Ayu Setya Rini culinary enthusiast

34 Kuliner dan Makanan Khas Sunda Asli Enak Banget

10 min read

karedok

Apa yang pertama kali terlintas jika mendengar kata Sunda? Sudah pasti keindahan Jawa Barat dan orang-orangnya yang ramah, bukan? Jika benar, sudah jelas bahwa suku Sunda bukan hanya identik dengan keelokannya, tetapi juga kelezatan makanan khas yang mengenyangkan. Bicara soal kuliner maka kamu akan menemukan ragam makanan khas Sunda yang siap menggoyang lidah. Salah satu kuliner yang sampai sekarang terkenal enak dan nagih, yaitu  Tahu Gejrot, Soto Bandung, Surabi, Nasi Liwet dan masih banyak lagi. Untuk itu, ketika kamu berkunjung ke daerah Jawa Barat, 34 kuliner khas Sunda ini bisa jadi pilihan. Mau tau apa saja kuliner tersebut? Simak ulasan lengkap Kuliner Kota berikut ini.

1. Nasi Timbel

nasi timbel
Nasi Timbel, Foto Oleh Warungdulukala Com

Sedang berada di warung makanan Sunda? Sudah pasti salah satu menu yang disajikan adalah Nasi Timbel. Kuliner khas Sunda satu ini hampir sama dengan masakan berbahan nasi lainnya, hanya saja nasi timbel memiliki tekstur tidak terlalu lembek dan empuk. Nasi Timbel dibungkus menggunakan daun pisang. Isiannya mulai ayam bakar, ayam goreng atau hanya sepotong ikan asin jambal roti. Perpaduan rasa gurih yang khas dari Nasi Timbel akan makin terasa lengkap saat disantap bersama sambal dan lalapan.

Harga: Mulai Rp22.500 – Rp37.500 per porsi.

2. Nasi Liwet

nasi liwet
Nasi Liwet, Foto Oleh Asianfoodnetwork Com

Bicara soal olahan nasi maka makanan khas daerah Sunda Nasi Liwet wajib kamu coba. Nasi Liwet merupakan hidangan yang sering ditemui pada suatu acara seperti pernikahan sampai acara keluarga. Umumnya makanan  khas satu ini disajikan menggunakan tambahan daun serai, ikan teri, ayam goreng dan tahu. Perpaduan rasa unik dari kuliner Sunda antara manis serta aroma santan dan teksturnya yang khas bakal bikin kamu berselera untuk segera menyantapnya.

3. Karedok

karedok
Karedok, Foto Oleh Cookpad Com

Suka makanan sejenis Gado-Gado? Karedok adalah hidangan khas Sunda yang sepintas mirip dengan gado-gado. Hidangan sehat khas Sunda ini menggunakan bahan dasar sayuran mentah dan siraman bumbu kacang diatasnya. Perpaduan rasa segar dan gurih dari sambal kacang akan bikin perpaduan rasa yang sempurna di mulut ketika disantap. Untuk itu, tertarik mencoba kuliner khas dari Bandung satu ini?

Tempat: Warung Lotek Buah Batu Herry Thea
Alamat: Jalan Maskumambang, Nomor 6C, Turangga, Lengkong, Bandung.
Harga: Mulai Rp7.000 – Rp27.000 per porsi

4. Nasi Tutug Oncom

nasi tutug oncom
Nasi Tutug Oncom, Foto Oleh En Wikipedia Org

Makanan khas Sunda yang unik ini berasal dari Tasikmalaya, Nasi Tutug Oncom namanya. Dimana kuliner Sunda ini merupakan perpaduan antara nasi juga oncom. Biasanya Nasi Tutug Oncom disajikan bersama ikan asin, jeruk nipis dan tempe. Salah satu keunikan dari makanan ini yaitu sambal hijaunya yang bikin melek. Jadi, keharusan bagi kamu penyuka pedas mencoba olahan nasi khas Sunda ini. Dijamin nikmat dan ingin nambah untuk kedua kalinya.

5. Bakakak Hayam

bakakak hayam
Bakakak Hayam, Foto Oleh Kumparan Com

Bakakak Hayam adalah salah satu makanan pendamping nasi khas Sunda. Hidangan ini banyak ditemui di upacara sunatan, perkawinan dan hari penting lainnya. Bakakak Hayam memiliki peran penting bagi kebutuhan masyarakat Sunda, bahkan jika sedang melakukan upacara lalu tak disajikan makanan istimewa ini, maka upacara tersebut dianggap tidak sah. Pastinya untuk rasa juga tidak perlu diragukan lagi, perpaduan rasa gurih dan khas bakal bikin kamu tergoda menyantapnya lagi dan lagi.

Harga: Sekitar Rp90.000 per porsi

6. Lotek

lotek
Lotek, Foto Oleh Tabloidbintang Com

Hampir mirip juga dengan gado-gado, Lotek juga merupakan kuliner Sunda yang perlu kamu coba. Lotek sendiri memiliki isian yang hampir sama seperti Karedok, tetapi makanan ini menghidangkan isian seperti bayam, tauge, kari dan kacang panjang. Lebih nikmat lagi apabila Lotek ini disantap menggunakan nasi, lontong bahkan Mie. Perpaduan rasa yang pas di mulut akan bikin cita rasa baru yang sempurna di mulut sejak suapan pertama kamu menikmatinya.

Harga: Sekitar Rp20.000 per porsi

7. Soto Bandung

soto bandung
Soto Bandung, Foto Oleh Idntimes Com

Kamu pecinta soto? Maka wajib banget mencoba Soto Bandung. Makanan khas Sunda yang unik ini memberi kesan hangat dan kaya akan rempah. Umumnya soto khas Bandung dihidangkan menggunakan tetelan atau daging sapi khas. Uniknya lagi perpaduan perpaduan antara kacang kedelai juga lobak di kuahnya bakal bikin kamu ingin menyuapnya sampai habis. Tidak hanya Soto Bandung juga akan terasa makin nikmat saat disantap bersama nasi hangat. Jadi, tertarik untuk menjajal bagaimana kelezatan kuliner Sunda ini?

Tempat: Soto Bandung Pak Simon
Alamat: Jalan Cibadak, Nomor 149, Cibadak, Bandung.

8. Mie Kocok

mie kocok
Mie Kocok, Foto Oleh Id Wikipedia Org

Tak lengkap rasanya jika sudah berkunjung ke tempat makan Sunda dan melewatkan hidangan gurih ini, Mie Kocok. Salah satu Mie legendaris di Kota Bandung, jadi keberadaannya pun mudah ditemukan dengan cita rasa yang tak berbeda seiring berkembangnya masa. Makanan khas satu ini disajikan menggunakan tulang iga, mie gepeng, kikil dan tauge. Sudah tentu perpaduan rasa gurih dan tekstur mie kenyal yang khas bakal bikin kamu berselera untuk segera menyantapnya. Untuk itu, tertarik mecoba nikmatnya olahan mie khas Sunda satu ini?

Tempat: Mie Kocok Persib
Alamat: Jalan Ahmad Yani, No. 262, Kota Bandung.
Harga: Sekitar Rp23.000 per porsi.

9. Soto Mie

soto mie
Soto Mie, Foto Oleh Masakapahariini Com

Seperti namanya, Soto Mie adalah makanan khas dari Sunda yang pastinya siap menggoyang lidah. Hidangan ini merupakan sajian khas sunda yang menghadirkan mie bersama kuah kaldu. Tekstur kuah kental dengan isian mie kenyal bakal bikin perpaduan rasa yang sempurna tiap suapnya. Tidak lupa tambahan kacang kedelai goreng atau tauge yang menciptakan keseragaman rasa manis dan gurih disetiap suapannya.

10. Empal Gentong

empal gentong
Empal Gentong, Foto Oleh Resepistimewa Com

Pecinta empal daging pasti tak dapat menolak hidangan yang satu ini, Empal Gentong. Empalnya khas orang Sunda yang cukup unik karena dimasak dengan menggunakan gentong dan kayu bakar. Bahan dasar yang digunakan yaitu daging, usus dan babat sapi. Perpaduan rasa khas dengan tekstur daging yang empuk bakal semakin terasa nikmat saat disantap bersama nasi ataupun lontong. Jadi, mau mencoba bagaimana kelezatan kuliner Sunda satu ini?

Tempat: Empal dan Sate Kambing Putra Mang Darma
Harga: Mulai Rp30.000 per porsi.

11. Kupat Tahu

Kupat Tahu
Kupat Tahu, Foto Oleh JogjaTribunnews Com

Makanan khas Sunda Kupat Tahu ini berasal dari Magelang, Surakarta dan Singaparna. Bentuknya hampir mirip seperti Tahu Gimbal. Namun cara penyajiannya yang unik dan berbeda, yakni disajikan dengan kol, tauge dan seledri, kemudian diguyur menggunakan bumbu kacang. Bumbu kacang yang dipakai pun juga memiliki dua jenis, yaitu bumbu kacang giling kasar dan bumbu kacang halus. Perpaduan rasa gurih dan pastinya mengenyangkan membuat Kupat Tahu cocok disantap sebagai menu makan siang di daerah Sunda.

Tempat: Kupat Tahu dan Lengko Pak Ojak

12. Sate Maranggi

sate maranggi
Sate Maranggi, Foto Oleh Piknikdong Com

Hidangan khas Sunda satu ini juga menjadi primadona para dicari pecinta sate. Sate Maranggi merupakan kuliner khas dari Sunda berbahan dasar daging sapi atau ayam. Dimana, daging tersebut harus direndam terlebih dahulu di dalam bumbu khusus sebelum akhirnya dibakar. Cita rasanya kuat serta aroma khas bakal bikin kamu tergoda ingin menyantapnya. Apalagi kamu menikmatinya bersama lontong? Bikin kenyang dan pastinya ingin nambah terus.

Tempat: Sate Maranggi ST 21
Alamat: Jalan Pajajaran No. 103, Bandung.
Harga: Mulai Rp20.000 – Rp35.000 per porsi.

13. Surabi

surabi
Surabi, Foto Oleh Nativeindonesia Com

Surabi merupakan jajanan populer di Kota Bandung yang menggunakan tepung beras dan santan sebagai bahan utamanya. Dulunya makanan ini disajikan menggunakan tambahan parutan kelapa, namun sekarang para penjual Surabi sudah mulai menjajakan banyak variasi seperti vanila, coklat bahkan oncom. Pastinya cita rasanya akan semakin nikmat dan bikin kamu tergoda untuk segera mencoba kuliner khas Sunda ini.

Tempat: Surabi Imut
Harga: Mulai Rp6.500 – Rp11.000 per porsi.

14. Geco

geco
Geco, Foto Oleh pegipegi.com

Makanan khas Sunda Geco merupakan singkatan dari Tauge Tauco. Seperti namanya, Geco menggunakan bahan utama tauge yang disiram menggunakan tauco. Geco lebih enak jika disantap menggunakan kentang, irisan ketupat, tahu, cuka lahang (terbuat dari nira) dan telur. Sudah pasti rasa yang ditawarkan adalah perpaduan rasa gurih dan nagih. Untuk itu saat berada di tempat makan Sunda jangan lupa mencicipi hidangan lezat satu ini.

Tempat: Geco Nusasari Pa’ Iding
Alamat: Jalan Siti Jenab Nomor 24, Cianjur.
Harga: Sekitar Rp10.000

15. Tahu Sumedang

tahu sumedang
Tahu Sumedang, Foto Oleh Jabar Tribunnews Com

Makanan khas Sunda berikutnya yang sudah terkenal di berbagai wilayah di Indonesia adalah Tahu Sumedang. Sebenarnya tahu khas Sunda ini hampir sama dengan tahu pada umumnya, hanya saja tekstur dan rasa yang dimiliki memiliki cita rasa nikmat serta tiada dua. Dimana, kulit tahu yang renyah juga tekstur dalamnya yang lembut membuat tahu Sumedang semakin digemari. Apalagi kamu menyantapnya selagi hangat bersama bumbu petis atau cabai? Bikin tidak ingin berhenti ngunyah sebelum habis.

Tempat: Tahu Sumedang Enak
Harga: Sekitar Rp10.000 per kantong

16. Combro

combro
Combro, Foto Oleh Idntimes Com

Bagi warga Sunda pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan jajanan Combro? Combro merupakan singkatan yang dalam bahasa Jawa berarti “Oncom di jero”. Makanan khas Sunda dari singkong ini memiliki perpaduan rasa pedas dan manis. Karena dibuat dari serpihan singkong, bawang merah dan bawang putih, juga tambahan cabe merah dan cabe rawit. Rasanya nendang banget saat kamu menyantapnya sebagai camilan ketika cuaca hujan di daerah Sunda.

Harga: Mulai Rp10.000 per bungkus.

17. Tahu Gejrot

tahu gejrot
Tahu Gejrot, Foto Oleh Idntimes Com

Kembali pada olahan tahu, Tahu Gejrot adalah salah satu makanan khas Sunda yang cukup terkenal dan berasal dari Cirebon. Hidangan ini berbeda dengan tahu sumedang atau semacamnya, Tahu Gejrot sedikit berongga dan dimakan menggunakan kuah pedas. Dibuat berongga karena agar bumbu khas dan kuahnya dapat lebih cepat menyerap di dalam tahu. Dimana Tahu Gejrot nantinya memiliki perpaduan rasa pedas, manis serta teksturnya yang lembut dan bikin kamu tergoda untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Tempat: Tahu Gejrot Pak Deden
Alamat:  Jalan Dalam Kaum Nomor 48-50, Md Plaza Lantai 3A, Balonggede, Regol, Kota Bandung, Jawa Barat.

18. Bapatong

bapatong
Bapatong, Foto Oleh Bogor Net

Sudah pernah dengar tentang Bapatong? Bapatong adalah singkatan dari “Bakso ketupat gentong”. Seperti namanya, masakan ini menyajikan bakso sebagai hidangan utamanya. Namun tak hanya itu, Bapatong juga menggunakan potongan ketupat dadu dan iga sapi. Yang membedakan Bapatong dengan bakso lain, yakni disajikan memakai kuah kaldu sapi bersama mie kering dan pangsit. Perpaduan rasa gurih dan pastinya bikin kenyang membuat Bapatong harus jadi kuliner Sunda yang tidak boleh kamu lewatkan.

Harga: Sekitar Rp15.000 per porsi.

19. Peuyeum

peuyeum
Peuyeum, Foto Oleh Kompas Com

Makanan khas Sunda dari singkong selanjutnya yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah Peuyeum. Makanan satu ini hampir mirip dengan tapai singkong karena pengolahannya menggunakan proses fermentasi. Namun, bedanya adalah Peuyeum dapat bertahan lebih lama dan kadar airnya sedikit dibanding dengan tapai singkong. Cara pembuatannya juga cukup mudah, hanya menggunakan potongan singkong yang sudah direndam sampai setengah matang lalu dilakukan fermentasi. Rasanya yang manis serta tahan lama membuat Peuyeum Bandung juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Sunda untuk keluarga di rumah.

Alamat: Cipatat, Bandung Barat.

20. Cungkring

cungkring
Cungkring, Foto Oleh Travel Kompas Com

Jika sudah mengenal peuyeum sebagai oleh-oleh khas Sunda, maka kamu harus mencoba kuliner khas Sunda yang unik ini, Cungkring. Hidangan ini menggunakan bahan dasar kaki sapi seperti kulit, damrat, kikil dan urat sapi. Seluruh bahan utamanya disiram menggunakan bumbu kacang, bumbu kunyit, cabai juga kecap. Perpaduan rasa yang khas dan unik akan semakin nikmat saat dinikmati bersama secangkir kopi di sore hari.

Tempat: Cungkring Pak Jumat
Alamat: Jalan Suryakencana, No. 285, Bogor.

21. Dodol Garut

dodol garut
Dodol Garut, Foto Oleh Garutexpress Id

Cemilan Sunda yang empuk dan manis ini sudah menjadi primadona warga Garut, Dodol namanya. Semakin berkembangnya masa, maka varian yang disajikan juga beragam dari dodol ini, mulai dari dodol wijen, dodol nanas dan dodol kacang. Meskipun Dodol bisa kamu jumpai daerah lain, namun jangan salah Dodol garut punya tekstur dan kelezatan yang tiada duanya. Untuk itu, ketika berkunjung di daerah Sunda wajib banget membawa pulang Dodol Garut sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp11.000 – Rp30.000.

22. Kadedemes

kadedemes
Kadedemes, Foto Oleh Lifestyle Sindonews Com

Bagi kamu pecinta olahan singkong, maka makanan khas Sunda satu ini bakal jadi favorit, Kadedemes namanya. Kadedemes berasal dari bahasa Sunda yang berarti “Merasa sayang pada barang yang sudah tidak bermanfaat lagi”. Seperti yang diketahui, Kadedemes menggunakan kulit singkong yang tidak terpakai untuk diolah. Bahan tersebut kemudian ditumis bersama cabe merah, tomat, kemiri, bawang putih dan cabe hijau. Perpaduan rasa pedas serta teksturnya yang khas membuat Kadedemes makin terasa lengkap saat disantap bersama seporsi nasi hangat.

23. Galendo

galendo
Galendo, Foto Oleh Cookpad Com

Camilan tradisional khas Sunda selanjutnya yang juga wajib kamu coba adalah Galendo. Makanan ini berasal dari Ciamis dengan bahan utama kelapa. Bahan utama tersebut diproses hingga menjadi serbuk, kemudian ditekan. Walaupun Galendo merupakan cemilan tradisional, namun sampai sekarang jajanan ini punya varian rasa yang cocok di lidah milenial. Untuk itu, ketika bertandang ke daerah Jawa Barat wajib banget mencoba olahan satu ini.

24. Opak

opak
Opak, Foto Oleh Cookpad Com

Opak merupakan cemilan khas Sunda yang sudah tak asing lagi ditelinga kita. Tekstur renyah dan rasanya yang gurih membuat siapa saja ketagihan. Selain itu, Opak memiliki bentuk seperti kerupuk yang terbuat dari bahan utama tepung beras. Bahan tersebut dibumbui sehingga teksturnya sedikit lunak. Perpaduan rasa gurih yang khas serta pastinya awet membuat Opak juga cocok dijadikan buah tangan khas Sunda untuk keluarga di rumah.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp25.000 per bungkus.

25. Gemblong

gemblong
Gemblong, Foto Oleh Medium Com

Gemblong merupakan jajanan yang sering dijumpai jika  berkunjung ke wilayah Sunda. Bahan utamanya yakni tepung beras dan ketan putih. Di Jawa Timur Gemblong dikenal dengan nama Getas, Yang menjadikan jajanan ini unik adalah penggunaan gula arennya yang memenuhi setiap gigitan. Jadi, rasanya bakal berpadu antara manis serta tekstur kenyal yang khas. Untuk itu ketika berada di Jawa Barat wajib banget mencoba kuliner Sunda ini.

Tempat: Gemblong Khas Kuningan
Alamat: Kuningan, Jawa Barat.

26. Gerem Asem

gerem asem
Gerem Asem, Foto Oleh Selerasa Com

Kamu penggila pedas? Gerem Asem ini wajib masuk ke dalam daftar makanan khas Sunda yang wajib kamu coba. Hidangan satu ini menggunakan cengkeh dan bawang merah, daun salam dan cabe cengek sebagai bumbu utamanya. Sedangkan bahan utamanya, biasanya Gerem Asem menggunakan ayam atau bebek. Perpaduan rasa pedas serta aromanya yang khas bakal bikin kamu tergoda untuk segera menikmatinya.

Tempat: Pondok Makanan Khas Pontang
Alamat: Jalan Raya Banten, Kampung Kebeharan, Kelurahan Lopang, Serang Kota.
Harga: Sekitar Rp23.000 per porsi.

27. Ulukutek Leunca

ulukutek
Ulukutek Leunca, Foto Oleh Cookpad Com

Makanan khas Sunda yang unik ini tidak hanya punya cita rasa nikmat tapi juga sejarah yang mengesankan. Dicetuskan oleh ketidaksengajaan seorang nenek pemilik kebun buah Leunca. Beliau sering bereksperimen untuk mengolah Leunca, sampai pada akhirnya nenek tersebut kehabisan ide, sehingga menguyek-uyek Leunca secara tidak sengaja. Sampai sekarang jadilah Ulukutek Leunca yang enak. Biasanya olahan khas suku Sunda ini akan lebih nikmat saat disajikan dengan sambal terasi dan nasi hangat.

28. Batagor

batagor
Batagor, Foto Oleh Id Pinteres Com

Seperti yang kita tahu, Batagor adalah singkatan dari “Bakso Tahu Goreng” . Olahan khas Sunda ini berawal dari keturunan Tionghoa. Dimana kuliner Sunda ini memiliki Isian yang terdiri dari tahu berisi ikan tenggiri dan siomay goreng. Batagor umumnya disajikan dan dijual menggunakan bumbu kacang, jeruk nipis dan kecap. Rasanya yang khas dan pastinya nikmat akan terasa lebih berkesan ketika kamu menyantapnya dimana ia berasal.

Harga: Mulai Rp5.000 per porsi.

29. Tutut

tutut
Tutut, Foto Oleh Klikdokter Com

Sudah pernah dengar tentang olahan keong sawah yang dinamakan Tutut?  Hewan tersebut merupakan bahan dasar utama makanan khas Sunda bercita rasa lezat. Dimana, siput air tawar yang kaya akan protein ini akan direbut dan bumbui aneka macam rempah sehingga menghasilkan cita rasa pedas dan nikmat. Tidak hanya itu, proses memakannya yang cukup unik juga membuat kuliner khas Sunda ini wajib banget kamu cicipi.

Harga: Mulai Rp10.000 – Rp25.000

30. Gepuk

gepuk
Gepuk, Foto Oleh Masakapahariini Com

Kuliner khas dari Sunda yang menggiurkan berikutnya adalah Gepuk. Sama seperti namanya, makanan ini diolah dengan cara digepuk atau dipukul. Olahan Gepuk menggunakan daging daging sapi sebagai bahan utamanya. Dimana, bahan tersebut akan direbus setengah matang, kemudian dipukul sampai empuk. Selanjutnya, daging sapi dicelupkan ke dalam bumbu khas dan direbus kembali hingga matang. Perpaduan rasa khas dan pastinya tekstur daging yang empuk membuat kamu tergoda untuk menyantapnya lagi dan lagi.

Tempat: Gepuk Ny. Ong
Harga: Mulai Rp17.500 – Rp20.000 per porsi.

31. Sayur Asam

sayur asem
Sayur Asem, Foto Oleh Bola Net

Kamu suka dengan berbagai olahan sayuran? Keharusan untuk mencicipi Sayur Asam khas Sunda selagi berada di warung Sunda. Kuliner unik ini terbuat dari bahan utama asam jawa yang berperan untuk memberi rasa asam pada kuahya. Sayur Asam berisi kacang panjang, labu siam, jagung, nangka muda, belimbing sayur, kacang tanah dan melinjo. Perpaduan rasa segar dan tentunya nikmat akan bikin perpaduan rasa yang pecah di mulut sejak suapan pertama. Jangan lupa untuk memakannya bersama nasi hangat.

32. Baso Tahu

baso tahu
Baso Tahu, Foto Oleh M Merdeka Com 

Makanan khas Sunda unik dan wajib untuk dicicipi bersama-sama keluarga adalah Baso Tahu. Kuliner khas Sunda ini diolah dari adonan bakso yang dijadikan sebagai isian tahu kemudian di kukus. Baso Tahu biasa disajikan bersama saus kacang. Perpaduan rasa gurih serta tekstur yang khas membuat jajanan ini cocok dijadikan teman beragam suasana. Tidak cukup sampai disitu, olahan khas Sunda ini umumnya juga diisi dengan kol, telur, kentang dan pare yang masing-masing sudah direbus.

33. Pepes Ikan

pepes ikan
Pepes Ikan, Foto Oleh Bisnisukm Com

Pepes Ikan atau masyarakat Sunda sering menyebutnya Pais. Kuliner khas Sunda ini merupakan olahan pepes yang terdiri dari pepes ikan asin, pepes ikan mujair, pepes ikan teri dan masih banyak lagi. Untuk proses pengolahannya sendiri biasanya Ikan yang telah dibersihkan kemudian dibumbui dan dibungkus menggunakan daun pisang. Bumbu khusus yang digunakan yaitu daun salam ,kunyit, irisan bawang merah, serai, cabe rawit dan beragam rempah lain. Perpaduan rasa khas Sunda banget dengan aromanya yang menggoda akan makin pecah saat disantap bersama sayur asem dan nasi hangat.

Tempat: Pepes Ikan Mas Duri Lunak Ibu Nunun
Alamat: Jalan Pasir Kaliki Nomor 211, Sukabungah, Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat.

34. Bala-Bala

bala-bala
Bala-Bala, Foto Oleh Food Detik Com

Cemilan khas Sunda yang bisa dengan mudah kamu jumpai adalah Bala-Bala. Bentuknya mirip dengan bakwan, bahkan bahan yang digunakan juga hampir sama, yaitu tepung terigu yang dicampur sayur cincang. Sayur cincang yang digunakan biasanya terdiri dari kol,wortel dan tauge. Perpaduan rasa gurih dan pastinya rasanya yang nikmat membuatnya akan terasa lebih nikmat saat dijadikan camilan dengan cocolan sambal.

Harga: Sekitar Rp1.000 per buah.

Cukup beragam bukan 34 kuliner khas Sunda diatas? Selain nikmat pastinya harganya juga terjangkau. Untuk itu, ketika bertandang ke daerah Sunda jangan lupa sempatkan waktu dan siapkan budget untuk mencicipi ragam kuliner Sunda diatas. Jadi, sudah menentukan pilihan kuliner Sunda mana yang ingin kamu coba terlebih dahulu ketika menginjakkan kaki di tanah Sunda?

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *