Ayu Setya Rini culinary enthusiast

15 Kuliner dan Makanan Khas Dayak Lezatnya Otentik

4 min read

belusut

Provinsi Kalimantan memiliki salah satu suku nusantara yang unik dan berkesan, Suku Dayak namanya. Masyarakat Dayak selalu menghargai keselarasan dengan alam dan lingkungan sekitar. Maka dari itu, banyak yang beranggapan bahwa bukan hanya keselarasan alam yang mereka jaga, namun juga berbagai jenis makanannya juga terkenal lezat dan melegenda. Beberapa kuliner khas Dayak yang cukup menjadi primadona masyarakat Kalimantan yaitu keripik kelakai, lemang, kue dange dan masih banyak lagi. Kuliner Dayak memang sudah tak dapat diragukan betapa enak dan beragamnya. Lalu apa saja makanan khas Dayak yang wajib dicicipi? Simak ulasan lengkapnya dalam artikel Kuliner Kota berikut ini.

1. Sayur Umbut Kelapa

sayur umbut kelapa
Sayur Umbut Kelapa, Foto Oleh Cookpad Com 

Kuliner khas Dayak unik ini menggunakan bahan utama umbut atau bonggol (dari pohon kelapa muda), Sayur Umbut Kelapa namanya. Dimana, Bonggol tersebut akan dimasak dengan campuran ikan maupun daging juga bumbu kuah. Meskipun terbilang sederhana, tapi jangan salah, makanan khas suku Dayang ini terkenal nikmat dan susah dicari lho sobat Kuliner Kota! Hal ini karena, bahan utamanya memang langka. Jadi, ketika berkesempatan ke Kalimantan jangan lupa untuk berburu kelezatan kuliner Dayak satu ini!

Tempat: Rm. Palangka
Alamat: Jalan george Obos, Palangkaraya
Harga: Mulai Rp10.000 – Rp15.000 per porsi.

2. Makanan Khas Dayak Kalimantan Timur, Juhu Umbut Rotan

Juju Singkah
Juhu Umbut Rotan, Foto Oleh Cookpad Com

Pernah makan sayur rebung? Maka hidangan khas Dayak ini adalah temannya. Juhu Umbut Rotan merupakan makanan khas Dayak Kalimantan Timur yang memiliki tekstur lembut serupa dengan sayur rebung. Tekstur lembutnya berasal dari umbut. Setelah umbut melewati proses memasak, kemudian diolah bersama aneka rempah seperti antal kental dan santan kental. Soal rasa pastinya enak dan bikin nagih. Dimana, perpaduan antara rasa manis dan gurihnya bikin ingin nambah terus.

Tempat: Tjilik Riwut Gallery and Resto
Alamat: Jalan Jenderal Sudirman, Jekan Raya, Kota Palangkaraya
Harga: Mulai Rp5.000 – Rp20.000 per porsi.

3. Kue Dange

kue dange
Kue Dange, Foto Oleh Republika Co Id 

Jajanan tradisional khas Dayak yang juga tidak boleh kamu lewatkan adalah Kue Dange. Makanan khas Suku Dayak ini disukai semua kalangan karena rasanya yang manis. Cara pembuatannya juga cukup sederhana, yakni menggunakan parutan kelapa, tepung dan gula yang kemudian dipanggang menggunakan cetakan khusus. Rasanya yang nikmat dan pastinya tahan lama menjadikan kue tradisional Kalimantan ini cocok dijadikan sebagai buah tangan. Umumnya kuliner khas Dayak ini juga dihidangkan pada acara tertentu, jadi pastikan untuk tidak melewatkan kenikmatan Kue Dange ini.

Alamat: Desa Bodie, Kabupaten Pangkep
Harga: Mulai Rp15.000 – Rp40.000 per porsi.

4. Bangamat atau Paing

Bangamat atau Paing
Bangamat atau Paing, Foto Oleh Backpackerjakarta. Com

Dalam masyarakat Dayak Ngaju makanan ini disebut Bangamat, sedangkan pada masyarakat Dayak Maanyan dikenal dengan nama Paing. Dimana hidangan khas Dayak ini menjadi primadona semua kalangan. Berbahan dasar kelelawar besar(Kalong) yang dimasak dengan bumbu khas serta tambahan sulur keladi. Cita rasanya yang nikmat berpadu dengan tekstur daging empuk dan otentik, sukses bikin kamu tergoda untuk segera menyantapnya.

5. Kalumpe atau Karuang

Kalumpe atau Karuang
Kalumpe atau Karuang, Foto Oleh Borneonews Co Id

Sajian khas Dayak Kalimantan Tengah satu ini merupakan kuliner yang tidak boleh terlupakan, Kalumpe atau Karuang namanya. Masyarakat Dayak Maanyan menyebutnya Kalumpe, sedangkan Karuang umum dikenal di masyarakat Dayak Ngaju. Dengan bahan utama daun singkong, hidangan ini diolah dengan bumbu khusus sebelum dimasak bersama terong pipit. Cita rasanya yang khas dipadukan dengan nasi hangat akan membuat kamu seolah lupa sedang diet ketika menyantap hidangan satu ini.

6. Botok Daun Mengkudu

botok daun mengkudu
Botok Daun Mengkudu, Foto Oleh Borneonews Co Id

Kamu pecinta botok? Maka wajib banget mencoba makanan khas Dayak, Botok Daun Mengkudu. Cocok dengan namanya, maka ini berbahan dasar daging ikan tongkol yang dibungkus daun mengkudu dengan bumbu rempah khas lalu dimasak. Rasanya lezat dan aroma menggoda membuat makanan ini bakal jadi hidangan favorit saat bertandang ke Kalimantan.

7. Wadi Ikan

wadi ikan
Wadi Ikan, Foto Oleh Borneonews Co Id

Selanjutnya ada Wadi Ikan. Makanan khas Dayak ini biasanya dibuat dari olahan daging ikan patin yang difermentasi bersama bumbu tradisional, kemudian dimasak dengan dikukus atau digoreng. Memiliki perpaduan cita rasa asin dan gurih membuat Wadi Ikan punya sensasi sendiri tiap gigitannya. Tidak cukup sampai disitu, olahan khas Kalimantan ini juga makin sempurna ketika disantap bersama nasi hangat. Jadi, tertarik mencoba bagaimana lezatnya olahan satu ini?

Alamat: Daerah Palangkaraya

8. Kue Lepet

kue lepet
Wadi Ikan, Foto Oleh Borneonews Co Id

Ketika kamu sedang mengikuti acara adat di Kalimantan, sudah pasti jajanan ini selalu hadir untuk menyemarakkannya, Kue Lepet. Olahan khas Kalimantan berbahan dasar parutan kelapa serta gula merah yang dibungkus menggunakan daun pisang, dilipat hingga tak ada bagian yang terlihat. Cita rasanya manis dan lezat bakal bikin terasa nikmat dalam tiap gigitannya. Untuk itu, mau mencoba manisnya berwisata kuliner di Kalimantan, kuliner khas suku Dayak ini tidak boleh terlewatkan.

9. Keripik Kelakai

keripik kalakai
Keripik Kelakai, Foto Oleh Indonesiakaya Com

Makanan khas  Dayak Kalimantan Tengah berikutnya adalah Keripik Kelakai. Jajanan ini berasal dari tanaman kelakai yang merupakan warisan leluhur suku Dayak dan dipercaya bermanfaat untuk menyembuhkan berbagai penyakit serta mencegah anemia. Untuk pengolahannya pun cukup mudah, yakni Kalakai dibalut adonan tepung, lalu digoreng sampai teksturnya renyah. Cita rasa gurih dengan teksturnya yang khas cocok dijadikan camilan di segala macam suasana maupun buah tangan. Untuk itu mau mencoba membawa pulang makanan khas Dayak satu ini?

Tempat: Pusat Penjualan Keripik
Alamat: Jalan Simpang Mentaya RT 02/02 Nomor 21 Palangkaraya, Jekan Raya.

10. Tempoyak Buah Rasa Durian

tempoyak rasa durian
Tempoyak Buah Rasa Durian, Foto Oleh Food Detik Com

Kamu penggila olahan durian disini? Tempoyak khas Dayak wajib banget kamu coba. Seperti namanya, Tempoyak menggunakan bahan utama durian yang difermentasi dan kemudian diolah menggunakan bumbu khusus. Memiliki cita rasa asam serta aroma khas yang menggugah selera membuat olahan ini sering dijadikan sebagai lauk bersama nasi hangat. Rasanya yang nikmat banget bakal bikin kamu tergoda untuk menyuap lagi dan lagi.

11. Kue Tampi

kue tampi
Kue Tampi, Foto Oleh Gotravelly Com

Mau mencoba kue khasnya suku Dayak? Kamu bisa mencicipi Kue Tampi. Memiliki nama yang cukup unik, Kue Tampi sebenarnya terbuat dari adonan tepung beras lalu digoreng sampai berwarna kecoklatan. Rasanya yang otentik membuat kuliner khas dari Dayak ini biasa dijadikan sebagai jajanan saat upacara adat Dayak. Jadi, tertarik mencoba bagaimna nikmatnya olahan satu ini?

12. Lemang atau Pulut

lemang atau pulut
Lemang atau Pulut, Foto Oleh Surabaya Tribunnews Com

Kelezatan makanan khas Dayak memang tidak pernah ada habisnya, masih ada Lemang atau Pulut yang wajib kamu coba. Olahan khas suku Batak ini biasanya dijumpai saat pesta pernikahan dan berbagai acara adat lainnya. Lemang  sendiri terbuat dari beras yang dimasak di dalam ruas bambu dan sebelumnya sudah dilapisi daun pisang. Memiliki cita rasa gurih karena ditambahkan santan kelapa membuat kuliner Dayak ini sangat otentik dan menggugah selera. Untuk itu, tertarik mencoba bagaimana nikmatnya Lemang atau Pulut khas Dayak ini?

13. Ubek

ubek
Ubek, Foto Oleh Kaltim Idntimes Com

Olahan berbahan dasar ketan memang tak pernah mengecewakan, seperti Ubek ini. Ubek terbuat dari ketan muda yang disangrai kemudian ditumbuk dan dihidangkan menggunakan parutan kelapa muda. Soal rasa tak perlu dipertanyakan lagi, sudah pasti memiliki perpaduan rasa manis dan gurih khas yang bikin kamu tergoda untuk terus menikmatinya. Tidak cukup sampai disitu, kamu juga bisa membawanya sebagai buah tangan lho sobat Kuliner Kota! Jadi, mau membawa manisnya kuliner Dayak sampai ke kampung halaman kamu?

14. Undrat Ao

undat ao
Undrat Ao, Foto Oleh Idntmes Com

Undrat Ao merupakan kuliner Dayak yang berasal dari tepung beras dicampur dengan parutan kelapa, gula merah serta gula pasir, lalu dimasukkan ke dalam bumbu khusus. Selanjutnya, olahan khas suku Dayak ini dibakar layaknya lemang. Cita rasanya yang nikmat dan bikin siapa saja tergoda mencoba untuk menikmatinya berulang kali. Tapi sayangnya, Undrat Ao ini hanya dapat ditemui sekali dalam setahun. Maka dari jangan pernah melewatkan untuk mencoba olahan ini ketika berada di Kalimantan.

15. Belusut

belusut
Belusut, Foto Oleh Kaltim Idntimes Com

Kuliner khas Dayak satu ini penuh akan nutrisi yang baik untuk tubuh kita, Belusut namanya. Olahan khas suku Dayak yang mengandung magnesium, fosfor, kalsium, zat besi, zinc dan masih banyak lagi. Tidak hanya kaya akan kandungan nutrisi, Belusut juga jadi olahan yang nikmat ketika disantap bersama seporsi nasi hangat. Cita rasa otentik akan makin terasa sempurna ketika kamu menyantapnya bersama sambal. Jadi, tertarik untuk mencoba olahan satu ini?

Cukup beragam bukan makanan khas suku Dayak diatas? Untuk itu jangan sampai melewatkan berwisata kuliner ketika berada di Kalimantan. Rasakan manis, gurih. pedas dan legitnya olahan khas Dayak yang dijamin bikin tergoda ingin menikmati lagi dan lagi. Itulah sebabnya, siapkan budget khusus dan cobain ragam kuliner Dayak yang nikmatnya kebangetan.

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *