Ayu Setya Rini culinary enthusiast

12 Oleh-Oleh Khas Sragen, Cicipi Waktu Traveling

4 min read

gathot sragen

Jawa Tengah menjadi provinsi yang hingga kini menyediakan kuliner menarik, salah satu daerah penghasil hidangan lezatnya yakni Sragen. Saat bertandang ke Sragen, tak akan lengkap jika belum membawa pulang buah tangan sebagai hadiah keluarga dan teman. Karena selain destinasi menariknya, kabupaten di Jawa Tengah ini menyimpan keragaman oleh-oleh menarik yang cocok buat perjalanan berwisata. Beragam buah tangan tak bisa kamu lewatkan begitu saja ketika sudah menginjakkan kaki di kabupaten ini, mulai dari walangan hingga gathot khasnya. Berikut 12 oleh-oleh khas Sragen recommended untuk dibawa pulang.

1. Emping Garut

emping garut
Emping Garut, Foto Oleh Hartonomall Com

Dari namanya memang menjadi keraguan jika jajanan ini berasal dari Sragen, namun kenyataannya emping ini berasal dari Sragen dan buka Garut. Menurut masyarakat Sragen, garut merupakan sejenis umbi-umbian khas yang hanya dapat ditemukan di daerah asalnya. Sementara umbi itu diolah menjadi Emping Garut yang mana memakai umbi kualitas premium.

Bukan sebuah keraguan lagi jika jajanan ini selalu menjadi tujuan wisatawan meramaikan toko oleh-oleh Sragen, tentu yang mereka cari adalah gurih lezatnya Emping Garut. Karena berbahan dasar ubi, kamu akan mendapatkan banyak gizi dan aman dikonsumsi semua kalangan termasuk yang memiliki riwayat asam urat. Menarik bukan?

Tempat: Emping Garut Super Sumber Rezeki
Alamat: Jalan raya Gesi-Sukodono KM. 2, Wahyu, Sragen
Harga: Mulai Rp10.000

2. Walangan

walangan
Walangan, Foto Oleh Bp-guide Id

Walangan kerap dijuluki carang mas di daerah asalnya. Jajanan ini berbahan dasar singkong, cita rasanya manis gurih diperoleh dari proses memasak yang membutuhkan banyak waktu. Singkong dan gula merah diolah dan digoreng memakai minyak kelapa kemudian didiamkan sekitar satu hari. 

Karena semakin berkembangnya para penjual oleh-oleh, membuat kudapan ini lebih berinovasi memakai ubi ungu sebagai bahan pengganti. Walangan berbentuk bulat mirip bola sepak takraw namun isinya lebih padat. Jika tertarik, kamu bisa mendapatkannya di banyak toko oleh-oleh khas Sragen loh sobat Kuliner Kota!

Harga: Sekitar Rp12.000 – Rp23.000

3. Saci

saci sragen
Saci, Foto Oleh Javatravel Net

Sragen Munchies atau disingkat Saci yakni jajanan khas Sragen yang hingga sekarang menjadi favorit wisatawan. Berbentuk kecil panjang dengan tekstur mirip dodol. Jika tidak terlalu suka kudapan terlalu manis, maka kamu bisa mencoba Saci yang legit manisnya pas di lidah setiap orang. Saci terbuat dari tepung garut, gula merah, santan dan masih banyak lagi.

Oleh-oleh khas Sragen ini lebih nikmat disantap bersama segelas kopi atau teh bersama teman. Umumnya, penjual menjajakan Saci dengan cara berbeda-beda dan bervariasi guna lebih menarik perhatian. Kalau sudah menemukan penjual Saci, jangan lupa bawa pulang buat kudapan di rumah bersama keluarga.

Harga: Mulai Rp8.000

4. Intip Mini Sragen

intip mini sragen
Intip Mini Sragen, Foto Oleh Cekinfo Com

Pernah dengar intip? Nama intip identik dengan olahan kerak nasi berukuran sebesar kukusan nasi. Namun, berbeda dengan intip khas Sragen yang bentuknya mini juga cita rasanya lebih gurih asin. Buah tangan ini merupakan cemilan terbuat dari kerak nasi yang digoreng dan disiram gula merah cair sebagai topping.

Dalam cara membuatnya, Intip Mini hanya dibumbui sejumput garam dan bawang putih. Meski bumbunya tak sebanyak intip biasa, namun soal rasa hidangan ini mampu menjamin kelezatannya loh. Jangan sampai melewatkan buah tangan satu ini ya!

Tempat: Intip Mini Mbok Suti
Alamat: Kebayanan 3, Kecik, Sragen
Harga: Mulai Rp7.500

5. Gathot Sragen

gathot sragen
Gathot Sragen, Foto Oleh Perpus Jatengprov Go Id

Masyarakat Kabupaten Sragen mestinya familiar dengan gathot. Bukan hanya di Sragen, bahkan jajanan ini sudah tersohor sampai penjuru nusantara dan menjadi oleh-oleh favorit setiap pendatang. Cita rasa Gathot manis legit begitu pula dengan cara membuatnya yang lumayan memakan waktu.

Biasanya kudapan khas Sragen ini lebih nikmat dihidangkan dengan topping parutan kelapa. Bahkan hingga kini, penjual Gathot mulai berinovasi dengan menambah rasa seperti pisang, nangka, durian dan masih banyak lagi. Lezatnya Gathot Sragen akan lebih tak tertandingi jika dimakan bareng keluarga. Jadi, jangan lupa membawa pulang oleh-oleh khas Sragen ini.

 Harga: Sekitar Rp5.000 – Rp8.000

6. Keripik Tempe

keripik tempe
Keripik Tempe, Foto Oleh Wirapax Com

Oleh-oleh satu ini memang mudah dijumpai di berbagai daerah, termasuk ketika kamu bertandang ke Sragen. Kabupaten Sragen menjadi salah satu pusatnya industri keripik terbaik di Indonesia. Tak heran jika Keripik Tempenya pun sudah merebah luas di berbagai toko oleh-oleh.

Berbeda dengan keripik tempe di daerah lain, Keripik Tempe khas Sragen bercita rasa gurih asin yang khas serta teksturnya pun lebih empuk. Walau sudah tersohor, Keripik Tempe masih memasan harga terjangkau dan bisa mudah kamu dapatkan di supermarket. Oleh-oleh ini cocok sebagai buah tangan renyah dan tak menjadikan suasana bosan.

Tempat: Keripik Tempe Siti
Alamat: Dawe, Banaran,Sambungmacan, Sragen
Harga: Mulai Rp10.000

7. Dawet Sragen

dawet sragen
Dawet Sragen, Foto Oleh Javatravel Net

Kalau sudah ada oleh-oleh keripik, lebih puas jika menghadirkan Dawet Sragen sebagai teman yang serasi. Walau termasuk buah tangan yang hanya bertahan satu hari, tetapi minuman ini sudah tak dapat diragukan lagi cita rasa manisnya. Bahan dasar dawet Sragen sebenarnya sama dengan dawet biasa, yakni memakai tepung beras yang ditambah gula merah dan santan. 

Biasanya Dawet Sragen diberi pewarna hijau terbuat dari sari daun pandan sehingga lebih mencolok dan tidak mengandung bahan kimia. Tak cukup sampai disitu, sampai sekarang banyak pedagang Dawet Sragen menambahkan es serut dan nangka sebagai pelengkap sehingga menambah rasa dan aroma khasnya.

Tempat: Es Dawet Bu Tantri
Alamat: Kebayan 2, Sragen Kulon, Sragen
Harga: Mulai Rp6.000

8. Batu Akik Sangiran

batu akik sangiran
Batu Akik Sangiran, Foto Oleh Travel Detik Com

Tak mau kalah dengan daerah lain di Jawa Tengah, Kabupaten Sragen sampai sekarang mengembangkan batu akik dengan nama Batu Akik Sangiran. Batu akik ini menjadi ciri khas dan kebanggaan Sragen karena berasal dari fosil tumbuhan. Fosil tumbuhan dapat dimanfaatkan masyarakat Sragen sebagai kerajinan istimewa, salah satunya batu akik.

Batu Akik Sangiran berwarna coklat kemerahan dan bentuknya beragam. Dari ukuran kecil sampai besar memiliki harga bervariasi dan tentu kualitasnya memuaskan. Bagi pecinta batu akik, kamu bisa menambahkan Batu Akik Sangiran sebagai pelengkap koleksi.

9. Wajik

wajik sragen
Wajik, Foto Oleh Beritagar Id

Buah tangan khas Sragen berikutnya yang digemari banyak wisatawan yaitu Wajik. Cemilan ini berbahan dasar beras ketan yang ditambah dengan gula merah kemudian diolah hingga menjadi wajik khas. Adanya tambahan gula merah menjadikan jajanan ini bercita rasa manis legit yang berbeda dari wajik lain.

Oleh-oleh satu ini dimasak dengan cara dikukus sampai beras ketan lumer, kemudian dicetak memakai cetakah khusus. Wajik khas Sragen biasanya ditambahkan kelapa dan daun pandan sebagai topping penambah rasa. Karena buah tangan ini populer di Indonesia, sudah banyak yang menjajakan Wajik sebagai jajanan tradisional yang lezat.

Harga: Sekitar Rp6.000

10. Batik Sragen

batik sragen
Batik Sragen, Foto Oleh Solopos Com

Dulunya Batik Sragen identik dengan ciri khas batik Surakarta. Tetapi, sampai sekarang pun Batik Sragen berhasil membentuk ciri khasnya sendiri dan berbeda dari gaya Yogyakarta atau Surakarta. Batik asal Sragen lebih kaya dengan ornamen flora fauna juga seringnya memakai motif baku. Motif hewan dan tumbuhan disusupi motif baku seperti sidodulur, parang dan lain-lain. 

Guratan motif batik ini cenderung bermakna tegas dan jauh lebih luas dibandingkan corak Yogyakarta dan Surakarta. Banyak wisatawan yang mencari keindahan Batik Sragen, karena memang di daerah asalnya motif batik ini bisa beragam dengan harga bervariasi pula. Kamu juga bisa hadiahkan Batik Sragen yang cantik untuk keluarga di rumah!

Tempat: Sentra Batik Sragen
Alamat: Jalan Sukowati No. 300, Kutorejo, Sragen

11. Rengginang Tiwul

rengginang tiwul
Rengginang Tiwul, Foto Oleh Jejakpiknik Com

Jika mencari rengginang unik di Sragen untuk oleh-oleh, kamu bisa coba bawa pulang Rengginang Tiwul. Oleh-oleh khas Sragen ini bercita rasa gurih lezat, tak heran dapat membuat siapapun ketagihan ingin nambah lagi dan lagi. Rengginang tiwul memiliki keunikan dibandingkan rengginang biasa, yakni terletak pada bahan dasarnya memakai olahan singkong. Berkat bahan itulah membuat jajanan ini bertekstur lebih gurih dan renyah. Kamu bisa mendapatkan Rengginang Tiwul di pusat oleh-oleh dengan harga terjangkau. Jadi, tertarik membawa pulang oleh-oleh khas Sragen?

Harga: Sekitar Rp15.000

12. Ampyang Sragen

ampyang sragen
Ampyang Sragen, Foto Oleh Jateng Tribunnews Com

Ampyang produksi masyarakat Sragen jenisnya mirip dengan Gula Kacang khas Jawa Timur. Makanan ini lebih tepatnya berasal dari Kecamatan Sumberlawang, Sragen. Julukan Ampyang diambil dari bahasa lokal yang berarti jalan rusak.

Persis dengan bentuknya yang tidak teratur dan terkesan bergelombang layaknya jalan rusak, tak heran jika Ampyang Sragen sering menjadi perhatian wisatawan ketika berburu oleh-oleh. Cara pembuatannya pun memakai kacang berkualitas yang disangrai di atas tungku kayu. Tak seperti dulu yang hanya sedikit penjual Ampyang, kini wisatawan bisa mendapatkannya di berbagai pusat perbelanjaan Sragen.

Harga: Mulai Rp10.000

Itulah 12 oleh-oleh khas Sragen yang dapat menjadi teman berwisata sekaligus hadiah untuk dibawa pulang. Kalau sedang ingin jajanan lezat dan unik, datang saja ke Sragen. Disini kamu bisa medapatkan berbagai kudapan khas untuk dimakan di tempat ataupun dibawa pulang sebagai buah tangan. Setiap jajanannya juga dibandrol dengan harga terjangkau, jadi tak perlu lagi khawatir dompet tipis ketika berkunjung ke Sragen.

Ayu Setya Rini
Ayu Setya Rini culinary enthusiast

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *