1. Tempat oleh-oleh

5 Pusat Oleh-Oleh Garut Terlengkap dan Wajib Dikunjungi

Saat sedang berada di luar kota, sudah pasti keluarga dan sanak saudara menunggu kedatanganmu di rumah. Apakah kamu berencana pulang dengan tangan kosong? Tentu tidak. Begitu pula saat kamu mengunjungi kota dodol yang berada di area Jawa Barat. Beragam pilihan buah tangan mulai dari manis dan gurih bisa kamu bawa pulang. Untuk itu, berikut pilihan pusat oleh-oleh Garut yang bakal cocok dijadikan tempat wisata belanja.

1. Toko Sumber Rejeki III (SBR III)

pusat oleh oleh garut SBR 3
Toko Sumber Rejeki 3 Bagian Kerajinan, Foto Oleh Kurazone Net

Toko SBR III dikenal sebagai pusat oleh-oleh Garut terbesar dan terlengkap. Toko ini tidak hanya menjual makanan saja namun juga menjual pakaian serta aksesoris khas Garut. Toko Sumber Rejeki III memiliki 3 lantai, setiap lantainya menyajikan produk yang berbeda. Di lantai 1 terdapat produk makanan khas, di lantai 2 tempatnya berbagai aksesoris sedangkan satu lantai lainnya merupakan toko yang khusus berisi kerajinan.

Toko ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti toilet, mushola bahkan foodcourt dan pastinya tempat parkir yang luas. Selain menjadi tempat berbelanja, pusat oleh-oleh Garut ini juga cocok dijadikan rest area bagi kamu yang ingin rehat sejenak.

Alamat: Tanjung Kubang, Jl. Otista, Tarogong, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Buka: 08.00 – 23.00

2. Gerai Prima Rasa Oleh-Oleh Garut

pusat oleh oleh garut prima rasa
Gerai Prima Rasa Garut, Foto Oleh Liputan 6 Com

Bagi kamu yang ingin memborong dodol garut dengan kualitas baik, maka tempat yang pas untuk kamu kunjungi adalah Gerai Prima Rasa. Di gerai oleh-oleh yang satu ini, kamu akan menemukan berbagai varian rasa dodol sesuai dengan seleramu dan keluarga.

Gerai ini khusus menyediakan oleh-oleh berupa makanan saja. Salah satu merk dodol yang banyak diminati seperti PICNIC bisa kamu dapatkan di gerai ini. Namun, masih banyak pula merk-merk dodol dengan kualitas maknyus yang bisa dibeli disini.

Alamat: Jalan Ciledug Nomor 175, Kota Kulon, Garut Kota, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Buka: 08.00 – 21.00

3. Kawasan Oleh-Oleh Tarogong

pusat oleh oleh tarogong garut
Kawasan Oleh-Oleh Tarogong, Foto Oleh Liputan 6 Com

Sebagian besar pusat oleh-oleh Garut berada di tengah kota. Namun, bagi kamu yang melewatkan belanja di tengah kota tidak perlu khawatir karena kawasan oleh-oleh Tarogong siap memenuhi kantong belanjamu. Deretan toko oleh-oleh Garut yang berada di Jalan Tarogong juga menjadi tujuan para wisatawan untuk berwisata belanja.

Kawasan ini ramai dikunjungi karena berada di jalur utama mudik, jenis jajanan yang disediakan juga sangat lengkap. Misalnya saja, aneka dodol, chocodot, rengginang, kerupuk kulit, dorokdok, emplod, opak, gula aren dan berbagai pilihan oleh-oleh khas Garut lainnya. Di sepanjang kawasan Tarogong juga terdapat banyak toko oleh-oleh Garut yang bisa menjadi pilihanmu. Harga yang ditawarkan juga relatif murah. Jadi, puaskan berbelanja buah tangan tanpa bikin kantong tipis, ya disini tempatnya!

Alamat: Jalan Tarogong, Kabupaten Garut, Jawa Barat

Jam Buka: 08.00 -22.00

4. Chocodot Kawasan Swiss Van Java

pusat oleh oleh chocodot
Chocodot Garut, Foto Oleh Indonesia Kaya Com

Jika kamu pecinta cokelat, maka kamu wajib mampir di galeri cokelat chocodot.  Terdapat berbagai produk dengan varian rasa yang menggigit dan dibalut dengan kemasan menarik. Chocodot memakai tiga varian cokelat yaitu dark chocolate, white chocolate dan milk chocolate. 

Selain kelezatan rasanya, cokelat ini juga memiliki nama-nama yang unik dan terkesan tidak lazim. Coklat dengan rasa mint diberi nama “cokelat obat stress”, sedangkan “cokelat enteng jodoh” memiliki tiga varian rasa diantaranya milk, soft dan dark. Istilah lain yang digunakan untuk menamai cokelat ini adalah “cokelat rasa sayang” hingga “cokelat cegah alay”. Uniknya istilah tersebut tentu saja menambah daya tarik tersendiri bagi chocodot.

Bermula dari sebuah rumah kecil di jalan Cipanas, kini cokelat asal Garut ini telah memiliki beberapa gerai besar yang tersebar di beberapa wilayah di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, Surabaya hingga Bali. Di Garut sendiri, gerai chocodot telah tersebar di sepanjang jalan Otista Tarogong, kawasan belanja Swiss Van Java, Jalan Siliwangi serta deretan toko oleh-oleh Garut.

Alamat: Jalan Otista, Nomor 2 Pasawasahan Tarogong, Rancabango, Garut, Jawa Barat

Jam Buka: 9.00 – 21.30

5. Kawasan Fashion Kulit Sukaregang

pusat oleh oleh sukaregang garut
Kawasan Sukaregang, Foto Oleh Indonesia Kaya Com

Pusat oleh-oleh Garut yang satu ini bukan lagi berisi makanan melainkan pusatnya fashion dan kerajinan kulit. Di kawasan ini, kamu bisa menemukan berbagai busana dengan bahan dasar kulit binatang seperti domba, sapi dan kerbau. Kawasan ini terdiri dari deretan toko yang menjual mulai dari kerajinan seperti gantungan kunci hingga baju dan jaket kulit dengan berbagai varian model.

Bagi kamu penyuka fashion kulit dan ingin menambah koleksi, wajib berbelanja di pusat oleh-oleh Garut satu ini. Harga yang ditawarkan untuk gantungan kunci berkisar Rp 20.000 hingga jutaan rupiah untuk jaket kulit. Kamu juga bisa menawar secara langsung jika berbelanja disini.

Surga fashion kulit ini bisa kalian temukan di sepanjang Jalan Jenderal Ahmad Yani, dimulai dari pertigaan Sukaregang Garut sampai Bundaran Suci. Keramaian pengunjung tidak hanya terjadi pada musim liburan saja, bahkan saat weekend deretan mobil yang terpakir terlihat memenuhi sepanjang jalan di kawasan tersebut.

Alamat: Sepanjang Jl. Jenderal Ahmad Yani, Sukaregang, Garut, Jawa Barat

Jam Buka: 8.00 – 22.00

Sekarang kamu sudah tau bukan dimana saja pusat oleh-oleh Garut? Saatnya menyiapkan budget dan memborong segala macam oleh-oleh khas Garut untuk keluargamu di rumah. Tenang saja, harga yang ditawarkan cukup terjangkau, lokasinya juga sangat mudah untuk ditemukan. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak membawa pulang sebuah buah tangan khas untuk keluarga tercinta.

Tidak ada komentar

Komentar untuk: 5 Pusat Oleh-Oleh Garut Terlengkap dan Wajib Dikunjungi

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    ARTIKEL TERBARU

    Nasi goreng seafood menjadi salah satu hidangan nasi goreng yang paling populer di Indonesia. Hidangan ini biasanya menggunakan berbagai macam seafood, seperti cumi, udang, dan ikan. Membuat nasi goreng seafood bisa menggunakan berbagai variasi bumbu sesuai dengan selera, seperti bumbu pedas, oriental, hingga ala Chinese. Kini, kamu tak perlu pergi ke restoran untuk menikmati nasi […]

    Trending