

3.Lapis Legit

Lapis Legit
Lapis Legit, Foto Oleh Lampung Tribunnews Com

Buah tangan khas Lampung satu ini sebenarnya merupakan kue akulturasi dari Belanda, Portugis dan Indonesia. Di Lampung sendiri kue ini disebut juga dengan spekoek. Kue Lapis Legit khas Lampung terbuat dari adonan tepung terigu, mentega, telur ayam dan bahan lainnya. Kue lezat ini memiliki bentuk yang berlapis-lapis dengan warna yang berbeda yaitu kuning dan hitam.

Tekstur yang dihasilkan tentunya legit seperti namanya. Selain itu, oleh-oleh Lampung ini juga sangat lembut ketika dinikmati karena telur yang digunakan dalam setiap adonan bisa mencapai 20 butir, loh. Itulah alasannya, tak heran jika oleh-oleh khas dari Lampung ini dibanderol dengan harga tidak murah. Meski begitu tentu rasa dan legitnya kue khas Lampung ini bakal bikin kamu inget momen manis di kota ini.

Harga: Mulai Rp300.000 – Rp800.000 per loyang.

4. Dodol Pandan

Dodol Pandan
Dodol Pandan, Foto Oleh Tokopedia Com

Makanan Dodol biasanya terkenal berasal dari kota Garut, namun di Lampung juga ada dodol yang menjadi oleh-oleh khas bernama Dodol Pandan. Seperti namanya, oleh-oleh khas Lampung ini terbuat dari campuran pandan. Penjual yang menemukan resep ini adalah Ny. Wie, sebenarnya untuk proses pembuatan dodol tak jauh berbeda dengan dodol lain, adonan dodol dimasak di wadah besar dan terus menerus diaduk hingga matang. Bedanya, dodol khas Lampung ditambahkan pandan untuk menambah aroma serta cita rasa khas pandan. Tak hanya itu, ukuran dodol ini juga lebih besar dari dodol lain, jadi tentunya lebih bikin puas ketika dinikmati.

Harga: Mulai Rp20.000 – Rp27.000.

5. Manisan Buah

Manisan Buah
Manisan Buah, Foto Oleh Makanan Lampung Com

Oleh-oleh Lampung berikutnya adalah Manisan Buah. Makanan ini berbahan dasar buah yang dipotong – potong dan dimasukkan ke dalam larutan air gula. Setelah didiamkan beberapa lama, manisan siap dinikmati dan dapat bertahan hingga dua minggu dengan kualitas rasa yang tak berubah. Di Lampung, manisan dibuat dari berbagai macam buah salah satunya adalah buah pala yang punya rasa manis dan agak pedas. Ada pula manisan dari buah lain seperti salak, pepaya, kedondong, mangga dan buah lainnya. Dijamin rasa manis akan langsung menyapa saat kamu mencobanya.

Harga: Sekitar Rp13.000 per 500 gram.

6. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Kerupuk Udang, Foto Oleh Silausurya Com

Kerupuk Udang adalah makanan yang terbuat dari gilingan daging udang yang dicampur dengan tepung terigu atau tepung tapioka. Di Lampung terdapat Kerupuk Udang bernama Mekarsari yang bahan pembuatannya ditambah garam, telur, bumbu penyedap serta menggunakan tepung tapioka. Warna kerupuk yang dihasilkan juga unik karena sedikit kekuningan tidak seperti Kerupuk Udang lain berwarna putih. Meski begitu hal tersebut sama sekali tidak mempengaruhi rasa dan kerenyahan kerupuk. Perpaduan rasa dan tentunya aroma yang nikmat serta tahan lama membuat Kerupuk Udang cocok dijadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp30.000

7. Kerupuk Cumi

Kerupuk Cumi
Kerupuk Cumi, Foto Oleh Silausurya Com

Jika biasanya cumi diolah menjadi berbagai macam menu lauk pauk, maka di Lampung seafood ini diolah menjadi Kerupuk Cumi yang gurih dan renyah. Seperti namyan, kerupuk ini terbuat dari cumi segar yang dicampur dengan tepung terigu, garam dan bahan lainnya. Tak hanya lezat, Kerupuk Cumi juga kaya nutrisi sebab cumi memiliki kandungan protein 17%, omega 3, asam amino serta vitamin B yang cocok untuk pertumbuhan. Jadi, tertarik bukan membawa oleh-oleh khas dari Lampung ini sampai ke kampung halaman?

Tempat: PD Kiki Bangka Food Bandar Lampung.
Harga: Sekitar Rp26.000 per bungkus.

8. Kerupuk Ikan Tenggiri

Kerupuk Ikan Tenggiri
Kerupuk Ikan Tenggiri, Foto Oleh Makanan Lampung Com

Tak hanya Kerupuk Cumi dan Kerupuk Udang saja, Kerupuk Ikan Tenggiri juga dapat menjadi pilihan oleh-oleh khas dari Lampung loh. Kerupuk ini dibuat dari ikan tenggiri dan tepung tapioka yang kemudian ditambahkan beragam rempah seperti bawang putih, ketumbar, soda kue dan gula pasir. Rasanya yang gurih karena ikan tenggiri membuat camilan ini patut masuk ke dalam keranjang oleh-oleh ketika kamu sedang di Lampung. Tentunya juga awet loh sobat Kuliner Kota, jadi cocok dibawa dalam perjalanan jauh tanpa takut rasanya berubah.

Harga: Mulai Rp20.000-Rp30.000 per kemasan

9. Keripik Singkong

Keripik Singkong
Keripik Singkong, Foto Oleh Wakuliner Com

Camilan yang satu ini memang cocok jika dijadikan pilihan sebagai buah tangan. Salah satu Keripik Singkong yang terkenal di Lampung adalah Cap Salam. Keripik ini terkenal karena rasanya yang unik dan beda dari keripik lain. Hal itu karena, cita rasa pedas dan manis gula yang melumuri seluruh bagian Keripik Singkong khas Lampung ini. Selain karena terkenal rasa pedasnya beragam varian sambal juga disediakan sebagai pilihan ketika kamu ingin membawa pulang oleh-oleh khas Lampung ini, mulai dari rasa sambal balado sampai cabai hijau. Jadi, tertarik ingin membawanya pulang sebagai buah tangan, ketika bertandang ke Lampung?

Harga: Sekitar Rp26.000 per kemasan.

10. Keripik Pisang

Keripik Pisang
Keripik Pisang, Foto Oleh Silausurya Com

Ketersediaan pisang yang melimpah di Lampung membuat provinsi ini memiliki banyak olahan pisang yang dijadikan sebagai oleh-oleh seperti Keripik Pisang. Cemilan ini biasanya terbuat dari pisang ambon yang diiris tipis kemudian digoreng dan dibumbui sehingga cita rasanya gurih dan renyah. Berbagai varian rasa disediakan mulai rasa strawberry, balado, kopi, susu, moka, coklat dan beragam rasa lainnya yang bisa jadi pilihan. Tentunya juga awet dengan beragam kemasan yang cocok dibawa kemanapun. Jadi, tidak ada alasan bukan untuk tidak membawa Keripik Pisang sebagai buah tangan?

11. Sambal Terasi

Sambal Terasi
Sambal Terasi, Foto Oleh Makanan Oleh Oleh Com

Sebagai pelengkap acara makan, sambal terasi sudah pasti menjadi favorit banyak orang. Sambal Terasi dibuat menggunakan terasi dan cabai yang dibumbui dengan bawang putih dan garam. Salah satu sambal terasi khas Lampung yang populer adalah Sambal Terasi Lampung Cap Udang 88 Yenyen. Sambal ini cocok dijadikan oleh-oleh sebab dikemas dalam wadah food grade. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan tumpah ketika ingin membawanya dalam perjalanan. Untuk itu, tertarik membawanya pulang sebagai buah tangan?

Alamat: Jalan Ikan Kakap Nomor 86, Pesawahan.
Harga: Sekitar Rp35.000 per botol.

Baca Juga : Resep Sambal Terasi Enak & Sedap dan Bikin Nagih!

12. Kopi Ulubelu

Kopi Ulubelu
Kopi Ulubelu, Foto Oleh Pejalan Santai Com

Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung berikutnya adalah Kopi Ulubelu. Kopi ini merupakan jenis kopi robusta yang berbeda dari kopi robusta lain. Kopi khas Lampung ini memiliki rasa khas dengan biji lebih bulat dan aroma mirip coklat. Hal ini disebabkan oleh tanah dan cahaya di daerah penanaman kopi yaitu daerah Ulubelu yang sangat tepat bagi kopi robusta. Salah satu produsen Kopi Ulubelu yang bisa dijadikan pilihan adalah Kopi Ulubelu Lampung. Kopi ini memiliki beberapa varian produk seperti Kopi Ulubelu Original Kopi Ulubelu Gold, Kopi Ulubelu Lanang dan Kopi Ulubelu Special Limited. Jadi, tentunya bagi pecinta para pecinta kopi, Kopi Ulubelu khas Lampung wajib banget dibawa pulang sebagai buah tangan.

Harga: Mulai Rp25.000 – Rp40.000

13. Kopi Lampung

Kopi Lampung
Kopi Lampung, Foto Oleh Ahli Kopi Lampung Com

Kopi Lampung yang khas ini bisa kamu jadikan pilihan sebagai buah tangan. Kopi ini memiliki cita rasa pahit dan berwarna hitam pekat serta rasa asam yang sedikit sehingga aman untuk lambung. Bagi kamu yang perlu energi tambahan untuk melawan kantuk Kopi Lampung cocok dikonsumsi karena mengandung kafein tinggi. Jadi, bagi kalian yang hobi begadang akan lebih sempurna ketika membawa oleh-oleh khas Lampung ini sampai ke kampung halaman.

Harga: Sekitar Rp50.000 per kemasan 500 gram.

14. Kopi Duren

Kopi Durian
Kopi Duren, Foto Oleh Ringkaskata Com

Selain Kopi Ulubelu dan Kopi Lampung, oleh-oleh khas Lampung seputar kopi lainnya adalah Kopi Duren. Buah tangan ini banyak dicari oleh wisatawan karena keunikannya. Seperti namanya, Kopi Duren dibuat dari serbuk biji kopi yang ditambah ekstrak durian sehingga menciptakan aroma kopi yang tajam dan wangi durian ketika diseduh. Tentunya bagi kalian pecinta kopi, wajib banget mencoba Kopi Duren ini untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Karena rasa dan aromanya yang khas bikin kamu ingat terus momen manis di Lampung.

Harga: Mulai Rp15.000 – Rp30.000.

15. Stik Keju

Stik Keju
Stik Keju, Foto Oleh Tokopedia Com

Rekomendasi oleh-oleh khas Lampung berikutnya adalah stik keju. Uniknya, stik ini telah mendapat persetujuan dari produsen keju merk Kraft untuk menggunakan produknya dalam pengolahan. Stik Keju khas Lampung terbuat dari keju kraft, minyak nabati, sagu tani, telur, garam dan bumbu lainnya. Rasanya tentu gurih karena diolah menggunakan keju, jadi cocok banget ketika kamu menikmatinya sebagai camilan ketika kumpul bersama keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp23.000 – Rp45.000

16. Sambal Goreng Udang

Sambal Goreng Udang
Sambal Goreng Udang, Foto Oleh Budaya Indonesia Org

Selain Sambal Terasi, Lampung juga memiliki buah tangan khas olahan sambal lainnya yaitu Sambal Goreng Udang. Dibuat dengan cara digoreng membuat rasa pedas khas sambal ini berpadu sempurna dengan gurihnya udang. Sambal khas Lampung ini berbahan utama udang kering atau ebi, kentang, cabe merah, bawang, garam, gula serta rempah lainnya. Sambal Goreng Udang juga dikemas modern dengan kaleng food grade berwarna merah sehingga sangat cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

17. Pempek Nori

Pempek Nori
Pempek Nori, Foto Oleh Makanan Oleh Oleh Com

Tak hanya Palembang saja loh yang memiliki pempek sebagai oleh-oleh daerah. Lampung juga memiliki Pempek Nori yang bisa menjadi pilihan buah tangan saat bertandang kesini. Pempek Nori ini sangat unik sebab dibuat dari ikan tenggiri yang diisi dengan keju. Istimewanya lagi, kamu bisa memesan dalam satu paket yang berisi 40 pcs dengan dengan 4 varian yaitu keju, adaan, lenjer dan telur. Tentunya rasa nikmat dan khas membuat Pempek Nori ini wajib banget kamu bawa pulang sebagai buah tangan.

Harga: Sekitar Rp175.000 per paket.

18. Sambal Teri

Sambal Teri
Sambal Teri, Foto Oleh Idntimes Com

Biasanya sambal dibuat dengan tambahan tomat atau terasi, namun lain halnya dengan Sambal Teri asal Lampung ini. Sambal ini berbahan dasar ikan teri sehingga cita rasa yang ditawarkan lebih gurih dengan paduan pedasnya cabai. Di Lampung sendiri terdapat salah satu produsen Sambal Teri yang sudah dikenal di masyarakat yaitu “Raja Ikan”. Rasa serta aromanya yang khas membuat kamu wajib banget membawanya pulang sebagai buah tangan.

Harga: Mulai Rp45.000 per kemasan.

19. Sambal Lingkung

Sambal Lingkung
Sambal Lingkung, Foto Oleh Aneka Sari Rasa Oleh Oleh Khas Lampung Business Site

Sambal yang satu ini cukup berbeda dari sambal kebanyakan, sebab cara pembuatannya mirip dengan pengolahan abon, bahkan penampilannya memang lebih mirip abon dibandingkan sambal. Bahan – bahan yang digunakan dalam pembuatan Sambal Lingkung adalah ikan tenggiri, santan, gula, daun salam, kemiri, bawang merah, serai, kencur, garam dan rempah lainnya. Sambal Lingkung khas Lampung juga memiliki ketahanan yang lama seperti abon loh sehingga cocok dijadikan buah tangan. Itulah sebabnya ketika bertandang ke Lampung, Sambal Lingkung wajib banget masuk daftar buah tangan yang kamu bawa pulang.

20. Sambal Lampung

Sambal Lampung
Sambal Lampung, Foto Oleh Keluyuran Com

Pecinta pedas tentunya tak boleh ketinggalan membawa Sambal Lampung ini sebagai buah tangan. Sambal ini terkenal memiliki rasa pedas dengan aroma yang khas karena terbuat dari cabai rawit dan bawang putih. Perpaduan cabai serta kombinasi tepat dari bumbu rempah alami yang digunakan mampu menggugah selera siapapun. Biasanya, oleh-oleh Lampung ini cocok dinikmati bersama lauk lain dan sepiring nasi hangat. Selain itu, Sambal Lampung juga dikemas menggunakan botol plastik sehingga aman jika dijadikan oleh-oleh saat kamu pulang dari Lampung.

21. Dodol Sirsak

Dodol Sirsak
Dodol Sirsak, Foto Oleh Makanan Oleh Oleh Com

Tak hanya Dodol Pandan saja, Lampung juga memiliki Dodol Sirsak yang siap kamu jadikan buah tangan. Bahan yang digunakan tak jauh beda dengan dodol lain, hanya saja dodol ini ditambah dengan daging sirsak. Selain itu juga dicampur dengan bahan lain seperti tepung ketan, santan, gula, garam, jahe dan pala. Dodol Sirsak akan lebih nikmat jika dijadikan sebagai camilan teman minum kopi maupun teh. Itulah sebabnya, Dodol Sirsak ini wajib banget kamu jadikan sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah.

22. Abon Jamur

Abon Jamur
Abon Jamur, Foto Oleh Wisatakuliner Org

Jika biasanya abon terbuat dari daging sapi, kambing, ayam atau belut, namun abon dari Lampung ini terbuat dari jamur. Oleh-oleh khas Lampung satu ini berbahan utama jamur tiram yang dimasak dengan bahan lain seperti garam, gula, kacang tanah, minyak tanah dan aneka macam rempah. Rasanya tentu saja gurih serta cocok dijadikan teman santap nasi hangat. Abon lezat khas Lampung ini juga memiliki waktu bertahan hingga beberapa hari atau minggu sehingga bisa cocok dijadikan pilihan untuk dibawa dalam perjalanan jauh.

Harga: Sekitar Rp25.000.

23. Lele Asap

Lele Asap
Lele Asap, Foto Oleh Sering Jalan Com

Lele tak hanya diolah menjadi pecel lele saja loh, di Lampung lele dijadikan produk oleh-oleh khas. Seperti namanya, olahan lele ini dibuat dengan cara diasapi dan biasanya menggunakan lele dengan ukuran yang jumbo. Oleh-oleh Lampung ini juga dikemas menggunakan plastik tebal sehingga dapat bertahan cukup lama dan aman dalam perjalanan jika dijadikan buah tangan. Itulah sebabnya, tertarik membawa kenikmatan Lele Asap khas Lampung sampai ke kampung halaman?

Tempat:  Ikan Asap AAK SOEHARTO.
Alamat: Kabupaten Pringsewu.
Harga: Sekitar Rp36.000.

Baca Juga : Resep Mangut Lele yang Pedas dan Gurihnya Nagih

24. Kue Semprong

Kue Semprong khas lampung
Kue Semprong, Foto Oleh Makanan Oleh Oleh Com

Oleh-oleh Lampung berikutnya adalah Kue Semprong. Kue berbentuk lonjong dan bertekstur renyah ini merupakan makanan tradisional yang sudah ada sejak dulu. Kue Semprong tersedia dalam berbagai varian rasa seperti wijen, coklat dan durian. Rasa manis dan renyah saat digigit membuat kue legendaris ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp36.000

25. Lempok Durian

Lempok Durian khas lampung
Lempok Durian, Foto Oleh Tokopedia Com

Lempok adalah makanan sejenis jenang atau dodol karena proses pembuatannya yang hampir sama. Salah satu jenis lempok yang bisa kamu jadikan oleh-oleh dari Lampung adalah Lempok Durian. Makanan manis ini terbuat dari daging durian yang telah dipisahkan dari bijinya lalu ditambahkan gula dan garam. Selanjutnya, adonan tersebut dimasak selama 4 jam dan diaduk-aduk hingga bertekstur kenyal layaknya dodol atau jenang. Untuk kamu si pecinta durian, tentunya Lempok Durian ini bakal cocok dijadikan buah tangan ketika bertandang ke Lampung.

Harga: Sekitar Rp35.000-Rp40.000.

26. Lampung Bona Cake

Lampung Bona Cake khas lampung
Lampung Bona Cake, Foto Oleh Kuliner Nusantara7 Blogspot Com

Rekomendasi oleh-oleh Lampung berikutnya adalah Lampung Bona Cake. Kue ini mirip dengan Japanese Cheesecake karena teksturnya lembut dan lumer ketika masuk di mulut. Terdapat berbagai varian rasa yang dapat kamu pilih, namun yang paling favorit adalah Cheese Delight dengan topping dan isi keju cheddar. Selain itu, ada juga varian yang cocok bagi penggemar coklat yaitu varian Chocomaltine yang berisi coklat dengan topping taburan kelapa, coklat arsir dan kacang almond. Untuk rasa sudah pasti, manis, legit dan lumer dalam tiap gigitan sehingga cocok dijadikan buah tangan dan dimakan bersama keluarga di rumah.

Alamat: Jalan Raden Intan No.99.
Harga: Sekitar Rp65.000 per kotak.

27.  Bejak Enjak

Bejak Enjak khas lampung
Bejak Enjak, Foto Oleh Republika Co Id

Bejak Enjak adalah makanan tradisional khas Lampung yang tak boleh ketinggalan kamu jadikan buah tangan. Panganan tradisional ini bercita rasa gurih dan manis serta kaya akan serat dan karbohidrat. Bejak Enjak terbuat dari campuran gula, ketan putih serta pisang raja yang dikukus dan dibungkus dengan daun pisang. Kue ini mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh Lampung. Benjak Enjak juga memiliki masa tahan yang cukup awet sehingga cocok dijadikan pilihan oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

28.  Browkis

Browkis khas lampung
Browkis, Foto Oleh Republika Co Id

Jika kamu biasa mendengar brownies, maka oleh-oleh Lampung ini bernama browkis. Makanan ini sangat unik sebab terbuat dari kulit pisang yang diolah dengan bahan campuran lain. Tapi, kamu tak perlu khawatir sebab panganan unik ini dibuat melalui proses khusus sehingga kualitas serta rasanya tetap nikmat dan tak kalah dengan brownies pada umumnya. Perpaduan rasa manis dan tentunya aroma unik membuat kamu wajib banget membawanya sebagai buah tangan.

Alamat: Jalan M.Yunus Gang Sukrawijaya No 83, Bandar Lampung.

Harga: Sekitar Rp20.0000 per box nya.

29. Kemplang

Kemplang khas lampung
Kemplang, Foto Oleh Inkuiri Com

Oleh-oleh Lampung ini serupa dengan kerupuk ikan asal Palembang yang disebut amplang dengan bahan dasar ikan tenggiri. Proses pembuatan Kemplang terbilang unik, sebab tidak digoreng menggunakan minyak melainkan menggunakan pasir. Selain itu, rasa dari tenggiri yang gurih juga terasa dalam setiap gigitannya. Untuk itu, jika kamu bingung akan membawa oleh-oleh apa ketika berada di Lampung maka Kemplang bisa menjadi salah satu pilihan.

Harga: Sekitar Rp25.000

30. Bolu Tape

Bolu Tape khas lampung
Bolu Tape, Foto Oleh Tokopedia Com

Tape adalah makanan hasil fermentasi singkong yang memiliki rasa manis dengan aroma yang tajam. Di Lampung, tape diolah menjadi bolu yang bercita rasa unik dan lezat. Tape yang menjadi bahan dasar pembuatan bolu lali dimasak lagi dengan menambahkan bahan-bahan seperti tepung, telur, vanili dan gula. Saat kamu mencoba bolu ini, rasa manis dan legit akan langsung menyapa. Kamu bisa datang ke pusat oleh-oleh terdekat untuk mendapatkan bolu ini sebagai buah tangan ketika berada di Lampung.

31. Kain Tapis

Kain Tapis khas lampung
Kain Tapis, Foto Oleh Pesona Indonesia Kompas Com

Selain makanan, Lampung juga memiliki oleh-oleh khas berupa kain yang disebut dengan Kain Tapis. Kain ini adalah kain khas Lampung yang didominasi warna emas dan perak dengan motif flora dan fauna atau motif rumah tangga. Biasanya, motif flora dan fauna digunakan untuk jenis Kain Tapis Peminggir. Sedangkan untuk motif rumah tangga terdapat pada Kain Tapis Cucuk Andak. 

Kain Tapis ini biasanya sering digunakan oleh kaum wanita sehingga cocok diberikan sebagai oleh-oleh untuk kerabat maupun keluarga di rumah. Untuk harga, Kain Tapis ini dibedakan berdasarkan proses pembuatannya. Untuk itu, bila kamu tertarik menjadikan Kain Tapis sebagai oleh pastikan untuk siapkan budget yang cukup, ya sobat Kuliner Kota!

32. Frame Foto Danbo (FOBO)

Frame Foto Danbo FOBO khas lampung
Frame Foto Danbo FOBO, Foto Oleh Jejak Piknik Com

Danbo adalah boneka yang dibentuk berdasarkan manga karya Azuma Kiyohiko. Meski berasal dari Jepang kepopuleran danbo ternyata hingga Indonesia. Tidak hanya itu, di Lampung bahkan terdapat Frame FOBO atau frame yang berisi boneka danbo yang dijadikan oleh-oleh khas. Frame ini dibuat menggunakan kaca yang dibentuk mirip gapura dengan tambahan boneka danbo di sebelah kanan dan kiri. Bagi kamu yang ingin membawa oleh-oleh unik berupa souvenir, Frame FOBO datang saja ke berbagai pusat oleh-oleh Lampung untuk membelinya.

Harga: Sekitar Rp50.000.

33. Gantungan Kunci Siger

Gantungan Kunci Siger khas lampung
Gantungan Kunci Siger, Foto Oleh Makanan Oleh Oleh Com

Siger adalah mahkota pengantin wanita khas Lampung yang memiliki warna emas berbentuk segitiga dengan cabang tujuh sampai sembilan. Kepopuleran siger membuat banyak munculnya souvenir oleh-oleh berupa gantungan kunci dengan model siger. Gantungan Kunci Siger ini melambangkan sifat feminim wanita yang dibuat dengan berbagai bentuk dan warna. Jadi, jika kamu ingin memberi oleh-oleh untuk adik perempuan maupun saudara di rumah, Gantungan Kunci Siger ini bisa menjadi referensi pilihannya.

Harga: Sekitar Rp15.000 per bijinya.

34. Kaos Lampung

Kaos Lampung khas lampung
Kaos Lampung, Foto Oleh Sekitar Lampung Com

Tidak hanya Pulau Bali saja loh yang punya oleh-oleh khas berupa kaos, karena ternyata di Lampung juga ada Kaos Lampung. Kaos Lampung tersedia dengan beragam corak seperti kaos bergambar tapis, gajah, lumba-lumba, aksara Lampung, siger dan gambar lainnya. Jika kamu tertarik membawa oleh-oleh selain makanan, tentunya Kaos Lampung ini bisa jadi pilihan buah tangan yang tak pernah bisa habis seketika. Desain unik dan tentunya juga nyaman digunakan membuat kamu wajib banget membawanya pulang sebagai cinderamata saat bertandang ke Lampung.

Tempat: Singgah Pay
Alamat: Jalan Raden Intan No. 99 A, Bandar Lampung
Harga: Mulai Rp35.000-Rp100.000

35.  Patung Gajah Lampung

Patung Gajah Lampung khas lampung
Patung Gajah Lampung, Foto Oleh Jejak Piknik Com

Patung Gajah Lampung adalah oleh-oleh yang unik dan khas sebab provinsi ini memang terkenal akan keberadaan gajahnya. Oleh-oleh khas dari Lampung ini terbuat dari kayu yang diplitur agar terhindar dari rayap. Selain itu, permukaan kerajinan ini juga sangat halus dengan pahatan yang rapi. Patung Gajah Lampung sangat cocok dijadikan pajangan untuk menghiasi ruangan di rumah. Jika kamu tertarik untuk membawa cinderamata ini maka bisa datang ke toko souvenir Bandar Lampung terdekat.

Harga: Mulai Rp150.000-Rp200.000.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Lampung yang bisa kamu bawa pulang untuk kerabat di rumah. Sebagian besar oleh-oleh tersebut dapat bertahan lama sehingga kamu tidak perlu khawatir rusak di perjalanan. Namun, jangan lupa juga untuk menyediakan budget khusus agar semua oleh-oleh dari Lampung bisa kamu bawa ke kampung halaman. Jadi, tertarik membawa pulang buah tangan apa ketika bertandang ke Lampung?

Baca Juga : 21 Makanan Khas Lampung Yang Terkenal Enak, Ada seruit

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 35 Oleh-Oleh Khas Lampung Kekinian Paling Diburu WIsatawan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]