Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Resep Sambal Terasi Gurih, Sedap dan Bikin Melek!

2 min read

sambal terasi

Sambal terasi, merupakan lauk pendamping wajib bagi kebanyakan orang sebagai pelengkap saat makan. Masakan sederhana tersebut cocok bagi kamu pecinta pedas, apalagi sambal tersebut memiliki citarasa tersendiri yaitu bersumber dari terasi segar. Makan nasi dengan sayur apapun menggunakan sambal ini tentunya makin nikmat dan berselera. Untuk itu, bagi kalian yang ingin menghadirkan menu pelengkap yang simpel, murah meriah dan bikin melek, Kuliner Kota punya resep sambal terasi. Dijamin resep ini akan mudah dipraktekkan dan menjadikan aneka menu makan kamu semakin lezat. Yuk, simak cara membuat sambal terasi dalam artikel berikut ini.

Sejarah Sambal Terasi

Bermula dari Pangeran Walangsungsang atau Cakrabumi, istrinya Indangayu dan adiknya Dewi Rasantang yang berangkat menuju kebon pesisir Lemahwungkuk. Tak sengaja mereka menemukan sebuah rumah milik Ki Gedeg Alang Alang. Singkat cerita, pada pagi hari Cakrabumi memasuki hutan rawa belukar dan mulai menebangi setiap pepohonan besar sampai yang kecil, ia melakukannya setiap hari. 

Setelah hutan lapang, Cakrabumi menanami palawija dan membuat perkebunan di sana. Kaki Tua bungah ketika melihat hutan berubah menjadi sebuah perkebunan palawija.Cakrabumi kemudian diminta oleh Kaki Tua untuk menangkap ikan dan rebon. Ia diberikan jala, alat penangkap ikan dan sebuah perahu kecil. Cakrabumi melakukan kegiatan menangkap ikan dan rebon setiap malam.

Dikisahkan Cakrabumi bersama sang istri juga sang adik tengah menumbuk rebon dalam lumping batu dengan hulu batu. Rebon kemudian digarami lalu diperas, dijemur dan setelah mengering ditumbuk kembali, terakhir digelondongi. Adapun air perasan rebon dimasak dengan campuran bumbu. Masyarakat pada saat itu lebih menyukai rebusan air rebon daripada terasinya. Oleh sebabnya Ki Mantri pepitu mengumumkan kepada masyarakat dedukuh dengan memberi nama Dukuh Cirebon pada waktu 1447 M.

Dimulai dari sebuah terasi. Kata terasi berasal dari kata Terasih yang berarti menyukai, sebab pada zaman Prabu Rajagaluh berkuasa, beliau menyukai (terasih) bubukan rebon yang sudah halus gelondongan. Oleh karena itu bubukan rebon dinamakan terasi. Nah, setelah terasi ditemukan, baru munculah bahan makanan tersebut sebagai pelengkap hidangan nusantara termasuk sambal terasi.

Resep Sambal Terasi

resep sambal terasi
Resep Sambal Terasi, Foto Oleh Umma Id

Bagi kamu yang nggak sabar ingin mencoba resep ini, berikut Kuliner Kota akan membagikan cara membuat sambal terasi pedas, gurih dan dijamin menambah selera makan. Pastikan ikuti setiap langkah resep sambal terasi dibawah ini agar cita rasanya enak, nendang dan bikin melek beneran!

Bahan Sambal Terasi

  • 1 buah tomat,
  • 4 cm terasi,
  • 5 siung bawang putih,
  • 7 siung bawang merah,
  • 7 buah cabai merah besar, buang isinya,
  • 7 buah cabai merah keriting,
  • Garam secukupnya,
  • Gula secukupnya,
  • Minyak goreng secukupnya,

Cara Membuat Sambal Terasi

  1. Goreng cabai, bawang putih, bawang merah dan tomat sampai terlihat kering dan matang.
  2. Bakar terasi sampai tercium harum, kamu juga dapat memegangnya di atas teflon selama beberapa menit. Pastikan terasi cukup kering dan kadar airnya berkurang.
  3. Siapkan ulekan dan haluskan semua bahan yang sudah digoreng dan dibakar, kemudian beri secukupnya garam serta gula.
  4. Cicip sedikit sambal terasi, jika dirasa masih kurang pedas, kamu dapat menambahkan cabai dan beberapa bahan lagi.
  5. Sambal siap dihidangkan bersama nasi dan lauk.

Bagaimana cukup mudah bukan resep sambal terasi di atas? Selain mudah, waktu yang dibutuhkan juga cukup singkat. Kamu hanya perlu waktu kurang dari 5 menit untuk menemani satu piring makanan sebagai lauk pelengkap. Untuk biayanya juga cukup terjangkau, siapkan budget sekitar Rp10.000 untuk membeli seluruh bahan resep sambal terasi. Agar semakin nikmat, jangan lupa hidangkan bersama nasi hangat, kuah sayur, tempe dan ikan asin.

Kandungan Gizi Sambal Terasi

car membuat sambal terasi
Sambal Terasi, Foto Oleh Manado Tribunnews Com

Selain cita rasanya menggugah selera, tentunya sambal ini juga memiliki banyak kandungan gizi yang bermanfaat. Ketika kamu mengkonsumsinya, maka akan mendapatkan 50 kal kalori, 3 gram lemak, 6 gram karbohidrat, 1 gram protein, 3 gram lemak, 3,0 gram serat, 3,00 gram gula dan 470 miligram sodium. Cukup lengkap bukan kandungan gizi sambal terasi saat dikonsumsi? Maka dari itu, jangan sampai melupakan sambal terasi sebagai lauk pendamping segala hidangan di rumah ya sobat Kuliner Kota!

Tidak cukup sampai disitu, bukan hanya memiliki kandungan gizi yang melimpah, sambal juga mempunyai berbagai manfaat. Manfaat sambal diantaranya yaitu 

  1. Menghilangkan rasa sakit, 
  2. Menurunkan berat badan, 
  3. Mencegah penyakit kanker,
  4. Kaya akan vitamin A dan vitamin C. 

Tapi, meskipun memiliki manfaat, tetapi harus diingat, jangan berlebihan dalam mengkonsumsi makanan pedas! Karena makanan pedas juga dapat menyebabkan terkikisnya permukaan lambung, sehingga mengakibatkan penyakit maag. Jadi, tertarik mencoba resep sambal terasi sebagai lauk pedas di rumah hari ini?

Last Updated on November 19, 2020

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *