1. Kuliner

20 Kuliner dan Makanan Khas Belitung Terkenal Enak

Babel atau singkatan dari Bangka Belitung, provinsi kepulauan ini memiliki berbagai macam kuliner yang mampu bertahan dengan keunikannya sampai kini. Berada dekat dengan lautan membuat olahan laut jadi andalan makanan khas Belitung.  Tidak hanya hidangan laut, ragam kuliner Belitung lainnya juga tak kalah menggugah selera dan patut untuk dicoba. Lalu, apa saja kuliner khas dari Belitung yang terkenal jadi primadona? Simak ulasan lengkap Kuliner Kota berikut ini.

1. Mie Belitung

mie belitung
Mie Belitung, Foto Oleh Ksmtour Com

Seperti namanya, Mie Belitung adalah kuliner khas dari pulau Belitung. Makanan khas Belitung ini berbahan baku mie kuning, yang disajikan bersama kuah kaldu kemudian diolah bersama udang dan bumbu rempah. Perpaduan rasa yang sempurna dan disajikan dengan lauk pelengkap seperti kentang rebus, udang, timun dan taburan emping makin membuatnya terlihat menggugah selera. Apalagi kamu menyantapnya dalam keadaan hangat ketika hujan, bikin tidak ingin berhenti ngunyah lagi dan lagi.

Tempat: Mie Belitung Nyonya Atep
Alamat: Jalan Sriwijaya, Tanjungpandan

2. Lempah Kuning

lempah kuning
Lempah Kuning, Foto Oleh Lifestyle Okezone Com

Lazimnya kuliner khas daerah penghasil timah ini terbuat dari olahan hasil laut, seperti makanan khas Bangka Belitung Lempah Kuning. Hidangan ini begitu terkenal di pulau Bangka, bahkan Lempah Kuning sudah masuk ke dalam Cagar Budaya Nasional Tidak Benda. Istimewa bukan? Kuliner Lempah Kuning berbahan utama ikan kakap merah atau ikan tenggiri. Biasanya bagian dari ikan yang digunakan kepala ikan, badan atau ekor ikan. Bahan tersebut lalu dibumbui kuah kuning yang terbuat dari rempah-rempah khusus. Perpaduan rasa yang otentik tentunya makin terasa menggoda saat kamu menyantapnya selagi masih hangat.

Tempat: Arema Plecingan
Alamat: Jalan Baru Samping Ishadi Cual
Harga: Sekitar Rp30.000 per porsi.

3. Berego

berego
Berego, Foto Oleh Idntimes Com

Berego adalah sejenis kuliner yang sekilas mirip dengan lontong karena bentuknya bulat dan putih. Hanya saja hidangan ini terbuat dari bahan baku tepung beras yang dicampur bersama tepung sagu. Berego disajikan bersama lauk berkuah seperti kuah kari ikan.

Tak jarang pula wisatawan dan penduduk gemar memakannya bersama lakse, gangan dan mie Belitung. Selain cita rasanya yang nikmat, tentunya kuliner khas Belitung ini juga jadi favorit wisatawan lokal maupun mancanegara. Jadi, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya kuliner Belitung ini?

Tempat: Rumah Makan Belitung Timpo Duluk
Alamat: Jalan Lettu Mad Daud No. 22, Kampung Parit, Tanjung Pandan, Belitung.

4. Sup Gangan

sup gangan
Sup Gangan, Foto Oleh Cookpad Com

Hidangan berkuah dari Bangka Belitung selanjutnya adalah Sup Gangan. Kuliner belitung ini berbahan dasar olahan ikan tenggiri segar. Ikan Tenggiri, akan dimasak dengan campuran rempah khas mulai dari bawang merah, cabai, bawang putih, kunyit dan lengkuas. Perpaduan rasa serta rasa serta aroma rempah yang khas tentunya bakal bikin sensasi rasa yang sempurna di mulut. Kamu akan menemukan sensasi rasa asam, gurih dan pedas yang bakal bikin tergoda untuk segera menyantapnya. Jadi, tertarik mencoba sup kuning Belitung yang nikmat ini?

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp60.000 per porsi.

5. Lakse

lakse
Lakse, Foto Oleh Food Detik Com

Sudah pernah dengan hidangan Lakse? Makanan khas Belitung yang mirip dengan spageti. Cita rasanya legit dan gurih, apalagi dengan tambahan kuah yang diolah bersama ikan tenggiri bikin ingin segera menikmatinya lagi dan lagi. Perpaduan rasa yang sempurna tentunya dengan aroma khas bakal bikin kamu ketagihan mencobanya berulang lagi.

Harga: Sekitar Rp20.000 per porsi.

6. Martabak Bangka

martabak bangka
Martabak Bangka, Foto Oleh Cookpad Com

Ingin mencoba martabak yang berbeda dari biasanya? Wajib banget menjajal Martabak Bangka yang manis dan menggiurkan. Kuliner khas Belitung ini awalnya diberi nama Hok Lo Pan yang menunjuk pada orang Hakka. Memiliki nama yang unik, tak jarang masyarakat malah menyebutnya sebagai martabak manis.

Kuliner khas Bangka ini, terbuat dari tepung terigu dan mentega sebagai pembuat adonan bulat membentang. Selanjutnya, kuliner tersebut akan ditambahkan aneka macam topping, seperti kacang tanah, meses, keju, susu kental manis dan wijen. Perpaduan rasa yang sempurna bakal makin terasa nikmat saat disantap dalam keadaan hangat.

Tempat: Martabak Bangka Acau
Alamat:  Jalan Soekarno Hatta Nomor 9, Kecamatan Girimaya, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung

7. Mie Ayam Bangka

Mie ayam bangka
Mie Ayam Bangka, Foto Oleh Food Detik Com

Selain Mie Belitung, Mie Ayam Bangka juga tak kalah menjadi primadona. Kuliner Belitung memiliki ciri khas mienya lebih kenyal serta penggunaan bahan tauge sebagai pelengkap. Perpaduan rasa yang sempurna dengan isian ayam suwir, bakso dan pangsit bakal makin menggugah selera. Dijamin kamu tergiur ingin menyantapnya lagi dan lagi ketika pertama kali mencicipinya.

Tempat: Mie Ayam Bangka Asan
Alamat: Jalan Tebet Barat Dalam, Jakarta Selatan
Harga: Mulai Rp17.000 – Rp22.000 per porsi.

8. Belacan Belitung

belacan belitung
Belacan Belitung, Foto Oleh Indonesiakaya Com

Bertandang ke Pulau Belitung tidak lengkap membawa buah tangan khasnya, Belacan Belitung. Hidangan ini memiliki aroma memikat dan cita rasa unik sebab diolah dari fermentasi hasil laut. Terbuat dari udang rebon menjadikan Belancan punya rasa yang otentik dan menggugah selera. Itulah sebabnya Belacan paling nikmat dijadikan lauk pelengkap beragam menu. Jadi, tertarik membawa pulang olahan khas Belitung ini?

Harga: Sekitar Rp30.000

9. Sambal Rusip

sambal rusip
Sambal Rusip, Foto Oleh Inibaru Id

Kembali bicara seputar sajian pedas, Kepulauan Bangka Belitung menyajikan sambal khas yang diberi nama Sambal Rusip. Lauk pendamping ini biasa disajikan sebagai cocolan beragam hidangan khas Belitung. Sambal Rusip berbahan utama ikan yang difermentasi bersama gula merah, garam dan aneka rempah selama minimal tujuh hari.

Perpaduan rasa manis, serta aroma sambal yang kuat membuat Sambal Rusip semakin menggugah selera. Apalagi ketika kamu menyantapnya bersama nasi hangat, bikin ingin terus menyantap lagi dan lagi.

Harga: Sekitar 25.000 per 250 gram.

10. Mie Koba

mie koba
Mie Koba, Foto Oleh Backpackerjakarta Com

Setelah menikmati nikmatnya Mie Ayam Bangka, tak lengkap rasanya jika tak menyantap hidangan Mie Koba. Hidangan Mie Koba dihidangkan menggunakan olahan ikan tenggiri yang disajikan bersama mie. Tak hanya itu, tambahan menu pelengkap seperti telur, bawang goreng dan seledri makin membuatnya terlihat menggugah selera. Kuah kaldu yang khas serta perpaduan rasa nikmat bakal bikin kamu tergoda untuk segera menyantap.

Tempat: Mie Koba Iskandar
Alamat: Jl. Balai, Taman Sari, Kota Pangkalpinang
Harga: Sekitar Rp13.000 per porsi.

11. Getas

Getas adalah makanan khas yang berasal dari pulau Bangka. Orang Bangka menyebutnya sebagai Kretek bercita rasa gurih. Bahan yang dipakai yaitu ikan tenggiri yang dibentuk bulat dan berwarna putih. Perpaduan rasa yang sempurna akan semakin nikmat jika disantap bersama nasi hangat dan kuliner berkuah. Tetapi bagi sebagian warga Bangka, Getas akan terasa nikmat saat disantap dengan cuko. Perpaduan rasa yang tentunya unik membuat kamu wajib banget mencobanya.

12. Makanan Khas Belitung Pletek

pletek
Pletek, Foto Oleh Helloindonesia Id

Cukup beragam makanan ringan yang dapat dijadikan buah tangan di Pulau Belitung, seperti Pletek ini. Pletek adalah camilan khas Belitung seperti kerupuk yang memiliki tekstur renyah, gurih dan warnanya putih. Memiliki bentuk lonjong dan berbahan baku ikan tenggiri kemudian dibumbui garam dan merica menjadikannya terasa nikmat. Kudapan khas Belitung ini cocok dijadikan sebagai buah tangan maupun teman bersantai. Jadi, tertarik untuk membawa nikmatnya makanan khas Belitung ini sampai di rumah?

Harga: Sekitar Rp12.000 per bungkus.

13. Kue Rintak

kue rintak
Kue Rintak, Foto Oleh Indonesiakaya Com

Letak Kepulauan Bangka Belitung yang tak jauh dari laut membuat sebagian warganya memilih bersantai di pinggiran pantai saat selesai dengan pekerjaan. Sambil menyantap nikmatnya cemilan seperti Kue Rintak yang sering menjadi idaman. Makanan khas Belitung ini berbahan tepung sagu, oleh karena itulah jajanan ini juga dikenal sebagai kue sagu. Memiliki cita rasa manis dan tekstur yang lembut, membuat Kue Rintak cocok dijadikan sajian di momen Idul Fitri. Jadi, tertarik mencoba nikmatnya kue khas satu ini?

Harga: Sekitar Rp20.000 per bungkus.

14. Teri Krispi

TERI KRISPI
Teri Krispi, Foto Oleh Cookpad Com

Teri Krispi adalah cemilan khas Belitung yang juga berasal dari Desa Sijuk.  Seperti namanya, Teri Krispi terbuat dari olahan ikan teri yang diproses sampai menjadi cemilan renyah dan gurih. Tak hanya ikan teri saja, Teri Krispi menggunakan bahan pelengkap seperti tepung beras, garam, tepung tapioka, telur, lada dan bawang putih.

Memiliki rasa asin dan gurih membuat Teri Krispi cocok dijadikan sebagai lauk beragam menu makanan. Tidak hanya itu, karena Teri Krispi juga tahan lama jadi cocok dijadikan sebagai buah tangan. Itulah sebabnya, tertarik membawa Teri Krispi sebagai oleh-oleh khas Belitung untuk keluarga di rumah?

15. Kecalo

kecalo
Kecalo, Foto Oleh Facebook Com

Masih belum sah ketika bertandang ke pulau Bangka Belitung namun tak membawa pulang Kecalo. Makanan khas Belitung ini dibuat dari fermentasi udang rebon bersama garam. Memiliki aroma khas dengan rasa asin membuatnya sering dijadikan sebagai bumbu penyedap rasa seperti sambal.

Tak sedikit pula masyarakat pulau Bangka Belitung mencampurkan makanan khas Belitung ini dengan telur kocok sebagai penambah selera. Nikmati rasa udang rebon yang khas dari Kecalo juga makin terasa sempurna jika dijadikan sebagai menu pelengkap beragam hidangan.

16. Kemplang

kemplang
Kemplang, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Siapa yang tidak kenal dengan jajanan Kemplang? Makanan khas Bangka Belitung ini merupakan sejenis kerupuk yang dibuat dari olahan ikan laut mulai dari cumi-cumi, udang, ikan tenggiri atau ikan parang dan sagu khusus. Memiliki cita rasa gurih serta tekstur renyah membuat siapa saja ketagihan dalam setiap gigitannya.

Kemplang berbentuk bulat dan pipih, biasanya dipadukan dengan sambal terasi. Selain rasanya yang nikmat, tentunya Kemplang juga dijajakan dalam dua varian, yaitu kemplang mentah dan kemplang panggang. Dua varian yang cukup menggiurkan untuk dijadikan buah tangan keluarga di rumah.

Harga: Sekitar Rp12.000 per bungkus.

17. Siput Gonggong

siput gongggong
Siput Gonggong, Foto Oleh Plus Kapanlagi Com

Salah satu menu hidangan yang lezat dan menjadi ikon Bangka Belitung, yakni Siput Gonggong. Daging Siput Gonggong empuk tentunya juga nikmat ketika diolah menjadi beragam masakan. Perpaduan tekstur serta rempah yang khas menjadikan Siput Gonggong wajib banget kamu coba sebagai hidangan ketika berada di Belitung.

Harga: Sekitar Rp30.000 per 1,5 kg

18. Kericu

kericu
Kericu, Foto Oleh Shopee Co Id

Cemilan khas Bangka Belitung lainnya yang juga wajib kamu coba adalah Kericu. Kericu adalah makanan khas Belitung berbentuk mirip dengan telur gabus, warnanya putih atau biasanya kecoklatan. Berbahan dasar telur sotong atau cumi-cumi, menjadikannya sering dikenal dengan kudapan telur cumi-cumi. Jajanan tersebut memiliki rasa gurih, renyah dan tentunya bergizi. Itulah sebabnya, ketika bertandang ke Belitung hidangan ini wajib banget kamu coba.

Tempat: Kricu Raslina
Harga: Sekitar Rp25.000 per 2,5 ons

19. Pantiaw

pantiaw
Pantiaw, Foto Oleh Boleh Id

Jika sudah pernah dengar tentang kwetiau, maka makanan khas Belitung Pantiaw wajib dicoba. Kedua jenis hidangan tersebut berbeda dari segi penyajiannya. Biasanya, Pantiaw disajikan bersama bumbu khusus di atasnya. Bumbu istimewa tersebut terbuat dari ikan giling yang memiliki rasa nikmat saat dipadukan dengan mienya.

Di Bangka Belitung sendiri ada dua jenis Pantiaw yang lezat, yakni pantiaw terbuat dari tepung beras dan pantiaw dengan tepung gandum. Tekstur mienya kenyal dan pipih menyerupai mie gepeng, juga warna yang putih menjadi keunikan tersendiri. Itulah sebabnya ketika bertandang disini, kamu wajib banget mencoba hidangan khas Bangka Belitung ini.

20. Soto Kupat

soto kupat
Soto Kupat, Foto Oleh Bumburesto Com

Eits! Jangan kira kepulauan Bangka Belitung tak memiliki sajian soto andalan ya. Soto Ketupat khas Bangka ini dihidangkan dengan satu buah ketupat bersama mie kuning dan kerupuk. Sajian ini terkenal akan bumbu rempahnya yang khas dan tentunya menggugah selera. Kuah gurih yang ditawarkan pun tak pernah mengecewakan lidah setiap pencicipya. Jadi, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya hidangan satu ini?

Itulah sebabnya bertandang ke Belitung akan terasa makin lengkap ketika kamu mencoba kuliner khasnya. Sempatkan waktu dan siapkan budget khusus untuk mencoba ragam kuliner Belitung yang menggugah selera. Jadi, mau mencoba makanan khas dari Belitung mana terlebih dulu?

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 20 Kuliner dan Makanan Khas Belitung Terkenal Enak

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Perkembangan kuliner di Kota Yogyakarta, beberapa tahun belakangan ini kian pesat. Jika, dulu hanya berfokus pada kuliner tradisionalnya saja. Kini, Jogja semakin berkembang dengan menjamurnya berbagai macam restoran. Salah satunya, restoran yang menghadirkan suasana yang romantis, sehingga bisa dijadikan sebagai tempat makan romantis bareng pasangan. Hal ini juga didukung dengan artistektur bangunan Kota Yogyakarta dan […]
    Semarang, ibukota Jawa Tengah, bukan hanya terkenal dengan Lumpia dan Lawang Sewu-nya, tapi yang ternyata bisa menjadi destinasi ideal untuk momen romantis. Bagi kamu yang ingin merayakan momen spesial bersama pasangan. Berikut 5 rekomendasi restoran dinner terbaik di Semarang yang dijamin membuat dinner romantis kalian tak terlupakan. 1. The Hills Dining Restaurant Terletak di ketinggian, […]

    Trending

    Bogor, bukan  hanya menawarkan keindahan alamnya yang memukau, tetapi juga sisi romantis yang tak kalah memikat. Bagi para pasangan yang ingin merayakan momen spesial bersama, dengan dinner romantis, Bogor menghadirkan berbagai tempat dinner romantis yang sempurna untuk menciptakan kenangan tak terlupakan. Di artikel ini, mari kita jelajahi beberapa tempat dinner romantis di Bogor yang bisa […]