1. Ramadhan

7 Menu Buka Puasa Yang Segar, Buat Kenyang dan Menyehatkan

Memasuki bulan Ramadhan, kebanyakan orang pasti sudah terbayang akan persiapan menghadapi puasa, termasuk menyajikan menu buka puasa yang segar dan sehat. Tak sedikit masyarakat berinovasi membuat sajian baru atau menyiapkan hidangan buka puasa andalan keluarga. Namun, ketika mencari sesuatu untuk mencairkan suasana lapar dengan mudah, kamu perlu mencoba menu buka puasa yang segar berikut. Berbuka dengan minuman segar serta hidangan lain yang menyehatkan tentu menjadi energi baik bagi tubuh. Maka dari itu, simak 7 menu buka puasa yang segar dan menyehatkan berikut.

1. Es Sop Buah

es sop buah
Es Sop Buah, Foto Oleh Resep Istimewa Com

Sudah menjadi hal yang normal menghadirkan Es Sop Buah sebagai menu buka puasa yang segar dan harus ada. Minuman ini cukup menjadi favorit kalangan anak muda maupun pecinta buah. Tentu karena keberadaannya yang mudah didapat sekaligus harga terjangkau.

Saat menjelang berbuka akan ada banyak  penjual Es Sop Buah di pinggir jalan maupun kedai. Namun, kamu bisa membuat resep buka puasa sendiri di rumah, cukup siapkan 3 – 4 jenis buah dan potong. Kemudian dicampur dengan air matang, sirup, dan susu kental manis. Terakhir diberi es serut agar rasa segarnya semakin menggugah selera.

2. Es Lidah Buaya

es lidah buaya
Es Lidah Buaya, Foto Oleh Selerasa Com

Sudah menjadi hal yang normal menghadirkan Es Sop Buah sebagai menu buka puasa yang segar dan harus ada. Minuman ini cukup menjadi favorit kalangan anak muda maupun pecinta buah. Tentu karena keberadaannya yang mudah didapat sekaligus harga terjangkau.

Saat menjelang berbuka akan ada banyak  penjual Es Sop Buah di pinggir jalan maupun kedai. Namun, membuatnya pun mudah, cukup siapkan 3 – 4 jenis buah dan potong. Kemudian dicampur dengan air matang, sirup, dan susu kental manis. Terakhir diberi es serut agar rasa segarnya semakin menggugah selera.

3. Minuman Kacang Ijo

minuman kacang ijo
Minuman Kacang Ijo, Foto Oleh Indozone Com

Es Kacang Ijo termasuk minuman kaya manfaat, salah satunya kandungan protein yang baik bagi kesehatan tubuh. Selain itu, Es Kacang Ijo menjadi menu buka puasa yang segar sekaligus favorit masyarakat Indonesia. Selain membelinya di pedagang kaki lima, hidangan berbuka ini dapat juga dibuat di rumah loh.

Kamu hanya perlu merendam kacang hijau mentah ke dalam air hangat sampai mengembang. Setelah itu, rebus ulang kacang hijau agar teksturnya lebih empuk. Untuk kuahnya sendiri terbuat dari air rebusan daun pandan, santan dan gula merah cair. Paling mantap jika sudah menemukan minuman ini, karena tetap lezat jika dihidangkan dalam keadaan hangat maupun dingin.

4. Es Rumput Laut

es rumput laut
Es Rumput Laut, Foto Oleh Review Bukalapak Com

Salah satu sajian lezat dan segar selanjutnya datang dari Es Rumput Laut. Menikmati Es Rumput laut memang paling pas saat berbuka, karena bisa menjadi penghilang dahaga sekaligus mengembalikan energi. Cara membuatnya pun mudah, dengan membeli rumput laut kemudian cuci bersih dan siapkan kuahnya.

Kuah tersebut berasal dari air santan rebus yang ditambahkan susu dan sedikit gula pasir. Biasanya, di banyak tempat minuman ini dijajakan dengan beragam jenis buah seperti stroberi, melon, apel serta alpukat yang dicampur nata de coco dan serutan kelapa muda. Jangan lupa tambahkan es batu sebagai pelengkap.

5. Es Kopyor

es kopyor
Es Kopyor, Foto Oleh Idntimes Com

Setelah berpuasa seharian, kini saatnya menikmati menu buka puasa yang segar seperti Es Kopyor. Es Kopyor umumnya terbuat dari serutan daging buah kelapa bertekstur kenyal. Kuahnya pun berasal dari air kelapa yang ditambahkan gula merah cair agar lebih terasa manis.

Tetapi jika tidak ada daging kelapa, kamu masih bisa menggantinya dengan agar-agar tanpa warna. Setelah agar-agar memadat, barulah dipotong berbentuk dadu lalu dimasukkan ke dalam sirup cocopandan. Tambahkan juga es batu dan susu kental manis sebelum disajikan.

6. Es Pisang Ijo

es pisangg ijo
Es Pisang Ijo, Foto Oleh Kompas Com

Es Pisang Ijo terkenal segar dan nikmat, biasanya menjadi buruan ketika bulan puasa. Rasanya yang lezat, manis dan segar cocok untuk menghilangkan dahaga atau sebagai menu buka puasa yang segar setelah seharian beribadah puasa. Selain rasa, soal tampilan minuman ini cukup menarik.

Pisang yang dibalut adonan hijau dan disajikan bersama kuah sirup tentu semakin menggoda selera, tak heran jika kelezatannya pun terasa dua kali lipat dibandingkan minuman lain. Tak perlu jauh-jauh ke kota asalnya jika ingin mencicipi makanan khas Makassar, Es Pisang Ijo? Cukup buat sendiri di rumah dengan resep yang sudah disediakan.

7. Es Kolak Pisang

Olahan pisang semakin tersohor ketika memasuki bulan puasa, misal saja Es Kolak Pisang. Kolak Pisang merupakan takjil favorit ketika berbuka, minuman ini pun terbilang merakyat bagi masyarakat Indonesia. Rasa manisnya menjadikan minuman ini banyak dijual dimanapun, bahkan banyak orang kerap membuatnya sendiri dan dibagikan sebagai takjil gratis.

Selain lezat, cara membuatnya pun tidak terlalu sulit. Cukup memakai ubi kuning dan pisang kepok sebagai isian. Sementara kuahnya menggunakan santan, air, gula merah dan sedikit tepung maizena. Jika kolak sudah siap, kamu bisa menambahkan es batu agar terkesan lebih segar.

Bagaimana dengan 7 menu buka puasa yang segar dan mudah dibuat? Pastikan untuk berbuka dengan hidangan sehat serta cocok bagi kamu yang lelah setelah seharian menahan lapar. Tak perlu jauh-jauh, cukup isi perut dengan menu buka puasa yang segar kamu sudah bisa mendapatkan energimu kembali. Jadi, pastikan selalu berbuka dengan menu segar dan sehat ya sobat Kuliner Kota.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 7 Menu Buka Puasa Yang Segar, Buat Kenyang dan Menyehatkan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Trending