Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Cara Membuat dan Resep Mangut Lele Gurihnya Nagih

1 min read

resep-mangut-lele

Masakan dengan bahan dasar ikan lele seringkali kita jumpai di berbagai restoran maupun warung pinggir jalan. Saking banyaknya, varian hidangan ikan lele juga bermacam-macam, mulai dari yang berkuah, goreng kering, dibakar, diasapi dan masih banyak varian lain. Nah, salah satunya hidangan berkuah kental dan jadi favorit orang jogja ini, Mangut Lele. Hidangan nusantara berbahan dasar ikan lele goreng yang dimasak dengan kuah santan dan ditambahkan sayuran sebagai penyedapnya. Masakan khas Yogyakarta ini sering dijadikan sebagai menu makanan utama keluarga, itulah sebabnya hidangan satu ini cocok dimasak untuk ukuran besar. Tapi jangan bingung lagi dengan bagaimana cara membuat masakan lele ini, karena Kuliner Kota punya resep mangut lele gurih, sederhana dan tidak akan memakan banyak waktu untuk membuatnya. Penasaran? Yuk simak ulasannya dalam artikel Kuliner Kota di bawah ini.

Sejarah Mangut Lele

Seperti makanan pada umumnya, Mangut Lele juga memiliki latar belakang yang unik dalam proses perkembangannya. Hidangan satu ini merupakan makanan khas Yogyakarta dan Semarang. Bumbu kuah santannya disebut kuah Mangut, varian pengolahannya dengan digoreng atau bisa juga diasapi. Lele yang dipilih untuk membuat masakan harus berukuran besar atau sedang dan pastinya segar.

Mbah Marto, salah seorang pendiri Mangut Lele legendaris di Yogyakarta. Beliau sudah lebih dari 60 tahun menggeluti sajian masakan yang nikmat ini. Selain itu, Mangut Lele juga sudah ada sejak zaman dahulu, jadi tak heran ketika kamu menemukan banyak ragam olahan ini di berbagai daerah.

Resep Mangut Lele

cara membuat mangut lele
Cara Membuat Mangut Lele, Foto Oleh IDNTimes Com

Menikmati lele goreng saja sudah nikmat, apalagi jika dikombinasikan dengan kuah Mangut yang gurih. Jika kamu ingin segera menikmatinya, tidak perlu jauh-jauh keluar rumah, cukup kreasikan resep mangut lele gurih ala Kuliner Kota ini. Jadi, daripada berdiam diri dan bosan yuk coba kreasikan cara membuat mangut lele ini bersama keluarga di rumah. Jangan lupa persiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu dan ikuti langkah-langkah resep mangut lele seenak masakan Mbah Marto ketika di Yogyakarta.

Bahan Mangut Lele

  • 300 ml minyak (untuk menggoreng),
  • 500 ml santan,
  • 1 batang serai, diambil batangnya lalu memarkan,
  • 1 sdt garam,
  • 1 sdt gula merah,
  • 2 cm lengkuas yang sudah dimemarkan,
  • 2 lembar daun salam,
  • 2 sdt air jeruk nipis,
  • 2 sdt minyak (untuk menumis),
  • 3 buah cabai merah besar (diiris menyerong),
  • 3 lembar daun jeruk (buah tulang daunnya),

Bumbu Halus :

  • 1 cm jahe,
  • 3 buah cabai merah besar,
  • 3 buah cabai merah keriting,
  • 3 butir kemiri yang sudah disangrai,
  • 3 siung bawang putih,
  • 6 siung bawang merah,

Cara Membuat Mangut Lele

  1. Gunakan air jeruk nipis dan garam untuk melumuri ikan lele. Diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  2. Goreng ikan ke dalam 300 ml minyak yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Pastikan ikan lele matang dengan sempurna.
  3. Tumis bumbu halus, daun salam, cabai merah besar, daun jeruk, daun salam, lengkuas dan serai sampai tercium harum.
  4. Masak hingga kuah kental dan berminyak.
  5. Mangut lele siap disajikan bersama bawang goreng dan seledri

Menyenangkan bukan mempraktekan resep mangut lele di atas? Kamu bisa menambahkan daun kemangi agar aromanya harum dan rasanya semakin nendang. Untuk mendapatkan 4 mangut lele, kamu hanya memerlukan waktu sekitar 60 menit dengan budget kurang lebih Rp50.000 saja. Jadi, pastinya terjangkau bukan? Jangan lupa untuk selalu waspada terhadap api saat memasak ya! dan pastikan juga alat-alat dapur yang kamu gunakan terjaga dari kuman dan tetap bersih.

Kandungan Gizi Mangut Lele

mangut lele
Mangut Lele, Foto Oleh DIahdidi Com

Selain cita rasa nusantara yang tak terkalahkan, mangut lele juga bernutrisi. Jika kamu mengonsumsi satu ekor lele, kamu akan mendapatkan 204 gram kalori, 12,35 gram lemak, 7,26 gram karbohidrat, 14,93 gram protein, 0,4 gram serat, 0,72 gram gula, 338 miligram sodium dan  277 miligram kalium. Lengkap bukan? apalagi ketika dikonsumsi dengan nasi hangat? Bikin kenyang dan pastinya nggak mau berhenti ngunyah. Untuk itu, sudah siap mencoba resep mangut lele hari ini?

Last Updated on November 19, 2020

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *