1. Kuliner Malam

5 Kuliner Malam Banyuwangi Lezat dan Bikin Kenyang

Jika berada di Banyuwangi jangan sampai melupakan beragam kuliner malamnya ya sobat Kuliner Kota. Hidangan di Banyuwangi saat malam hari kebanyakan adalah jenis makanan berat. Namun, hal itu justru malah mengenyangkan perut bukan? Tetapi jika kamu sedang melakukan diet, ada pula beberapa kuliner malam Banyuwangi yang bisa menjadi referensi untuk santapan dietmu. Jika penasaran apa saja hidangannya, mari simak 5 kuliner malam Banyuwangi cocok untuk mengisi perut di malam yang dingin.

1. Sego Tempong Mbok Nah

sego tempong mbok nah
Sego Tempong Mbok Nah, Foto Oleh Asliindonesia Net

Sego Tempong termasuk hidangan tradisional khas Banyuwangi yang dapat membuat siapapun tergiur. Salah satu penjual makanan ini adalah di warung Sego Tempong Mbok Nah. Di sini kamu bisa mendapatkan nikmatnya nasi hangat yang dihidangkan dengan telur dadar, ayam goreng, jeroan dan beragam lauk lain.

Istimewanya lagi, hidangan ini dipadukan dengan sambal terasi yang pedasnya melebihi sambal Sego Tempong di manapun. Kamu juga bisa mampir ke Sego Tempong Mbok Nah ketika malam hari, sekalian jalan-jalan sambil mengisi perut saat di Banyuwangi. Jadi, tertarik mencoba kuliner malam Banyuwangi satu ini?

Alamat: Jl. Kolonel Sugiono No. 16, Kertosari, Banyuwangi
Jam Buka: 09.00 – 00.00 WIB
Harga: Mulai Rp8.000

2. Soto Pak Salim

soto pak salim banyuwangi
Soto Pak Salim, Foto Oleh Tripadvisor Com

Ingin makan malam dengan soto ketika di Banyuwangi? Wajib pergi ke Soto Pak Salim untuk mendapatkan gurih segarnya soto khas Banyuwangi. Warung ini sudah ada sejak lama dan hingga sekarang masih eksis bahkan tetap ramai menjadi tujuan kulineran di malam hari. Ada beragam pilihan menu soto di tempat ini, beberapa di antaranya adalah soto ayam, soto sapi hingga rujak soto. 

Bukan hanya menawarkan kuliner soto, ada pula nasi goreng, mie goreng dan capcay yang siap menemani laparmu. Warung Soto Pak Salim tak dapat diragukan lagi kelezatan setiap masakannya. Apalagi jika berkunjung waktu malam, dijamin akan lupa waktu dan ingin nambah porsi terus.

Alamat: Jl. A. Yani No. 18, Penganjuran, Banyuwangi
Jam Buka: 06.00 – 22.30 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000

3. Ayam Pedas Rantinem

ayam pedas rantinem
Ayam Pedas Rantinem, Foto Oleh Idntimes Com

Siapa sih yang rela meninggalkan Banyuwangi tanpa mencicipi Ayam Pedas Rantinem? Tempat kuliner malam Banyuwangi ini sudah buka sejak tahun 1970 dan sampai sekarang populer karena cita rasa pedasnya yang menggiurkan. Selain itu, bahan yang dipakai berasal dari ayam kampung, jadi tak heran jika tekstur daging ayamnya lembut dan tidak seret saat digigit. 

Sebelum dicampur bumbu kuah santan pedas, ratusan daging ayam potong dibakar terlebih dahulu. Jika kamu penyuka pedas dan kebetulan lapar saat tengah malam, coba saja datang ke warung Ayam Pedas Rantinem. Dijamin kamu akan puas dan kenyang setelah pulang dari warungnya.

Alamat: Ds. Krajan, Genteng Kulon, Kec. Genteng, Banyuwangi
Jam Buka: 16.00 – 03.00 WIB
Harga: Sekitar Rp10.000

4. Nasi Cawuk Bu Mantih

nasi cawung bu mantih
Nasi Cawung Bu Mantih, Foto Oleh Idntimes Com

Nasi Cawuk adalah salah satu kuliner khas Banyuwangi yang cocok sebagai menu sarapan maupun makan malam. Walau banyak yang menjual nasi ini, namun kamu akan mendapatkan rasa berbeda ketika sudah menemukan Nasi Cawuk Bu Mantih. Satu porsinya diisi nasi yang disirami kuah pindang, parutan kelapa mudah dan serutan jagung bakar bumbu bawang merah, cabai, bawang putih serta asam.

Soal rasa jangan ditanya lagi, gurih pedasnya bikin terasa sempurna ketika menyantapnya. Karena termasuk hidangan dengan banyak lauk, maka tak heran jika Nasi Cawuk Bu Mantih sering dijadikan tujuan tepat saat lapar tengah malam.

Alamat: Pancoran Kulon, Rogojampi, Banyuwangi
Jam Buka: 06.00 – 01.00 WIB
Harga: Sekitar Rp8.000

5. Rawon Bik Ati

rawon bik ati
Rawon Bik Ati, Foto Oleh Tripadvisor Co Id

Ketika sedang bosan dengan kuliner soto, kamu bisa mencoba hidangan lainnya saat di Banyuwangi. Seperti Rawon, kamu dapat menikmati makan malam dengan hidangan ini di warung Rawon Bik Ati. Rawon Bik Ati menjadi salah satu kuliner legendaris Banyuwangi yang sudah berdiri sejak tahun 1948.

Hebatnya, warung ini juga memiliki 4 cabang di berbagai sudut kota Banyuwangi, jadi tak perlu diragukan lagi bagaimana kelezatan dan kepopuleran rawon khasnya. Menu rawon yang ditawarkan pun beragam, mulai dari rawon biasa, paru, empal, limpa, lidah sampai rawon buntut goreng. Pastikan sudah mencicipi enaknya Rawon Bik Ati sebelum pulang ke kampung halaman!

Alamat: Jalan A. Yani Tukangkayu, Banyuwangi
Jam Buka: 08.00 – 21.30 WIB
Harga: Sekitar Rp7.000

Itulah 5 tempat kuliner malam Banyuwangi yang siap memuaskan laparmu ketika malam hari. Namun, perlu diingat tetap membatasi makan hidangan berat saat malam apalagi jika sedang dalam keadaan diet atau semacamnya. Untuk itu, pastikan kamu memilih kuliner malam Banyuwangi sesuai dengan kebutuhan dan jangan takut masalah harga. Karena beragam hidangan malam Banyuwangi ramah di kantong.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Kuliner Malam Banyuwangi Lezat dan Bikin Kenyang

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending