15 Makanan Khas Sidoarjo Enaknya Bikin Penasaran

Telur Asin
Tak hanya terkenal akan lumpur lapindo, kuliner Sidoarjo juga otentik. Itulah sebabnya makanan khas Sidoarjo yang wajib dicoba
Daftar isi

Sidoarjo adalah kabupaten di Jawa Timur yang berdekatan dengan Kota Surabaya. Terkenal akan bencana Lumpur Lapindo yang terjadi beberapa tahun lalu membuat kabupaten ini sering didatangi wisatawan. Namun, tak hanya terkenal akan Lumpur Lapindonya, Sidoarjo juga terkenal dengan kuliner khas yang sebagian besar berupa olahan seafood. Karena letaknya dekat dengan pesisir lah yang menyebabkan ketersediaan bahan makanan laut sehingga menjadi makanan khas Sidoarjo ini. Ingin tahu apa saja kuliner khas Sidoarjo tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut.

1. Lontong Kupang

Lontong Kupang
Lontong Kupang, Foto Oleh Food Detik Com

Bagi kamu pecinta olahan seafood, tentunya kuliner khas Sidoarjo satu ini sayang jika dilewatkan, Lontong Kupang. Kupang adalah sejenis kerang laut berukuran kecil serta berwarna putih. Biasanya kupang dapat ditemukan di tepi pantai yang berlumpur. Biasanya satu porsi Lontong Kupang disajikan dengan isian kupang rebus, irisan lontong dan lentho. Apa sih itu lentho? lentho adalah olahan yang terbuat dari campuran kacang tolo dan singkong goreng.

Penyajian Lontong Kupang pun terbilang cukup sederhana, penjual akan menghaluskan bawang putih dan cabe, kemudian petis dan perasaan jeruk nipis ditambahkan untuk menambah kelezatan. Sebagai sentuhan terakhir, Lontong Kupang disiram dengan kuah kupang yang gurih dan nikmat. Bagaimana, sudah tidak sabar untuk mencicipinya?

Harga: Sekitar Rp10.000 per porsi.

2. Bandeng Asap

Bandeng Asap
Bandeng Asap, Foto Oleh Tokopedia Com

Hidangan seafood khas Sidoarjo lainnya adalah Bandeng Asap. Seperti namanya, menu ini berbahan dasar ikan bandeng. Sebagai salah satu makanan khas Sidoarjo yang diawetkan, Bandeng Asap diolah melalui proses pengasapan. Tekstur daging yang lembut dan juicy berpadu dengan gurihnya aroma hasil pengasapan menambah keunikan rasa kuliner Sidoarjo ini. Biasanya Bandeng Asap cocok diolah menjadi Bandeng Asap bumbu merah atau bumbu kuning serta disantap bersama nasi hangat. Dijamin kelezatan Bandeng Asap akan berpadu sempurna dalam tiap suapnya.

Harga: Sekitar Rp35.000 per ekornya

3. Bandeng Presto

Bandeng Presto
Bandeng Presto, Foto Oleh Cookpad Com

Sebagai penghasil Bandeng terbesar di Pulau Jawa, masyarakat Sidoarjo tentunya mengolah ikan bandeng menjadi berbagai jenis masakan yang siap memuaskan hasrat para pecinta kuliner. Olahan bandeng berikut ini tak kalah terkenal dengan Bandeng Asap, yaitu Bandeng Presto. Bandeng yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu lalu dimasak menggunakan alat presto selama beberapa jam.

Artikel Terkait

Terkenal memiliki duri yang cukup banyak, ketika menggunakan metode ini tentunya duri ikan juga akan lunak. Jadi, kamu tidak perlu khawatir saat menyantapnya. Lain halnya dengan Bandeng Presto kota lain, tentunya Bandeng Presto khas Sidoarjo juga memiliki cita rasa yang khas yang bikin siapa saja tergoda untuk menyantapnya.

Alamat: Perumahan Magersari Blok BW – 3, Sidoarjo, Jawa Timur.
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp20.000

4. Otak – Otak Bandeng

Otak-Otak Bandeng
Otak-Otak Bandeng, Foto Oleh Cookpad Com

Selain diolah menjadi Bandeng Asap dan Bandeng Presto, di Sidoarjo ikan bandeng juga dimasak menjadi otak – otak. Masakan Otak – Otak Bandeng ini dibuat dengan memisahkan daging bandeng dan durinya. Daging bandeng tersebut kemudian dihaluskan lalu dicampur dengan berbagai bumbu khas seperti sangraian kelapa, gula, garam, santan dan beragam bumbu lain.

Baca Juga:  20 Makanan Khas Cilacap Jawa Tengah Bikin Ngiler

Selanjutnya, daging bandeng akan dikukus selama beberapa menit. Memiliki tekstur lembut dengan cita rasa gurih yang otentik bakal meningkatkan selera makan. Tentunya, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya kuliner khas dari Sidoarjo Jawa Timur ini?

Alamat: Perumahan Magersari Blok BW – 3, Sidoarjo, Jawa Timur.
Harga: Sekitar Rp15.000 – Rp30.000, tergantung ukurannya.

5. Sate Kerang

Sate Kerang
Sate Kerang, Foto Oleh Idntimes Com

Sate Kerang adalah salah satu makanan khas Sidoarjo yang sudah terkenal kelezatannya. Seperti namanya olahan khas Sidoarjo ini berbahan dasar kerang. Jika sate kambing atau sapi dimasak dengan cara dibakar maka Sate Kerang khas Sidoarjo dimasak dengan cara direbus. Kerang segar yang sudah dicuci hingga bersih, direbus serta dilumuri dengan bumbu kecap dan kacang yang makin menambah kenikmatan. Teksturnya yang empuk serta rasa gurih makin cocok disantap bersama Lontong Kupang sebagai pelengkap menu makan siang kamu.

Alamat: Jalan Mojopahit Nomor 4, Sidowayah, Celep, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.
Harga: Sekitar Rp4.000 per porsi.

6. Ote – Ote Porong

Ote-Ote Porong
Ote-Ote Porong, Foto Oleh Travelingyuk Com

Mungkin banyak diantara Sobat Kuliner Kota yang belum tahu apa sih Ote – Ote Porong itu? Ote – Ote adalah sebutan untuk bakwan goreng. Dinamakan Ote – Ote Porong karena jajanan ini dijual di Jalan Raya Porong, Sidoarjo. Ote – Ote Porong biasanya terbuat dari adonan tepung yang dicampur berbagai isian seperti, cincangan daging ayam atau babi, tiram dan rumput laut yang membuat kudapan ini semakin istimewa.

Selanjutnya, adonan tersebut digoreng hingga kecoklatan. Meski tekstur luarnya garing dan crispy, bagian dalamnya sangat lembut dan lezat. Apalagi kamu menyantapnya dalam keadaan masih hangat, bikin nggak ingin berhenti ngunyah lagi dan lagi. 

Harga: Sekitar Rp18.000 – Rp25.000 per bijinya.

7. Kerupuk Udang

Kerupuk Udang
Kerupuk Udang, Foto Oleh Olx Co Id

Kerupuk Udang adalah makanan khas Sidoarjo yang terbuat dari tepung tapioka dan udang yang ditumbuk halus. Kemudian adonan tersebut akan diberi berbagai bumbu dan dikukus. Kerupuk Udang yang sudah dikukus selanjutnya dijemur hingga kering dan siap digoreng. Biasanya, oleh banyak orang Kerupuk Udang dijadikan sebagai pendamping beragam hidangan.

Teksturnya yang renyah dan aroma udang yang khas tentunya bakal meningkatkan selera makan kamu. Terlebih rasa udang yang dominan membuat kerupuk khas Sidoarjo ini makin unik, nikmat, renyah dan cocok dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga di rumah. 

Alamat: Jalan Mojopahit Nomor 50, Sidoarjo.
Harga: Sekitar Rp10.000  per bungkus.

8. Petis Udang

Petis Udang
Petis Udang, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Sebagian orang mungkin sudah tidak asing dengan petis. Namun, bagaimana dengan Petis Udang? Tidak jauh berbeda dengan petis pada umumnya, Petis Udang juga sama-sama berwarna hitam. Bedanya Petis Udang terbuat dari hasil rebusan ikan atau udang hingga kental. 

Biasanya Petis Udang akan dibumbui dengan gula batok atau gula merah sehingga warna serta rasanya menjadi pekat. Petis Udang sering digunakan sebagai campuran bumbu untuk membuat berbagai makanan lezat seperti tahu campur, rujak cingur, kupang lontong dan tahu tek. Tentunya Petis Udang juga tahan lama loh sobat Kuliner Kota, jadi cocok dijadikan sebagai oleh-oleh khas ketika bertandang ke Sidoarjo.

Alamat: Jalan Gajah Mada Nomor 34, Sidokampul, Sidoarjo.
Harga: Sekitar Rp16.000 per kilonya.

9. Telur Asin

Telur Asin
Telur Asin, Foto Oleh Bobo Grid Id

Salah satu makanan khas Sidoarjo yang tak kalah unik adalah Telur Asin. Kuliner Sidoarjo ini biasanya dibuat dari telur bebek berwarna biru yang diasinkan. Berbeda dari Telur Asin kota lain, Telur Asin Sidoarjo tersedia dalam berbagai varian rasa, mulai rasa udang, kepiting dan salmon.

Aneka rasa Telur Asin tersebut didapatkan dari proses pengolahan melalui proses asap, oven dan goreng. Bagaimana, sangat unik bukan? Untuk itu, tertarik mencoba bagaimana unik dan nikmatnya cita rasa Telur Asin khas Sidoarjo ini?

Harga: Sekitar Rp4.000 per bijinya.

10. Kue Lumpur Bakar

Kue Lumpur Bakar
Kue Lumpur Bakar, Foto Oleh Konfirmasitimes Com

Seperti namanya, Kue Lumpur Bakar adalah sejenis kue basah yang dibuat dengan cara dibakar diatas tungku. Adonan Kue Lumpur Bakar yang sudah dituang ke cetakan dibakar dari dua sisi, yaitu sisi atas dan bawah sehingga matang sempurna. Teksturnya lembut tentu langsung meleleh di lidah ketika kamu mulai menyantapnya.

Rasa manis dan gurihnya serutan kelapa makin menambah kenikmatan kue khas Sidoarjo ini. Makanan khas dari Sidoarjo ini tersedia dalam dua varian rasa, yaitu rasa original dan rasa kelapa. Tentunya rasa nikmat serta teksturnya yang khas bakal bikin kamu tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

Alamat: Jalan Hangtuah, Sidoarjo.
Harga: Mulai Rp2.000 – Rp2.500, tergantung varian rasanya.

11. Wader Kriuk

Wader Kriuk
Wader Kriuk, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Sidoarjo berikutnya adalah Wader Kriuk. Kuliner Sidoarjo yang diawetkan ini terbuat dari ikan wader yang digoreng hingga garing. Mungkin kamu bertanya, apa sih ikan wader itu? Ikan wader adalah sejenis ikan kecil yang hidup di air tawar. Proses pembuatannya juga terbilang sederhana, ikan wader yang sudah dibersihkan akan dibumbui dan digoreng hingga garing.

Biasanya, Wader Kriuk dinikmati dengan pelengkap cocolan sambal, Perpaduan rasa yang sempurna dan teksturnya renyah serta gurih menjadikan Wader Kriuk juga cocok dijadikan sebagai camilan. Tentunya juga tahan lama loh sobat Kuliner Kota, jadi kamu bisa membawanya pulang sebagai oleh-oleh khas Sidoarjo untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp15.000 – Rp30.000.

12. Bakso Cak Pitung

Bakso Cak Pitung
Bakso Cak Pitung, Foto Oleh Meramuda Com

Jika kamu penggemar bakso, maka makanan khas Sidoarjo satu ini wajib dicoba, Bakso Cak Pitung. Nama Bakso Cak Pitung sendiri diambil dari nama pemilik sebuah warung bakso di Kabupaten Sidoarjo. Berbeda dari bakso lainnya, Bakso Cak Pitung dibuat dengan isian yang tentunya khas dan nikmat.

Baca Juga:  15 Makanan Khas Gresik Yang Enak dan Bikin Kenyang

Menu bakso unik yang dapat kamu temukan adalah bakso keju, bakso jamur, bakso mercon, bakso telur dan lainnya. Tentunya, bakso mercon menjadi primadona pengunjung ketika mencoba olahan Bakso Cak Pitung. Perpaduan rasa serta kuahnya yang gurih bakal bikin kamu berselera untuk segera menikmatinya. 

Alamat: Jalan Gajah Magersari Nomor 36, Sidoarjo.
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp7.000.

13. Bakso Rindu Malam

Bakso Rindu Malam
Bakso Rindu Malam, Foto Oleh Gotravelly Com

Kamu yang menggemari bakso tak lengkap rasanya jika hanya mencoba Bakso Cak Pitung saja saat bertandang ke Kabupaten Sidoarjo. Disini juga terdapat satu warung bakso yang tak kalah lezat, Bakso Rindu Malam namanya. Olahan bakso yang tersedia dalam berbagai macam menu.

Kamu dapat memesan bakso isi telur puyuh, bakso halus, bakso kasar dan beragam pilihan bakso lainnya. Tidak hanya itu, kamu juga bisa memesan bakso-bakso tersebut dalam satu paket juga bisa loh, lengkap dengan siomay, tahu goreng, bihun serta mie kuning. Rasa bakso yang kenyal serta daging yang terasa membuat bakso ini terasa istimewa ketika disantap dalam keadaan hangat di tengah cuaca mendung Sidoarjo. 

Alamat: Jalan Raya Taman Pinang, Sidoarjo.
Harga: Sekitar Rp13.000 per porsinya.

14. Sop Buntut Sidoarjo

Sop Buntut Sidoarjo
Sop Buntut Sidoarjo, Foto Oleh Garnesia Com

Sebagai salah satu makanan khas daerah, Sop Buntut Sidoarjo memiliki cita rasa khas yang berbeda dengan Sop Buntut pada umumnya. Kuah sop yang bening, segar dan tidak tercium aroma amis menjadi kelebihan tersendiri. Selain itu, tekstur daging yang empuk serta bumbu yang meresap hingga ke daging dan tulang semakin menambah kenikmatan hidangan satu ini. Tentunya, hidangan ini akan terasa makin sempurna saat disantap bersama nasi hangat. Jadi, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya kuliner Sidoarjo Sop Buntut?

Alamat: Jalan KH Mukmin Nomor 67, Kapasan, Sidokere, Sidoarjo, Jawa Timur.
Harga: Sekitar Rp35.000 per porsinya.

15. Rawon Gajah Mada

Rawon Gajah Mada
Rawon Gajah Mada, Foto Oleh Tripadvisor Co Id

Sobat Kuliner Kota pasti sudah tidak asing dengan masakan daerah satu ini. Yup, Rawon adalah salah satu sajian yang cukup populer di daerah Jawa Timur. Rawon identik dengan kuah warna hitam yang didapat dari campuran kluwek. Di Kabupaten Sidoarjo, terdapat sebuah warung yang menjual Rawon dengan cita rasa khas, yaitu Rawon Gajah Mada. 

Satu mangkuk Rawon Gajah Mada biasanya disajikan bersama empal, tempe goreng, telur, taburan tauge dan sambal. Rasa kuah Rawon yang unik dan gurih berpadu nikmat ketika disantap selagi hangat. Jadi, tertarik mencoba kenikmatan rawon khas di tempat ini?

Alamat: Jalan Gajah Mada, Pekauman, Sidoarjo, Jawa Timur.
Harga: Sekitar Rp20.000, per porsinya.

Bagaimana, sudah menentukan pilihan ingin menikmati makanan khas Sidoarjo mana terlebih dahulu? Sempatkan waktu dan siapkan budget khusus untuk menikmati ragam kuliner khas dari Sidoarjo yang siap memanjakan lidah. Jadi, kapan ingin bertandang ke Sidoarjo sambil berwisata kuliner?

Rekomendasi buat Anda

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *